[Review] Rear disc brake PSM for Yamaha Byson

Posted: 20 February 2012 in About Byson, Review Product
Tags: , , , , ,

baiklah.. masuk tahap selanjutnya dari evolusi byson, yg ternyata masih berkutat dengan tahapan2 ubahan di vixion dulu.

Setelah ubah warna velg dan gedein ukuran ban belakang, mulai dah tuh gatel nyari2 racun baru. Kalo diliat2, kaki kekar tapi tanpa cakram rasa2nya kayak kepala tanpa rambut,

Q = emng knp kl kepala tanpa rambut?

A = gak kenapa2 juga sih, pan emng intinya dasar aja gatel nyari penyakit, wkwk

Eit tapi liat dulu, saingan utama byson (si meggy) yg kakinya langsing aja dah pake cakram, masa kaki kebonya nggak?? Nah maka daripada yg tersebut diatas, dan atas pengalaman pasang cakram di vixion, gw mantabkan hati beli 1 set cakram belakang yg khusus buat byson.

Hasil browsing, dapetlah merk PSM, gimana kiprahnya? monggo cekidot..

Kenapa gak custom kayak vixion dulu ?

Pengalaman di vixion dulu, setengah mampus bikin posisi si kepala babi presisi dengan disc, ajigile masang begituan 6 jam baru kelar, belum lagi kualitas part KW yg luar biasa KW, butuh perlakuan ekstra dan gak sekali beres.

Akhirnya, beraniin diri pake 1 set merk PSM yg emng udah punya nama, dan at least bushing dan piringan udah pasti presisi, soal kualitas kepala babi dan pompa urusan belakangan.

Pemasangan bushing2 dan kepala babi

Ini yg jd pertimbangan gw pilih PSM, kan udah khusus untuk Byson tuh, jadi bushing jg udah pas tinggal plek.

tapi ternyata setelah dipasang tetep aja kurang nyemplak dikit, alhasil digeser dikit breketnya dgn ditambah ring, whoalah.. pas mangstab.

tapi nya tambah satu lagi..

posisi kepala babi masih rada nyelip di hugger ori, mau gak mau part yg barunya seharga 28rb ini dicoak dikit biar kepala babi bisa nyempil

(agak aneh sih, masa part yg udah khususon gini masih aja perlu ring dan coak2 segala, salah waktu riset atau bagian produksi yg ngaco??)

rapet gan, tapi gak keset. Ban masih bisa muter bebas dengan sempurna, tanpa bunyi sreeng sreeng.

Yang kayak gini yg dicari, biar gak ngehambat lari kebo yg dari sononya udah kehambat konde catalytic converter.

Pemasangan pompa beserta bushing dan bracketnya

ini yg gw lebih gak abis pikir, bracket udah dipasang sesuai petunjuk, tapi tetep gak pas antara ujung pompa dan tuas rem, alhasil kreatifitas mekanik diuji.

Dapetlah bentuk yg sebagaimana tersebut pada gambar diatas. Tinggal dicat cemongnya dikit, soal kekuatan mantab.

Hasil :

Dengan kondisi kayak diatas, waktu pemasangan yg di manualnya diprediksi hanya 1 jam, jadi molor hingga 3 jam.

tapi gak apalah, yang penting puas, sesuai keinginan.

Dari hasil pemakaian setelah pemasangan didapatlah plus minus produk ini.

> Tampilan piringan oke, sayang logo PSM nya kurang terlihat meyakinkan

> Bushing dan breket udah siap pakai, gak perlu banyak custom, hampir mendekati PnP

> Kualitas piringan, kepala babi dan selang oke punya, sayang di produk yg gw tes ini pompanya bermasalah

> Putaran roda tetep lancar jaya, gak ada hambatan dari piringan

Nilai :

Untuk skala 1-10 , gw kasih nilai

Style = 8.5 | Performa =8 | Pemasangan = 6 | Harga = 7.5

Kl masbro minat, barang ini ane nemu di kaskus seharga 580rb/set  (gak dijual ketengan – harga per februari 2012)


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. Aa Ikhwan says:

    dulu kl gak slah di vixion bro jopir kalipernya aja sampe dibalik jd di bawah ya cmiiw.

    sekarang bysonnya lebih gagah n mantaaf😀

    • jopir says:

      wuih.. komen tercepat sepanjang sejarah blog ini berdiri.

      Betul bgt, dulu dibalik posisinya, tapi motifnya lebih karna terinspirasi dari beberapa moge luar, rasa2 rada keren juga, plus biar keliatan dari samping (gak ketutupan knalpot)

    • Aa Ikhwan says:

      kl udah follow memfollow bisa cepet tulis comment😀, btw mantaaf dah Bysonnya 😀

  2. vixy182 says:

    rapi juga pemasanganx bro…

  3. kharis27 says:

    mantep,.,.,.., ane juga pake PSM buat si vixon ,.,.,.,.,.

    • jopir says:

      wah kebetulan, boleh nih di share di mari impresinya

    • kharis27 says:

      ane make dah setahunan.,,, pas baru make sebulan an kampas bunyi cit cit cit kalo lagi ngerem ,.., di amplas di bersihin tetep aja bunyi cit cit akhirnya ganti kampas pake punya honda genuine ,, alhamdulilah sampe skarang blum ada masalah lg,

    • kharis27 says:

      oh iya knp kampas rem bawaan PSM nya waktu di ganti ada tulisan chemco,,

    • jopir says:

      wow.. baru tau gw bro, tp gak kaget2 bgt juga, krna ya PSM yg gw tau cuma produsen piringan cakram aja, sepertinya di paket RDB ini yg bener2 buatan dia cuma disc nya aja, sisanya order ke produsen lain dengan di stamp label PSM (untuk master), dan sisanya lagi murni pake part lain, termasuklah si kampas🙂

      punya gw juga skg udah nunjukin gejala yg sama, kadang mulai berdecit,
      nice share bro

  4. bayu mandala says:

    ane juga pake di vixi,tepat pemakaian 1th akhirnya ganti piringan cakram(sdh tipis,ganti pny shogun 110 ori,80rb beli di loak,brng msh joss)&master pump(bocor,ganti pny satria fu rp.230rb) kaliper masih bagus dan berfungsi baik,kayanya 2 part itu aja yg msh lemah buat psm.maklum harga paketannya cm 550rb.ongkosnya yg lumayan 250rb.

    • jopir says:

      wow.. piringannya kalah sama kampas dong ya?
      kl pompa mmg yg kualitas kelas 2 rata2 gini kayaknya ya bro, dari vixy dulu jg gt, suka bocor, mmg harus ganti pompa ori🙂

      thx reviewnya bro

  5. 5800 says:

    Ogud kemarin buka situsnya psm ada model RDB floating disc terbaru pikson & byson. Yg kau pasang itu terbarukah kayak disitusnya.
    Cakram depannya juga ada model kembang terbaru.
    Jadi pingin pasang tapi kalo cuman 1 tahun dah bocor selangnya
    jadi mikir2 lagi.

    • jopir says:

      kl untuk rdb cuma 1 jenis bro, vixion dan byson sama persis, cuma beda di bracket dan bushingnya aja.

      Nah kl disc depan baru deh mmg ada yg model baru, tapi sayangnya barangnya susah banget dicari, jadi sampai skg pun gw masih dalam tahap hunting. nanti deh kl ketemu yg jual plus kesambet, jadi beli deh..

      ralat bro, yg bocor bukan selangnya, tapi seal di pompanya, efeknya si pompa kemasukan angin, alhasil pompa gak sempurna nekan si kepala babi dan rem jadi blong. biasanya sih ganti ke pompa ori satria dgn harga ~250rb, dijamin maknyus🙂

  6. Anonymous says:

    gw pasang paket disk PSM ini di kebo ane….dari segi pemasangan 98% muantab. mudah..dan ngga terlalu ribet.
    kmrn satu set harga 520k, selesai pasang dan uji coba …
    rem kurang pakem…dan tuas injekan rem terlalu cethek, sehingga kurang ayun saat ngerem.
    coba ganti kampas yg original ..masih blm pakem remnya .
    bengkel nyaranin ganti piringan yg original…. agan – agan ada yg tahu ngga pakai disk/piringan apa yg ok punya ? suzuki shogun 110 atau pakai disk originalnya suzuki satria 2 tak ?
    atau pakai disk yg lain ?
    utk 2 keluhan diatas mungkin agan agan ada yg tahu solusinya …
    sharing dong gan ilmunya….

    • jopir says:

      kl pengalaman gw bro, pas pasang juga sama, injekan rem tipis bgt, dan ban gak ngunci.
      alhasil setelah dideteksi sama mekanik, pompanya yg ngaco, tekanannya gak kuat untuk neken oli yg mampat di dalem selang, hasilnya gw ganti pompa ori satria kena 250k,
      dan done, beres mantab surantab sampe sekarang, bisa ngesot dengan mudahnya 🙂

  7. reza sanzero says:

    ane pake nissin chemco ori , cuma 775rb di kaskus, ori itu mulai dari kepala babi, master , braket yang tebel n disc tirev asli honda, pakem bener hehehe ane pake adaptor beli di inti jaya motor – bonjer 3 , pnp tanpa bubut di tromol ane bro jopir, presisi, kenceng n ga geal geol hehe, saling share aja yah hehe ampe skrng ane masih pake ehhe

    • jopir says:

      wow.. ori dapet segitu bro? gmn itung2annya tuh ya?? agak gak masuk di kalkulator ane🙂
      mantab bro, thx 4 share. Bole tuh picnya dihare juga🙂

  8. reza sanzero says:

    ori bro, dapet emang segitu kebetulan yang jual 1 club, pas ente masang itu cakram kw ya? wah coba ente posting dulu biar ane bisa kstw hehehe
    kalo ori kan hati tenang bro jopir hehe,

    ini link nya testi ane di lapak nya ideps
    http://livebeta.kaskus.us/show_post/000000000000000616981227/581/

    ini penampakannya bro jopir hehe

  9. faza says:

    Ane juga pake PSM gan, tapi kok akhir-akhir ini ada bunyi berdecit knp y?
    Bang jopir ada solusi?

    • jopir says:

      itu sama kayak comment bro Kharis27, nampaknya emng harus ganti kampas rem ori/aspira supra bro, yg bawaan PSM kayaknya gak temenan sama disc nya🙂

  10. faza says:

    Kampas rem yang punya supra 125 ya bang?
    Itu langsung PNP ato g?

    • jopir says:

      Biasanya sih bilangnya buat supra aja, pun kl gak salah semua generasi supra kampasnya sama aja.
      Kl gak yakin sambil bawa motornya aja, gw pernah beli si mamangnya sekilas aja ngeliatnya dah lgsg tau🙂
      PnP bro, krna kepala babi si PSM sama persis tipenya dgn si supra.

  11. rezasanzero says:

    kok komen ane ga di tampilkan bro jopir?

  12. Ane alhamduliullah pake paket barang copotan ex ninja, 5 bulan alhamdulillah sehat. Malah pakeman rem belakangnya

  13. theo says:

    Bro jopir, minta nomer hp nya dong:D ane ngefans:D email ke theoico@indosat.blackberry.com

  14. reza says:

    sama gan, masalah gw juga di pompanya ;(( over all bagusss daya guna dalam pengereman :p

  15. […] untuk mengurangi kekurangan tersebut akan Akang pasang rear disk brake psm, seperti yang dilakukan bro jopir pada kebo tunggangannya. Saat boncengan dan tambahan Box K42 feel dan jarak pengereman si Kebo tidak sesuai dengan yang […]

  16. farid darah kalajengking says:

    Merk Psm kira2 ada yg buat scorpio gk bro? Terus cakram nya aman jaya gak selama di pake jalan kebo?

  17. shafa says:

    Ane dah pasang juga di byson ane, ga pakem gan, terasa blong napa ya?

  18. fachrikurniawan says:

    numpang testi pemakaian PSM bro
    FYI, motor ane pulsar 180
    kalo dihitung dari sekarang, pemakaian baru ada 1 minggu
    tp kondisi terakhir ane pake udah berdecit ntu RDB

    kalo impresi ane tentang pengeremannya, menurut ane sih sip bgt ini RDB
    cuma pas terhitung pemakaian pada hari ke 3 dan 4, pas ane tes rem dgn speed agak tinggi, ane sedikit dikejutkan oleh rem yg blong
    tp IMHO pada waktu itu karena ntu RDB sedang dalam masa inreyen
    nah tp setelah blong itu, gak lama rem kembali normal
    memang sih belon nggigit pengeremannya

    pas hari keenam, ane tes panic break
    walhasil ane dikejutkan oleh bagusnya kinerja RDB PSM ini, udah nggigit bgt
    tp setelah itu ane iseng2 injek pedal kok blong lg
    gak tau deh tuh masalah dateng darimana
    cuma sekarang ane belon nemuin lg gejala blong itu, dan mudah2an jgn pake blong lg dah

    sorry kalo kepanjangen bro, maklum lg dibikin bingung sm RDB😀

  19. joko says:

    Lam kenal bro, gue rencana month ambil si kebo ni. Kalo month ganti RDB, harus ganti pelk gak yah, makasih bro

  20. Iqbal says:

    PSM?? ogah amat, gw kapok pelatnya bengkok,kalipernya trouble
    gw pake yg cakram set tiger revo yg variasi udh 1thn tanpa masalah sama skali dan nyaman banget….. PSM it’s SU*K

  21. harry says:

    bener bgt logo PSM na ga bagus di pandang,,,

  22. adi says:

    kalo mau cari barunya dimana ya bro..?? PSM yg buat vixion, area bekasi.. huehhehehe

  23. Anonymous says:

    coba pake punya tiger bro.harga emang wow tapi kualitas gak salah (y)

  24. lapakjubel says:

    Byson ane juga baru pasang RDB bro, tapi punya Tiger Revo, biar KW1 tapi lumayan pakem…:) simak http://aliefsyahru.blogspot.com/2013/01/pasang-rdb-yamaha-byson.html

  25. yudhie says:

    ane pake merk nissin di vixi ane…cuman biar rapi dan gak ada pilihan lain…ane suruh bor arm nya dan di las buat dudukan breket…ikhlas gak ikhlas dah…ikhlas2an…alhasil rapi…las2an nya juga rapi..trus ane deco tu arm biar gak keliatan bekas lasnya…beres deh…

  26. widayuasqa says:

    Pengennn…
    Gan, punya ane vixion lawas nie.. kalo ganti ma velg nyu vixion ma rdb nya bisa langsung pnp g yah…?

  27. setong says:

    Bro,, msang rdb psm ini ada ritual bor velg ori?? Maklum cupu nih..

  28. Yulius says:

    Work shopnya dmana and minta no contact ?
    Thanks

    • jopir says:

      sori ane gak dagang gan, gak punya workshop jg😀
      disni gw cuma ngereview barang2 yg pernah gw pake aja, buat referensi temen2 yg lain

  29. lavon says:

    gan, pemasangannya ga pake coak ato bor ato las di bagian arm nya kan? oh ya mohon pencerahan juga soalnya pas nanya d bengkel katanya rdb byson ma vxion sama gan.

    • jopir says:

      untuk PSM buat byson ini, gak pake coak2.bor arm bro, krna penahan bracket masternya masih pake besi yg buat megangin tromol.

      satu2nya yg di bor adalah bagian dalem velgnya (tempat tromol) untuk ngebaut adaptor piringan cakram ke velg.

      utk 1 set rdb PSM byson dan vixy sebetulnya sama aja, yg beda hanya pada bushing dan bracketnya aja.
      Bisa aja pake punya vixy di byson, tp pasti gak full PnP, not recommended.

  30. Anonymous says:

    Bro, bengkel di bekasi yang recomended buat pasang RDB dimana ya. Thx

    • jopir says:

      yg pernah ane coba sih di LA Motor kalimalang sama pondok timur.
      Intinya sh yg bengkelnya rada gedean aja gan biar alatnya lengkap, sama mekaniknya banyak, biar gak buru2 dia ngerjainnya

  31. fahrizal says:

    Bro mau nanya. Ane abis pasang rear disc brake pnp byson. Setelah ane perhatiin kok malah rodanya jadi agak ke kiri ya? Kalo dilihat dari belakang, rodanya gak pas sama spakbor. Apa emang byson dari sononya kayak gitu? Ane gak bgitu merhatiin waktu masih standar. Thx bro.

    • jopir says:

      ubahannya cuma RDB aja? ukuran ban gak berubah?
      coba cek garis stelan ban di swing arm bro, kanan kiri sama gak tuh, mana tau mekaniknya khilaf jd mereng masangnya

    • Fahrizal says:

      Udah ane cek setelannya lurus bro. Ane ganti RDB sama footstep NUI. Footstepnya nyambung ke baut swing arm. Kalo swing arm nya yang geser mungkin gak sih bro?

    • jopir says:

      brrti as swing arm sempet dilepas dulu ya. Ada kemungkinan pemasangan bushing dll ada yg keliru urutannya gan, ya namanya jg mekanik otodidak.
      coba pastiin urutannya sesuai gambar berikut (swing arm byson)

Leave a Reply

