[Review] Bridgestone Battlax BT45 di Yamaha Byson

Posted: 15 February 2012 in About Byson, Review Product
Tags: , , , , , , , ,

Buat para pengguna byson yg kecewa sama performa ban IRC RX01 standar byson, atau emng cuma pengen gedein ukuran ban. semoga artikel ini bisa dijadikan referensi.

Jadi ceritanya suatu waktu di masa lalu waktu pake vixion kan gw udah pake BT45, nah begitu pake byson dgn ban RX01 nya, entah kenapa rasa2nya ban ini kurang menggigit. Dengan dalih yg tersebut diatas, maka digantilah ban ori byson yg notabene juga ban ori ninja250, cbr150, cbr250, dan minerva 150 ini dgn BT45 pujaan hati.

Ukuran berapakah yg dipilih dan gimana hasilnya setelah nyemplak di tunggangan, monggo cekidot.

Ganti depan belakang?

Dari pengalaman gw pake RX01 di Byson, untuk trek kering ban ini bisa diandalkan, cengkeramannya oke buat rebah, tapi begitu jalanan basah kena/bekas ujan. Waduh, ampun2an, terutama ban belakang yg gak punya garis tengah pemecah air.

karena budget terbatas, cukup ganti ban belakang aja dulu.😀

 

Ganti ukuran berapa?

Ganti tipe ban ya pasti sekalian ganti ukuran ban, di negara asalnya, roda belakang byson dibalut ban ukuran 140/60. Entah kenapa setelah nyampe di Indonesia malah turun 2 tingkat jadi 120/70.

Banyak referensi dari sesama penunggang byson, ada yg pake 140/70, 150/60 dan paling ekstrim pake 160/60, semuanya masih muat walaupun beberapa perlu ada penyesuaian.

Karena lebar rimvelg belakang byson cuma 3.5″, maka dari anjuran di website battlax, disimpulkan ukuran maksimal yg bisa gw pake di Byson adalah 140.

dan di BT45, hanya ada 1 jenis, yaitu 140/70, gakpapalah agak tinggian dikit dibanding Byson Shah rukh khan.

Hasilnya gimana?

Pemasangan gak menemui kesulitan, full PnP tanpa ubahan sana sini, gak pake mentok2.

Begini hasilnya.

nempel ke rear fender dgn sempurna, ada gap 7mm

masih punya jarak sekitar 1,2cm dgn konde catalytic converter.

masih punya jarak cukup aman dengan besi penyangga tromol di sisi kanan ban, walo gak sampe 1cm

cemong jangan dihina, bantuin nyuci aja😀

Efeknya apa?

Dengan pemasangan BT45 ukuran 140/70, bakal ada beberapa perubahan.

1. Top Speed (sebut saja) bertambah.

hal ini diakibatkan panjang keliling ban belakang bertambah, keliling BT45 140/70 = 200cm.

Akibatnya, dgn ban standar di posisi gigi5 dan rpm 5000, speed yg didapat hanya 67kpj, dengan ban ini naik menjadi 71kpj. Logikanya top speed yg bisa diraihpun bisa bertambah, walau gak banyak.

2. Tinggi motor bertambah.

Udah pasti lah ya, tinggi dinding ban nambah, keliling ban juga nambah otomatis tinggi motor juga nambah. Bedanya dikit sih, yg dulunya kl di standar tengah ban belakangnya masing ngegantung, sekarang jadi hampir nyenggol lantai.

3. Stabilitas.

Nah ini yg repot ngejelasinnya, soalnya gak ada satuan ukuran yg pasti untuk hal ini. tapi yakinlah dengan lebar tapak ban 18cm dan terpapar sempurna (gak ngedonat). Bidang tapak ban yg menyentuh permukaan jalan akan jadi lebih luas, hal ini berimbas pada stabilitas kendaraan terutama untuk speed tinggi, dan ‘gigitan” ban sewaktu dibawa rebah. Overall Ajiib.

.

Sekian ulasan soal pengaplikasian battlax BT45 di Yamaha Byson, semoga bisa jadi referensi masbro sekalian.

Kl emng minat, buat patokan harga, ban ini bisa ditebus dengan harga 1jt kurang dikit. Hanya selisih sedikit dengan BT45 ukuran 150/70. Mau model lain, BT92 juga cocok😀


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. tambah ajib ni kebo😀

  2. Aa Ikhwan says:

    mantaaf bro jopir,.. gak kalah sama dulu vixinya😀

  3. kharis27 says:

    Mantap bro tambah keker bysonnya

  4. wendakalubis says:

    Seperti biasa,, masbro Jopir sang penebar racun.. wkwkwk
    Ane juga calon pemakai kebo nih… pengen pake battlax juga tapi mending uangnya ditabung dulu buat beli fairing asli fazer dari Indihe😉

  5. bayu mandala says:

    bore up 200cc,sepadan dgn ban gambotnya.tambah fairing fazer..murah kok cuma 4,5jt xi..xi..xi

  6. fadfad says:

    gan kalo make 150/70 mentok ga?
    apa bisa langsung masuk juga?

    • jopir says:

      kl menurut yg tukang pasang pan, paling aman di angka 140 krna full PnP,
      untuk ukuran 150/X0 dan 160/X0 sebetulnya masih aman krna masuk di arm, tp masalahnya si hugger yg kena imbasnya, mesti penyesuaian posisi dikit biar gak mentok, atau sekalian ganti hugger aftermarket. Gt kira2 bro.

  7. danang says:

    Bro ni ane punya dagangan bt45 ukuran 150/70/17 berminat hub danang 085 229 650 360 atau liat d facebook dpurwos@yahoo.com

  8. Imenk Noni says:

    itu cuma ban blkg doang yang diganti? ban depannya tetep ukuran standar?

    ga da pengaruh ya bro ke motor?

    gearnya ga cepet aus?

    • jopir says:

      iya bro, hanya belakang, depannya tto stock.
      kl pengaruh negatif yg gw rasain gak ada bro, masih asik2 aja aksel dan top speednya, gear jg gak jd gampang molor.

      stabilinya yg nambah asoy, sama gripnya di wet, mantab, gak ada lagi pantat geol2

  9. megalodon150 says:

    apa ga berat akselerasinya gan?

    kenapa ga ganti gear 44mata kaya yg dilakuin ke vixi dauhulu kala?
    padahal dulu kan cuma upgrade ban ke 120/80

    lagian power byson kalah sama vixi

    http://megalodon150.wordpress.com/2012/07/06/spakbor-kolong-byson-emang-keren-tapi/

    • jopir says:

      aksel yg gw rasain biasa2 aja bro, gak ada perubahan berarti.
      roman2nya vixy dulu jd berat gt gr2 velg nya jg ganti, velg aftermarket emng ampun2an beratnya🙂

  10. Anonymous says:

    mantap gan, wajib dicoba

  11. kuro22id says:

    Om bro cari ban bt45 dimana ya? Maklum orang daerah kaltim

    • jopir says:

      kl kaltim nampaknya harus kirim2 kali ya, coba contact planetban.com bro
      mereka distributor battlax, hrga list, tokonya gede punya byk outlet, mudah2an mereka bisa bantu kirim2

  12. wong sawah says:

    Rantainya ga prlu ganti kn gan mskpn bannya tmbh gambot?

    • jopir says:

      untuk ukuran 140/70 yg gw pake ini gak perlu bro, sejauh ini gak ada tanda2 rantai molor krna keberatan narik ban. aksel jg dirasa masih oke2 aja

  13. RezaYellow46 says:

    mantap, ane mau ganti juga kayanya

  14. […] ban belakang byson ane yang ini sejak sebulan terakhir menunjukkan gejala2 gak sehat, sewaktu isi bensin sekalian pompa ban, […]

  15. WhiteBull says:

    itu velg nya sekalian ganti apa cm warnain doang masbro ?
    nabung dulu ah buat 140/70 nya.

  16. rasyid says:

    Kalo di kasih peninggi trus ban belakangnya di kasih 140 mentok gak ke pempers kenalpot ?

  17. rasyid says:

    Kalo di kasih peninggi sokbreker, ban belakang di ganti 140 mentok pempers kenalpot gak ?

    • jopir says:

      kbetulan ane dah pake peninggi shock, yg masalah bukan mentok bannya.
      tp kl naeknya ketinggian, di pampers (CC) mentok ke rangka/arm.
      jd dr 2 step yg tersedia di peninggi shock, cm bisa dipake step1 doang

  18. hendry says:

    thanks yah om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s