[Test Sound] Knalpot AHRS Silent High Power di Yamaha Byson

Posted: 14 December 2012 in About Byson, Review Product
Tags: , , , , ,

ahrsBerawal dari salah satu komen sebelumnya, dimana ada masbro yg menamakan dirinya “wong sawah” yg jeli bgt ngeliat foto si kebo yg saat ini udah minus konde catalytic converter (CC).

Atau dgn kata lain, kebo ane sudah meninggalkan knalpot ori yg mahal, berat dan ber-konde itu, digantikan dgn knalpot aftermarket yg lebih free flow tanpa CC.

Pilihan jatuh pada knalpot racikan juragan Asep Hendro, yang diberi titel AHRS Silent High Power, yang dari namanya bisa dibayangkan kl knalpot ini lebih bertenaga, namun tetap silent. Mudah2an silent nya bukan modus getar kyk enpon.

Gimana kiprahnya, silahkan simak artikel berikut.

Kenapa pilih AHRS SHP ?

Pilihan jatuh pada knalpot ini karena :

1. Ini adalah satu2nya knalpot aftermarket byson yg bentuknya sama persis dgn knalpot ori (gak menyalahi aturan UU NO.22/2009 dong, at least dalam posisi mesin mati)

2. Label “silent” memberikan harapan banyak ke gw, dimana gw pengen kebo sedikit lebih bisa teriak, tp benar2 sedikit, gak berlebihan.

3. Label “High Power” juga turut ngasih harapan, moga2 kebo lebih bisa lari.

ahrs byson jopir

Gimana cara dapetinnya ?

Knalpot ini gw beli di gerai AHRS di otista, harga saat itu Rp520rb, jauh lebih murah dari knalpot ori yg hampir 1jt.

.

Kiprahnya ?

Performa :

Soal peningkatan tenaga, maap ane gak bisa bicara banyak, soalnya efek cuma dirasakan by feeling, gak akan akurat satuannya.

Jadi biar lebih berdasar, silahkan simak artikelnya di Web Motorplus. Ceritanya sih ada peningkatan tenaga 0.72dk. mayan.

Tampilan :

Ada 3 hal yg beda dari tampilan fisik knalpot ini jika dibandingkan dgn knalpot standar.

1. Konde CC udah gak ada.

2. Lubang keluaran knalpot jd lebih besar, ukurannya persis sama dgn lubang pada cover knalpot.

3. Knalpor AHRS ini sistemnya Slip-on, dgn kata lain antara muffler dan silincer terpisah, makanya muncul 1 per di antara keduanya.

Suara :

Biar lebih jelas silahkan buffer video berikut

[Video diambil via Nokia C6 | format .mp4 | jarak sekitar 1-2m dari knalpot]

Ket :

Di video jari gw nunjukin angka, yg berarti adalah rpm mesin, mulai dari 1500rpm saat awal mesin start, lalu gas ke 3rb, 4rb, 5rb trs udahan.

.

Kesimpulan :

Knalpot aftermarket dgn harga yg cukup rasional, peningkatan tenaga yg lumayan berasa, tapi tampilan tetap layaknya standar.

Satu koreksi buat AHRS, seharusnya label knalpot ini adalah

AHRS a little bit Silent than the others – High Power”

 


Artikel Oleh :

jOpiR

pada jopir.wordpress.com

Comments
  1. Aa Ikhwan says:

    sip ajib😀

  2. wong sawah says:

    Nyebar Racun lagi!!!
    Ban blm bs sempet kebeli skrg nambahin racun knalpot AHRS…
    Tp performa bkin kebo ngamuk ga gan?
    Katanya catalycnya tu bkin performa mesin kurang garang ya?

    • jopir says:

      hehe.. sebaik2nya keracunan adalah keracunan berjamaah.
      performa pastinya meningkat, berasa bgt si rpm gampang naik, efek cc udah gak ada kyknya jd pembuangan udah gak ada yg nahan, tp kl top speed ttp nohope jg bro.

  3. Anonymous says:

    wah bang jopir dah eksis kembali ternyata..baru tau ane🙂

  4. wong sawah says:

    ga pngen pake pangkon shock belakang kayak vixionnya dulu bang?
    ane mau pake ne tapi takut trlalu nungging salah2 malah jelek ntar penampilannya..

  5. pandu says:

    Suara mesinnya jadi agak kasar ya pake knalpot AHRS? Mau tanya untuk setting karburatornya dimana ya? Dan udah ganti apa aja ya ?

    • jopir says:

      kl suara kasar sbetulnya bkn masalah knalpot bro, walaupun ada hubungannya sih.
      Kl pake racing, bawaannya pgn narik gas terus dan sering main di rpm tinggi, hasilnya mesinnya jadi rame gt😦

      setting karbu di BeRes, kl yg lain cm pk denso iridium aja. sisanya sutandar.

  6. auliarh says:

    Aplikasi pilot-jet, main-jet di setting berapa bro? Wah bikin ngiler nih!

    • jopir says:

      di video itu PJ MJ masih sutandar bro, makanya rada brebet2 gt.
      Kl saran AHRS sih pake main-jet ukuran 115 dan pilot-jet 17,5.

  7. brooo, mau tanya nih~
    boleh kan?
    hehehhe..
    setelah ganti knalpot AHRS dpet top speed brp thuu?😀
    klo punya ku masih ori dan top speed nya mengenaskan sekali..
    selama ini aku baru isa dpet 100kpj 4x, dan 110 1x aja broo..
    itu aja butuh waktu yg lumayan lama..
    hehehhe..
    PJ MJ ukuran 115 sama 17,5 hrganya kisaran brp ya broo?
    :O
    wah, bro pke busi denso iridium? gk yg double iridium sekalian?
    biar makin ngacirrrr…
    hehehehe..😀

    • jopir says:

      nampaknya knalpot ini gak nolong banyak di top speed bro, cm ke entengnya aja yg berasa.
      top speed ttp di 100kpj dgn kondisi ban blkg pk 140/70 plus top box.
      Si iridiumnya cukup yg skg aja, buat lancarin dan besarin api dikit aja, krna jeroan lain pun ttp sutandar, takut mereka malu ama busi,hehe..

      soal harga PJ MJ sampe skg ane lum tau kisarannya, br pernah liat wujudnya aja😀

  8. Anonymous says:

    broo untuk dpetin tu barang ada kontak yg bsa di tlv kgak .
    ane btuh tu knalpot..

    • jopir says:

      coba search “ahrs” di facebook bro, disana outlet ahrs depok dan bandung bikin fanspage, silahkan kontek2an dari sana

  9. erdy leinderd says:

    Bro kalo ga ganti mj sama pj gimana ??

  10. erdy leinderd says:

    kalo ga ganti mj sama pj ngerusak mesin ga broo ???

    Kalo ganti mj sama pj boros ga ??

    Minta sarannya bro..

    • jopir says:

      nah ini yg ane jg sampe skrg belum nyobain, saran dr ahrs mmng ganti PJ-MJ jg.
      jd soal boros dll jg belum tau.

      Tp logikanya sih, tenaga berbanding lurus sm konsumsi bbm.

  11. chipmunks says:

    ga terlalu adem ya. msh lumayan gahar suara knalpotnya. klo dibikinin dB killer bisa kali ya. biar lbh adem, plus kaya suara knalpot standar pd umumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s