Arti Kode dan Simbol di Dinding Ban [Sample : Battlax BT45]

Posted: 9 October 2009 in About Vixion, Tips & Trick
Tags: , , , ,

bridgestoneKalo kita iseng2 liat di dinding ban, ada banyak bgt tulisan yg timbul, ada yg udah jelas maksudnya kayak merk ban, dll. Tapi ada juga yg cuma berupa angka2 gak jelas. Plus ada garis atau titik yg warnanya berbeda2. Tentunya ini punya maksud dan tujuan untuk nginformasiin ke user tentang spesifikasi ban tersebut.

Tapi masalahnya gak semua orang tau arti kode2 itu, termasuk gw [dulu๐Ÿ™‚ ]

Nah makanya dsini gw mau share arti kode atau simbol di ban yg kita pake. Sebagai sample, gw ambil gambar Battlax BT45 gw.

1. Kode Seri, Kode Posisi Penggunaanย  dan Thread Indicator

BT45

BT45 = Pasti dah pada tau, ni kode seri ban nya :p

R = Singkatan dari Rear,ย  artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban belakang.

F = Singkatan dari Front, artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban depan.

Simbol segitiga (diatas angka 45)

= Disebut sebagai indikator batas pemakaian. Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, kl dah nyenggol, buru2 harus ganti ban kl gak mau nyium aspal.

2. Ukuran, Beban Maksimal dan Kecepatan Maksimal Ban

size

Jenis kode ukuran kayak gini disebut Metric System, cara bacanya :

120 = Lebar ban dalam satuan milimeter (120mm)

80 = Tinggi dinding ban (80% x 120mm = 96mm)

17 = Ukuran diameter ban yaitu 17 inchi, artinya dipakai di velg 17 inchi juga

M/C = Medium Compound. selain medium ada juga kode S=Soft dan H=Hard, pada beberapa ban, ada tambahan MS = Medium Soft dan MH = Medium Hard.

61 = Beban maksimal yg bisa ditopang oleh ban untuk bekerja maksimal dlm satuan Kg. (61 = 257 kg)

    • 30=106, 31=109, 32=112, 33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128, 38=132, 39=136
    • 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175, 48=180, 49=185
    • 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230, 58=236, 59=243,
    • 60=250, 61=257

H = adalah kode kecepatan maksimal dalam satuan Km/Jam

(H = max 210km/jam)

kode kecepatan

3. Struktur Ban

bahan

Gak semua pabrikan ban ngecantumin struktur ban, tapi di Battlax ada nih.

– Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 3 lapisan nylon.

– Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai penopang ban. Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.

4. Usia Produksi dan Tempat Pembuatan Ban.

made in

PAD = kode produksi dari pabrik, gak penting๐Ÿ™‚

3608 = bulan pembuatan ban (brrti disini minggu ke 36 di tahun 2008 = Agustus 2008)

Made In Japan =๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

5. Beban dan Tekanan Maksimal Ban.

max load

Max Load = Lagi2 disini diinformasiin Max Load, gak cuma pake kode, ternyata produsen ttp kasih bginian, biar lebih gampang dimengerti konsmen kali ya??

41 PSI cold = Tekanan max ban utk bekerja maksimal adalah 41 PSI dalam kondisi ban dingin (motor gak abis dipake jalan).

6. Arah Rotasi Ban.

rear only

Rear Use Only = Sama kayak tekanan ban, gak puas pake kode, jadi ditulis kayak gini.๐Ÿ™‚

Arah panah = Menunjukkan arah rotasi ban, jangan samapai dibalik, karena ulir ban udah dibikin untuk hanya satu arah, yaitu sesuai arah panah ini.

7. Jenis Ban

Image_00034

Pada merk lain ada yg nulis TT dan TL.

TT = Tube Type (harus pakai ban dalem)

TL = Tubeless

Selain simbol2 dan keterangan diatas, sebenernya ada lagi lho, tapi gak bisa gw tampilin gambarnya, krna ni ban dah kepalang dipake ratusan Km, tanda yg gw maksud dah keburu ilang๐Ÿ™‚

SIMBOL GARIS WARNA.

Simbol garis warna ini ada di lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya punya warna berbeda misal putih, merah, kuning, biru dan hijau.

SIMBOL BALANCE.

Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatiin waktu pemasangan ban, karena itulah titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

(jOpiR)

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Don’t forget to leave a comment if you like my post =-

Comments
  1. Alw mas bro,

    Salam jabt erat..
    Wah infona berguna bget nih. Secra gw bru ganti battlax.. Thank for the info

    ruher DRC 074
    De Nyu Tiger Revolution Cruiser ( DeNyut RC )

  2. jopir says:

    @ Ruher :

    Thx jg buat kunjungannya bro..
    have a great experience with Bridgestone Battlax.

  3. okki says:

    bro..saya pasang battlax sama seperti anda pake ..dengan velk hmf..tapi kok agak kesat..[gak lancar] ketika saya putarkan ban.motor dlm keadaan standar 2..knapa nya..dah periksa pinggir ban ke arm atau tutup rantai..ga ada gesekan masih punya jarak..

    • jopir says:

      @ okki :

      Gini bro, dengan bobot ban dan velg yg bertambah harusnya emng putarannya gak selancar velg dan ban stdr. Tp perubahannya gak terlalu besar. Kl dirasa kesatnya kebangetan, mgkn bisa cek pemasangan, jgn2 ada yg salah, bearing kejepit ring atau bos misalnya.

  4. bayu sandanu says:

    nice info!gw pake BT-39!KALO kode SS disebelah tulisan BT-39F SS apa yah bro????????

  5. jopir says:

    @ bayu sandanu :

    Yang jelas sih itu masih masuk point 1 bro.. sama halnya misal BT45 dan BT45V, nah ini juga ada BT39 dan BT39SS.
    Kl di BT45/BT45V ada perbedaan kompon. Nah untuk BT39/BT39SS sori bgt nih, gw belum dapet infonya.

  6. ajrix says:

    ban belakang v ixon bisa di pindah ke depan?

    ukuran ban yang sesuai untuk v ixion yang belakang berapa?

  7. jopir says:

    @ ajrix :

    Ban ori? yg Dunlop ato IRC? kl bisa sih bisa aja, tp kl yg dunlop jgn deh, bentuknya ntar jadi aneh, kl yg IRC sih masih lumayanlah.
    Belakang pake 110/X0 aja, kl diatas itu jadi kayak donat kl di velg standar.

  8. ajrix says:

    mang yang ori ada yang dunlop ya?
    ane irc

    kalo 110/80 apa 110/70 bedanya apa?
    harga brapa? hehehe

  9. jopir says:

    @ ajrix :

    Ada, di versi pertama ban dunlop yg dipakai.
    Kl IRC NR72 yg dibelakang pindah ke depan, kl terpaksa sih gpp jg bro, krna ukurannya kan 90/90, dinding ban menurut gw terlalu tinggi untuk ban depan, akan lebih baik kl 90/70 atau mentok2 90/80 lah.

    Kl soal beda nya,
    110/80 artinya lebar ban=110 dan tinggi dinding ban=88 [80%x110] kl 110/70 brrti tinggi dinding ban=77 [70%x110]

    Soal harga variatif tergantung merk, levelan ban lokal sekitar 300rb, utk ban import sekitar 700rb

  10. ajrix says:

    corsa s123 bagus gag ya?

  11. jopir says:

    @ ajrix :

    Temen gw udah ada yg pake sepasang.
    F=90/70 R=110/70
    Gw lum coba beberapa tes, tapi dari coba2 pinjem, overall menurut gw kualitasnya diatas swallow, mirip2 FDR.

  12. Smile says:

    wah baru tau klo diban ada tanda lokasi titik ter ringannya…
    masukan baru yg bs diaplikasiin nih! thanks bro…

  13. Bro says:

    bos,mau tanya.gua pake ban belakang swallow 120/70/17.pake velg 3,5″.kok ceper yah kalu dilihat dari samping.kayak pake ban kecil gt.gua pengen ban itu terlihat dari samping tebal,belakang lebar,gua harus pake velg ukuran berapa,dan ban ukuran berapa yah?coz gua jatuh gara-gara pake velg standart tapi ban 130,gak napak katanya,gmana ni siasatinya?karena gw pengen terlihat tuh vixi,gak cingkrang.

  14. jopir says:

    ^ Bro :
    Gampang, kl pengen lebih tinggi dari samping, gunakan 120/80 kayak yg gw pake, lihat aja di pic di review battlax, kl tertarik bisa langsung diaplikasiin.
    Lebih baik kl 130/80 biar [juga] lebih lebar dari belakang, tapi ya harus byk penyesuaian coz mentok di arm belakang.
    Kl 130/70 di velg standar emng bener bgt bikin bahaya, krna bikin jadi donat, limbung di tikungan.

  15. leon says:

    bro mo nanya mengenai simbol balance, klo ban sdh trlanjur pasang dan posisi simbol tidak sejajar dgn pentil ban , pengaruhnya apa yah kira2?? ato efek yg akan ditimbulkan ntnya apa?? apakah ada pengaruh dgn keamanan berkendara?? thanks sblmnya

  16. jopir says:

    ^ leon :
    Kl untuk penggunaan harian sih gak ada masalah, ini baru akan jadi masalah kl di kecepatan tinggi banget [bukan tinggi aja lho ya] pada saat tikungan cepat. Efeknya kayak bawa mobil yg lum dibalancing.

  17. gusti says:

    Pengen pasang battlax bt39 untuk satria ukuran depan 80/90 mentok spakbor gak yah?

  18. jopir says:

    ^ gusti :
    Maaf bro, untuk satria ane kurang faham mentoknya di ukuran berapa.

  19. frkun says:

    “F = Singkatan dari Front, artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban belakang.”

    maaf ni bro, salah tulis ya ?๐Ÿ™‚

  20. Reno says:

    Nice info Gan, ane browsing-browsing tentang ban ketemu blognya bro Jopir, lain kali kalo mau nanya-nanya boleh yak?๐Ÿ˜›

  21. joy says:

    Salam bng jopir…mo nanya nie bng utk ukran ban dpan vixi max y brpa ea tp msi pke velg std dan utk ban blkng brpa jg lou pke velk 3″inhci yg kra2 g mpet bngt ma arm… Trz mrek ban ap yg bgus hrga b’shbat dng doku ank sc0l ? Heheee mklum bng newbi….

    • jopir says:

      maksimal bgt, kl velg standar, depan 90/X0 , belakang 100/X0
      kl velg 3.5″, depan 110/70 belakang 120/70
      kl merk bisa pake IRC RX01, FDR atau Corsa,
      gt kira2 bro

  22. Virda says:

    Bang bro, kalau vixi ban depan pake 100/70×17 (3,5 mm) terus ban belakang pake 120/80×17 (3,5 mm), gimana bang bro? tuh vixi kliatan nungging ngga? terus ada pengaruh ngga saat riding?

    Terus kalau pasang 110/80×17 (3,5 mm) untuk depan, mentok spakbor depan ngga y?
    Idealnya vixi utk ban belakang 120/80×17, ukuran ban depannya berapa y? biar enak saat menikung di jalan?

    1 lagi, ada temen nawarin Velg tiger revo palang 3 ori punya dia (18″), tapi gw lihat tinggi dari velg standard vixi yg 17″, mau gw aplikasikan ke vixi, kira2 bisa ngga ya dengan ukuran ban yg di atas?

    Makasih sebelumnya, sorry kalu byk tanya, soalnya takut nyesat gw, hehe…๐Ÿ˜€

  23. galih says:

    gan, ane pake vixi, ban masih standar blom d otak atik
    ane pgen ganti ban blakang,

    1.maksudnya bt39,bt45,bt90 itu apa?perbedaannya apa
    2.kalo pengen terlihat lebih tinggi , cocoknya pake battlax yg mana ya gan?

    • jopir says:

      1. Bt39,bt45,bt90 adalah jenis battlax bro, sama kayak ICR NR72,NR71 dll. Tapi di battlax bukan hanya beda ulir, kompon karetnya pun beda.
      2. Kl pgn keliatan lebih tinggi, lebih baik tinggiin shock belakangnya aja

  24. […] Arti Kode dan Simbol di Dinding Ban [Sample : Battlax โ€ฆ โ€“ Kalo kita iseng2 liat di dinding ban, ada banyak bgt tulisan yg timbul, ada yg udah jelas maksudnya kayak merk ban, dll. Tapi ada juga yg cuma berupa angka2 gak jelas. โ€ฆ… […]

  25. […] Arti Kode dan Simbol di Dinding Ban [Sample : Battlax โ€ฆ โ€“ Kalo kita iseng2 liat di dinding ban, ada banyak bgt tulisan yg timbul, ada yg udah jelas maksudnya kayak merk ban, dll. Tapi ada juga yg cuma berupa angka2 gak jelas…. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s