[Review] Handle Adjustable Ride It MotoGP Series di Yamaha V-ixion

Posted: 3 June 2010 in About Vixion, Review Product
Tags: , , , ,

Akhirnya.. akibat hasutan temen gw di kantor, beli juga deh.

Ni handle [adjustable] sebenernya udah lama gw idam2kan, kesannya gahar, tapi karena ni mahluk [menurut gw] mahal, jadi pikir2 nya butuh waktu yg panjang. Sampe akhirnya gw dijebak. Dapet peribahasa, “kapan lagi mau modif kl gak sekarang, kl dah kawin dah gak bisa lagi pir..”, ujar maqbool [salah satu mahluk di kantor yg gw maksud diatas].

Calon terkuat adalah produk Y-Max, so pasti karena tu mahluk aseli bikinan Yamaha Thailand, diimport langsung oleh YMKI, tapi sayang, dilego 300rb sepasang, mahal.

Akhirnya jalan2 di otista, dapet deh..

Yang gw maksud adalah Handle [lever] Adjustable Ride It.

Adjustable?

Ya bener, ni handle bisa diatur posisinya, inget shock belakang adjustable yg punya beberapa tingkatan kekerasan? nah handle ini juga punya beberapa tingakatan, 6 tingkat tepatnya, tapi bukan untuk keras/lembut, tapi untuk posisi idle tuas.

Dilego dgn harga lebih masuk akal, Rp 185rb [Mei 2010 – Otista Jakarta]

Jauh lebih mahal daripada handle ori yg dilego Rp 40rb [saja] sepasang.

.

Cara Kerja Handle Adjustable

Ni handle terdiei dari 2 bagian, katakan bagian (a)poros penekan dan (b)tuas.

Yang bisa bikin ni handle bisa diatur posisi idle nya adalah dengan adanya bagian yg ditunjukkan panah biru, bagian yg berwarna merah punya 6 tingkatan yg menyebabkan jarak antara (a) dan (b) ikut berubah.

Cara mengubah nya cukup mudah.

Dorong tuas ke arah panah (point 1), lalu putar bagian merah ke posisi yg kita inginkan (point 2)

.

Apa yg lebih dibandingkan handle adjustable lain?

+ Tuas bidang untuk jari lebih pendek, maksimal bisa diremas 3 jari, idealnya 2 jari saja.

+ Sudut bagian bawah membulat, gak bikin buku jari sakit waktu ngeremas ni handle.

+ Warna eyecatching [Titanium, Gold, Silver] & bertuliskan motoGP.

.

Apa yang beda kl dibandingin dengan handle Ori.

Ni handle tuasnya lebih pendek, luas penampang lebih lebar, dan terdiri dari 2 bagian.

Plus Minus

Sebetulnya ubahan ini bisa dibilang gak penting, gak ada effort yg pantas dibanggakan, cuma lebih kepada fashion.

+ Tampilan jadi gahar kl dilihat dari depan.

+ Eye catching, buat iri rider lain.

– Handle ori bisa berfungsi juga sbgi “frame slider” sewaktu motor gubrak, dalam kondisi standar, sewaktu motor jatuh, bagian terluar penumpu body adalah handle+jalu dan footspet belakang, biasanya handle jadi melengkung. Nah kl udah ganti pake handle ini, otomatis penumpu hanya menggunakan jalu [stang].

.

Before – After

Oh ya, buat yg minat beli, jangan ngotot ke penjual kl ternyata lever sbelah kirinya bengkok, emng aslinya bgitu.


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. bd_mo says:

    wkwkwkwwkw racun dunia tang tak kunjung habis

  2. dinwahyoe says:

    Brow knp yah m0t0r vixi gw gak bisa di stater. . !!jadi pas kunci udah di dalam k0ndisi ON TRUS LMPU YANG 2 TH GAK NYALA,GMANA NH BROW

  3. jopir says:

    ^ bd_mo :
    Selagi bumi masih berputar, haha..

    ^ dinwahyoe :
    Rumah starternya karatan kali, ato jgn2 gigi gak di posisi normal, kan harus remas kopling dulu tuh baru mau nyala.

  4. juan21 says:

    minus itu perlu bgt di-perhatiin..
    vixie gw pernah ditabrak dr belakang..
    jatuh posisi ke kanan bagian depan duluan..
    yg bengkok ya itu cm handle sebelah kanan..

    ^-^

  5. bd_mo says:

    iya jg sih bro, pdahal niatnya cuma mau beliin batok,,pas dapat batoknya,,sekrg rncana beli velg lebar ma footstep,,,memang gag ada habisnya ni,,ellu sih nyebar2 racun mulu tapi sip lah,,,untuk paraa pnggmar racun,, salam

  6. jopir says:

    ^ juan21 :
    Turut berduka soal insidennya bro
    Nice share.

    ^ bd_mo :
    Trs.. salah gw?! salah temen2 gw?!

  7. rajendra says:

    salam kenal bro…..
    boleh tau g total biaya untuk modiff vixionnya bro ampe model sekarang…..sy jg pengguna vixion….

    saya naksir banget dengan vixion punya bro jopir
    Vixionnya manttaafff bin kereeennnn bro…makasih banyak bro…

  8. jopir says:

    ^ rajendra :
    Oke, nanti di page My Vixion akan saya buat itung2annya deh.
    Thx bro

  9. rajendra says:

    Makasih Bro …
    ditunggu info selanjutnya…terutama ttg Vixion…

  10. bd_mo says:

    sebenernya gag salh apa2 sih,,,ni semua salahnya si pembuatnya,,,,kayaknya saya harus menyebar racun juga nih,,,,racun murahan tapi wkkkkkk :Dv

  11. jopir says:

    ^ rajendra :

    ^ bd_mo :
    wkwk.. malah yg jual yg jadi tertuduh

  12. SouL says:

    Bro Jop.. Lo pemakaian harian sama handle ori enak mana?pas ngoling ato ngerem gt.. nyaman g?

  13. SouL says:

    ngopling maksudnya.. ehehe..

  14. jopir says:

    ^ SouL :
    Nyaman bro, dijamin senyaman handle ori, karena bagian bawah membulat, gak akan ngegerus buku jari.

  15. arifsoul says:

    wah. ternyata ne handle bener2 racun yang kuat.. ok lah besok beli penawarnya.. langsung Pasang! thx reviewnya y bru.

  16. jopir says:

    ^ arifsoul :
    Selamat keracunan bro..

  17. MX says:

    Permisi bang Jopir… Saya mau nanya, handle “ride it” nya itu langsung cocok di vixy y bang? Soal nya saya pernah nanya di toko aksesoris di kota saya, jarang ada handle buat vixy yg langsung pake’. Katanya harus ada yg digerinda dulu…

  18. jopir says:

    ^ MX :
    Asal belinya yg khusus buat vixion (kayak yg gw pake) sh lgsg PnP bro..

  19. Qomara Sekarang Qomara says:

    aloouu kisanak… wkkk..k eh maksunya bro jopir…, di FB jarang nongol nih? ngemeng-ngemeng nih handle top markotop bro.. bikin iri rider lain.., pertama liat nih handle di blognya sampeyan.., wahhhh langsung keracunan gw bro.., akhirnya gw dapet ni handle dari om bob vracing.., tadinya gw hampir2an mao komplain sama om bob, masa yang sebelah kiri bengkok?? akhirnya pas gw baca lagi nie blog dikalimat paling akhir ada WARNING nya nyempil “Oh ya, buat yg minat beli, jangan ngotot ke penjual kl ternyata lever sbelah kirinya bengkok, emng aslinya bgitu.” wkkkk..kk..k.k hampir2an aje OOT ke om bob.

  20. jopir says:

    ^ Qomara Sekarang Qomara
    Iya, fb gw emg lg modus offline.
    Selamat keracunan deh

  21. lich king says:

    Salam kenal bro Jopir,

    OOT dikit, mau minta advice nya :

    1. Kalau simpan jas hujan sama helm cadangan(buat jemput si luna)disebelah mana bro?

    2. Bro Jopir pakai knalpot apa ?, gw lihat di kaskus “CLD Trioval silent” nya dah laku agustus 2009.

    Ada saran knalpot bagus ga bro ?,
    suara bulet kayak iklan castrol bisa bikin motor lain di lampu merah jadi mengecil😀.. tapi ga rame kalau pelan, biar tetep di cintai tetangga di kampung.

  22. jopir says:

    ^ lich king :
    Lam kenal bro, thx buat kunjungannya,
    1. Spakbor belakang masih kepasang kan bro, kl iya, gw lebih prefer pake tali jaring dan ditarok diatas jok belakang, jas ujan ditindih sama helm dan ditahan pakai jaring, lebih aman dibawa manuver lebay n gak ngerusak vixy.

    2. Knalpot skg custom Doctor Muffler – Kalimalang, Jak-Tim.
    Betul bgt CLD udah dilego, dan luar biasanya [jodoh kali ya..] di Dr.Muffler nemu selongsong silencer CLD triovale nganggur [tanpa isi], yaudah tinggal dibikinin saringan dan glasswool biar suara sesuai selera, plus leher custom juga.

    Kl knalpot aftermarket, semua merk suaranya nyaris sama.
    Kl mau pesen suara, mau gak mau harus custom.
    Dr, Muffler dan Stanlee bisa jadi tujuan wisata tuh bro.

    Moga bisa membantu bro, ditunggu kunjungan berikutnya..

  23. lich king says:

    sampe diganti, emang karakter knalpot custom baru nya seperti apa bro? mantep ga? dijual ga😀.. sharing donk bro.. thx b4

  24. jopir says:

    ^ lich king :
    Manteb kan relatif bro..
    kl sharing gw gak bisa bicara byk, gak ngerti soal bentuk saringan & kepadatan isi silencernya gmn, yg jelas sih suara ma tenaganya gw suka.

  25. rajendra says:

    Bro jopir ….mo nanya nich…
    Handle kampas kopling yg dimotor bro sejak ganti yg ride it g masalah y bro…itu g ada ditambh” lgsg pake githu ajja y,soale di motor sy ko agak longgar y,baut untuk handle ke stang apa harus diganti y…ditunggu infonya bro…makasih …

  26. jopir says:

    ^ rajendra :
    Gak ada masalah kok krna ukurannya dah sama persis dgn handle ori, bener2 PnP tanpa ubahan ini itu.
    Longgar yg dimaksud yg dimana ya? kl bs plus foto mgkn gw bs bantu.

  27. rajendra says:

    iyya makasih bro….uda beres ko….kemarin tuch belum terbiasa ajja….hehehe….trus 9power tuch g mempengaruhi mesin g bro…thanks…

  28. jopir says:

    ^ rajendra :
    9power prinsipnya cuma memperbesar dan menyetabilkan arus, kurang lebih sama seperti penggunaan Busi Irridium.

  29. rajendra says:

    trus klo dua” dipakai g masalah ke mesin g bro….makasih…

  30. jopir says:

    ^ rajendra :
    Nggh.. kl itu ane lum tau bro, krna info soal ni produk rada terbatas, sistem kerjanya aja gak ada yg jelasin.

  31. agho says:

    malam bro…
    sesama pengguna vixi
    ane mo nanya bro..
    dah pasang klakson keong belum bro …?
    ex: hella dst
    klo udah cara pasangnya gimana?
    pengaruh ga sama kelistrikan?
    ane dah liat di saft7.com cara masangnya…bisa ga ane pake di vixi

    thanks sebelumnya

  32. jopir says:

    ^ agho :
    Klakson udah beli sh, hella twin tone yg black, tapi lum dipasang😀
    untuk pemasangan asal sesuai skema plus ditambah sekring aman kok sama kelistrikan, saft7 bisa jadi panduan.

  33. Lanang hardiansah says:

    Warna eyecatching Titanium & bertuliskan motoGP. Dilego dgn harga lebih masuk akal, Rp 185rb [Mei 2010 – Otista Jakarta]

    Kalo boleh tau nama tokonya apa ya???? No. telp?????

  34. jopir says:

    ^ Lanang hardiansah :
    Tokonya lupa namanya, yang jelas pas di sebelah Planet Motor persis.

  35. Vse7en says:

    Bro, gue tdi bru bli handle 45rb an. pas tdi gue pasang di rem depan, gue coba rem kok jdi ngerem terus? Mohon Pencerahan?

  36. jopir says:

    ^ Vse7en :
    Tuh handle emng buat vixion gak bro? jgn2 buat motor lain, jadi gak pas di engselnya, dipaksain dipasang jadi seret trs gak balik kl ditarik.

  37. Vse7en says:

    iya, tu handle tlisannya rx/vixion

  38. jopir says:

    ^ Vse7en :
    Waduh beneran ya, harusnya ukuran lubang dan tebalnya juga udah pas tuh, pasti plug n play.
    Coba dilepas dulu deh bro, bandingin teliti dengan handle ori, soal lebar lubang, tebal handle dan bentuk bagian yg fungsinya nekan pompa.

  39. vse7en says:

    ok, kmren dah ak grinda, ternyata lbih tb 1mm. thx boss

  40. jopir says:

    ^ vse7en :
    Wah boleh dilemparin bata tuh produsennya gan😀

  41. bacos says:

    slm knal bro, sy prnah pux ide buat saklar pengaman tambahan u/vixion ku. Kabel dr saklar on-off (merah) di stang kiri sy buatkan saklar yg letakx di bwh jok. Awalx smua oke, jika sklar di pts, mtr tdk bkalan nyala walau kunci kntak jebol jd rada aman kalo pencurix tdk on kan saklar di bwh jok. Sktr 3 minggu kmudian trjd mslh, suara klakson jd kecil meski sdh di stel, trus kalo lampu jauh on jarum RPMx drop. Sistim kelistrikanx lalu sy normalkan kmbli dgn mencabut saklar, akhirx smuax normal kmbli. Kira2 bro jopir pux tips lain pd sistim kelistrikan buat pengamanx vixion yg tdk ganggu kelistrikan itu sndiri ?

  42. bacos says:

    sori bro, mksdx sklar on off di stang kanan diatas tmbol starter tangan. Mhn pencerahanx bro.

  43. jopir says:

    ^ bacos :
    Ada bro, manfaatkan lean sensor / sensor kemiringan. Coba liat di bawah jok, ada modul yg ada tulisan TOP nya, nah itulah lean sensor, kl posisinya miring atau kebalik, motor gak bakalan nyala dgn tanda lampu indikator ngedip waktu starter.

    Nah modul ini gak dibaut, cuma ditancep aja, sewaktu parkir, tinggal putar balik, beres😀

  44. red chaterine says:

    tertarik aku ama handle-nya, ada yg jual ga ya di medan… hehehe

    btw, minta masukan dong bwt footstep n stang jepit utk vixion… mahap aku msh nubi ttg yg bginian, bang

  45. jopir says:

    ^ red chaterine :
    Footstep racing gampang2 susah bro, cari yg tuas remnya kokoh, krna biasanya yg merk asal, tuas rem belakangnya kl diinjek malah meleot, jadi gak bisa rem maksimal untuk belakang. Sampe saat ini belum punya merk yg bisa direkomendasiin untuk ini.

    Kl jepit, banyak pilihannya, kl mau bagus, yg full sama segitiganya, biar enak dilihat.
    Mau versi ori, bisa pakai punya ninja 150RR.
    Resikonya adalah nunduk yg bikin pegel, dan radius putar jadi berkurang krna mentok di tangki.

  46. red chaterine says:

    klo merk AFN [atau yg katanya awalnya merk YVR]? prnh ngeriset k merk itu? khusus vixi n kreasi anak bangsa lho [aku bc di blog seseorang]… hehehe

    fork ttp pny vixi? [cm memprtegas koq, bro]

    btw klo spidometer dicabut ada ngaruh k sistem injeksi y? [nanya d sini aja deh… capek bolak-balik k posting yg temanya cocok]

  47. jopir says:

    ^ red chaterine :
    Belum tuh bro, sejauh ini sh kl yg bikin gw naksir ttp jepit ninja KRR, sama footstep yoshimura [palsu tentunya],, si jepit nya ttp pake fork standar.

    Speedo dicabut aman2 aja bro, gak ngaruh ke kelistrikan kok, cuma jadinya kita gak punya lampu indikator aja kl vixy ada masalah.

    ^ wahyu inc :
    Broken link bro

  48. wahyu inc says:

    woalah,,,sory sory
    ,ternyata di proteksi sama yang punya akun

  49. red chaterine says:

    ttg stang jepit emg rekomendasi yg cocok msh pny KRR [baca di forum YVC] tp ntr aja deh, footstepnya aja dl, soalnya aku dah pake stang Ninja150R… mslh mesin panas doang selama aku pake vixy, diakalin ajalah [semangat ke bengkel ntr siang buat ngelepas spido :p]

  50. sangdewaagung says:

    Salam kenal bro……
    gw juga pake vixion,
    nau tanya nih… kalo vixion diganti stang ninja yg pendenk, gmn ya pengaruhnya ????
    KIra-kira fairing bawahnya mentok ke polisi tdr pa kagak ?????
    thank bro…

    • jopir says:

      kl bro ganti stang aja, spendek apapun stangnya, ground clearance alias jarak bagian bawah motor ke tanah gak akan berubah bro, kecuali kl front fork bro turunin juga, baru deh beda tuh ceritanya😀

  51. hergunz says:

    masbro itu pake batok kepala apa.?keren jg..
    satria yah.??

  52. afada says:

    gw kan uda ganti hndle ride it juga,tp bukan yg motogp edi,yang mau gw tnya,yg handle sblah knan mepet sma handgrip,pdhal uda di tingkat 6,tu knp ya bang??

    • jopir says:

      Sebelumnya waktu pakai handle standar gmn? mepet handgrip juga gak?
      kl nggak brrti tungkai yg buat nekan pompa minyak rem nya kurang panjang bro, jangan2 tu bukan buat vixi ya??
      Tau malah kampas rem depan udah mau abis bro.

  53. om jopir nanya dunk, ane kan abis ganti juga neh, tapi bukan ride it, t3s adjustable juga, kok jarak lepas koplingnya jadi rada jauhan ya? trs kalo misalnya abang2nya salah masang handle kira2 efeknya apaya? soalnya ane tadi abis ganti handle puteran ban jadi bueraaaat bgt eh gataunya bannya bocor, takutnya ada efek lainnya kalo masangnya salah, kyk artikel bro jopir yang tali kopling putus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s