Review : Plat Penyangga Cakram Belakang V-Ixion Custom

Posted: 25 April 2009 in About Vixion, Review Product
Tags: ,

yamahaGak lengkap rasanya sebuah Vixion tanpa cakram belakang, berasa kurang gahar, tongkrongan vixy yang sporty kurang hidup tanpa piranti ini. Solusinya gampang, di pasaran banyak bgt dijual 1 set cakram belakang yg rata2 nyomot punyanya Satria 120R imitasi. Di Jabodetabek rata2 dilego bersih seharga Rp 600rb, produk boleh kelas dua, tapi kualitas siapa sangka.

Tapi masalahnya, dmana2 gak ada yg Plug n Play, alias semua komponen cakram udah sesuai n tinggal pasang, penyangga master cakram atopun pompa minyak harus dibuat custom oleh mekanik, tergantung mekanik dan permintaan, bisa bolongin swing arm / lengan ayun, bisa ttp pake besi penyangga tromol standar, ato juga bisa coba cara yg gw pake, pk plat penyangga swing arm. Penasaran?

Maksudnya disini adalah, gw minta mekanik bikinin penyangga master cakram yg simple tapi kuat dan tanpa bolongin swing arm [harganya jatoh bro kl swing arm bolong]. Alhasil muncullah ide bikin plat mirip huruf “L” untuk ngejepit swing arm, dan untuk pompa minyak rem, gw minta dibikinin dari plat. Gini kira2 detil nya

cakram vixion 1

Dibikin plat kira2 3mm, dengan ukuran kayak g dibingkai warna coklat. Dengan ngambil penyangga dari kedua baut yg ditunjuk panah.

cakram vixion 2

Untuk penyangga master, tetap menggunakan Plat Penyangga Master asli dari paket penjualan. Hanya saja untuk baut yang diberi panah, diganti dengan yg lebih panjang agar bisa lebih menonjol keluar dan bisa digunakan untuk penahan master di Swing Arm.

cakram vixion 3

Untuk penyangga bagian bawah, buat plat berbentuk huruf “L”, minimal ketebalan 3mm agar plat gak berubah bentuk seiring pemakaian. Lubangi di bagian atas seukuran dengan baut yg diberi panah pada gambar sebelumnya, trus plat disangkutin di baut.

cakram vixion 4

Kira2 gitu ilkustrasinya, garis warna coklat nunjukin posisi plat dibalik Swing Arm.

cakram vixion 5

Gini hasil akhirnya, simple bgt kn, penyangga master cakram sama simple dan sama kuatnya dengan sistem bolongin Swing Arm. Gambar merah adalah ilustrasi kira2 posisi plat penyangga.

cakram vixion 6

Gini penampilannya dari jauh, mantaB.

Kuat dan rapi.

(jOpiR)

http://kisanak-jopir.co.cc

Related post in this blog :

Review : Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha V-Ixion
Review : Bridgestone Battlax BT-45 di Yamaha V-Ixion
Review : Yamaha V-Ixion 150cc
Comments
  1. Anonymous says:

    mantab bgt dah bro…

  2. dirgoskinhead says:

    sory nama ane ktingalan hehe….

  3. DA 4545 vx says:

    boss itu mah kurang rapi kale masa selang nta bengkok sana sini harusnya master rem lebih miring jd selang lebih rendah. sama buat penahan dudukan kaliper bikin rusak lengan ayun.ntr saya upload pic vixi saya. peace bro

    • jopir says:

      @ DA 4545 vx : yup minta link photonya ya bro,
      pas pasang, yg kepikiran cm cara ini, malah tu mekanik mo bolongin lengan ayun buat dudukan penyangga masternya,wadouwh.

      gw sh pgnnya ttp pake besi penyangga tromol yang lama, tp kt mekanik gak enak diliat, bener jg sh.
      akhirnya pake cara jepit gini, tp ya cat lengan ayun kegores pastinya, trus selang rem masih pk standar jd bengkok sana sini,hee..

      Share ilmunya ya bro, thx

  4. dwi says:

    boleh dicoba

  5. ridwan says:

    beh keren hasil nya bro,
    motor gw, pake cakram satria F150, disc nya kecil, bisa di ganti gak sama disc cakram satria yang biasa,
    thx bro

    • jopir says:

      @ ridwan

      tengkyu bro.. 🙂
      mnrt gw pake disc blkg FU jg mangstaB jaya kq, emng sh keliatannya lebih kecil, tp kl emng niat pgn ganti disc Satria120R, kayaknya rada byk yg harus disesuaikan [bukannya gak mungkin].

      1. Bikin lubang baru di adaptor buat dudukan piringan cakram. Karna yg paling jelas lubang baut antara kedua piringan beda jauh, FU=3 lubang, 120R=4 lubang.
      2. Sesuaikan posisi master, pastinya kedua piringan beda diameter, jadi master juga harus ngegeser dikit. Ini yg menurut gw beribet, teorinya simple sh, tapi ngepas2in nya bikin pegel.

  6. kyo says:

    bos…masang di bengkel mana,,
    gw minta alamat bengkelnya bisa gakk..

  7. jopir says:

    @ kyo : di LA Motor, Jl. Raya Kalimalang, deket Mall Metropolitan Bekasi

  8. Icaq's says:

    Sy pengen ganti velg + ban uk 100 (depan) & 120 (blkng) + cakram belakang seperti pnya bro. Kira2 perlu budget berapa bro?

  9. jopir says:

    @ icaq’s :

    kl persis seperti yg gw pk,
    velg power 3″ = 950 rb
    ban battlax = sekiar 1,3 jt sepasang
    cakram 1 set = 600 rb

    lebih lanjutnya silahkan lihat reviewnya masing2 di blog ini

  10. idr says:

    bro… minta nomor kleponnya LA Motor punya gak?

  11. jopir says:

    @ idr :

    Gak ada bro, di plang tokonya gak ada nyantumin nomor telpon, mgkn nnti kl gw mampir ksna gw update di postingan deh..

  12. idr says:

    ok bro, tengkyu 🙂

  13. Newbie says:

    mantaP br0′

    ane jga pgn pasang nigh,
    kebetulan velg jga udah ganti merk HMF…

    Jd perangkat rem blakang yg anda aplikasi-in smua produk KW yaH??

    Ada masalah ga br0′ slama ini?
    Takut soalnya klo mau irit jd malah kluar duit banyak…

    thanX

  14. jopir says:

    @ Newbie :

    Yup, pk KW bro.
    Kl soal masalah, berhubung KW jadinya untung2an, selain part, kualitas mekanik juga sangat berperan penting.

    Kl gw selama ini baru 1 masalah, seal di pompanya bocor, jadi ganti yg ori, tp murah kq. selain itu aman2 aja tuh.

    Monggo baca review rear disc brake di blog ini biar lebih jelas.

  15. kiky says:

    sipp boss, pengen niru, cuma di surabaya bingung beli dimana & bengkel mana yg bagus…

  16. denny says:

    kalo boleh tau itu pemasangan thn kapan dan kira2 harga taun ini berapa ya kalu mau pasang cakram belakan? ? ? ?
    dan yg paling cocok apa untuk vixi? ? ? ? ?

  17. jopir says:

    @ denny :

    gw pasang April 2009, kl skg..?? harusnya sih sama2 aja bro.
    Untuk vixy ada 3 pilihan, mau pake punya Satria 120R, Honda CS1 ato Satria FU.
    Ada jg yg pake velg ninja 150R, jadi cakram nya juga pk punya dy krna udah pas di tromolnya.

    Gw sh rekomendasiin pk punya satria 120R, alasannya gede piringan pas untuk body vixion, kl punya CS1 ato satria FU terlihat terlalu kecil, apalagi kl dibarengi ban gambot.

  18. denny says:

    mantab gand. . .thanks ya infonya. . . . .

    dan boss itu mah kurang rapi kale masa selang nta bengkok sana sini harusnya master rem lebih miring jd selang lebih rendah. sama buat penahan dudukan kaliper bikin rusak lengan ayun.ntr saya upload pic vixi saya. peace bro

    mana Review gambarnya bro? ? ? ? ?

  19. jopir says:

    @ denny :

    selangnya emng lagi masuk project berikutnya , tp sampe sekarang [dah betaun2] lum sempet ngutak atik, bnykan malesnya, hee..

    penahan dudukan master gw bikin gt biar terlihat simple, tanpa besi panjang seperti penyangga tromol atau lubangin swing arm. Kl ngerusak.. rusak cat sih iya, tp kl konstruksi swing arm sama sekali gak terpengaruh.
    Semua ya tergantung selera rider 😀

  20. denny says:

    bos untuk Comment by DA 4545 vx | 19 May 2009. . .
    Review nya mana nie? ? ? ?

  21. ari says:

    eh bro kalo vixi ganti ckram satria FU,atau d ganti punya CS-1 bsa gag y?

    and menurut bunk jopir bgusan ‘n mantapan mana bunk? (buat goda ce)
    hehehe

  22. ari says:

    eh bro kalo ban ukuran 130-140 sistem rem.nya gag pake cakram gmna bro?
    enag gag bro jadinya

  23. jopir says:

    @ denny :

    yang dimaksud comment no 4 kan? review apa? kayaknya gak ada bilang minta review sesuatu..

    @ ari :

    Silahkan baca comment no 21.
    Soal cakram.. tergantung selera sih, tp kl kata gw berasa nyelonong kl gak dicakram.

  24. denny says:

    hu”uh dia kan bilang ” ntr saya upload pic vixi saya ”
    mana gambarnya mau lihat juga dong buat fefrensi. . . .

  25. ari says:

    kalo beli ckram FU atau cs-1 yg asli brapa y bunk kira2?

  26. jopir says:

    @ denny : wah iya yah, ditunggu aja lah.
    @ ari : kl 1 set yg psti lebih 1 juta bro, maen ke dealer aja utk harga pastinya.

  27. ari says:

    walah-lah mhal.nya uyy,
    hhehe,kalau ckram FU ‘n CS-1
    yg harganya agk miring cri d mana y bro?

    eh bunk gw d tawari bwat kndom sok up side down,300rb it murah gak boss?

  28. the masz says:

    bro, klo penyangganya buat dulu, atau udah ada yang jual ?

  29. jopir says:

    @ ari :

    waduh kl ori sih dmn2 pasti harganya sama bro, krna jg nyarinya kl gak di dealer ya di toko sparepart genuine, price list nya ya sama2 juga, bedanya biasanya di toko sparepart ada diskon sekitar 5% lebih murah dibanding dealer 😀

    mgkn kl mau CS1 pk punya aspira, FU pk punya Indopart, tapi gak tau deh mnrt bro ari tu masuk itungan ori gak..??

    kl kondom shock gw lum pnh liat barangnya bro, gak berani komentar, yg pnh gw tau ada yg pnh bikin pake pipa besi, hasil kreatifitas dy ma mamang tukang besi tua dan abisnya >500rb

    @ the masz :

    kl penyangganya (warna item) semua bikin sendiri bro kecuali dudukan masternya.

  30. the masz says:

    jd motor nginep dulu atau ditunda pas ngerjainnya? utk buat dudukannya

  31. jopir says:

    @ the masz :

    Gak sampe nginep juga sh, cari bengkel yg peralatannya lengkap bro, biar gak lama2 bgt bikinnya.

  32. the masz says:

    ukuran platnya ud ada bos?, sama bautnya aslinya ga panjang,sama plat L nya buat dulu?

  33. jopir says:

    @ the masz :

    kl ukuran gak ada, kreasi mekanik aja.
    kl baut panjang pasti mereka punya, tau beres aja, bos nya juga biar dia yg bikin. Plat L nya juga sama, biar dy yg berkreasi. 😀

  34. the masz says:

    ok dah, jd ga ad yang di bor?, sama klo ori dari bengkelnya gmn? tnpa dudukan

  35. jopir says:

    @ the masz :

    Kl bikin penyangga pk cara ini sih tanpa bor2an.
    paket penjualan dari toko cm master, piringan, pompa, selang, ma dudukan. sisanya mereka bikin sendiri.

  36. ari says:

    ouw gtu y bro.

    kalo harga cs-1 aspira dan FU yg indopart it hrganya sekitar berapaan bro?

    gw g jdi beli kndom ugx bro.
    ternyata masang kndom.nya it ngrusak sok, aliasnya harus memotong pengait sekrup pada spatbor(slebor) dpan. . .
    dan hrus d buat pengait baru lgi bro. . .
    langsung aja gw tolak aj tawaran buwat kndom sok dpan
    hehehe

  37. jopir says:

    @ ari :

    Hehe.. soal harga sih ane gak bisa ngomong byk, lum survei jg soalnya, ya miring2 dikit doang sih, mgkn bisa cek ke toko sparepart terdekat gan, di tempat gw rada jarang soalnya toko bgituan, paling2 di AMX.
    Soal asepdon nya.. Oo.. gw dah kebayang, iya juga sih, pasti keganjel di dudukan baut spatbornya, mau gak mau harus diiris biar rata ma tabung shock. Ah udalah, nabung aja, biar asepdon beneran, sukur2 dapet libmah aplrilia ato GSX murah 😀

  38. ari says:

    ok dah bro.
    thank’s bgt atas pelajarannya k gw y.

  39. jopir says:

    @ ari :

    sip, senang rasanya bisa sharing 😀

  40. denny says:

    bro gue kan dirumah ada motor jupiter Z g” kepake. . . kalo master cakram ama piringan nya di pasang roda belakang vixion bisa ngga’ ya? ? ? ? ? ? ?

  41. jopir says:

    @ denny :

    yoi, nganggur gt ya 😀
    Bisa, cuma pinter2 bikin penyangga masternya aja biar pas posisinya ke piringan.

  42. denny says:

    iya nie . . thanks infonya. . .
    dan akhirnya VIXI Q udah pake cakram belakang . . . . . alhamdulilah semoga lancar. . . . . . . . . .

  43. adhi says:

    bos, numpang nanya nih ??
    kemarin ane dapet paket rem blkang cbr 600 (caliper+master+dudukan calipernya), tapi tanpa cakramnya? kira2 cocoknya pake cakram apa ya??
    thanks ya.

    • jopir says:

      @ adhi :

      Piringannya ya.. sekalian CBR600 aja bro, kl gak salah kan tebel piringannya beda ma yg lazim dpakai di Indonesia.
      Ato sih kl gak pake yg punya motor2 yg dijual di Indo, asal ori, biar gak gampang bengkok.
      Mungkin bisa membantu

  44. ardian says:

    thanks bos, aku uda aplikasiin ilmu yang uda ane dapet.
    tampilan da bagus. tapi piton ga mau balik abis kampas ngegigit disc. otak-atik dudukan ampe main ring tetep aja penyakit ga mau ilang.
    tolong masukannya bos.
    thanks

    • jopir says:

      @ ardian :

      Mungkin penyebabnya di seal pompa yg jenisnya gak sesuai, jadi seret geraknya, abis naik gak bisa turun lagi.
      Atau selang yg ketekuk parah/kejepit.
      Atau posisi baut yg neken pompa gak tegak lurus sama pompa, jadi jeroan pompa masuknya miring, jadinya bengkok di dalem trus gak mau turun lagi.
      Mungkin bisa membantu

  45. adhi says:

    sekalian bro, tau ga kira2 pake cakram apa yang cocok?? ane bingung masalah ukurannya, takut nanti udah beli malah ga pas.

  46. jopir says:

    @ adhi :

    kl soal pas, pasti gak ada yg pas bro..
    pasti harus buat dudukan yg baru biar sesuai dengan diameter piringan.

  47. adhi says:

    gitu ya bro. berarti dudukan aslinya ga kepake ya bro???
    untung kemaren itungaan bonus ga beli, mubajir jadinya 😀
    thanks ya bro.

  48. v maesa says:

    Brow baut tengah knalpotnya(pegangan di footstepnya) gak dipasang ya ??

    • jopir says:

      @ v maesa :

      Wah jeli bgt bro, saluut 🙂
      Tu baut ceritanya kelupaan dipasang doang gr2 abis pompa minyak rem, tapi skg dah dipasang lagi kq.

  49. thataq says:

    bro,harga sepasang velg lebar bwt vixion kira2 brp???
    thx

  50. jopir says:

    @ thataq : 800rb – 1,3jt bro

  51. Anonymous says:

    dear bro jopir,
    bro bisa minta tolong dikirimin templatenya gak bro kalo bisa dengan ukuran 1 : 1 utk dudukan master remnya.karena dudukan master yang ane pasang mentok di dudukan pegangan knalpot yang berada di bawah pedal rem.thanks a lot.

    ichavs@gmail.com
    greycarbonite-vixious

    • jopir says:

      @ ichavs :

      Waduh bongkar lagi dunk bro, hehe..
      Mksdnya plat buat pompa ya? silahkan lihat di gambar pertama aja bro, yg garis kuning itu bentuk platnya

  52. each-up noshadow says:

    Mungkin kalo bro gak keberatan ente jiplak..terus bikinin buat ane tar ane ganti ongkosnye..tapi jangan mahal2 yeee..gimana? Lokasi ente dimana bro jopir..?:-)

  53. jopir says:

    @ each-up noshadow :

    Waduww.. bongkar2 dunk bro. Gw di bekasi, kl deket ketemuan aja, ntar ke bengkel bareng deh

  54. Aby says:

    Bro.. ntu plat penyangga master yang asli satria 120R ada dijual terpisah gk ya?

  55. jopir says:

    ^ Aby :
    Wah kl plat penyangga nya sendiri ane kurang jelas tuh bro, harusnya sih kl ori pasti ada, tapi berhubung belum pnh beli ketengan jadi gak berani pastiin juga.

  56. yonkxx says:

    bro,saya tadi habis tanya di kota saya(solo,maaf agak pelosok) katanya disk brake satria 120R harganya 200,tapi trus turun 190,yang bikin beda apanya ya? kok perbedaan harganya signifikan banget???
    mohon pencerahaannya….
    maklum newbie,,,,
    gwe jg sempat kaget ndengernya

  57. yonkxx says:

    maaf salah tulis,maksudnya rear disk brake 1 set

  58. jopir says:

    ^ yonkxx :
    Wodoew.. murah beud bro.
    Kondisi baru atau gimana? yakin 1 set?
    krna kl diitung2 kayaknya gak masuk akal, 1 set kan ada master, selang, disc, pompa, breket. Kl KW second sih masih mungkin.

  59. Yonkx says:

    Nah gw jg bingung masak harga segitu. . .
    Gw lum sempet tanya lengkapnya.
    soalnya kemarin gw baru pasang front disk brake nah ada pikiran tuh buat tanya”,krn budget bru d siapin^_^
    Thx gw kbantu banget dg adanya blog bikinan bang jopir

  60. jopir says:

    ^ Yonkx :
    Sipp

  61. ascho says:

    jadi lebih hero and gagah

  62. ascho says:

    ade yg kurang…………????

    ganti spakbor belakang e tu

  63. Yonkx says:

    ^ascho:
    Thx masukkannya bro. . .
    Baru kumpul budget buad ganti velg,soalnya ban gw kayag donat. . .
    ^jopir:
    Udah dapet racun baru brow? Hehehe
    Katanya hari sabtu cari racunnya(tw gra” sering baca comment)

  64. jopir says:

    ^ Yonkx :
    Hehe.. tau aja.
    lagi ngurusin kuliah nih, lagi hidup sehat tanpa racun 😀

  65. Anonymous says:

    trims…infonya bro…

  66. bonksor says:

    boleh juga referensi’a, ane juga mw psang cm lg liat2 dulu bro

  67. jopir says:

    ^ Anonymous :
    Sama2 bro, senang bisa membantu.

    ^ bonksor :
    Ok bro. Mudah2an bisa jadi referensi.

  68. Megx says:

    pasang DB belakang paling murah abis berapa sih bang kira2 ?

  69. jopir says:

    ^ Megx :
    Kl di bekasi sh 600rb bro, bersih plus pasang.

  70. mara says:

    bro waktu pasang di bengkel mana…?
    bisa kasih tau nga lokasinya…..?
    tks….

  71. jopir says:

    ^ mara :
    Waktu pasang di LA motor Kalimalang Bekasi Bro, daerah Mall Metropolitan.

  72. ade says:

    mas klo plat penyangga yg berbentuk L itu uda ada dalam satu paket mas……??

  73. jopir says:

    ^ ade :
    Nggak bro, itu bikin sendiri, kreasi si mekanik

  74. Ifan says:

    Mantab hasilnya bang. saya masih bingung tentang review pemasangan punya abang coba kalau boleh di tambah lebih detail lagi. maaf kalau saya banyak maunya. saya masih newbie banget.

  75. Oky ALFA96 says:

    Aye tertarik dgn komen diatas:
    “bro,saya tadi habis tanya di kota saya(solo,maaf agak pelosok) katanya disk brake satria 120R harganya 200,tapi trus turun 190,yang bikin beda apanya ya? kok perbedaan harganya signifikan banget???
    mohon pencerahaannya…
    gwe jg sempat kaget ndengernya”

    Pengalaman Aye:
    Itu memang bener MasBrow… Itu tempatnya di Pasar Klitikan Semanggi kan? (pasar murah onderdil motor/mobil, barang2 loak/bekas kota SOLO).
    Saya dah tanya jg+ditawarin february 2011 SET RDB Satria 2T buat Vixion 260rb dah termasuk pasang dan blm ditawar lg, mgkn bs dapet 240rb. Harga tanpa pasang mgkn jg sama yaitu 190rb MasBrow. Ongkos pasang 50rb. Tp ngeri jg kalo pasang sana, alias kata temen2 asal nempel aja (maklum harga segitu dah). Seandaina mw beli, jgn pasang sana cari tukang bubut khusus aja biaya sekitar 100-200rb. Itu barang bener2 barang KW BARU.

    Satu lg, Aye pernah beli Set DB depan buat Yamaha ALFA96 seharga 140rb tanpa pasang, januari 2010 di sana jg…
    Untuk kualitas pengereman bisa dibilang lumayan, antara ori yamaha sama tromol, alias tengah2 lah. Tp harus reyen dulu biar kampas klop (+-3mggu).
    Selama saya pakai tidak ada masalah, kan biasana barang Set cakram KW “seal”na gampang bocor, tp Aye blm pernah troubel.
    Sebagai tmbhn Aye jg baru beli Velg RIM WILWOOD silver asli set 1.60-1.85 seharga 400rb. Hati2 kalo beli terutama brg bekas/seken, pedagangnya disana kebanyakan gk kenal dosa. Ada Velg DBS menurut Aye brg ‘tembakan’ seharga 290rb set 1.40-1.60 dia bilang asli (ah gk mgnkn lah) saya coba ngelupas tulisan DBS na dan ternyata ‘terkelupas’ layakna sablon, beda ma Wilwood.
    O.. iya ada jg handle Ride It bwt Vixion disana seharga 150rb.

    Sekian Mas.Brow semoga pengalaman Aye bermanfaat…
    Yg saya bingung apa bener Set Cakram KW 1, 2, 3 itu bener2 ada dan bgmana ngebedain.na…???
    Maap, kalo harga2 sepengetahuan Aye diatas mbuat MARAH Brow2 sekalian… Terimakasih…

  76. Virus says:

    @oky wkwkwk soal KW 1, 2, 3, jgn heran bro emang ada…ane malah lebih parah KW 100 kali ya, gmn gak KW 100 di body kaliper ane aja merk ny bukan nissin + tulisan ny kyk di ukir pake paku wkwkwkwkwkwk…masih mending KW pake merk nissin dan lain-lain (merk terkenal)…lah cakram belakang yg nemplok di vixi ane aja merk gak jelas + di ukir pake paku pula…tpi pengereman nya mantab dah top markotob, kalah pakem tu pengereman cakram belakang motor new supra-X 125 ibu ane…inti ny 1 aja bro pasang nya harus presisi, harus bener-bener presisi dijamin barang KW pun hasil ny top markotob…

  77. jopir says:

    ^ Ifan :
    Nggh gini aja deh bro, add fb aja, ntar chat disana untuk lebih jelasnya 😀

    ^ Oky ALFA96 & Virus :
    Nice share bro

    Ngeri juga tuh tempat, mending dijauhin deh bro.. 😀

    Kl soal KW ada kelas2nya memang bener bro, tentu hukum alam tetap jalan, ada rupa ada harga.

  78. Newby vix says:

    Ak hbs psg ckrm bkng merk nissin 1 pistn, tp stelah d jajal injek pedal rem berasa keras bgt n ngeblong gtu,,
    Baru bisa ngerem kalo udah injek pedal sekuat tenaga, kan lama2 pegel ni kaki… Kra2 apa ni masalah nya ??

    Apa jumlah piston d kaliper ngaruh ??
    Kan punya bung jopir 2 piston tuh…

    Mohön pencerahanya ea thx…

    • jopir says:

      Ya inilah resiko pk part KW bro, bkn masalah jumlah piston, tp masalah pd kualitas part yg digunakan.
      Kl kyk yg bro alami kemungkinan di pompa minyak yg gak beres, bisa gara2 sealnya bocor,, komplain ke tukang pasangnya aja bro.

  79. r27 says:

    Menurut bro 1 set cakram belakang PSM bagus ga ??
    Bisa d dpt d mana ya bro ?

    • jopir says:

      PSM masih rada jarang yg pake bro, alasannya kurang tau jd sh, tapi secara kualitas sama2 aja sama part KW yg gw pake.
      Jarang ada di toko aksesoris, bisa dicoba om gugel aja bro, byk yg jual online kok 😀

  80. Anonymous says:

    klu masbro pake merek cakram apa tu.& berapa harganya sekaligus masang. terus ukuran ban nya berapa tu masbro…??

  81. Herry says:

    Mau tanya mas……..
    kalo disk sering peyang ada apanya yg salah & harus dibetulin……
    paket cakram ane Satria R juga, tapi dudukannya custom
    Thx

    • jopir says:

      peyang biasanya gara2 disc kelewat panas bro, penyebab utamanya adalah posisi bracket yg gak kokoh atau malah miring jadi si piringan selalu kegesek walaupun lagi gak digunakan (dijepit kampas). Bisa juga karna master yg gak beres, abis ngejepit gak lgsg ngelepas lagi.

      Cara deteksinya coba jalan normal sekitar 10 menit tanpa gunakan rem tsb, trs coba pegang piringan pake tangan, kl bro gak tahan tarok tangan di piringan itu gara2 panas bgt, brrti ada yg salah sama kedua sebab diatas.

  82. vixionista says:

    Mas Jopir ….. itu ban bisa lebar begitu g mentog di arm ya…. apa armnya udah d coak….???mohon masukannya

  83. Anonymous says:

    brow, kalo knlapot yang joss buat vixion apa tuh???? trus kisarannya berapa harganya???

    • jopir says:

      Yg pnh gw tes cuma 2.
      1. CLD Triovale Silent 450k => enak buat aksel, top speed gembos
      2. Custom by Dr. Muffler 600k => suara adem, aksel ok, top speed normal
      Kayaknya sisanya yg lumayan R9 bro, sekitar 900k kl gak salah.

  84. maTRIX says:

    Bro, mw tnya.
    Kalo ban.nya tetep(standar), trus mw ganti velg.nya aja(velg ruji), merk yang bagus apa?
    Trus, pa keliatan gahar kalo pake ban stndar dg velg ruji?
    Thx bro.

  85. maTRIX says:

    Bro, mw tnya.
    Kalo ban.nya tetep(standar), trus mw ganti velg.nya aja(velg ruji), merk yang bagus apa?
    Trus, pa keliatan gahar kalo pake ban stndar dg velg ruji?
    >nb:motor.nya vixion.
    Thx bro.

    • jopir says:

      Kl dgn ban standar mgkn jadinya modis bro, style dragbike, bisa gunakan TK, Zox atau TDR.
      Kl mau gahar dgn velg ruji, kl mnrt ane ttp harus ganti ban gede, jadi nanti stylenya supermoto.
      Bayangin aja vixion pk ban KLX250-Dtracker, gahar tuh bro

  86. dedi says:

    mas klw dudukan master rem blakang bli or bikin sendiri? kx rapi

  87. Anonymous says:

    w sih juga pengen.. motor w vixion se merah, cuma masih agak ngeri, (takut selip),.. jg masih agak galau w, lebih percaya orisinil (tromol) .. keren banget motor lu…

  88. Anonymous says:

    lupa ngasih nama.. w egi ,, domisili ciledug,, thx

  89. balqi says:

    Mau nanya ni bang, kLau buat masang ddukan disk, velg’y harus d bor ya…

    • jopir says:

      iya bro, adaptor yg nantinya gantiin posisi tromol harus di bor ke velg biar nempelnya kuat, buat tempat disc nya nempel ke velg.
      di bor di bagian dalam dan biasanya cuma 4 lubang seukuran baut 12, jadi masih aman kok dan gak keliatan dari luar.

  90. faza says:

    Ijin gabung sekalian nanya gan..
    Ane rencana mau ganti velg tapak lebar merk Chemco, krna tu velg emang banyak direkomendasikan krna lumayan ringan
    Kebetulan di vixion ane udah kepasang RDB merk PSM..yg buat ane jadi bingung tu waktu penjualna bilang klo disc yg PSM nantinya gak kepake klo pilih velg yg dual DB cz dudukanna beda dan harus ganti DB punya tirev,klo pengen ttp dipake harus pilih chemco yg tromol, ane jadi bingung ne
    Bagusna pilih yg mna y?
    Oia satu lagi gan,gear belakang mau ane ganti punya pio, tapi kata penjualna lagi klo gear punya pio gak PnP cz beda jumlah bautna, yg bawaanna 5 sedangkan punya pio ada 6..jadi tambah bingung

    Semoga bang Jopir bisa memberikan jawaban untuk kegalauanku ini..maaf klo pertanyaanna panjang 😀

    • jopir says:

      Saran gw juga gt bro, beli chemco yg versi tromol aja, biar yakin pas dudukan disc belakangnya dan gak perlu ubah2 bushing lagi.

      kl soal gear, jgn takut, gw udah cobain, reviewnya juga udah ada di blog ini. Untuk scorpio, byson dan vixion posisi baut nya sama persis, pun tipenya juga sama, hanya beda jumlah matanya aja. Byson 40, vixion 42 dan pio 44.
      Saran gw kl udah kepasang balik lagi aja ke yg jual, tunjukin sama dia biar ilmunya dia nambah 🙂

  91. faza says:

    Jawaban yang sangat masuk akal
    Thx ya bang jopir
    Tar setelah pasang langsung ane bawa ke tokona tu biar nambah ilmu juga..:ngakaks

  92. choirul says:

    bos bisa fotoiñ adaptor piringan cakramnya?pengen neee

  93. Adee says:

    Satu lg pertanyaan niy bang, setelah ganti velg tapak lebar koq pas nge rem pake yg belakang, injekan remnya koq terasa bergetar kencang sekali yah pas diinjaknya, mohon penjelasan dan pencerahannya bang, rem belakang msh pake kampas, tks

  94. Adee says:

    Saya baru ganti velg merk V-Rossi ukuran depan 2,5″ & belakang 3,5″, ban ukuran depan 100/70-17 & belakang 120/70-17, roda belakang saya msh menggunakan kampas rem & tromol aslinya, pertanyaan saya: apakah saya harus ganti velg baru lagi atau bisa velg yg ini saja apabila saya mau ganti dari tromol kampas ke cakram, mohon pencerahannya bang, tks

  95. gan mau nanya nih kalo mau pake RDB merk DBS Ori gimana ya??
    apa lebih bagus yg bawaan dari pabrikan punya FU/tiger?
    soalnya dlu pernah pake RDB KW pnya satria120 seriing nge lock sendiri??
    🙂

  96. andrieadji says:

    masbro ntu plat pnyangga gax buat lecet swing arm??????

  97. ipin says:

    jangan merubah kodrat mas,.,.,.,.sekali vixion tetap vixion,.,,.
    salam otomotif

  98. Anonymous says:

    makasih masbro….mantap/…hihihi..motorku jd beken neh…

  99. bro jopir,, itu baut penahan psiton belakang yg nempel di arm kan ngiketnya ke baut bracket kan,, emg kuat bro,, wktu dipake ngerem dlm posisi ngebut atau boncengan apa kuat ntu lubang baut penaham=n braketnya,,,??

  100. ipanase says:

    pernah ngancing belum 😀

  101. wisnu says:

    gan panjang nya berapa cm penyangga plat “L” ??terus ngepasin untuk lubang baut brapa cm dari penyangga plat “L”??

Leave a reply to jopir Cancel reply