Catatan Perjalanan ke Candi Jiwa & Pantai Pakis Karawang

Posted: 18 October 2011 in Review Lokasi
Tags: , , , , , ,

Perjalanan singkat kedua yg berhasil dijadikan artikel disini setelah sebelumnya bahas soal Curug Cilember. Perjalanan singkat yg sama, yg masih bisa ditempuh 1 hari PP.

sekali nge-gas.. 2 objek terlampaui, itulah ungkapan kl kita coba touring kecil2an ke ujungnya Karawang. Ada 2 objek yaitu Candi Jiwa dan Pantai Pakis.

What ?!! Di karawang ada candi? ada pantai juga?

Itu juga yg gw baru tau, sabtu pagi diajakin temen2 seperjuangan touring ke Karawang, tanpa pikir panjang..  ikut!

yaudah berikut kisahnya.

>> FYI posisi ane di Bekasi.

Gimana cara kesana ?

Pantai pakis dan candi jiwa ini bisa diakses melalui bekasi dan karawang, tapi kita lebih milih via Karawang, karena semua masih bisa ditempuh lewat jalan darat, buat motor2an jalanannya masih ajib, jarang yg seruntulan.

Kl lewat bekasi, harus nyebrang dua sungai naik perahu, persis kayak mau ambil kitab suci ke barat.

Nah kl via Karawang, perjalanan dari bekasi santai ditempuh dalam 3 jam dgn total jarak sekitar 86KM.

Kita hanya cukup ikutin jalan antar kota Bekasi-Cikarang-Karawang nyusurin kalimalang. Nah setelah ketemu gapura “Selamat Datang di Karawang”, begitu ketemu perempatan gede tinggal belok kiri kearah Rengas Dengklok.

Nah dari perempatan yg tadi, jangan takut nyasar, plang dipinggir jalan kayak diatas banyak bertaburan.

Nanti urutannya, kita ketemu Candi Jiwa dulu di sebelah kanan jalan, lanjut lagi baru deh nyampe Pantai Pakis.

Kondisi Jalan :

Jangan takut dan jangan resah, kondisi jalan sampai ke Candi Jiwa bisa dikatakan “mulus”, standar jalan raya lah, klpun borok paling cuma puluhan meter aja.

Namanya karawang gan, sudah pasti pesona yg disajikan sepanjang jalan sawah semua. Gak seindah kl touring ke sukabumi, garut, lembang atau puncak yg menyajikan liuk2 jalan berbukit plus kebun teh sih, tapi liat kebun padi terhampar luas lumayan menyegarkan lah.

Nah kl di perjalanan pulang, pesona nya gak kalah menarik. Sore hari, saluran irigasi di sepanjang jalan ini digunakan warga untuk nyuci dan mandi, lumayan seger liat eneng2 mandi gan

Tiba di Candi Jiwa :

Pelik menjabarkannya gan, dari jalan saluran irigasi tadi, ntar di sisi kanan bakal ada Gapura Gede bertuliskan Selamat Datang di Candi Jiwa.

Masuk dah tuh nyusurin sawah, paling cuma 50m bakal ketemu bangunan diatas. (*mahluk2 di gambar not include)

Bangunan ini disebut Museum Penyelamatan Candi Jiwa (kl gak salah), lha kok diselametin? emng nya ada yg nyuri??

Ternyata eh ternyata, candinya gak seperti dugaan, cuma beberapa onggok bata kayak bikin fondasi rumah gak jadi.

Kayak gini dibilang candi? harusnya “Reruntuhan candi”

Lanjut ke Pantai Pakis :

Setelah kena jebakan Betmen di candi Jiwa, lanjut ah ke pantai pakis, perjalanan masih sisa 19KM, dan kondisi jalanannya ampun2an, kayaknya lagi mau dicor sih, mudah2an cepet selesai.

Disambut dengan gerbang loket masuk yg sekelilingnya ampun2an tandus bet yakk?

HTM 1 orang = Rp6.000 (Harga Per September 2011)

Lepas dari gerbang loket, masih lumayan jalan sekitar 100m ajrut2an dgn kondisi trek kayak gambar diatas

lalu…

Tiba di bibir pantai, tanah oranye menyambut dan sapuan air pantai yg gak bening2 bgt. Suasananya mirip pantai Santolo-Ranca Buaya di Garut

Nampak gersang, satu2nya penyelamat lapar dan dahaga adalah beberapa mbak2 warung di pinggir pantai yg menjajakan tubuhnya hidangan laut segar.

Nampak sekali fasilitas pantai ini gak terurus, buktinya disini ada Bioskop 4D lho, plus beberapa permainan khas pasar malam, tapi kondisinya semua mengenaskan, udah gak berfungsi.

Buat yg kepepet nginep, jgn khawatir, disini ada penginapan level melati dgn fasilitas AC, murah meriah dan layak tinggal kok.

Kesimpulan :

Lagi pengen touring singkat bareng komunitas tapi duit cekak, sekedar ngumpul buat gathering, rute ini layak dijajal bro.


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. dhueshy says:

    Bro makmana db bkb di plg cubo ksn http://www.ubak.com

  2. nb99 says:

    karawang selatan ada gunung koq mas,jdi slh klo krwng di blng hnya pnya sawah doang………………………………….!

  3. Anonymous says:

    iiahk_ pAntaii pakiiz memank indh tmpt para wista ank pemuda pemudi

    X:echo nx Bholaektmu_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s