[Review] Bracket top & side box ‘Kucay’ for Yamaha Byson

Posted: 6 October 2011 in About Byson, Review Product
Tags: , , , , , , , , ,

Akhirnya, menelurkan artikel lagi setelah lama menghilang.

Kali ini gw bakal bahas soal Box Motor alias “Mejikjer”, nah biar artikelnya rada banyakan, jadi gw split jadi dua. Pertama gw bahas bracketnya dulu, baru di artikel selanjutnya gw review si box nya.

Baiklah.. kita mulai.

Nyari bracket box buat motor keluaran baru kayak byson akan jadi kendala tersendiri, karena box motor yg beredar kan masih didominasi oleh produk Italy, nah motor2 di italy sama di Indonesia kan beda tuh.

Akhirnya, cintai produk dalam negeri.  Gw coba produknya Kucay Motorsport – Lampung. Berikut reviewnya..

Produk ini katanya aseli homemade om Kucay, jadi kl dijual di tempat lain, sifatnya hanya reseller.

Penampakannya sbb :

Bahan =  Besi, las2an rapih dan finishing cat hitam doff

Berat = seklitar 2.5 kg

Model = Bracket geser dengan besi model pipa bulat, alas baseplat menggunakan besi lembaran. Lubang bracket sidebox ready.

Pemasangan :

Pemasangan bracket ini ternyata gampang, buktinya gw aja berhasil pasang sendiri bermodalkan kunci2 standar bawaan motor. Kl gw bisa, berarti masbro sekalian juga bisa dong😀

Proses simplenya :

– Lepasin side cover

– Lepasin baut2 yg ngiket body samping ke body dan spakbor

– Lepasin baut2 yg ngiket behel ori byson.

– Tarik behel beserta seperangkat body samping kanan dan kiri ke arah belakang, jadi satu gelondongan, copot dah tuh

– Baru urai body yg masih gelondongan tadi, lepasin behel lama dan gantikan dgn bracket kucay, rakit kembali body jadi gelondongan. Lalu pasang lagi ke motor. Beres.

Penampakan Hasil :

Gw tampilin dalam bentuk before dan after aja ya..

 

 

 

Begitulah kiranya, tatakan mejikjer sudah terpasang sempurna.

Karet penahan behel yg lama pun masih tetap bisa dipasang.

Review :

Dari pengalaman gw, penyakit behel hommade biasanya di daya tahan las, di sambungan biasanya gampang karat dan lama2 copot.

Kl gw liat2 sh ni bracket kualitas las nya bagus, apa karna modelnya bulet jadi ngelasnya bisa lebih kuat, gak tau juga deh. Finishing juga rapih, bekas las di sambungan benar2 halus, aman buat dielus2.

Yang jelas kuat, gw aja masih berani berdiri diatas ni bracket😀

Dari sekitar 1 bulan pemakaian dengan box 34 liter, bracket ini belum menemui masalah baik di mekanisme geser nya maupun kekuatan las nya.

Saluut buat Kucay Motorsport.

 

Berminat ?

Silahkan kunjungi www.kucay-motorsport.com

Waktu ane beli harganya Rp 450.ooo (Per Agustus 2011)


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. wendakalubis says:

    Artikel berikutnya review Givi E35 ya (sotoy mode ON)

    Ngomong2 ada rencana upgrade mesin ke injeksi? kemarin baca2 blog tt dapet info ini nih (mungkin bro jopir dah baca kali ya,,) ternyata speedometernya aja dah dipersiapkan untuk dirubah jadi injeksi…
    http://blognyamitra.wordpress.com/2010/09/22/ternyata-yamaha-byson-bisa-pake-injeksi/
    http://blognyamitra.wordpress.com/2010/12/13/byson-akan-hadir-versi-injeksi/

    • jopir says:

      Ralat dikit bro, E34n, hehe..
      Dulu pernah baca sekilas waktu hunting kandidat pengganti vixi, keren juga sh ya kl injeksi, soalnya rada berat meminang byson dulu krna udah seneng pk injeksi jadi rada2 mikir waktu mau pake karbu lagi.

      Kl gw nebak2 sh emng dari awal byson mau dibuat injeksi, tp waktu studi pasar di India dan Indonesia, entah karena alasan harga jual dan selera pasar ternyata karbu yg di acc. Tapi ini tebak2an ane aja gan.

      Rasa2nya kl gw transform byson ke injeksi masih jauuuh bro😀
      Gak gak gak kuat

  2. mantap, kebonye makin nyeruduk bro😀

  3. F4zR says:

    mas bro, beli braketnya dimana & berapa? ane juga mo pasang box buat kebo, thanks.

  4. theo says:

    hlooohh !? ganti motor mas bro ? =O

  5. kucay says:

    thanks bro reviewnya mantabs

  6. Anonymous says:

    Di Jakarta ada gakj masbro,harga berapa?

    • jopir says:

      di jakarta rasanya lum pnh liat, gw aja mesti impor dari lampung nih🙂
      kl browsing2 di kaskus, ada yg jd reseller di depok bro, harga 450k

  7. […] Untuk review lebih jelas tentang braket kucay di Yamaha Byson bisa kunjungi lapak masbro jopir. […]

  8. dhiyas says:

    Ane pesen bracket box product Kucay hari Jumat tgl 18 Januari 2013, dan part datang tgl 21 Januari 2013. Ane cek kondisi barang ok punya, model nya bagus dan kokoh. Begitu dipasang tidak menemui kesulitan, tinggal PnP saja.Kalau di lihat dari kualitas barang berbanding dengan harganya sangat ideal. Tidak diragukan lagi product Kucay sangat berkelas. Thanks buat Kucay yang sudah memberikan solusi untuk penempatan barang2 di motor kebo ane,,,,,,Good luck….

  9. setong says:

    Kang jopir koq webnya kucay itu ga bisa dbuka ya? Ane pgn pesen juga breketnya, mohon infonya kang, mkasih sblmnya..

    • jopir says:

      web nya masih bisa bro, barusan ane coba masih bisa. atau coba search google “kucay motorsport”.
      Silahkan kontek2an via sms ato telpon aja, soalnya page bracket byson nya udah gak ada

  10. zatoechii says:

    bro nanya, gw juga barusan masang tu kucay, lubang di behelnya kan sisa, kalu ujan bisa banjir dong didalem, digambar punyamu, gw liat kayanya dirapiin pake pake plat yah.

Leave a Reply

