Akhirnya.. akibat hasutan temen gw di kantor, beli juga deh.
Ni handle [adjustable] sebenernya udah lama gw idam2kan, kesannya gahar, tapi karena ni mahluk [menurut gw] mahal, jadi pikir2 nya butuh waktu yg panjang. Sampe akhirnya gw dijebak. Dapet peribahasa, “kapan lagi mau modif kl gak sekarang, kl dah kawin dah gak bisa lagi pir..”, ujar maqbool [salah satu mahluk di kantor yg gw maksud diatas].
Calon terkuat adalah produk Y-Max, so pasti karena tu mahluk aseli bikinan Yamaha Thailand, diimport langsung oleh YMKI, tapi sayang, dilego 300rb sepasang, mahal.
Akhirnya jalan2 di otista, dapet deh..
Yang gw maksud adalah Handle [lever] Adjustable Ride It.
Adjustable?
Ya bener, ni handle bisa diatur posisinya, inget shock belakang adjustable yg punya beberapa tingkatan kekerasan? nah handle ini juga punya beberapa tingakatan, 6 tingkat tepatnya, tapi bukan untuk keras/lembut, tapi untuk posisi idle tuas.
Dilego dgn harga lebih masuk akal, Rp 185rb [Mei 2010 – Otista Jakarta]
Jauh lebih mahal daripada handle ori yg dilego Rp 40rb [saja] sepasang.
.
Cara Kerja Handle Adjustable
Ni handle terdiei dari 2 bagian, katakan bagian (a)poros penekan dan (b)tuas.
Yang bisa bikin ni handle bisa diatur posisi idle nya adalah dengan adanya bagian yg ditunjukkan panah biru, bagian yg berwarna merah punya 6 tingkatan yg menyebabkan jarak antara (a) dan (b) ikut berubah.
Cara mengubah nya cukup mudah.
Dorong tuas ke arah panah (point 1), lalu putar bagian merah ke posisi yg kita inginkan (point 2)
.
Apa yg lebih dibandingkan handle adjustable lain?
+ Tuas bidang untuk jari lebih pendek, maksimal bisa diremas 3 jari, idealnya 2 jari saja.
+ Sudut bagian bawah membulat, gak bikin buku jari sakit waktu ngeremas ni handle.
+ Warna eyecatching [Titanium, Gold, Silver] & bertuliskan motoGP.
.
Apa yang beda kl dibandingin dengan handle Ori.
Ni handle tuasnya lebih pendek, luas penampang lebih lebar, dan terdiri dari 2 bagian.
Plus Minus
Sebetulnya ubahan ini bisa dibilang gak penting, gak ada effort yg pantas dibanggakan, cuma lebih kepada fashion.
+ Tampilan jadi gahar kl dilihat dari depan.
+ Eye catching, buat iri rider lain.
– Handle ori bisa berfungsi juga sbgi “frame slider” sewaktu motor gubrak, dalam kondisi standar, sewaktu motor jatuh, bagian terluar penumpu body adalah handle+jalu dan footspet belakang, biasanya handle jadi melengkung. Nah kl udah ganti pake handle ini, otomatis penumpu hanya menggunakan jalu [stang].
.
Before – After
Oh ya, buat yg minat beli, jangan ngotot ke penjual kl ternyata lever sbelah kirinya bengkok, emng aslinya bgitu.
Artikel Oleh :
jOpiR
-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-
wkwkwkwwkw racun dunia tang tak kunjung habis
Brow knp yah m0t0r vixi gw gak bisa di stater. . !!jadi pas kunci udah di dalam k0ndisi ON TRUS LMPU YANG 2 TH GAK NYALA,GMANA NH BROW
^ bd_mo :
Selagi bumi masih berputar, haha..
^ dinwahyoe :
Rumah starternya karatan kali, ato jgn2 gigi gak di posisi normal, kan harus remas kopling dulu tuh baru mau nyala.
minus itu perlu bgt di-perhatiin..
vixie gw pernah ditabrak dr belakang..
jatuh posisi ke kanan bagian depan duluan..
yg bengkok ya itu cm handle sebelah kanan..
^-^
iya jg sih bro, pdahal niatnya cuma mau beliin batok,,pas dapat batoknya,,sekrg rncana beli velg lebar ma footstep,,,memang gag ada habisnya ni,,ellu sih nyebar2 racun mulu tapi sip lah,,,untuk paraa pnggmar racun,, salam
^ juan21 :
Turut berduka soal insidennya bro
Nice share.
^ bd_mo :
Trs.. salah gw?! salah temen2 gw?!
salam kenal bro…..
boleh tau g total biaya untuk modiff vixionnya bro ampe model sekarang…..sy jg pengguna vixion….
saya naksir banget dengan vixion punya bro jopir
Vixionnya manttaafff bin kereeennnn bro…makasih banyak bro…
^ rajendra :
Oke, nanti di page My Vixion akan saya buat itung2annya deh.
Thx bro
Makasih Bro …
ditunggu info selanjutnya…terutama ttg Vixion…
sebenernya gag salh apa2 sih,,,ni semua salahnya si pembuatnya,,,,kayaknya saya harus menyebar racun juga nih,,,,racun murahan tapi wkkkkkk :Dv
^ rajendra :
^ bd_mo :
wkwk.. malah yg jual yg jadi tertuduh
Bro Jop.. Lo pemakaian harian sama handle ori enak mana?pas ngoling ato ngerem gt.. nyaman g?
ngopling maksudnya.. ehehe..
^ SouL :
Nyaman bro, dijamin senyaman handle ori, karena bagian bawah membulat, gak akan ngegerus buku jari.
wah. ternyata ne handle bener2 racun yang kuat.. ok lah besok beli penawarnya.. langsung Pasang! thx reviewnya y bru.
^ arifsoul :
Selamat keracunan bro..
Permisi bang Jopir… Saya mau nanya, handle “ride it” nya itu langsung cocok di vixy y bang? Soal nya saya pernah nanya di toko aksesoris di kota saya, jarang ada handle buat vixy yg langsung pake’. Katanya harus ada yg digerinda dulu…
^ MX :
Asal belinya yg khusus buat vixion (kayak yg gw pake) sh lgsg PnP bro..
aloouu kisanak… wkkk..k eh maksunya bro jopir…, di FB jarang nongol nih? ngemeng-ngemeng nih handle top markotop bro.. bikin iri rider lain.., pertama liat nih handle di blognya sampeyan.., wahhhh langsung keracunan gw bro.., akhirnya gw dapet ni handle dari om bob vracing.., tadinya gw hampir2an mao komplain sama om bob, masa yang sebelah kiri bengkok?? akhirnya pas gw baca lagi nie blog dikalimat paling akhir ada WARNING nya nyempil “Oh ya, buat yg minat beli, jangan ngotot ke penjual kl ternyata lever sbelah kirinya bengkok, emng aslinya bgitu.” wkkkk..kk..k.k hampir2an aje OOT ke om bob.
^ Qomara Sekarang Qomara
Iya, fb gw emg lg modus offline.
Selamat keracunan deh
Salam kenal bro Jopir,
OOT dikit, mau minta advice nya :
1. Kalau simpan jas hujan sama helm cadangan(buat jemput si luna)disebelah mana bro?
2. Bro Jopir pakai knalpot apa ?, gw lihat di kaskus “CLD Trioval silent” nya dah laku agustus 2009.
Ada saran knalpot bagus ga bro ?,
suara bulet kayak iklan castrol bisa bikin motor lain di lampu merah jadi mengecil :D.. tapi ga rame kalau pelan, biar tetep di cintai tetangga di kampung.
^ lich king :
Lam kenal bro, thx buat kunjungannya,
1. Spakbor belakang masih kepasang kan bro, kl iya, gw lebih prefer pake tali jaring dan ditarok diatas jok belakang, jas ujan ditindih sama helm dan ditahan pakai jaring, lebih aman dibawa manuver lebay n gak ngerusak vixy.
2. Knalpot skg custom Doctor Muffler – Kalimalang, Jak-Tim.
Betul bgt CLD udah dilego, dan luar biasanya [jodoh kali ya..] di Dr.Muffler nemu selongsong silencer CLD triovale nganggur [tanpa isi], yaudah tinggal dibikinin saringan dan glasswool biar suara sesuai selera, plus leher custom juga.
Kl knalpot aftermarket, semua merk suaranya nyaris sama.
Kl mau pesen suara, mau gak mau harus custom.
Dr, Muffler dan Stanlee bisa jadi tujuan wisata tuh bro.
Moga bisa membantu bro, ditunggu kunjungan berikutnya..
sampe diganti, emang karakter knalpot custom baru nya seperti apa bro? mantep ga? dijual ga :D.. sharing donk bro.. thx b4
^ lich king :
Manteb kan relatif bro..
kl sharing gw gak bisa bicara byk, gak ngerti soal bentuk saringan & kepadatan isi silencernya gmn, yg jelas sih suara ma tenaganya gw suka.
Bro jopir ….mo nanya nich…
Handle kampas kopling yg dimotor bro sejak ganti yg ride it g masalah y bro…itu g ada ditambh” lgsg pake githu ajja y,soale di motor sy ko agak longgar y,baut untuk handle ke stang apa harus diganti y…ditunggu infonya bro…makasih …
^ rajendra :
Gak ada masalah kok krna ukurannya dah sama persis dgn handle ori, bener2 PnP tanpa ubahan ini itu.
Longgar yg dimaksud yg dimana ya? kl bs plus foto mgkn gw bs bantu.
iyya makasih bro….uda beres ko….kemarin tuch belum terbiasa ajja….hehehe….trus 9power tuch g mempengaruhi mesin g bro…thanks…
^ rajendra :
9power prinsipnya cuma memperbesar dan menyetabilkan arus, kurang lebih sama seperti penggunaan Busi Irridium.
trus klo dua” dipakai g masalah ke mesin g bro….makasih…
^ rajendra :
Nggh.. kl itu ane lum tau bro, krna info soal ni produk rada terbatas, sistem kerjanya aja gak ada yg jelasin.
malam bro…
sesama pengguna vixi
ane mo nanya bro..
dah pasang klakson keong belum bro …?
ex: hella dst
klo udah cara pasangnya gimana?
pengaruh ga sama kelistrikan?
ane dah liat di saft7.com cara masangnya…bisa ga ane pake di vixi
thanks sebelumnya
^ agho :
Klakson udah beli sh, hella twin tone yg black, tapi lum dipasang 😀
untuk pemasangan asal sesuai skema plus ditambah sekring aman kok sama kelistrikan, saft7 bisa jadi panduan.
Warna eyecatching Titanium & bertuliskan motoGP. Dilego dgn harga lebih masuk akal, Rp 185rb [Mei 2010 – Otista Jakarta]
Kalo boleh tau nama tokonya apa ya???? No. telp?????
^ Lanang hardiansah :
Tokonya lupa namanya, yang jelas pas di sebelah Planet Motor persis.
Bro, gue tdi bru bli handle 45rb an. pas tdi gue pasang di rem depan, gue coba rem kok jdi ngerem terus? Mohon Pencerahan?
^ Vse7en :
Tuh handle emng buat vixion gak bro? jgn2 buat motor lain, jadi gak pas di engselnya, dipaksain dipasang jadi seret trs gak balik kl ditarik.
iya, tu handle tlisannya rx/vixion
^ Vse7en :
Waduh beneran ya, harusnya ukuran lubang dan tebalnya juga udah pas tuh, pasti plug n play.
Coba dilepas dulu deh bro, bandingin teliti dengan handle ori, soal lebar lubang, tebal handle dan bentuk bagian yg fungsinya nekan pompa.
ok, kmren dah ak grinda, ternyata lbih tb 1mm. thx boss
^ vse7en :
Wah boleh dilemparin bata tuh produsennya gan 😀
slm knal bro, sy prnah pux ide buat saklar pengaman tambahan u/vixion ku. Kabel dr saklar on-off (merah) di stang kiri sy buatkan saklar yg letakx di bwh jok. Awalx smua oke, jika sklar di pts, mtr tdk bkalan nyala walau kunci kntak jebol jd rada aman kalo pencurix tdk on kan saklar di bwh jok. Sktr 3 minggu kmudian trjd mslh, suara klakson jd kecil meski sdh di stel, trus kalo lampu jauh on jarum RPMx drop. Sistim kelistrikanx lalu sy normalkan kmbli dgn mencabut saklar, akhirx smuax normal kmbli. Kira2 bro jopir pux tips lain pd sistim kelistrikan buat pengamanx vixion yg tdk ganggu kelistrikan itu sndiri ?
sori bro, mksdx sklar on off di stang kanan diatas tmbol starter tangan. Mhn pencerahanx bro.
^ bacos :
Ada bro, manfaatkan lean sensor / sensor kemiringan. Coba liat di bawah jok, ada modul yg ada tulisan TOP nya, nah itulah lean sensor, kl posisinya miring atau kebalik, motor gak bakalan nyala dgn tanda lampu indikator ngedip waktu starter.
Nah modul ini gak dibaut, cuma ditancep aja, sewaktu parkir, tinggal putar balik, beres 😀
mak nyosss
tertarik aku ama handle-nya, ada yg jual ga ya di medan… hehehe
btw, minta masukan dong bwt footstep n stang jepit utk vixion… mahap aku msh nubi ttg yg bginian, bang
^ red chaterine :
Footstep racing gampang2 susah bro, cari yg tuas remnya kokoh, krna biasanya yg merk asal, tuas rem belakangnya kl diinjek malah meleot, jadi gak bisa rem maksimal untuk belakang. Sampe saat ini belum punya merk yg bisa direkomendasiin untuk ini.
Kl jepit, banyak pilihannya, kl mau bagus, yg full sama segitiganya, biar enak dilihat.
Mau versi ori, bisa pakai punya ninja 150RR.
Resikonya adalah nunduk yg bikin pegel, dan radius putar jadi berkurang krna mentok di tangki.
klo merk AFN [atau yg katanya awalnya merk YVR]? prnh ngeriset k merk itu? khusus vixi n kreasi anak bangsa lho [aku bc di blog seseorang]… hehehe
fork ttp pny vixi? [cm memprtegas koq, bro]
btw klo spidometer dicabut ada ngaruh k sistem injeksi y? [nanya d sini aja deh… capek bolak-balik k posting yg temanya cocok]
Ni ada handle vixion,banyak lagi
http://m.facebook.com/album.php?aid=56628&id=100000538861118&refid=7
^ red chaterine :
Belum tuh bro, sejauh ini sh kl yg bikin gw naksir ttp jepit ninja KRR, sama footstep yoshimura [palsu tentunya],, si jepit nya ttp pake fork standar.
Speedo dicabut aman2 aja bro, gak ngaruh ke kelistrikan kok, cuma jadinya kita gak punya lampu indikator aja kl vixy ada masalah.
^ wahyu inc :
Broken link bro
woalah,,,sory sory
,ternyata di proteksi sama yang punya akun
ttg stang jepit emg rekomendasi yg cocok msh pny KRR [baca di forum YVC] tp ntr aja deh, footstepnya aja dl, soalnya aku dah pake stang Ninja150R… mslh mesin panas doang selama aku pake vixy, diakalin ajalah [semangat ke bengkel ntr siang buat ngelepas spido :p]
Salam kenal bro……
gw juga pake vixion,
nau tanya nih… kalo vixion diganti stang ninja yg pendenk, gmn ya pengaruhnya ????
KIra-kira fairing bawahnya mentok ke polisi tdr pa kagak ?????
thank bro…
kl bro ganti stang aja, spendek apapun stangnya, ground clearance alias jarak bagian bawah motor ke tanah gak akan berubah bro, kecuali kl front fork bro turunin juga, baru deh beda tuh ceritanya 😀
masbro itu pake batok kepala apa.?keren jg..
satria yah.??
batok kawasaki KLX bro, udah ada reviewnya di blog ini.
gw kan uda ganti hndle ride it juga,tp bukan yg motogp edi,yang mau gw tnya,yg handle sblah knan mepet sma handgrip,pdhal uda di tingkat 6,tu knp ya bang??
Sebelumnya waktu pakai handle standar gmn? mepet handgrip juga gak?
kl nggak brrti tungkai yg buat nekan pompa minyak rem nya kurang panjang bro, jangan2 tu bukan buat vixi ya??
Tau malah kampas rem depan udah mau abis bro.
om jopir nanya dunk, ane kan abis ganti juga neh, tapi bukan ride it, t3s adjustable juga, kok jarak lepas koplingnya jadi rada jauhan ya? trs kalo misalnya abang2nya salah masang handle kira2 efeknya apaya? soalnya ane tadi abis ganti handle puteran ban jadi bueraaaat bgt eh gataunya bannya bocor, takutnya ada efek lainnya kalo masangnya salah, kyk artikel bro jopir yang tali kopling putus
kl handlenya khususon buat vixy, dijamin gak bakal ada salah pemasangan bro.
Kl mmg berasa kopling jd rada jauhan lepasnya, ya di adjust aja jarak main tuas koplingnya bro, kan handlenya adjustable 😀
nah ini handle khususon buat pikson om jopir, yg tuas kopling mah langsung plek, nah yg tuas rem harus dilas dulu tuh, kagak muat dudukannya
wah aneh nih, khususon tp kok pk las2an sgala y? harusnya PnP, jd agak meragukan *mukamikir
nah makanan udh ane pasang lg nih
Lever itu apa om
Lever itu apa om
Dan maksud x bengkok gmna jelaskan WA saya 085692427300