Review : Busi Denso Iridium (IU24) di Yamaha Vixion

Posted: 1 December 2009 in About Vixion, Review Product
Tags: , , , , ,

Berawal dari kunjungan ke Yamaha Asean Cup Race tanggal 29 November yang lalu, iseng mampir ke stan TDR, ada banner gede bertuliskan “TDR Super Iridium Spark Plug“.
Wedew, busi iridium ya, jadi inget deh obsesi evolusi si vixy, wah pas bener, tapi TDR? yakin bisa bikin busi, Usut punya usut dy juga kerjasama ma perusahaan busi luar [yg namanya juga baru gw denger], jadi intinya cuma numpang nempel merk doang, kesimpulannya.. gak berani ah!

Akhirnya, ngelangkah beberapa tapak, eh ada stan Denso, khusus promosiin “Denso Iridium Power Spark Plug“. Tanya ini itu ke SPG nya, trs angkut deh [businya doang, SPG nya nggak].  Dan akhirnya setelah dipasang di Vixion, br deh gw brani kasih review tentang busi ini.

Kenapa harus busi Iridium :
Nah ini dia yg jadi pertanyaan pertama gw, dengan harga yg mahal, apa sih kelebihan busi iridium?
Dari berbagai sumber gw rangkum.

1. Iridium adalah material dengan titik lebur tertinggi dibanding material lain, bahkan gold sekalipun.

Makin tinggi titik lebur suatu material elektroda, makin baik konsentrasi pengapian yg bisa dihasilkan oleh elektroda tersebut.

2. Lebih irit BBM.

karena proses pengapian jadi lebih baik, konsumsi BBM akan lebih irit. Berdasarkan pengujian di 2 motor 50cc menggunakan Busi Iridium Denso IWF22 dibandingkan Busi standar Denso W20FS-U. Hasilnya silahkan lihat di gambar. Terjadi peningkatan sekitar 5%. Tapi inget, konsumsi BBM tetep tergantung bgt dgn cara berkendara si penunggang kuda besi lho.
Kl di Vixy.. masih gw tes, naiknya brp persen, ntar kl dah dapet angkanya pasti di-update 😀

3. Horse Power Meningkat.

Grafik diatas adalah hasil pengujian menggunakan motor 250cc, mesin V, 2silinder, dengan radiator.
Hasilnya bisa dilihat di grafik, antara Busi Iridium Denso, Iridium merk lain dan Busi Standar Denso. Terjadi peningkatan 1,4 % jika dibandingkan antara Busi Iridium dengan Busi Standar.

4. Akselerasi Meningkat.

Grafik diatas membandingkan Busi Denso Standar dengan Busi Denso Iridium, menggunakan motor 250cc, mesin V, 2silinder, dengan radiator. Hasilnya terjadi GAP waktu 0,7 detik | dan GAP jarak sejauh 6m.

Wah kok bisa ya semuanya meningkat?

Intinya hal ini dikarenakan pada busi Denso Iridium, pengapian yg terjadi lebih besar dari sebelumnya dan terkonsentrasi karna bidang loncatan api sangat kecil dibandingkan busi biasa, hanya 0,4 mm, hampir terlihat seperti jarum.

Kok api jadi lebih besar?
karena pada busi Denso Iridium, elektroda ground berbentuk “U”, sedangkan pada busi lain hanya berupa bidang datar.
[gambar]
Hal ini memungkinkan dengan gap antar elektroda yang sama [0,8 – 0,9 mm], pada busi Iridium terdapat ruang untuk terjadi api yang lebih besar.

Katanya Busi Iridium Mahal :

Bener bgt, harganya bisa 10x lipat harga busi standar. Kenapa? karena material iridium emng harganya mahal, termasuk material yg jarang di bumi. Untuk diaplikasikan di busi, butuh teknologi pengelasan laser, dan ini gak murah harganya. Simplenya.. kl gak terima kenapa ni busi mahal, bikin aja sendiri, wkwkwk 😀

Kenapa Denso :
Denso adalah busi dengan diameter elektroda iridium terkecil di dunia yaitu 0,4 mm, merk lain masih berkisar di 0,5 – 1,0 mm. Busi standar, besarnya 2,5 mm. Prinsipnya, makin kecil elektroda, makin fokus pengapian. loncatan api gak akan lari2 dari sisi bidang satu ke yang lainnya seperti yg terjadi di busi standar.

Cara Perawatan busi Iridium :

Nah ini harus hati2, pada busi Iridium, bisa dibilang maintenance free, karena kl kondisi mesin normal, dan tipe busi yg digunakan sesuai dengan spek mesin, kotoran karbon yg terjadi dapat lenyap karena terkena efek pembakaran yang terjadi, alias ni busi bisa bersihin diri sendiri.

Kalopun dibersihin, cukup semprot bagian elektroda dengan angin kompresor bertekanan rendah, jangan sekali2 disikat menggunakan sikat kawat atau amplas, karena bakal merusak mata elektroda dan mengikis lapisan iridium. Sayang bgt, kan yg bikin mahal si iridiumnya, material yg jarang bgt ditemuin di muka bumi.

Tipe Busi Iridium :

Beda motor tentunya beda jenis busi, untuk vixion, gunakan Denso Iridium IU24, untuk kebutuhan khusus, bisa gunakan yg lebih panas atau dingin, semisal IU 22 atau IU 27.

Apakah harus ada part yg diganti biar bisa pake busi iridium ?

Vixion standar bisa lgsg PnP pake busi Iridium, bagian atas busi yg gede warna kuning bisa dilepas, dan ulir di dalemnya pas buat kepala busi standar.

Bukannya Busi Iridium Hanya Untuk Balap ?

Emg bener, busi iridium sering bgt kita temuin dipake di motor / mobil balap, contohnya di motoGP ato di Yamaha Asean Cup Race kemaren, busi Denso Iridium jadi busi resmi dsana. Busi Iridium mampu nyediain pengapian yang besar dan fokus, jadi untuk nyari settingan yg pas juga gak nyusahin. Tapi untuk motor standar dan kegunaan harian juga gak masalah kq, toh performa tetep naik, walaupun gak segede di motor balap atau racikan khusus.

Masa Pakai Busi Denso Iridium.

Orang Denso nyebutin kl usia busi Denso Iridium antara 6 bulan – 1 tahun, semua tergantung setting mesin (stelan CO yg pas), pas atau nggaknya tipe busi dg suhu daerah tsb, kebutuhan pemakaian (harian atau kebut2an) dan perawatan. Karena walaupun maintenance free, tp kl setting mesin kurang pas, tetep ada sisa karbon pembakaran yg mengendap, tetep harus dibersihin walopun cuma ditiup2 doang, krna kotoran ini ngehalangin elektroda buat ngehasilin api yg maksimal biar mesin gak brebet.

Spesifikasi Busi Dendo Iridium buat Vixion

Type Diameter Reach Hex Gap Projection Spark Position Electrode Height Terminal Shape Resistor Barcode Product Number
IU24 10 mm 19mm 16 mm 0.9 mm -0.5 mm 0.7 mm 2.6 mm Resistor 5 k-ohm 0 42511 05362 5 067700-9270

Buat motor lain, silahkan cek disini untuk tipe busi Denso iridium yang harus digunakan

Find Your Spark Plug for Indonesian Motorcycles – Click Here
.

Review Pemakaian di Vixion :

Sayang banget gw belum bisa bicara banyak disini, krna artikel ini juga dibikin baru 2 hari sejak gw beli, jadi lum bisa ngetes, ntar deh gw update lagi.

Yang jelas, sementara ini yg udah bisa gw buktiin :

– Dari beli kan vixion dikasih busi Denso Standar, begitu 1 tahun gw ganti busi, dikasih ma dealer busi NGK standar [yang kotaknya merah itu tuh], pas dipake terasa bgt performa mesin turun, agak ngeden dan kadang brebet. Lum pasti sih ini gara2 businya yg jelek atau GAP antar elektroda nya yg gak pas [gak punya jangka sorong buat ngukur], tapi yg jelas bgitu pake ni Denso Iridium, tenaga mesin dah berasa kayak sediakala.

– Dengan busi standar, di gigi 5 | kec 60kpj gw dapet di rpm 5.000, begitu pake Denso Iridium, kecepatan segitu udah bisa gw dapet di rpm 4.500.

Didapat dengan kondisi :

Mesin & Exhaust Standar | Velg Racing Power 3.5″ | Battlax BT45R 120/80 | 14:44 Gear ratio | Rear disc brake

Oh iya, buat patokan harga, ni busi gw tebus seharga Rp 90rb | per tanggal 29 nov 09

Untuk tipe busi yang digunakan oleh selain Vixion,  silahkan cek disini.

*) warna = konten yg diupdate


jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Don’t forget to rate and leave a comment if you like his article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. V-ultimateride says:

    Pertamaxxx

    Ada efek negatifx gk gan?
    Ntar review lg y gan…

  2. Diaz says:

    iridium tahan brp lama sih bro? gw pake denso iridium 6 bln, kmaren pas gw pake jln2 brebet. distater bs, dimasukin gigi mati. uda panas dingin gw klo si vixi ngambek. untung bs nyampe BERES dgn pnuh prjuangan. giliran businya dignti yg stndar, eh lancar. skedar sharing aja.. 🙂

  3. asurya says:

    bro jopir…pengen bgt tuh ane… udah nyari di bontang ga nemu2…mampus pokoknya alias gempor 😀 btw klo gw minta tolong buat dibeliin disana trus dikirim, bisa ga? itu juga klo bro jopir ada waktu..ato minta alamat toko yg terpercya jg bisa ntar gw call ke tokonya. sori coz gw jauh bgt dari kota besar… di bengalon – kaltim

  4. jopir says:

    @ V-ultimateride :

    Sejauh ini sih [selain bikin dompet agak legaan] lum ada efek negatifnya, dari temen, forum dan milis gak ada yg komplain soal kinerja, soal harga sih iya. Ntar diupdate lg deh 🙂

    @ Diaz :

    Monggo liat di artikel bro, udah diupdate 🙂

    @ asurya :

    kl buru2 mgkn mau bisa hub ke 08121053935 bro, beliau ini buka thread jual beli di Kaskus, beliau jual Rp95rb (blm ongkos kirim). Kl gw mgkn gak bisa buru2 beliin, krna cari2 dulu dsini (bekasi) dmn toko yg jual, agak jarang toko variasi gede soalnya.

  5. rdp says:

    wah..br make iridium bro?
    slama ini msh make yg standar ya bro?
    skalian air filter nya dganti yg racing misal JFC/Protec bro, lbh maknyus lg tarikannya

  6. jopir says:

    @ rdp :

    kagi wak, sikak sikak..jgn bederup, rengka mun gala gala. wkwkwk
    😀

  7. rdp says:

    wk..wk…wk…
    sekalian maksudnya, biar maknyus 😀
    mun sikak-sikak, tanggung nian haha..

  8. mawan says:

    wuih, udah jadi ni artikel bro! gw beli di dealer yamaha, kayaknya sama ama yg di pake ama bro jopir! tp yg gw bingung, kok harganya 60rb ya? yg gw tambah bingung, kok gw beli ya? hehe.. abis yg jual bilang gini, “ini busi IRIDIUM lho mas”.. yg jd mslh skarang, motor jd berasa ngeden, apa setingannya yg kurang pas bro?

  9. jopir says:

    lho kq murah ya?? krna dari 3 merk busi iridium yg banyak beredar [Denso, NGK, TDR] ketiganya di lego di harga 90rb-125rb.
    Lho kq bisa 60rb?? Tanya knapa..?? 🙂

    Mungkin bisa tolong dikirimin Merk dan kode busi nya bro, kita coba lihat sesuai gak sama spek mesin vixy..

  10. mawan says:

    @jopir : haha.. ternyata pas gw cabut tu busi, tulisannya di bagian yg warna putihnya “Iridium SCP6EIR”, trus gw puter ada tulisan lagi “SDG”. palsu ya bro? ato ini merek lain? ujungnya si kayak busi iridium pada umumnya, lancip gak kayak busi standar. ada komen bro?

    • jopir says:

      @ mawan :

      Oo itu merk Shindengen, utk vixion udah pas kq tipe nya SCP6EIR.
      Sori.. kurang faham kl soal merk ini dijual n harga brp.
      Kl soal ngeden mungkin coba dicek aja gap elektroda businya, standar di 0.8 – 0.9 mm

  11. kie says:

    bisa kasih tau dimana belinya bro ( busi liridium denso u24 n air filter racing JFC/Protec ).pliss bls k email bro ( h3n9kie@yahoo.com ) and than bgt to infonya
    black vixi B6960BOE

  12. jopir says:

    @ kie :

    waduh gw beli ni busi di stan dadakannya denso.
    kl mau cari mungkin bisa cari di toko modifikasi yg rada gede n byk jual barang2 mahal, biar gak ketipu ma barang palsu.
    Contohnya di Jl. Kebon Jeruk III – Jak-Ut ato daerah otista.

  13. adi says:

    Bro, busi denso iridium dg kode IU24 itu sama aja ga sih buat bebek atau merk motor lain..? apa ada bedanya?
    kalo buat shogun 125FD yg bagaimana ya..??

  14. jopir says:

    @ adi :

    Tiap tipe motor beda businya bro.
    untuk Shogun 125 pake Denso Iridium tipe IUF22

  15. vixy black says:

    brow pecinta vixi, kalo pke busi denso iu22 gmana?

  16. jopir says:

    @ vixy black :

    IU22 masuk kategori busi panas, brrti cocok utk mesin yg cenderung dingin. Misal dipakai di daerah yg suhunya dingin atau motor harian yg dipake dalam kota, jarang mencapai rpm tinggi. Kl bro suka jalan jauh keluar kota ato hobi jalan kenceng smpe rpm mentok red zone, mending pake busi dingin.

  17. wahyu says:

    klo buat satria fu bgsnya tipe iu 24 ato iu 27.gw bingung nih.blz keemail gw aja ya.thkns bro

    • jopir says:

      @ wahyu :

      Yg bedain IU 24 dan 27 cuma kode panas, kl doyan main di RPM tinggi n suka jalan jauh, lebih baik IU 27.
      Kl pemakaian nya normal dan cuma dalam kota ~ 1 jam sih mending IU24.

  18. cuko says:

    Utk v-ixion gap jadiin 1,5 mm trs CO jadiin +12. Dijamin maknyussss. Apalg dah pake im8 + coil XP 5a

  19. probbb.... says:

    kalo ganti busi dari standard ke iridium harus ganti CO ngga?

  20. joki says:

    Bro,naikin CO tujuannya biar suplay BBMnya tambah. Tiap kenaikan CO +1 maka suplay bensin nambah 0,005 ml.

    Naikin CO gak masalah. Gap busi jg direnggangkan biar pengapian mundur. Dg menaikkan CO diharapkan bisa mendinginkan mesin akibat tambahan panas dr penambahan gap busi….
    Hasilnya tarikan tambah enteng.

    Tapi kalo pengin powerfull…yaaa pasang IM8+coil XP 5a.
    Mak nyuuuussss bro.
    Gw dah coba. 700 m v-ixion gw bisa ngasepin ninja 250 standar. mantepppp…Di jl.Jogja-Solo

  21. jopir says:

    @ joki :

    Nice inpoh gan.

  22. Joki says:

    Busi iridium ckup mmbantu pengapian. Tp itu bkn yg utama. Pengapian gede tp ga didukung exhous yg baik jg pcuma. Pake knalpot racing biar tnaga putaran atas kluar. Vixi kan rmp atasnya memble. Nah dg gnti knlpot bs ngejar power rpm atas. Jgn lupa tmbh co. Biar pmbkaran ga kering. Kl dirasa vixi tll liar,ni saatnya setting rasio gear, 14/40 ato 15/43 ato 15/42. Kl vixi dah mau diajak kenceng,jgn lupa berdoa sblm naik vixi. Ngebut di trek lurus aj. Ga usah sok jagoan. Jalan bukan milik kita aj. Ga ada jeleknya pembalap berlaku sopan d jln. Peace

  23. fahmi says:

    vixi gw dah pake knlpot R9 mugello NG, akselerasi jd enteng tp putaran ats jd berat. sblm’ny bisa nyampe 140kpj, biz gnti knlpot jd mentok d 120kpj trs dr 100kpj-120kpj berat….pdhl dah bolak-balik setting CO d bengkel resmi
    kira2 vixi gw harus d apain????
    mohon saran’ny

    klo pake denso iridium cocok’ny pke yg mana?
    gw termasuk yg doyan rpm tinggi, tp jarang jarak jauh, rata2 30mnt’an

    • jopir says:

      @ fahmi :

      Nah itu yg masih jadi teka teki gw juga bro, gw jg pk CLD bobokan, sama kasusnya sama yg bro fahmi alamin, >100kpj berasa ngos2an. rpm udah 8rb-an tapi motor baru lari 100kpj. Brrti jawabannya ntar ya bro.. 😀

    • chand. says:

      di blog sbelah puny bang yudi cm pake knalpot standard bsa 150km.jam,
      klu knalpot racing enk di rpm bwah,aclrasi cpt,

  24. bgz says:

    RPM ga berbanding lurus dengan kecepatan yah?????
    logikanya sih misalnya kalo biasanya RPM 7500 di kecepatan 100 kpj, trus di laen kesempatan kecepatan 100 kpj di RPM 8000, tanpa ada perubahan gear tertentu, bukannya ada komponen mesin atau kopling yang selip??? ato spedometer yg rusak?

    kalo konsep ngos2an bukannya RPM susah naeknya?? bukan karena biasa RPM rendah kecepatan tinggi, lalu tanpa perubahan apa2 RPM tinggi kecepatan rendah…??? tanya gimana??
    mohon pencerahannya…

    • jopir says:

      @ bgz :

      kl soal rpm gw pernah riset bro, pas jalam malam hari kondisi mesin baru nyala, gw bisa dapet 60kpj di rpm 4500, pas gw lagi touring ke anyer sekitar tengah hari plus jarak tempuh udah sekitar 150km, gw baru dapet 60kpj di rpm 5000. Kesimpulan gw, kondisi panas mesin juga pengaruh k performa, mungkin dari faktor pengapian, makanya dibuat busi tipe panas/dingin biar performa mesin tetap terjaga sesuai kebutuhan.

  25. ARY says:

    Bos nanya ne.busi denso iridium untk ninja 150 vr,kira2 nmr seri nya brpa y bos?

  26. Rider says:

    ane pake busi bawaan vixi,,pake gear 5 rpm 5000 dapet 70kmpj….

  27. jopir says:

    @ ARY :

    Silahkan lihat lagi di artikel bro, link untuk tipe motor-tipe busi sudah gw tambahkan. Moga bisa membantu.

    @ Rider :

    Kondisinya ban vixy nya standar ya bro, gw dapet angka segitu di kondisi velg aftermarket 3,5″, BT45R 120/80, gear 14:44 plus rear disc. Jadi pasti laju yg didapat berbeda karena perbedaan bobot dan gaya gesekan [tromol-disc].

  28. theo says:

    bro , kalo suka rpm tnggi tp cuma 30-1jam pmakaian bgusnya pke yg mana ? 27 atw 24 ??

  29. Ujo says:

    Mnrt gw kecpatan dipengaruhi oleh power & torsi. Trs akselerasi dipngaruhi ratio power to weight.
    Nah,power ni sgt dpngaruhi oleh kndisi mesin. Smkin panar ruang mesin mk smkin turun pforma mesin. Ini berkaitan dg kinerja pelumasan oli.
    …weleh malah jd bingung sndri ni gw. Maklum cm lulusan SMK jurusan tata boga je. Fayah ni..
    Yg jelas kl pengin ngebut trek mnengah pake ninja rr. Tp kl pengin ngebut jarak jauh pake cbr / n250. Trs kl pengin ngalahin n150rr/cbr/n250 cukup pake mio bore up..
    Wkwkwk

  30. jopir says:

    ^ theo :
    22nya sebetulnya bisa digunakan, tinggal plus minusnya aja, dg durasi sgitu seharusnya radiator masih bisa nolong jaga suhu mesin, kl part2 mesin masih standar, menurut gw lebih baik IU24, tapi kl udah main porting polish sgala lebih baik IU27.

    ^ ujo :
    Yup, mgkn kl boleh menambahkan, kondisi panas mesin juga berpengaruh pada percikan api yg dihasilkan busi, yg akhirnya menyebabkan maksimal atau tidaknya pembakaran yg mrpkan sumber tenga motor, makanya diciptakan busi panas dan dingin untuk keperluan khusus.

  31. theo says:

    porting polish ?
    mksdny bro ?

  32. jopir says:

    ^ theo :
    Silahkan via mbah google bro, byk bgt penjelasan soal PnP dsna.

  33. theo says:

    sippp 🙂
    mksih bro .

  34. Ryuzaki says:

    Bro, gw da beli TDR Super Iridium ni, bisa dijelaskan g perbedaan TDR Super Iridium dengn NGK Iridium ama Denso Iridium???

  35. jopir says:

    ^ Ryuzaki :

    Bedanya
    Spec :
    Ukuran ujung elektroda bagian bawah yg berbahan iridium
    Denso 0.4mm | TDR 0.5mm
    makin kecil makin baik, pengapian lebih fokus

    Produsen :
    Denso develop dan produksi sendiri | TDR order ke perusahaan lain dan dilabelin TDR.

    ^ theo & arigrunge :
    😀

  36. Smile says:

    terus menyimak dulu infonya bro…

  37. Cristiano Ronaldo says:

    Saluuuuuuut buat om jopir,segala urusan mulai game,otomotif,ampe komputer beres semua.ne om jopir ada berapa orang ya??????wek wek wek wek……..

  38. jopir says:

    ^ Cristiano Ronaldo :
    Thx bro..
    Gw cuma ada satu lah, itunya dua.. [matanya]

  39. aris says:

    buat motor balap rx king pakai tipe apa boss,dibekasi dmn saya bisa saya dapatkan
    ? thxs boss

  40. jopir says:

    Di artikel ada kok link nya, atau silahkan klik [disini].
    Kl di bekasi rada susah tuh dapetnya, palingan ke otista, atau datengin event2 otomotif aja, IIMS misalnya, atau road race, sekalian main, Denso selalu buka stand khusus.

  41. arifsoul says:

    hm.. mampir lg y bro jop.. mo cari2 racun yang pas lagi. kmaren uda kena racun ci handle sekarang mulai kena racun busi. gpp lah. ana cari2 ne busi juga susah banget n belum ketemu.. lo d ambil kesimpulan plus minusnya ane jd tmbh bgg.. gini aja bro jop, to the point aj. buat vixi yang msh prawan (cm tmbhn 9power), gw pake seminggu harian (25km pp – kerja) n 2 hari pas weekend jarak jauh (150km pp – salatiga-solo) kira2:
    1. pake busi iridium 24/27? n perawatane gmn?
    2. n setingan co yang pas berapa?
    3. lo air filter d ganti racing efeknya apa aja?
    maklum lah H 6161 RC ru tembus 1300 km.. jg msh lugu.. mohon pencerahan dari suhu yang lebih senior.. hehe..

  42. Mahli says:

    Bro Jopir mau ikut nimbrung nih, sekalian pelajari racun-racun barunya, soalnya ane baru baeli Vixion. mau nanya nih bro mohon bantuannya ya. ane kan poenya Busi Iridium Merk NGK Type CR7xxxx bekas motor revo dulu kira-kira masuk ngga kalau ane pasang ke vixion ane yang baru.
    Mohon Pencerahannya ya bro jopir supaya ngga gelap mulu nih.

  43. jopir says:

    ^ arifsoul :
    Horee.. racunnya sukses
    1. Pake normal aja bro (IU 24), krna panasnya masih bisa dibilang normal.
    2. Kl ganti busi, CO gak terlalu pengaruh kq, tanpa diganti pun gak masalah, kalaupun ditambah dgn asumsi api skg lebih besar, biasanya berubahnya range 1-2 aja.
    3. Air filter ganti, intinya bikin asupan udara lebih besar, kl disertai setting CO bisa bikin lebih responsif tentunya.
    Gitu kira2 bro, aih dibilang suhu, berasa mekanik
    Moga bisa membantu..

    ^ Mahli :
    Wah gak bisa tuh bro, untuk vixion pakenya CR8EIX

  44. arifsoul says:

    oke dh.. suip! thx bgt..

  45. dimas says:

    mau nanya neh Om jopir nyang gantenk, untuk vixi lebih bagus mana ? di kasih busi iridium tipe dingin ato tipe panas, tyus yg bedain kode busi dingin n panas apa om ? tyus air injection fungsinya apa ? harga nya brp ? sebelumnya taratengqiu bangett mo denger atensi ane……
    (^_^)

  46. Yeni says:

    Lam knal bang jupri,mo nanya nich..vixi saya prnh gnti busi yang standard ori(NGK) tpi di rpm atas(10000)lngsung brebet/tersendat-sendat jlny,prnah gnti lgi yng bwaanya tetep aja sama.knapa ya bang?jdi pusing ane.trus klo busi diganti ma yng iridium bsa ilang gak pnykit brebetnya?atu lgi bang..busi iridium dari NGK ma Denso bagusan mna?mhon di tlong ya bang..thank’s

  47. jopir says:

    ^ dimas :
    Kl buat harian sih pake yg normal aja, IU 24, bedanya ada di kode angkanya, [22, 24, 27].
    Kl air injection buat aksel aja sebenarnya bro, buat nambah pasokan udara. Coba mampir ksini deh, siapa tau berminat.

    ^ Yeni :
    Wah kl yg sutandar aja brebet, brrti ada yg gak beres nih bro, saran gw vixy nya dibawa cek up dulu aja. Kemungkinan masalah ada di part lain, injektor ato CO yg belum pas misalnya,
    Kl soal bagus, beda tipis sih, beda yg pasti dari keduanya, mata elektroda di denso lebih kecil, hanya 0,4mm, baik untuk fokus pengapian.

  48. Yeni says:

    Trima kasih bnyak bang jupri atas saranya,tar kpan2 saya bwa chek up dlu mdah2an jngan ampe kna sistem injectsinya ya bang,mhon doanya aja bang jupri..mau tnya lgi bang,klo vixi pke busi iridium aman g bang jngka pndek ato pnjangny(usia sistem pengapianya)?trus pasnya mke CO brpa bang biar maknyus trikannya tpi bbm g trllu bros?

  49. jopir says:

    ^ Yeni :
    Dijamin aman bro, gak ada efek samping kok.
    Soal CO, gak nambah byk, gak bakal pengaruh ke konsumsi total BBM.

  50. rajendra says:

    bro bisa minta tolong g…sy khn tinggal di balikpapan…nyari busi denso iridium IU 24 susah banget,kebanyakan TDR,boleh minta tolong g dibeliin,duitnya tak transferin,gimana bro…thanks sebelumnya….klo bisa klo g bisa g papa sich bro….

    • jopir says:

      ^ rajendra :
      Sori nih bro, kebetulan distributornya denso rada jauh dari kosan, takutnya malah kelamaan kl nunggu gw pas lewat sana. Mgkn bisa coba kontak VRacing aja, barangnya dia terjamin kok, harganya juga sama.

  51. rajendra says:

    g papa bro,,,,makasih banyak atas infonya…oke saya coba hub..VRacing ajja….sorry uda ngerepotin…thanks..

  52. rajendra says:

    Bro sy uda kontak VRacing tp denso Iridium IU24 kosong…dy nawarin yg IU27….itu aman g untuk pemakaian sehari”….cos sy pake vixie untuk harian ajja bukan untuk balapan/track”…gimana bro…makasih…

  53. Yeni says:

    Oke lah klo bgtu…sya akan nbung dlu buat bli iu24,jdi smangat euy…mkasih bnyk bang msukannya.bang jupri emang hebat pisan euy…oh ya..prlu setel klep g bang?klo prlu,ukuranya brpa bang jupri(in-out) biar enak tenaganya di putaran bawah sama atasnya?mslahna saya pngen stel klep juga.bang jupri kupas tuntas masalah oli juga dong..!!!bingung euy..mo nyari oli yang cocok buat vixi saya

  54. jopir says:

    ^ rajendra :
    Oke, sipp bro.

    ^ Yeni :
    Yup, thx ya. gw dsni cuma share pengalaman aja kok.
    Soal klep gw lum pnh riset bro, jd gak berani ngomong dsni. Coba cekidot disini.
    Soal oli, kebanyakan user vixy sih suka Motul 5100, VSX ato Repsol, tapi semua cm pake feeling, gak ada itung2an diatas kertas.

  55. Yeni says:

    Hatur nuhun pisan bang,mudah2an pngalaman abang bermanfaat bgi qta smua.bang jupri…kpan2 qta share lgi ya..met bulan ramadhan,perbanyak bgi2 ilmu ya bang..lumayan buat tbungan tar di surga

  56. jopir says:

    ^ Yeni :
    Sipp

  57. just comment says:

    wah jangan nipu/ lebay donk. saya kan juga kuliah di T.Mesin. Anda berkata seolah-olah dgn make busi iridium maka hanya membutuhkan rpm yg lebih rendah untuk mendapatkan kecepatan yg sama dengan make busi standar. . itu ga mungkin terjdai karena rpm akan proporsional dgn kecepatan kendaraan.klo pun rpm berubah menjadi lebih rendah untuk mendapatkan kecepatan yang sama pada busi standar, pasti ada penggantian part seperti mengubah rasio sprocket menjadi lebih berat.

    saya rasa anda perlu belajar dan ga hanya asal bicara.thanx b4

  58. just comment says:

    satu lagi,bisa juga disebabkan kampas kopling selip pada saat itu

  59. jopir says:

    ^ just comment :
    Waduh si mas bro, katanya anak kuliahan, tapi kok tutur katanya kayak orang gak sekolah ya ?? 😀

    Gini lho mas bro, betul saya gak ada basic akademis soal mesin, maka dari itu disini saya awali judul dgn kata “review”, pastinya mas bro sbgi anak kuliahan pasti tau dong artinya.. ini artinya semua yg ditulis didasarkan pengalaman hasil uji coba.

    Sepanjang sejarah saya bikin review, saya selalu ngejaga agar satu2nya hal yg berubah di motor yg saya tes adalah HANYA part yg saya bikin review, biar hasil review betul2 ngegambarin hasil kerja part yg dimaksud.

    Dan ternyata, setelah saya ganti busi ke irridium yg notabene ada perubahan dalam debit dan fokus api yg dihasilkan, ternyata saya dapet kecepatan tertentu dengan rpm yg lebih rendah hingga 500rpm daripada busi normal.

    Nah lho kenapa bisa bgtu?? Tentunya mas bro yang anak kuliahan harusnya tau jawabannya, kalau toh dari ilmu yg mas bro dapet di kampus gak ada yg bisa ngejelasin hal ini, ada baiknya tuduhan “nipu” nya mas bro ditujukan ke produsen denso, krna toh pebandingan gambar dan tabel diatas saya ambil dari website denso langsung. [Website Denso Global]

    Ya silahkan mas bro adu ilmu sama suhu2 disana 😀

  60. Hazli says:

    Mas jupir ane orang bru nih,
    Ane mau nnya nih, mesin vixsion bsa d bor’af, ane takut entr jd rusak injeksinya ?
    Tlng d bntu mas,

  61. jopir says:

    ^ Hazli :
    Bisa2 aja,ganti piston jenong buat naikin kompresi, atau bore up naikin cc, ganti modul pengapian dll. Gak apa2 kok, gak ngerusak injeksi. Bisa cari VRacing di Facebook buat order part2 nya.

  62. edo says:

    Betul…betul….
    ane jg dah buktiin kok.
    Dulu pake busi biasa kecepatan 60 km/j gue dapat pada RPM 5.000.
    Skrg gue pake busi iridium, pada RPM 4.700 dah dapat kecetanan 60 km/j.
    Terbukti gan.

  63. jopir says:

    ^ edo :
    Semoga si mas bro yg diatas cepet bertobat, haha..
    Nice share bro..

  64. yonkx says:

    bro ane mw tanya di kaskus di bilang semakin besar nilai/angkanya maka busi semakin dingin,yang bener yang mana om ane bingung,soalnya ane ada 2 busi iu27 sama iu22

  65. jopir says:

    ^ yonkx :
    Iya betul bro, makin besar angka makin dingin.
    IU 22 : busi panas
    IU 24 : busi normal
    IU 27 : busi dingin

  66. Renaiz says:

    bro jopir, gw mw nanya nih!
    Beberapa hari lalu vixi gw br ganti Denso IU27, GP Air Filter, 9 Power.. Tp kok di rpm bawah nya brebet yah? rpm atas jg agak berat terutama di 80 kpj keatas.. Co udh +7, dah pake R9 New Mugelo..
    Kira2 apanya ya? Apa gap busi nya yg harus di setting lg atau hrs tambah CO lagi? Mohon bantuan nya..
    Thx 🙂

  67. jopir says:

    ^ Renaiz :
    Pasangnya langsung sekaligus ya?
    kl bisa sih satu2 bro, abis pasang trs coba, biar tau yg mana yg salah atau perlu disesuaikan.

    Kl gap sih kayaknya nggak, kecuali tuh busi pernah jatoh, untuk irridium gap nya 0.9mm.

    Masih nyimpen busi standar atau irridium suhu normal? coba pasang deh, brebetnya ilang gak? kl iya brrti ada baiknya bro pake busi suhu normal aja, krna kondisi mesin bro sekarang gak cukup ‘panas’ untuk bikin si busi dingin kerja di range suhu operasinya.

  68. Renaiz says:

    iya mas bro pasang nya sekaligus hehehe..

    Justru alesan ganti iridium biar brebet nya ilang.. kalo pake busi standar brebet nya makin parah dan RPM bawah lebih berat tarikan nya mungkin karena co ditambah jd berat dibawah tp enteng di atas..
    Vixi nya mas bro pake knalpot racing jg kan ya? Co di set brp?

    Busi blm pernah jatuh mas bro, kl bukan karena gap busi.. Apa hrs ganti koil, kabel busi + chop yah? Dengan yg racing!

    Sori mas bro, newbie byk nanya ^^

  69. jopir says:

    ^ Renaiz :
    Waduh pelik sekali ini bro, hehe
    Gw pake CLD Triovale Silent di CO+7, plus IU24, bawah aman cuma 80keatas yg kurang krna knalpot terlalu ngeplong.

    Gw curiga CO nya kurang bro, krna kondisi skg kan 9power plus irridium brrti api gede bgt, plus supply udara lebih plong, harus lebih diborosin lagi kayaknya tuh bro biar seimbang ma udara n api yg ada skg.

    Gpp bro, dsni kan kita sharing, saling bagi pengalaman

  70. bagus Sajiwo says:

    saya pake vixion 2007, standar poool cuma setting celah klep dan ganti busi iridium IU24. motor kenceng gak karu-karuan ampek takut naikinnya

  71. jopir says:

    ^ bagus Sajiwo :
    Wow, gak karuannya gmn tuh bro.
    Bole dunk share rpm di kecepatan 60,80,100,120 di gigi 5 nya brp.

  72. megx says:

    Irridium Denso ama NGK bagusan mana ya bang kira2?
    dan itu apa cuma satu tipe doang misalnya Denso iridium IU24 doang dan NGK iridium CR8EIX doang?
    thanks

  73. jopir says:

    ^ megx :
    Kl mengacu diameter elektroda, harusnya bagusan denso, krna cuma 0,4mm.
    Soal tipe, ada banyak kok pilihan suhu kerja busi. Misal utk denso yg sering dipakai IU22, IU24, IU27.

  74. Denny says:

    Mas jupir ane mau tanya nih mtr ane v-ixion dah pake denso iridium iu24,gp filter,koil tci protect,knalpot nobi trioval perbedaanya krasa bgt tp rpm bwh suaranya brebet apa stelan co yg msh standar?pencerahannya mas?

  75. jopir says:

    ^ Denny :
    Waduh dgn ubahan segitu harusnya supply bahan bakar harus lebih ngucur, coba tambah bawa ke beres untuk ditambahin CO nya, gw kmrn pk CLD triovale silent mesti +7 baru rada enakan.
    Tergantung berapa plong knalpotnya juga.

    • Amiet Sathya says:

      mo nanya ni mas jopir..nyambung ke knalpot..kalo sy pake knalpot r9 yg ss carbon motegi (gitu kyaknya tulisannya..heheh)+mesin standar+co-nya +10 itu gmn ya?? kalo pake busi IU24 nanti dengan setingan spt itu apa ga masalah ato perlu setingan laen lg..mohon pendapat+pencerahannya..

    • jopir says:

      menurut gw CO sgtu udah cukup bro, tp simplenya sih dipasang dulu aja trs lgsg ke BeRes untuk setel ulang CO, biar dapet angka yg pas.
      Soalnya pas bikin artikel ini gw sempet pk CLD trioval silent dan Co +7 mantab tuh bro

    • Amiet Sathya says:

      sy coba dl deh..tp td baru ja psang ni busi IU24 lumayan juga jarak jauh…ga tau besok2..makasi mas jopir pencerahannya..

  76. edo says:

    bro2 semua…
    jangan lupa gap businya diubah. 0,9 – 1 mm.
    kalo masih baru kan gapnya sempit tuh..
    kalo dah diatur lg gapnya pasti kerasa bedanya. Suara sendalpot pun jg beda.

  77. jopir says:

    ^ edo :
    Kok diubah bro, kan standarnya udah 0.9mm gap nya.

  78. VSe7en Speed says:

    Bro klo pake yg IU-01 yg irridium racing bwt msin std vixi gmana? Langsung pnp ap ad yg prlu dgnti? Mau nanya skalian bro, knalpot yg bgs bwt vixi ap? CLD, R9, NOB1, AHM, AHRS bgusan mana? Mhn pncerahan. Thx b 4

  79. jopir says:

    ^ VSe7en Speed :
    IU01 dipakai untuk motor spec racing bro, rpm tinggi terus trs panas mesin ajegile, dan busi ini durabilitas nya rendah, kl di balap, sekali pake lgsg buang, ga bisa buat harian 😀

    Soal knalpot, gw gak bisa bicara byk, krna gw pun baru coba CLD aja, Triovale silent, yg gw rasa dgn busi IU24 dan CO +7 terjadi peningkatan di bawah, tarik jd enteng, tp atasnya lemah, kl diliat2 sih krna knalpot terlalu plong, tendangan balik nya kurang.

    kl liat dari data otomotif waktu compare knalpot2 yg bro sebutin dgn dynotest, mmg ada perbedaan dk yg dihasilkan, tapi selisihnya gak banyak, cuma beda koma dikit aja.

  80. Vse7en speed says:

    O, jadi kalo yg IU-01 cm bisa bwt racing doank.
    CLD Triovale Sillent dlu ditebus brapa bro?
    Nanya skalian nih bro, klo oli bro pake’ apa?

  81. galank says:

    bro…

    stlah pke tu busi,,,

    stingan COx di ks naek ato turun???

    thx…

  82. jopir says:

    ^ Vse7en speed :
    Ditebus sekitar 450an bro, paling murah di keluarga cld kayaknya.
    Kl oli gw masih pk yamalube bro, proyek oli nya lum dimulai soalnya 😀

    ^ galank :
    Setelah pake irridium CO nya naikin dikit aja bro, krna api yg dihasilkan skg lebih besar.

  83. Jodi says:

    Kalo pake busi iridium aja sih peningkatan performa gak begitu banyak.
    Busi cuma berperan sebagai pematik api aja. kalo pengin lebih mak nyusss ya upgrade pengapian dong. Pake coil yg mumpuni. Bisa pake koil new tiger revo (2 pin) harga cm 80 ribuan. Bisa jg pake coil tci mobil. Kalo pake coil CDI (XP, YZ, Protec dll) harus pake modul tuh.
    Kalo pengapian dah diupgrade maka CO perlu ditambah biar mesin gak kepanasan.
    Perlu diingat bhw vixion adl motor semi turing bergaya semi sport. Bukan motor sport tulen…maklum masih sohc, bahkan dibatasi RPM limiter. Jd jangan berharap bisa melaju diatas 140 km/j versi spedo koso ato GPS.

  84. jopir says:

    ^ Jodi :
    Ok, nice share bro.

    Betul bgt, lebih lanjutnya pasti coil, saringan udara, piggyback atau bahkan ganti piston sgala, yg gw tau udah ada yg naekin jadi 180cc malah.

    Buat penyuka kecepatan ya monggo, kl ane jarang2, ngeri soalnya, kl mau 140an kayaknya pk mobil kantor, lebih aman 😀

  85. ferdinand says:

    halo bro jopir.. mo tanya donk.. vixion ane masi standart 2007, rencana mo pakein air filter jfc sma busi denso ir iu24.. yg mo ane tanyain, kudu tambah CO brapa? klo cuma tambah 1/2 ngaruh gak ke konsumsi bbm? (secara ane lebih suka motor irit) trus soal gap, gap itu apa ya bro? apakah orang beres yamaha bisa setting yang beginian? kira2 ongkos pasang n setting bisa brapa ya bro? sebelumnya thx ya da bole posting dimari

  86. jopir says:

    ^ ferdinand :
    Pernah ada di otomotif untuk perbedaan konsumsi BB di tiap penambahan CO 1 angka, tapi dah dicari2 gak ketemu. Yang jelas sih gak banyak, antara CO+1 dan CO+7 gak banyak beda.

    Kl soal butuh tambah CO berapa, silahkan ke BeRes, dari F1 Diagnostic Tool yg buat setting CO, ketauan kok CO yg seharusnya digunakan di angka berapa, prediksi gw sh sekitar +4

    Soal GAP, lihat gambar dibawah gambar nomor 4, yg dimaksud adalah jarak antara elektroda di buritan busi.

    Normalnya kl beli busi baru, gap gak usah disetting, tinggal pasang aja, pemasangannya juga gampang, bisa pasang sendiri, kl di bengkel dikasih goceng jg udah seneng mekaniknya 😀

  87. gembreng says:

    emang bener kawan kawan semua…ane dah pakek busi iridium dah 2 tahun dan sudah ganti 4 x dengan bahan bakar pertamax plus.tapi dengan performanya memang suuuiiip kawan…

  88. bro kalo pake kabel busi yang racing aman gak?

  89. jopir says:

    ^ blacksteel0knight :
    Kl aman sh ya aman bro, tapi kl segi fungsi, di mesin ‘standar’ alias non ubahan kompetisi, rasa2nya gak diperlukan bro..

  90. kitz says:

    bro motor vixi gue msh standar coz pake pertamak, klw pake busi denso iridium IU 24 lngsng PnP pa gk? pa prlu tmbah CO ?

  91. kitz says:

    pny gue msh standar puolllll di gigi 5 kec 60kpj gw dapet di rpm 4.000

  92. and1 says:

    bro jopir, ane mw nanya neh..
    maksud kalimat bro jopir yg d bwh ini..
    “Kalo pake coil CDI (XP, YZ, Protec dll) harus pake modul tuh.”
    arti modul itu apa bro??
    maklum msh newbie..^^

  93. erwin says:

    gan ad no yg bs dhubungin ga? minat serius ne buat vixion g

  94. Anonymous says:

    bro…kl motor new megapro 150cc mke denso iridium type yg mana?
    gw ska rpm tinggi tp pemakaian paling cm 1-1,5 jam sekali jalan…
    mohon pencerahan….

  95. bayu.vixi says:

    mau tanya nih kang, vixi ane br 2 bln trs baru aja pke 9power ma busi iridium iu24..kira2 perlu nambah co gak ya?? kl perlu sekitar brp yak??secara pengapian kan jd gede antara 9power?busi iridiumnya..mksh..

    • jopir says:

      kl ini serahin ke BeRes aja bro, biar ntar dia cek kebutuhannya via FI Diagnostik Tools.
      kl urgensi nya sh gak terlalu bgt.

  96. setia1heri says:

    ikut nyimak masbro..
    antara iridium dengan platinum enakan mana ya ?

    maap an epakai pulsar 180 trims…

    • jopir says:

      iridium sama platinum tetap lebih baik iridium bro, karna titik leburnya lebih tinggi dari platinum.
      Gpp masbro, dsni gak khusus vixy kok.

  97. EDO says:

    salut ma bro jopir…tiap coment ga ada 1 pun yg lose pantau…… jarang dpt ktmu org yg sesabar ini….
    moga sukses bro jopir….
    oya sebelomnya lam kenal aja….GOOD LUCK…..

  98. felix says:

    suhu mas bro jopir, kmaren ane pasang knalpot nob1 di vixy ane, kok waktu rpm rendah meletus2 suarane?? apa perlu diset dl in/out nya? trims

  99. felix says:

    tak tunggu mas broo jupri replynya thx ya

    • jopir says:

      sori lama balesnya bro..
      kl knalpot nembak ada 2 penyebabnya.
      1. Ada bocor di pipa knalpot atau gak rapet di headnya yg nempel ke blok mesin.
      2. Perlu setting CO, biasanya kl knalpot racing mesti CO+5 atau +7
      silahkan di cekidot dulu vixynya bro

  100. nico says:

    Bro vixionku baru 2 bulan nih rencana mau ganti busi,air filter,sama beli 9power… Kalo ga setting co ada masalah gak ya nantinya? Takutnya tar malah jadi aneh vixinya… Tq before

    • jopir says:

      jangan takut bro, kl pun abis ganti2 ini itu gak sempat setel CO, nanti pas service ke beres pasti CO nya bakal disesuaikan sama mekanik tanpa kita request 🙂

    • nico says:

      Kalo dicoba mulai dari ganti busi dulu pengaruhnya berasa gimana ya? Soalnya kalo langsung semua masih ragu”.. Oh iya mau tanya…9power itu kan sistemnya sperti cincin kan? Itu dipasang disaluran busi nya vixi…lah masalahnya kabelnya vixi kan dari atas dan minim,kalo dipasang 2 9power apa bisa? Tq bro

    • jopir says:

      kl busi mgkn gak terlalu berasa bro.
      Kl di vixy roman2nya emng gak cukup kabelnya, paling cm pake 1 aja.
      nah si 9power ini juga yg gw masih ragu soal khasiatnya, mgkn nanti bisa dishare ya bro pengalamannya pk 9power 😀

    • nico says:

      Iya ni aja masi rencana bsk kalo jadi pasang aku share deh..lagian kan buat byson kan juga bisa…maklum banyak pengeluaran anak SMA, kost lagi. Masa ga berasa sama busi standartnya? Bukannya powernya nambah ya?
      Oh ya sorry borongan nih tanyanya. Ga ada efek ke mesin dan kelistrikan kan nantinya? Takutnya malah jdi ribet ntar .. Pemakaian normal kira” berapa bulan?

    • nico says:

      Iya ni aja masi rencana bsk kalo jadi pasang aku share deh..lagian kan buat byson kan juga bisa…maklum banyak pengeluaran anak SMA, kost lagi. Masa ga berasa sama busi standartnya? Bukannya powernya nambah ya?
      Oh ya sorry borongan nih tanyanya. Ga ada efek ke mesin dan kelistrikan kan nantinya? Takutnya malah jdi ribet ntar .. Pemakaian normal kira” berapa bulan? Tq so much. Bro

    • nico says:

      Bro aku udah ganti busi iridium nih.. Cari” dijogja susah banget nyarinya ..entah habislah,stoknya lama datengnya,atau ga jual… Dijogja ada tu 9power sama denso iridiumnya tepatnya di toko hap*y di depan jogjatronik. Harga 95rb..9powernya 35rb…tapi sorry gan tadi 9powernya lagi kosong, jadi belum beli..
      Nah setelah pakai busi iridium ini yg saya rasakan ga ada bedanya bro sama aja,sampai ketika mau sampe rumah mesin udah posisi panas itu radiator udah nyala…nah disini awalnya ketauan bedanya..begitu lampu merah langsung tancap gas “mak wezzz” narik banget gan akselerasinya , emang top dah thx atas reviewnya..bsk kalo udah beli 9power aku kasih update an.

    • jopir says:

      Sipp bro, mantab
      Btw tu 9power murah dsna ternyata, disini 40rb 🙂

      Btw soal efek samping gak ada, tenang aja. Kl rentang pemakaian antara 6-12 bulan, tergantung setting mesin, kl kondisi standar 1 tahun juga masih oke bro

  101. yuri says:

    wahh
    tertarik nih mo ganti busi
    tapi luna masih 4 bulan 3500an umurnyaa
    klo dimanual book sih 7 bulan ato 7000 klo ganti
    nabung dulu ah

    mas jopir klo buat vixion Busi selain Denso Iridium (IU24) apa aja yang cocok buat vixion?
    maksud angka 24 keatas itu makin dingin ya?

    • jopir says:

      betul bro, angka 22,24,27 menandakan suhu kerja busi tsb dimana 24 adalah kondisi normal.
      selain denso bisa coba NGK irridium, kl gak salah kodenya CPR8EIX buat vixion.
      Kl gw cuma percaya 2 merk ini aja, soalnya pabrikan pun hanya gunakan 2 merk ini 🙂

  102. didik says:

    saya mau tanya tentang spesifikasi busi merk NGK, minta tlong jawab spesifikasinya dari busi merk tersebut apa saj?

  103. Anonymous says:

    Kira2, bisa ga buat bebek vega r 2004

  104. black devil says:

    mo nanya nih bro,ane dah pake iu24 di vixi kira2 untuk amannya setiap berapa km businya ganti baru lagi?umur iu24 ane dah 6rb km soalnya.thanx

  105. wahyoe says:

    Mas bro vixi ane standar dapet 60km di rpm 4500, CO+15,untuk tarikan bawah enak tapi untuk tarikan atasnya masih kurang. Kmren businya ane ganti ama NGK iridium tapi ngk ada efeknya untuk performa mesin. Kira2 apa yah yg perlu disetting ulang, apakah COnya terlalu besar…?? Rencananya ane mau ganti saringan udara yg raceing, kalau menurut mas bro gimana.

    • jopir says:

      kl tarikan atas bawah enak sih rasa2nya udah bukan zona busi bro.
      menurut gw udah saatnya knalpot ambil peran, tapi jga disesuaikan, krna kl knalpot klewat plong, atasnya juga gak dapet, klewat mampet bawahnya gak dapet. Agak pelik kl soal yg bgini

      Saringan udara jg termasuk dalam lingkaran setan performa, menurut gw cukup membantu untuk tarikan bawah 🙂

  106. andino says:

    salam kenal bung jopir ane baru beli vixi awal februari lalu heheh km masi 350.an masi inreyen hehehe kalo langsung di ganti iridium apakah tidak masalah mengingat umur sepeda yang masih sangat muda ??? kalo mau pake yang IU 27 gimana ?? trus taunya settingan CO darimana ?? maaf gan masi newbie banget hehehe terimakasih banyak bung jopir .. 😀

    • andino says:

      oh iya satu lagi IU 24 sama IU 27 lebih bgus yang mana , saya setiap weekend perjalanan +/- 2 jam bang .. hehehe maaf ya bang ngerepotin …

    • jopir says:

      wuih masih gress tuh bro 😀

      Gak apa2, irridium cuma busi biasa kok, cuma pengapiannya aja yg lebih baik daripada busi standar. Krna part lain masih standar dan pakenya pun gak lama2 bgt, IU24 gw rasa yg paling cocok. Dan untuk setting CO, silahkan ke BeRes aja, krna cuma mereka yg punya alatnya (FI Diagnostic Tools)

  107. Anonymous says:

    gw jg da rencana nih beli iridium+filter racing+coil protect (tau deh total jd brapa)
    skalian dong nanya,sorry kl nyimpang,knp yah vixion gw skrng(standar) kl d ksh premium atau pertamax sama aja rasanya pdhl dl krasa bngt tarikannya kl make pertamax

    • jopir says:

      nah ini bro, salah satu efek iklan propaganda pertamax oleh pertamina,
      kl menurut gw, kl di dynotest antara premium dan pertamax plus sekalipun, untuk power dan torsi saya yakin gak ada bedanya bro, kalaupun ada sgt tipiss, hanya tercatat diatas kertas, gak berasa.
      pengaruh kita pake bahan bakar yg sesuai spek mesin (dalam hal ini pertamax untuk vixy) adalah cuma di residu pembakarannya, baik gas CO dan NOx yg kebuang lewat knalpot maupun residu jelaga yg tertinggal di jeroan mesin. gt kira2 bro, cmiiw

  108. rezza says:

    bro.. saya habis beli busi denso iridium. kondisi mesin dingin motor susah hidup, begitu ganti busi biasa langsung hidup.. gimana itu bro penjelasannya. thanx

  109. Ajisaka says:

    Wah, bro jopir tinggal di bekasi
    Beli businya di toko apa n daerah mana?
    Tadi ane hunting ke Surganya Bikers yang di HI lagi kosong
    minta reverensi toko yang lengkap donk di bekasi
    thanks

  110. ramone says:

    Permisi bro jopir
    Mau tanya nih kalo mesin vixi nyala trus ada suara desis di bawah tangki apa itu suara fuel pump n normal ap ngga
    Sory msh newby ni
    Thanks before

  111. ways says:

    bearapa stelan co lo di pasang busi denso iridium bang??

  112. angga says:

    Busi Iridium buatan denso ada 3 type: iridium, iridium Though dan iridium racing. yg biasa aja tuh bisa dipakai di mesin (nomor busi sesuai spek mesin) standar tanpa ada perubahan setting lagi. busi iridium mahal, harga 10x lipat busi biasa? efisiensi memang mahal, hasil akhirnya lbh murah. busi biasa tahan max.30.000km, busi iridium tahan max.100.000km, silahken hitung sendiri brapa tahun tuh busi kagak perlu diganti … hehehe. Efisiensi cost ada di busi dan bensin, krn lbh irit toh 🙂 Ane sendiri sdh pake di mobil corona absolute 2000cc, sdh dipakai 3.5tahun ini blm pernh ganti busi dan masih sehat businya. Pernah pakai di jakarta-bandung, tol cipularang max kecepatan 180km/jam …. jakarta-bandung PP dihitung cuma ngabisin bensin 1liter utk 17km ….. ngirit kan ….. hehehehe 🙂

  113. fajarmengerti says:

    mas bro mau nanya saya baru ganti busi iridium ngk saya coba tes rpm5000 dapet 70 km/jm keaadaan motor mesin masih standar motor kluaran 2012 pake ban fdr depan 90/80 blakang 100/80. menurut masbrooow ada peningkatan ga ……?
    sebelum pake ni busi saya belim dapet tes. dan ban standar pabrik ama yg saya pake sama ngga… lebih besar yg saya pake atau sama….? tolong pnceraahan nya ms brooow jopir

  114. imam setia budi says:

    kalau motor kawasaki klx 150 s cocoknya pakai iridium type apa yaa

  115. hery says:

    mas bro, klo dpsang di thunder 125 cocok gk?

  116. muftiachmad says:

    misi numpang tanya gan,,
    motor ane kq nyendat2 yaa klo d rpm sktar 7-8,
    pdhal ni pke CO nya standart dan g da yg drubah kcuali gear 44 + ban 110/70 n 80?70,,
    ni kira2 ada hubganya sama CO ga yaa??ato sama businya ini??
    makasih infonya,,

  117. andreholigansbetawi says:

    Bray jopiir…..kira” harga tahun ini brapa…..?

    Harga busi nye… Gue pke yg laen lari nya ngeden……..?

  118. fuad says:

    bro ngebersihin busi iridium yang paling aman gimana?
    ane udah sekitar 9bln udah pake denso IU24, lancar-lancar aja.
    hanya sekarang ingin bersihin tu busi karena ada kerak itemnya…?

    • jopir says:

      bersihin kayak bersihin busi biasa aja bro, diamplas kerak2nya.
      tp yg haram diamplas adalah bagian pentil yg kayak jarumnya, itulah si iridium

  119. sujar says:

    mantep…….gw skrang pke TDR irridium itu aj udah kencang gk mrebet2 gk kyak busi standar( gnti busi terus).
    beda TDR sma DENSO ap ya boss?

    • jopir says:

      TDR kl gak salah twin irridium dgn gap 0.5mm
      denso ttp single irridium tp dgn gap lebih kecil, 0.4mm dan ceruk, digadang percikan api lebih besar dan terarah

  120. Adi says:

    Bro, ane baru aja beli yg iu20
    Mau nanya nih, setingan yang pas untuk busi dengan tingkat sepanas ini yang cocok apa ya suhu???

  121. galih says:

    kalo pake IU22 ada efeknya ga bro ??

  122. sam says:

    mas, sya mw nanya..vixy sya masih standar. skrang pake busi TDR racing. ko sya ganti ke denso iridium IU24, pa bsa ngrusak msin or da efek smping utk vixi…sya pun sring jalan jauh kra2 100 km per hari. bgusnya sya pke busi denso iridium mna? maaf sya newbie banget nieh…bs bls ke email mas…top speed vixi sya cma 150. motr trasa brat. mhon pencerahannya.dah sya bwa kmn2 msi brat trasa mtornya.

    • jopir says:

      Ganti lgsg ke IU24 gak masalah bro, gak ada yg perlu diubah, dan gak ada efek negatifnya.
      Dgn kondisi standar baiknya ttp pk busi dgn panas normal (IU24 atau IU24A).
      top speed vx 150kpj itu udah luar biasa lho untuk ukuran standar

  123. kuli chino says:

    nih jopir makannya apa sihhh kok sipppp bnget

    celah businya brapa mm om?
    apakah celah busi bs brubah,klu iy disebabkan oleh sebab ap ?

    • jopir says:

      haha.. makan anak orang bro 😀
      IU24 gap nya 0.9mm bro, kl berubah sih mgkn2 aja, hal yg wajar namanya logam dipanasin, ato karena penambahan sisa kerak yg numpuk di elektroda, ato gak sengaja jatoh pas dibersihin.

    • anonymous says:

      Bang, jopir ane mau nanya vixion ane masih standart (baru ganti knalpot dbs) enaknnya make busi iridium denso IU24 atau IU27 dan stelan co enaknnya +? Thanks before

    • jopir says:

      tetap pake IU24 aja bro.
      kl soal CO nanti kan angkanya dapet dari FI Diagnostic Tools nya tuh di bengkel resmi. Tp gambaran sih biasanya +5 atau +7

  124. naluri says:

    klo buat tvs apache rtr 160 ? seri apa yg cocok?

  125. ahmad says:

    mas busi iridium yang cocok untuk motor tvsc apache 180cc apa ya?

    • jopir says:

      kl di list denso mmng gak disebutkan untuk apache, tp gampangnya gini aja bro, skrg lihat kode busi yg standar, trs samain sama motor yg ada di list.
      Misal si apache standarnya sama kyk vixion, brrti iridiumnya jg sama dgn vixion (IU24). kira2 begitu.
      Untuk link ke list ada di artikel.

  126. bima says:

    Bang denso ma busi nology bagusan mana gan buat vixi??
    Klau pakai busi nology apa kah ada yg harus diotak atik??

    • jopir says:

      Kl bagusan mana, karna gw jg belum prnh coba pake nology jd gw gak bisa jawab bro.
      Cm kl gw pribadi lebih prefer Denso atau NGK, kenapa? Karna mereka pemain lama, dah sepuh banget soal busi 😀

  127. ini bukan masalah DENSO atau NGK businya.. yang jelas yang perlu anda ketahui adalah
    1. vixion kompresi 10,4:2
    2. bahan bakar minimal pertamax 92(masa vixion masih paek premium gx bangett…)
    nah setelah itu pastikan jgn salah type busi iridium yg akan anda pakai
    kalo gw sehh pake DENSO

  128. ini lanjutan di atas yaahh.. hehehe
    gw pake DENSO IU24 trs CO seting +30 ,, cuman nambah 0,15ml doank kok borosnya ,,jadi kalo yg pake knalpot racing .. gx terlalu kering kalo d geber trs d RPM tinggi…

  129. t0niwijayant0 says:

    Share jg oli terbaik bwt vixi gan..
    Newbie.

    • jopir says:

      nah ini yg belum sempet riset bro.
      Cuma rata2 user kentjang vixy pada puas pake Motul 5100, Shell Advance VSX, atau repsol Moto

  130. vixioncpf says:

    ane pake busi ini sejak januari 2010 saat vixioncpf masih di km 3000-an, sampe sekarang masih pake tuh busi, bagian ceramicnya yang diluar udah dekil bin kumel, tapi dalemnya masih terbilang ok-lah.

    2 minggu sekali or 1 bulan sekali ane bersihin nih busi pake vixal (cairan pembersih porselen buat kamar mandi itu tuh), percaya gak? he he he.

    caranya ane tuang tuh vixal ke tutup botolnya terus ane rendem IU24 sampe kira2 10 menit, rontok dah semua kotorannya, abis itu IU24 ane bilas pake air bersih sampe yakin gak ada cairan vixal yang nempel, dikeringin terus pasang lagi dah.

    sampe saat ini iu24 masih terbilang ok-lah, km udah 93.000 -an umur motor cuman beda 3 bulan sama tuh busi, lebih tua motor. motor masih bisa dapet 120-an kpj (sama aja waktu baru juga mentoknya segitu, …… tapi mungkin anenya aja yang berani cuman segitu :hammer:)

    vixioncpf udah ganti ban depan 2 kali, ban belakang 4 kali, lampu depan sama speedometer dah diganti gara2 nyium truk :p, ganti gear set 4 kali,brake shoe depan belakang 4 kali, yang belakang harusnya cuman 3 kali, karena diboongin bengkel, dikasih yang abal2 trus copot kampasnya, gigi nanas speedometer 1 kali, cuman IU24 ini yang belom mau diganti, busi bawaan masih ada sebagai cadangan.

    rencana mau pake terus nih busi sampe mati or performance motor ane rasakan berkurang karena busi.

    o iya cara ane ngebersihin adalah cara ane, mau niru silahkan tapi resiko tanggung sendiri …. 🙂
    silahkan googling iridium memang tahan terhadap acid (asam/vixal), makanya ane berani

    Iridium mantap gan

  131. azis says:

    Harganya brapa gys…

  132. ali shodikin says:

    bro bs pesen businya gk?

  133. Indra says:

    Klo pke ngk power gmn bro ?

  134. Tonny Bayu says:

    Kalo IU20 dipake R15 cocok ga ?

  135. cahyoo says:

    are u kidding me ?
    Dengan busi standar, di gigi 5 | kec 60kpj gw
    dapet di rpm 5.000, begitu pake Denso Iridium,
    kecepatan segitu udah bisa gw dapet di rpm 4.500.

    namanya kecepatan motor dibanding rpm mesin, itu bisa berubah kalo RASIO girnya berubah bos
    kalo ente bilangya “biasanya 60 kpj butuh 3/4 putaran gas, setelah pake iridium cuman 1/2 put.gas”, itu baru mungkin

  136. Lukman says:

    Pihak Denso mengatakan secara jarak pakai Iridium Denso masa pakainya adalah 15000 sampai 20000 KM, atau 1 tahun, pendek ?, jelas karena center electrode 0,4 mm, Denso lebih ke performance,,,, NGK yg 0,6 mm bisa digunakan 30000 sampai 40000 KM, kalo mau yg 100000 KM cari busi iridium yg center electrode 0,7 mm dan menggunakan platinum tip di side/ground electrode ini biasanya busi OEM pabrikan yg didesain khusus sesuai permintaan OEM,,,

    Itu kalo pengapian dan setting normal optimal, kalo gk ya lebih pendek lagi usianya,,

    Tapi angka di atas bukan umur busi sampai mati, tapi mulai melemah,,, yg akan mengurangi efisiensi, walau masih bagus2 aja dipake, itu tergantung kepekaan feeling,,, scara busi kan relatif,,, ada yg pake busi bawaan prabrik/std dari baru sampai usia motor 3 tahun belum ganti busi, tarikan bagus aja,,,

    Kalo ane sih pake Denso Iridium Power IU-24A, Ignitability lebih baik daripada IU-24, karena pakai slant ground electrode,,, ane nyari performa kok,,, paling minimal busi platinum NGK CR8EAGP-9 lah cuma 30rb, hehhe,,,

  137. Luqmanul Hackim says:

    Nih Busi Denso Iridium Power IU-24 di Vario 125 ane: https://luqmanulhackim.files.wordpress.com/2016/06/20150807_131912.jpg

    • jopir says:

      nice share bro

    • Luqmanul Hackim says:

      sip, sama-sama,,

      banyak mitos yg beredar tentang busi iridium gan,,,

      misalnya mitos kalo busi iridium itu busi dingin karena material iridiumnya, padahal bukan karena iridium nya, tapi desain insulator nose,,,

      busi dingin itu identik dengan non-projected insulator, sedangkan busi panas identik dengan projected insulator,,, kalo di kode busi diwakili huruf “P”

      nah mitos kenapa busi iridium dikatakang dingin karena mengacu pada Denso Iridium yg notabene pemimpin pasar busi iridium di dunia dengan predikat diameter terkecil di dunia, yg secara otomatis juga berarti busi iridium terbaik di dunia,,, nah yg jadi acuan orang-orang yg mengatakan busi iridium itu dingin adalah Denso Iridium Power IU Series yang HANYA tersedia non-projected insulator (biasa disebut orang awam sebagai busi mendem),,, sedangkan busi standard biasanya adalah busi projected insulator, seperti NGK CPR9EA-9, Denso U27EPR-9, dll

      dan yg menyebarkan mitos itu rata-rata pengguna sepeda motor honda yg notabene busi standard-nya adalah projected insulator.

      Busi Denso Iridium IU-24 itu lebih dingin sedikit daripada Busi Standard Denso U24EPR-9, bahkan Busi Iridium NGK CPR8EAIX-9. Meski Heat Level sama. Apa pun jenis logam yg digunakan pada center electrode nya.

      Dianggap dingin karena memang busi dengan non-projected insulator kurang baik dalam hal self cleaning ability, butuh suhu lebih tinggi dan rpm lebih tinggi untuk mencapai suhu self cleaning,,, berbeda dengan busi projected yg meski sering di rpm rendah pun kalau mixture/AFR diset ideal atau bahkan lean maka busi akan bersih, karena lebih cepat mencapai self cleaning temprature.

      busi non projected selalu digunakan pada busi racing, makanya banyak yg menggeneralisir bahwa busi ridium = busi racing, padahal beda,, buri iridium racing itu contohnya Denso Iridium Racing, desain keseluruhanya beda banget,,, insulator nose lebih mendem lagi dan ground electrode nya khusus.

      busi non projected ideal untuk mesin dengan kompresi 10:1 ke atas,,,,

      ada lagi busi iridium yg lebih dingin, yakni Denso Iridium IU-A Series yg menggunakan Slant Ground Electrode (biasa diaplikasikan pada busi racing), misalnya IU-24A itu lebih dingin dari IU-24,,,

      ane dah coba, dan emang beneran hitam penuh jelaga carbon kering di busi IU-24A yg ane pake, padahal settingan sama persis dengan saat ane pake IU-24 yg berhasil merah bata, kayak fotor diatas. riding style ane pun sama-sama suka geber full throttle, dan lalu lintas di daerah ane ramai lancar, no macet 😀

      kalo vixion, busi standard nya memang non projected insulator gan,,,, jadinya mantap pake IU-24,,,

  138. Luqmanul Hackim says:

    BTW, TDR Iridium itu rebranded dari Volker Iridium, sama aja Hurricane juga rebranding dari situ juga,,,

  139. Dudung Sukmana says:

    Ane Dudung Sukmana pek. Guru Smkn1 Boedud One Jakpus . Ane sejekbbujek baru nyibain Senin, 27/8-2017 busi yg mahal Denso Iridium ke Mtr Yamaha Secorpio Th. 2010 . enti klw ada yg di rasakan ane serching ya . Oke bro . .utk semua penggemar kutak- katik motor met ber aktifitas

  140. Adya razan says:

    Memang joss abis busi ini

  141. Mas Angga says:

    emang juuooss gandos busi ini, ane make dr th 2005 di honda karisma (denso IUF-22), lanjut ke shogun axelo, mio soul-gt pake IUF-22 jg. saat ini pake mx king dg IU-24A. Pengalaman pertama dg honda karisma, respon akselerasi meningkat dan bisa digeber hingga RPM lbh tinggi. makin tinggi RPM makin joss busi ini. Oleh krn itu motor2 berikutnya langsug ganti denso iridium ini lah. No Question about it 🙂

    • Mas Angga says:

      nambahin lagi aaaah….. gara2 pake iridium di karisma, mobil ane sedan 2000cc langsung ganti juga pake denso iridium IK20….. udh 4x dipake mudik jkt-surabaya, tes pertama di tol cipularang ngebut 180km/jam serasa ngga habis2 tenaga mesin nya…..ngga terasa udah 5th lebih pake busi ini kagak ganti2…… juuoooss tenan

  142. ryanhandoko2017 says:

    Mas mau tny klo pake busi non projected di mesin yg
    pake busi projected itu bsa merusak mesin ga sih?contohny busi scorpio z itu bawaan pabrik itu non projected x24esu dipasang ke tiger yg busi bawaan pabrikny projected x24epu9 .trima kasih

Leave a reply to jopir Cancel reply