Urus Sendiri Perpanjangan STNK yuk..

Posted: 22 November 2010 in About Vixion
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Emang urusan panjang2in gini kan sensitif nih, makanya gw tergerak untuk bikin artikel tentang hal ini.

Dari analisa gw, banyak bgt pengendara kend. Bermotor enggan ngurus sendiri perpanjangan STNK [termasuk gw😀 ], padahal hal ini mau gak mau harus dilakuin tiap tahunnya.

Banyak alasan, mulai dari gak punya waktu, males, ribet, gak mau capek, takut, dll

Nah, di tahun kedua vixion tercinta, coba ah urus sendiri, masa dah 2 tahun punya motor tapi gak tau caranya gimana. Ternyata ngurusnya gak ribet kok.

Buat yg pengen tahu gimana cara perpanjang STNK, monggo cekidot

Tepat tanggal 17 November 2010, STNK si vixy udah harus diperpanjang utk yang kedua kalinya, dulu pas tahun pertama gw nyuruh OB di kantor, tapi tahun ini pengen coba sendiri ah.

Urusan perpanjangan STNK ini dilakukan di Kantor Samsat Bekasi.

1. Pukul 09:30 WIB

berangkat ke Kantor Samsat Kota Bekasi.

2. Pukul 09:50 WIB

sampai di gerbang masuk kantor Samsat, dicegat oleh petugas parkir liar tapi resmiberpakaian bebas yg beroperasi di dalam kantor samsat [ternyata parkirnya gak pake satpam resmi], dan ditawarin untuk “dibantu” urus perpanjangan STNK, ditarif Rp 15ribu saja [ternyata selain urusin parkir, nyambi calo juga].

3. Pukul 09:55 WIB

Dapet celah buat parkir motor di tengah awut2annya parkiran[gak ada yg atur], dan lagi2 ditawarin untuk “dibantu” oleh orang yg gak tau muncul darimana. [calo kedua gan]

4. Pukul 09:57 WIB

Jalan dari parkiran ke pintu masuk gedung samsat, ditawarin lagi untuk dibantu oleh orang2 yg berdiri di sepanjang jalan [kumpulancalo ketiga]

5. Pukul 10:00 WIB

masuk ke gedung, terlihat satu petugas berseragam polisi di pintu depan gedung [Ada help desk nya], tp sayang gak ada yg gunain jasanya, jadi ybs Cuma baca koran doang.

6. Pukul 10:05 WIB

Lantai dasar, ke tempat pengambilan formulir, dikasih Cuma2 [formulir gratis], dapet 1 formulir isian biasa, dan 1 lembar pengesahan, tinggal diisi sesuai stnk dan BPKB [gampang gan]

Sewaktu ngisi formulir, lebih banyak lagi yang dateng menawarkan “bantuan” [calo lagi gan]

7. Pukul 10:10 WIB

Naik ke Lt.1 khusus bagian kend Roda dua, terdapat 3 loket

– Loket 1 : Penyerahan berkas dan pengesahan

– Loket 2 : Pembayaran PKB [Pajak kendaraan Bermotor]

– Loket 3 : Pengambilan STNK baru

8. Pukul 10:10 WIB

Serahin berkas ke loket 1, dan tunggu. Yg harus dilampirkan sewaktu perpanjangan STNK :

– Asli dan Foto Copy KTP

– Asli dan Foto Copy BPKP [Asli cuma untuk ditunjukkan aja]

– Asli dan Foto Copy STNK

– Formulir dan lembar pengesahan.

9. Pukul 10:15 WIB

Dipanggil kembali ke Loket 1, dikasih tanda terima berkas diterima lengkap.

10. Pukul 10:40 WIB

Dipanggil di loket 2, tunjukin tanda terima dari loket 1, diminta bayar Rp 228.500,- untuk PKB

11. Pukul 11:05 WIB

Dipanggil di loket 3, serahin tanda terima dari loket 1, dapet STNK yg baru dan Asli KTP yg tadi dilampirkan.

 

Beres..

Ternyata ngurusnya gak sulit, 1 jam selesai, cuma perlu kesabaran aja, karena :

  1. Banyak calo.
  2. Petugas umumnya jutek [jenuh mungkin gan]
  3. Terlalu ramai, jadi suasana kurang nyaman, makin ramai ya makin lama pelayanannya.

 

Tips buat yg pengen urus perpanjangan STNK sendiri:

1. Datang di hari Senin-Jumat aja.

Hari sabtu katanya Samsat buka setengah hari, tapi ramainya bukan kepalang krna byk pekerja kantoran yg menggunakan waktu ini, temen gw ngurus perpanjang STNK sampai 3 jam.

2. Datang pukul 10:00an

Jgn dateng pagi bgt dan berharap dapat lebih cepet selesai, krna byk yg beranggapan demikian, jadi malah kenyataannya rame bgt, kl dateng jam 10 logikanya yg bejubel pagi2 tadi dah pada selesai, jadi dah lumayan sepi. Dan situasi cuaca masih belum terlalu panas, diharapkan sebelum makan siang udah beres urusannya, terbukti gw dateng jam 10 dan jam 11 udah selesai [tapi hari kerja lho ya..].

3. Say “Punya temen di dalem”

Kata ajaib buat bikin ciut calo2 yg menawarkan bantuan.

4. Jangan celingak celinguk.

Karna ini yg jadi incaran calo, kalopun pgn tanya, usahakan stay cool dan jangan tanya ke calo.

5. Siapkan FC BPKB,KTP,STNK, Pulpen dan Staples sendiri.

 

Wajib diketahui :

1. Gak bayar Pajak Kendaraan Bermotor [PKB] gak bisa ditilang lho, gak ada pasalnya di UU.

2. PKB itu termasuk pajak daerah, sebagian besar untuk kebutuhan APBD daerah ybs, beda dengan PPh dan PPN yg merupakan pajak pusat untuk APBN.

3. Kalo telat bayar, denda ada 2 macam :

1. PKB =  tarif dendanya adalah 25%/tahun, dihitung per bulan

misal terlambat 1 hari –> 25% x (1/12) x PKB (digenapkan per bulan)

misal terlambat 3 bulan –> 25% x (3/12) x PKB

 

2. SWDKLLJ = dihitung per tahun, jadi telat 1 hari atau 1 tahun sama aja

mobil = Rp 100.000,- | motor Rp 32.000,-


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

    Comments
    1. tyok says:

      ikutan ahh.. itung2 + pengalaman, hehe

    2. jopir says:

      ^ tyok :
      Monggo bro, malah kl jakarta udah ada drive thru nya segala, lebih mudah😀

    3. hilmie asgar says:

      tul betul kang Jopir.aku malah ga nyampe sejam ngurus nya… (sekitar 30 menit)
      .
      nyang jadi pertanyaan, kemaren aku telat 1 bulan karna lupa, kok rasa2nya byr dendanya mahal amat, total nya ampe 340 rebu.
      .
      Gimana aturan denda nya tuh?
      .

    4. tadey says:

      jd inget wktu nganterin pacar ngurus balik nama di urus sendiri,na gw yg cowok mlh ga tw ap2,kebanyakan mbelanjain calo wkwkwkwkwkwk….

    5. arif says:

      kalo disamsat jkrta gimana yak ,,,wah w udah telat 4 bulan nih,,toong dibantu yakk

      say ” w ada tmn didalem bos”,,hehe
      lucu juga triknya nih..

    6. jopir says:

      ^ hilmie asgar :
      Monggo dilirik ulang bagian bawah artikelnya bro, udah ane update, ada ralat dikit.

      ^ tadey :
      Wuih pacar ente keren tuh bro, patut dipertahankan😀

      ^ arif :
      Harusnya sih SOP nya sama aja bro.
      Buruan diurus bro, dah 4 bulan, ntar keburu lahiran, wkwk.

    7. nanx says:

      ane mo ngurus mutasi kendaraan di bandung nih gan, gimana caranya ya?

    8. jopir says:

      ^ nanx :
      Caranya pergi ke bandung dulu gan

    9. ira says:

      wooww…bisa urus sendiri …ebaad atuh,,,haha

    10. jopir says:

      ^ ira :
      copyrighted tuh !

    11. theo says:

      TOP ! =D

    12. rudy says:

      itu vixy tahun berapa gan??
      trus bener g tu kok cum 228ribu doank??
      kan di stnk tertera 1,8jt coy???
      GILAAAA….!!! coba dicek gan di stnknya…

      kalo bener alhamdulilah…

      thanks infonya gan….

      comente dibales ya..tag tunggu….

    13. jopir says:

      ^ rudy :
      Vixy tahun 2008 bro.
      Perlu bro rudy ketahui, yang dibayar di tahun kedua dan seterusnya hanya PKB dan SWDKLLJ aja.

      kl yng bro liat ada juta2an itu karna ada biaya BBN (bea balik nama), tapi itu hanya untuk di awal pembelian aja, dan udah include di harga jual. Seterusnya, cuma kisaran 2rts ribuan.

    14. rudy says:

      ohh gt ta mas…. jadi waktu saya beli itu sudah termasuk BBN itu ya mas??
      saya baru saja beli og..waktu lead stnk`ya kaget setengah mati aku liat pajaknya..gila2an ig…hehe
      makasih ya mas..mampir diblog saya mas….

    15. ina says:

      formulirnya bener tinggal ambil?? ndak pake bayar?? kuq di Mojokerto formulir pake beli ya, sekitar 80rb, buat balik nama malah 160, cek fisik juga ada biaya, cek berkas kendaraan juga ada biaya, kuq bisa beda ya, padahal saya juga urus sendiri…

    16. stellovers says:

      Thank’s my Bro buat share pengalaman nya… emang lg mau coba sih cuman rasa takut keder nya aja yg buesar bener ni. Ya dah moga lancar2 aja dah….dah 4 taun kelewat euhhh… GL Pro 92 kesayangan…
      Once again… Tengkyu Bro, top dah, moga makin sukses

    17. ali says:

      trimaksh bnyak pak atas ilmu, petnjuk&sarannya.
      Kbtlan sy mau ke samsat bkasi jg..

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s