[Review] Yamaha Byson (45P)

Posted: 19 July 2011 in About Byson
Tags: , , , , , , , , , ,

Hari ini belum genap 1 bulan ane nunggangin byson, ni kebo gw dapet sejak 22 juni 2011 lalu, dengan masa inden  hanya 1 Hari.

WTF?? di PRJ 2011 yg notabene gabungan dari beberapa main dealer pun masa inden bisa sampe 3 bulan, eh ni kebo yg gw dapet ternyata ready stock. Jawabannya ada di artikel selanjutnya masbro. The point is.. money talks! WTF??!!

1 bulan ini gw khususkan untuk masa inreyen sekaligus explore lebih dalam untuk bikin review dan ada 1 hal yg paling gw tunggu dari proses Engine Break-In ato yg kita kenal dgn Inreyen, yaitu.. explore tenaga si kebo.

Hasilnya? cekidot

Yamaha Byson

Okelah mari kita ulas satu per satu, mudah2an bisa jadi referensi buat yg lagi  nyari motor dgn budget sekitar 20jt, ato malah yg lagi setia nunggu kebo dianter kerumah.

Style :

Dari tampilan, byson ngambil desain dari Fz-1. Sebuah motor naked berbasis street fighter. Gahar…

Jadi walaupun Byson udah versi ‘kecil’ nya, ternyata sisa2 gaharnya tetap dipertahankan. Tangki gambot, ban+velg paling besar di kelasnya, fork besar 41mm yg juga paling besar di kelasnya. Knalpot juga ambil peranan, dimana byson memecah tradisi knalpot yg harus berbentuk pipa panjang.

Kl digabung dengan speedometer full digitalnya (tanpa liat teknologi mesin ya), jadi deh.. byson, street fighter mesin kecil yg futuristik.

Ajiib,

Handling :

Velg rim lebar (2,5″ front, 3,5″ rear) dibalut ban tubeless 100/80 front, dan 120/70 rear bikin handling motor ini luar biasa.

“Stabil”, itu kata yg tepat untuk menggambarkan handling si kebo, di kecepatan 60kpj ni motor pun masih enak dibawa masuk tikungan dgn mantap. Mungkin ini hasil sumbangsih fork depan yang empuk dan monocross di belakang yg cukup keras.

Ban IRC RX01 yg digunakan cukup bikin pede bawa si kebo rebah, komponnya masih enak untuk aspal jalanan kota yg kasar dan bumpy. Dipake buat walking burn out pun decitan dan gripnya asik😀

Tes stoppie? wow.. kebo bisa banget.

Performa :

Nah disini masalah muncul, mesin SOHC 2klep 153cc dgn karburator Mikuni BS26 ini sesuai tema street fighternya terasa ogah lari.

0-60 kpj ni motor masih enak, tapi kl mau lebih? butuh kesabaran dan pengertian ekstra deh dan hasilnya pun gak seindah motor 150cc lainnya, gak usah jauh2, dibandingin kakaknya (vixion) pun si kebo ketinggalan.

Penasaran coba tenaga 13,73 Ps nya di trek lurus, perpindahan gigi dilakukan di rpm sekitar 6000-7500 (sesuai putaran mesin untuk torsi maksimal si kebo)

Hasilnya?

lagi2 0-60kpj aja yg tenaga terasa meledak2, ini didapat di rpm hingga 7000. Begitu dah gigi 5 dan rpm mulai naik dari 7000.. Wow, tenaga untuk meraih top speed terasa sangat perlahan, dan top speed hanya didapat di angka kisaran 110kpj. Angka yg menyedihkan untuk motor dgn nama binatang buas.

Tapi ya mau ngapain sh ngebut2, kayak yg nyawanya banyak aja😀

Modifikasi :

Soal modif, kebo tergolong bersahabat di kantong, bukan karna part modifnya murah.. tapi karna gak banyak lagi yg harus dimodif. Jadi inget dulu si vixy yg ngabisin hampir 3 juta untuk upgrade kaki2, di byson? cuma perlu tambah rear disc brake aja yg harganya berkisar andata 600rb – 1,5jt (tergantung part yg digunakan).

Tapi hati2 dalam hal modif byson, motor ini basisnya Street Fighter, jangan sampe salah aliran, tiba2 nurunin fork depan biar nungging, pasang fairing dan kasih livery motoGP😀

Rival :

Dengan kubikasi mesin dan harga, rival terdekat Byson adalah Yamaha Vixion dan New Mega Pro.

Spesifikasi detil Byson dan harga terbaru monggo disini

http://www.yamaha-motor.co.id/product/motorcycle/sport/byson/

Untuk tahun 2011, rata2 masa inden Byson adalah 3 bulan. Tapi mudah2an sesuai janji yamaha, akan ready stock di tahun 2012.

Saatnya lihat ntar kl produksi dan sebanding dgn demand, apakah Byson akan bisa mengalahkan rival2nya?



Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. werti says:

    designnya lebih mirip XJ6 ketimbang FZ1

    • jopir says:

      bisa juga sh bro, krna konsepnya sama.
      tp knp gw samain dgn Fz1? krna seri namanya pun sama..

      kurang lebih sama kayak honda deh, dari (next) cbr1000rr, cbr600f, cbr250r dan cbr150r nama dan konsep desainnya sama😀

  2. YUri says:

    mas vixi nya kemanaa???

  3. Arief Rajendra says:

    jadi ceritane ganti byson y bro…..mank vixy uda dipensiunkah…..hehe

  4. adi says:

    vixi nya udh dijual ya..
    yahhhh padalah blog ini jadi salah satu referensi gw utk modif vixi..
    hiksss.. hikssss.. jadi sedih..

    • jopir says:

      vixion lagi dipinjem orang bro, cuma gak tau kapan dibalikinnya😀
      Untuk modif mohon maaf gw jadinya cuma bisa sampe yg ada di blog ini saat ini, dah gak nambah lagi😦

  5. rasis says:

    yahhhhhhh vixinya d ganti,,,..,.,., semoga ga ada penyesalan bro,..,,..,

  6. Rifandy says:

    Gk asik u bro… Ane beli vixie gara2 bro. Masa bro ninggalin vixie gtu aja. Sedih…. =((. Emg napa sich beli byson? Vixienya mana? JAWAB!!!

    • jopir says:

      vixinya dipinjem orang bro, tapi gak tau balikinnya kapan😀
      semua milik Allah, gw cuma bisa mencoba iklhlas😀

      Lanjutkan perjalanan nya sama vixi bro, best bike i’ve ever had..

  7. YUri says:

    padahal w mo ikutin masang hugger byson dari mas jopir eh mas jopir ganti byson

  8. balaclaca says:

    vixinya udah ketemu blm? sotoy banget tuh maling nyolong motor kaka asuh gw

    • jopir says:

      belum ketemu bro, kayaknya emng udah harus diikhlaskan..
      kayaknya gw kualat bikin artikel soal keamanan vixi, jadi ilang dah tuh😀

  9. r27 says:

    Turut beduka cita bro.
    Mangnya gak d gembok bro vixinya ?
    Di tunggu bro modif2an bysonny,

  10. YUri says:

    Ko bisa ilang mas vixinya??
    ceritakan kronologisnya dong

    w dah beli huggler byson,enkAN diapain dulu ya
    tunggu peleknya bro

    • jopir says:

      bisa ilang ya karna diambil orang :DD
      gak usah dibahas dsini ya, aura nya gak enak, haha

      Udah beli? yaudah lgsg pasang aja, biar lebih termotivasi ganti velg😀

  11. YUri says:

    hahaha
    yaudah mas ,yang lalu biarlah berlalu😀
    life must go on…
    pengen nya gitu mas,iseng masang sendiri buat settng dudukan n coak mencoak
    masalahnya ane bingung mas,mo cpot ban ga ngerti tahap2nya
    salah2 ga bisa masang ga bisa jalan lagi😦
    maklum nubiee,tapi dah beli kunci roda ko kemaren(penasaran mo copot sendiri)
    mohon pencerahan nya mas jopir😀

    • jopir says:

      Gpp, bongkar dulu aja, bila perlu foto2 posisinya biar gak bingung pas pasang lagi.
      Kl mentok, terpaksa deh culik mekanik sekitar rumah buat benerin😀

  12. gogo says:

    klo bs dpt byson dlm 24 jam biasany bener2 lg beruntung.. thn 2012 ttp setia menanti ktm duke..

  13. ariez says:

    gan mw tanya nih.? harga sparepart relfekotor byson brapa y?.. mohon infonya agan2…?thx

  14. ganti karna terpaksa ya bro? sm kasusnya, jupi z gw jg di pinjem org ga di balikin, akhirnya kepaksa beli vixion.. klo gw naek kasta, tmbh kenceng… klo bro mlh tmbh lambat ya… hehe.. piss…

  15. wendakalubis says:

    Saya salah satu calon penginden byson nih (inden aja masih calon :D)
    Ditunggu Artikel2 berikut😀
    1. Ubah warna velg Byson? Cat sendiri aja..
    2. Penggunaan Gear Belakang Scorpio (44) di Yamaha Byson
    3. Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha Byson

  16. Anonymous says:

    Bro Jopir mengecewakan..😥

    Udah pindah ke lain hati..padahal ane baca blog nya karena sama-sama vixoner..hiks hiks

  17. OkyALFA96 says:

    Haduh2… Kaget jg isi blog ini dah berubah…
    Bro Jopir yg ane bilang telaten dlm keamanan kok bisa kecolongan jg yah…
    Tp alhamdulillah masih bisa beli motor baru jg…😀

    Jd penasaran nih kronologisnnya… Mgkn bisa jd masukkan/pengalaman bagi kawan2…

    • jopir says:

      Iya nh, jadi malu, dah 2 kali bikin artikel soal keamanan, eh liwat juga😀
      Alhamdulillah bro, udah ada pengganti buat pengobat hati, thx supportnya.

      Kronologisnya boleh juga nanti saya bikin jadi artikel, awal2 sh masih gak kuat nulisnya bro, masih campur aduk perasaannya.

  18. homdai says:

    Jiah dah ganti tunggangan yak. Btw ikut prihatin bro stlh tahu akhir kisah dari vixi ente. Kaya comment bbrp orang di wordpress ini,ane juga salah satu yg kepincut ama vixi krn tulisan bro jopir. Byson ane liat di “the largest forum”, lumayan juga modif & acc nya. Tambah gahar aja tmpilannya. Kmrn mo ambil kebo gak jadi, kepikiran si kecil mo ditaro dimana. Keep on writing bro!

  19. gowor says:

    lu udeh pke piksen yg injeksi malah turun ke karbu konvensional, payah ah…
    gw ada R6 thn 2008 mau adu ngk pir? adu kebo lo ama dinosaurus gw…. hohohohoho…. 200km/h aja sih mereeeeeeeeeeeeeeemmm gak smp 10 detik

  20. radit says:

    Body ok,cm mmg msih sdkit problem sm power machine engine nya,cb body byson dgn mesin scorpio Z hmmm ngaciiiir ,,tpi yo wis ckuplah buat mejeng gan !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s