Pilih V-Ixion atau Byson?

Posted: 11 July 2011 in About Vixion, Review Product
Tags: , , , , , ,

Nampaknya udah telat banget kl gw bikin artikel tentang ini sekarang, mengingat launching byson udah lama banget.

Tapi ya apa daya, karna baru bisa meng-explore si byson skg jadi ya artikel nya pun nongolnya baru sekarang.

Kakak adik ini punya kapasitas mesin yg ‘sama’ dan hargapun bisa dibilang ‘sama’, nah trus mana yg value of money nya lebih tinggi.

Gw persembahkan artikel khusus buat yg lagi bingung meminang V-ixion atau Byson. Cekidot..

Peringatan : Ini adalah penilaian pribadi seorang jopir.

Mari kita coba bandingkan kakak adik ini dari beberapa sisi,

Yamaha V-Ixion Yamaha Byson

Style :

Dari style, kedua motor ini sh masih bisa dibilang di tipe yg sama, tapi si byson touringnya kental bgt, dengan desain berotot, stang lebar, posisi duduk yg gak nunduk, front fork besar 41mm, velg lebar dan ban gambot,, aura touring dan street fighter nya berasa banget.

Gimana dgn Vixion? motor ini lebih tepat bila dibilang motor sport yg tampil naked, dilihat dari frame deltabox dan penggunaan radiator, aura balap nya ada walaupun gak nyata banget. Makanya rata2 user vixy kl modif pasti ngarahnya ke Yamaha R6 dan sejenisnya, biar sportnya jadi tulen.

>> Jadi buat yg suka style touring, baiknya ambil byson. Tapi kl mau ada rencana pake fairing gaya2an kayak di MotoGP, vixion jawabannya.

Fitur :

Mulai dari penggunaan injeksi sebagai pengganti karburator, DiASil silinder dan forged piston, sistem pendinginan menggunakan radiator dan deltabox frame pada vixion membuat motor ini punya nilai tambah. Sementara pada byson, hal yg futuristik hanya ada pada speedometer full digital nya saja.

>> Jadi soal fitur, jangan tanya lagi, sang kakak [vixion] jauh lebih jago.

Konsumsi BBM :

Ngemeng2 soal kompresi, si vixy ada di 10,4:1 yg ‘harusnya’ wajib pake pertamax [malah pertamax plus], sementara byson punya kompresi cuma 9,5:1 yg masih oke pake premium [walau harusnya udah pertamax].

Bingung kenapa, baca artikel ini

Dari kenyataan diatas, penggunaan byson lebih ekonomis krna masih bisa pake BBM bersubsidi yg dibilang Pertamina sbgi BBM orang gak mampu.

Nah tapi dari segi jarak tempuh per liter, Vixion lebih jago, bisa tembus 1:40 lho, sementara byson diklaim 1:35. Tp tunggu dulu, konsumsi BBM lebih dipengaruhi cara berkendara lho, makin agresif, makin boros.

>> Soal yg ini, Byson menang tipis deh.

Kemudahan dimodifikasi :

Nah ini yg seru, motor gak dimodifikasi/dipersonalisasikan menurut gw bagai sayur tanpa garam, kurang enak kurang sedap, hahai.

Males bgt liat motor punya kembaran di jalan, gak ada sesuatu yg spesial. Kasarnya orang punya duit sekian juta bisa punya motor yg sama persis kembar identik dengan motor kebanggan kita, pan males tuh.

> vixion :

Suer ni motor dalam kondisi standar banyak bgt kurangnya

– Ban kurang gede, cungkring.

– Headlamp burung parkit yg aneh, street fighter yg gak ada serem2nya.

– aliran agak kacau, mirip naked sport tapi riding style sport touring.

– bagian mesin kelihatan ‘kosong’

Nah tapi, disinilah kenikmatan bagi yg hobi modif, banyak bgt area yg bisa dicustom, mulai dari pengerjaan kaki2 dibikin gambot plus rear disc brake. Sampe ke pengerjaan bodykit biar terlihat lebih gemuk.

Tapi, kl soal modif mesin, hati2 lho, sistem injeksi gini repot, gak bisa total.

> byson :

Ni motor secara konsep udah jadi, aliran juga jelas. Gak banyak yg bisa dilakuin untuk modif.

Paling cuma sebatas penambahan rear disc brake dan ubahan di sektor spakbor belakang.

Memang beberapa user byson ada yg udah ubah ke penambahan cover engine, kondom headlamp, single seater, knalpot racing dll. Tapi hati2, salah2 malah terjerumus ke aliran sesat, byson gak cocok kl diperlakukan kayak vixion, ini street fighter, bukan sport.

Kl mau, modif mesin aja, sangat terbuka ruang selebar2nya untuk upgrade performa motor ini, yg notabene mesinnya masih konvensional.

>> Buat yg doyan modif body, vixion aja. Tp kl yg cari aman dan hobi oprek2 mesin, byson jadi jawaban.

Suara mesin & muffler:

kl ukur2 sama2 jalan normal perkotaan di 40-60kpj, suara byson lebih adem diiringi suaran siulan kayak moge multi silinder. Sementara vixion mufflernya lebih bersuara dan kadang rantainya pun gak kalah hebat suaranya.

>> Buat yg cinta kedamaian, pilih byson. Tapi yg dah ada rencanya ganti knalpot racing, vixion gak ada salahnya tuk dipilih.

Performa :

> Power :

Vixion punya power lebih besar dari byson, yaitu 11,1 kW pada 8500 rpm, dibanding byson yg hanya 10,1 kW pada 7.500 rpm. Tapi soal torsi, byson unggul dengan 13,6 Nm pada 6.000 rpm dibanding vixion yg hanya 13,1 Nm pada 7500 rpm.

> Top speed :

Nah dalam kondisi standar, vixion bisa lari paling kenceng sekitar 135kpj, sementara byson, berhenti di kisanaran angka 110kpj, angka yg cukup mengenaskan melihat tampilan gahar si kebo.

Kesimpulan :

Masih bingung dengan uraian diatas, yaudah ikutin aja kata petinggi yamaha indonesia.

Mau teknologi.. pilih vixion, mau fashion.. pilih byson.

case closed😀


Tambahan Link :

Spesifikasi detil dan harga terbaru Yamaha V-Ixion

Spesifikasi detil dan harga terbaru Yamaha Byson


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. pertamax gue ya om..
    dari pertama keluar juga ane udh ngeliat ni.. byson hny cocok jadi streetfighter.. kalo pasang fairing kesannya maksa banget..
    lain ma vixion.. emang sih kalo mau modif harus bnyk money yg dikeluarin.. tp mau modif apa juga bisa..
    penjelasan mas jopir pas dan manteb banget..

  2. rahmadirizma says:

    waktu sebelum ngeboyong vixion kerumah, ane jg bingung setengah modar nentuin pilihan diantara 2 pilihan ini. Tapi, kita jalan kan kedepan bukan kebelakang, so jaman makin maju, masa system pengapian mongtor masih aje pake karburator, hehehe… (no offense please, just share my opinion)🙂 so akhirnya dengan mantaf ane pilih VIXION as my new bike… (tinggal ngumpulin dana dh buat modif)🙂

  3. rasis says:

    Udeh di ambil speedometer ma headlamp byson aja bro buat si vixi kalo bingung mah ,,,

    • jopir says:

      kl bisa sh, ni 2 motor digabung jadi 1, teknologi vixion digabung fashionnya byson, sedap dah tuh, streetfighter futuristik😀

  4. Hazli says:

    Salam kenal gan,
    Ane make vixi, klo mau naikin torsinya coba loe ganti gir besar ataw kecil sesuai dengan arena loe dan pake busi iridium, ga usah loe oprek tu mesinnya,
    Itu aj udh agak lumayan kok mas gan2,
    ecil sesuai dengan arena loe dan pake busi iridium, ga usah loe oprek tu mesinnya,
    Itu aj udh agak lumayan kok mas gan2,

    • jopir says:

      kl cara itu ane udah lama terapin gan, reviewnya juga udah ada di blog ini, silahkan di cekidot dulu sebelum komen😀

  5. gogo says:

    klo vixion udah diendkan dan diganti NR15. rame dah..

  6. abikusuma says:

    misi gan,mw ikt nimbrung ne..
    ,ane mw bli mtr baru,tp smpe skrg ane msh bngng mw plih byson ato vixi.Dr awl sih ane kesengsem ama byson,tp stlh byk msukn mrka nyaranin ane bwt ambil vixi j,nah d’stu yg bkin ane bingung gan.
    (tlg d’bntu ya gan,thanx)

    • jopir says:

      tergantung peruntukan jg sh bro, simplenya aja ya..
      kl suka racing look n kebut2 , ambil vixion aja, walaupun masih byk yg perlu dimodif.
      kl duka tampilan dan show off aja, byson oke tuh.

  7. homdai says:

    Baru kemaren ambil vixion padahal awal rencana ambil byson. Itupun mendadak,sampe mbak salesx ketawa karena br mo bikin nota byson eh tiba2 sy minta ganti vixion.Dari segi teknologi saya prefer byson yg masih karburator, hampir semua bengkel bisa bongkar kalo lg ada masalah di jalan. Cuman dari segi penampilan prefer vixion & kalo dipikir saya jarang ada perjalanan jauh, jadi rasanya vixion-lah pilihan tepat. Apalagi dealer yamaha juga kasih brosur body kit yg akan nambah tampilan vixion lebih sporty. Mantaplah!!

  8. Agung Novian says:

    Keren gan ulasannya. Kemarin ane baru ambil V-Ixion. Sebetulnya kepingin Byson, cuma karena indent mesti 3 bulan terpaksa milih Byson😀

    Tapi setelah pakai V-Ixion, ternyata sama sekali ngga ada penyesalan, karena body-nya yg ramping dan tarikannya yang yahut jadi enak dipakai buat selap-selip.

  9. daeko says:

    bingung ni,ana mw buat mudik,cocok mana tuh vixion n byson buat jkt – sumbar?

    • jopir says:

      buseeng mudik jauh bener bro.

      kl gw pribadi, dengan pertimbangan sama2 kondisi standar, untuk keperluan sprti itu gw pilih byson.
      Kenapa?
      kl touring gt kan kayaknya jalan kisaran speed 80kpj
      speed segitu suara byson lebih adem jadi gak bikin capek kuping, pun dengan velg dan ban tubeless gambotnya bikin lebih stabil buat jalan jauh.
      Ada masalah di jalan? bengkel manapun bisa nanganin mesin karbu, akal2an bengkel bisa lebih maksimal.

      kl vixion, maap2 nih ya bukannya ngecilin bengkel pinggir jalan, bdsrkan pengalaman gw, baca lampu indikator kerusakan di speedo nya vixion pun mereka jarang2 yang bisa, logikanya rusaknya aja gak tau, gimana bisa betulin.

      Bt kira2 bro🙂

  10. yoyoy says:

    Vixion Se jawaban nya hahahah

  11. sngt2 brmnfaat posting’na bwt ane yg lg bimbang pilah pilih antara vixie n byson, hmpr 5 jam’an lbh ane mndar mandir bca2 smw psting about keduanya d mari..
    akhrnya hati lbh trtarik ke byson wlwpun ane gk mmungkiri smw inovasi n tchnology yg ada d vixion.. kdua2nya sma2 jempol..
    om jopir, mhn bmbingan n panduan srta tips2 yahudnya mngenai byson y ntuk kdepannya..
    ..🙂

  12. Jhon Kei says:

    thanks broo info’y…
    bermanfaat….tp kl vixion pake BBM subsidi, gmn efek’y..??
    harap dibls…thanks.. 🙂

  13. Aldijo says:

    Thanks infonya Bro Jopir, saya mau tanya kalau getarannya lebih heboh byson atau vixi ?, sy lagi pilih di antara dua spec ini.

  14. brigade15 says:

    wah coba byson vixion scorpio dijadiin satu. body nya byson mesinnya pio teknologinya vixion:mrgreen: https://brigade15.wordpress.com/

    • jopir says:

      ini baru mantab

    • enak aja aokwdoakwawkawk produsen motor nggak mungkin menciptakan motor yg sempurna!! konsumen akan selalu saja dibuat galau oleh produsen motor.

      Kekurangan/Kelebihan motor yang sebelumnya telah diluncurkan akan ditutupi/dihilangkan oleh motor yang berikutnya akan diluncurkan.,begitupun sebaliknya.
      kenapa? agar dari masing-masing jenis motor tetap bisa dipertimbangkan oleh konsumen untuk di angkut dari dealer😀.
      alhasil versi sebelumnya tetap laku,dan konsumen makin gila dengan produk2 baru yang dilempar kepasaran.

      itu udah hukum bisnis kali yak😀

      ini sekedar pengamatan instant saya saja. masyarakat dituntut cerdas dalam memilh,
      intinya jangan sampai terjebak ”produk gagal”.

      diatas antara vxion dan byson (antara karbu yang bermasyarakat dan teknologi baru yang terasa asing)
      saya berada diartikel ini,karena saya juga lagi galau dalam memilih kuda besi, saya aja sampai diantara 3 pilihan,yang satunya ialah: honda cb 150R streetfire .
      ya maklum aja gan,saya orang susah, jadi mesti betul-betul mempertimbangkan berbagai halnya..

      pilih motor ikuti kata hati.
      salam hangat
      temanmu,Bangkit Sanjaya. makassar
      http://www.facebook.com/2ndCommDaengKill?ref=tn_tnmn

    • jopir says:

      alhasil yamaha cuma punya 1 model motor batang😀

  15. Wijaya says:

    New Advance V-IXION dah… yg terbaik… mau byson atau bahkan tuh caibeR gue nggak demen banget deh…. Pilh Vixion kalau mau exisssss itu menurt I……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s