[Review] Penggunaan Undertail di Yamaha V-Ixion

Posted: 18 May 2010 in About Vixion, Review Product
Tags: ,

Wah akhirnya bisa dirilis juga ni artikel, masalahnya di jabodetabek akhir2 ini tiba2 jadi musin hujan lagi, jadi untuk foto2 mesti nunggu motornya bersih dulu.

Ni artikel adalah lanjutan dari rangkaian 2 artikel  sebelumnya, yaitu review kondom swing arm+hugger dan review peninggi shock belakang.

Kenapa? Karena ni racun biasanya digunakan secara bersamaan, bisa dibilang dah sepaket. Nantinya juga ada 1 lagi sih, spakbor belakang custom, modelnya niru2 YZF R1 dan R6 tapi full plat, tanpa fiber. Artikelnya menyusul, mau dipasang dulu baru bisa direview.

Banyak yg diluar dugaan di pengaplikasian undertail ini, apa aja? monggo disimak gan.

Nah sebelum mulai, mungkin ada baiknya kl kita tongolin gambar mahluk nya.

Celakanya, karna permintaan yg cukup besar dan bikinnya relatif mudah, jadi banyak banget varian undertail yg beredar di pasaran.

Secara garis besar sama, tapi perbedaan biasanya terletak di :

1. Pemilihan stop lamp [ori astrea impresa/variasi] dan lampu sen yang digunakan.

2. Ukuran lengkungan kolong ban, ada yg bikin ukurannya lebar seperti gambar diatas, ada juga yg sempit utk ukuran ban standar.

3. Sisi pinggir ada yg udah dipotong sesuai lekuk body vixion dan ada jg yg masih rata, otomatis harus ukur dan potong2 sendiri.

.

Pemasangan :

Kebetulan yg gw beli pinggirannya masih rata, alhasil harus kerja keras ukur dan potong2 pinggirannya, jelas bukan hal yg mudah untuk dilakukan sendiri dgn alat se-alakadarnya. Mau gak mau harus ke bengkel dan memakan waktu hampir 3 jam.

Urutan pengerjaan adalah :

1. Buka jok, lepas handel jok, rumah kunci jok, lampu belakang dan seluruh baut yg mengikat spakbor lama dengan body belakang vixy.

2. Lepas seluruh jeroan yg nempel di spakbor. Yang perlu diperhatikan adalah Lean Sensor.

di undertail kan gak ada breket buat nangkringin si sensor, jadi kl bisa diiket ke rangka aja, asal posisinya tetap sesuai petunjuk “Up” (horizontal), karena kl kebolak balik, mesin gak mau nyala.

3. Lepas spakbor standar, awas jgn sampai ada yg patah, lalu pasang si undertail. Kl perlu ada yg dipotong dll, pastikan ukur dg teliti, terutama untuk lubang baut.

4. Sambungkan kabel lampu rem dan sen.

Pada lampu standar, lampu rem punya 2 fungsi, yaitu untuk lampu rem dan lampu senja, tapi di undertail, bohlam yg digunakan adalah bohlam sen, jadi harus pilih salah satu, hanya untuk lampu rem atau hanya untuk lampu senja aja.

.

Hasil :

Pemasangan sebaiknya presisi dan jeroan diikat secara sempurna, agar gak ada bunyi2an aneh karena si undertail kepentok ini itu akibat getaran mesin atau jalanan bumpy.

Hasilnya kira2 sbb :

Tampak dari atas, cuma aki yg ada rumahnya, sisanya ikat di rangka.

.

Kunci jok dilepas, sisakan kabelnya aja yg dijepit disini. Mau buka? tinggal tarik bandulnya.

Rumah kunci bisa aja tetap digunakan, tinggal pindahkan ke tempat baru sesuai selera, resikonya? bolongin body sesuai ukuran si rumah kunci.

.

Plus Minus :

+ Body jadi berkesan nungging, pas bila disertai penggunaan fairing, cakram belakang, footstep underbone, knalpot custom, kondom arm+hugger dan spakbor custom mungil.

+ Shock jadi keliatan, terkesan motor sport tulen, pas bila udah pake shock YSS atau tetap pakai ori tapi keongnya udah dilabur stiker merah.

– Tanpa spakbor yg memadai, kondisi jalan basah, air bisa muncrat sampe ke jok boncengers.

– Kadang2 polisi sk iseng, udah dipakein spakbor custom, nopol dan lampu semua jalan, tapi tetep aja dibikin kasus. Tapi tenang, berhubung gak keliatan dari depan, so dijalan aman2 aja selagi gak ada razia.

– Biasanya bohlam sen yg digunakan watt nya lebih rendah, jadi kedipan lampu sen lebih lambat dari aslinya. Bisa gunakan flasher aftermarket, atau gunakan bohlam standar.


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. v-ultimateride says:

    yang penting pertamax

  2. jopir says:

    ^ v-ultimateride :

  3. v-ultimateride says:

    @jopir
    belum iso gan…… btw apa id kaskusnya???

  4. jopir says:

    ^ v-ultimateride :
    Hehe.. sama.
    Gw masih newbie bgt

  5. Harvii says:

    kak,ada gak undertail yg bisa pke lampu belakang ori vixy..??
    kalo ada harganya brapaan tuh,??
    cara masangnya ada yg brubah gak dr undertail yg kkak pke..??
    d atas kan,lampunya kecil kalo ada razia dapet q kak..
    hehee..
    rencananya cuma mau ganti spakbor blakang ori vixy dgn spakbor custom..

  6. V-Action says:

    om Jopir, lebih mantep lagi kalo mongtonya di kasih beginian nih..

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3758386

    bukan promosi ya, itu juga bukan punya saya atau tmen saya…
    single sitter pnp tuh…🙂 cuma ngasih saran aja sih.. kayaknya kalo di tangkringin ke motor bang jopir jadinya mantap jaya tuh…

  7. jopir says:

    ^ Harvii :
    Ada, ini contohnya [Gambar klik disini]. Kreasi Vixion Shop, coba aja contact disini.

    ^ V-Action :
    Nice inpoh bro..😀

  8. Harvii says:

    okeh,nice info kak..🙂

  9. Koe says:

    bro,

    Spakbor belakang customnya belum dipasang? hehehe..belinya dimana, brp bro?

    thx

  10. dejer says:

    mas, oot dikit bole, kalo urusan keamanan gmn donk, kok ga dibahas, pasang alat pengaman sensor sentuh gitu misalnya, ada efek ke mesin ga ya????

  11. tadey says:

    alow brow sori ne keluar dari topik,mo nanya gw biz pasang pelek tapak lebar pasang sendiri,front 2.50-ban belakang pindah kedepan 90/90,rear 350-110/80-pirelli,pemasangan pelek beserta ban belakang ga ad kendala merambah kedepan kendala pertama copot piringan untuk pindah kepelek aftermarket baut’y macet satu ampe rusak akhir’y di bw kebengkel kelar pulang pasang piringan bsrta ban dr ban standar belakang td kepelek artermarket lalu pasang ke vixi selesai coba eh kok seret alis gak lancar selidik punya selidik trnyata spakbor sebelah kiri di belakang skok nyangkut langsung ta otak atik dah ga nyangkut di liat2 lg trnyata jarak baut yg sebelah kiri ama kanan beda lebih mepet yg sebelah kiri,yg saya tanyakan apakah emang gt klw pake velg lebar atw memang velg’y yg gak center?gw pake velg merk V-rossi..sori brow kepanjangan berbagi cerita aj..

  12. jopir says:

    ^ Koe :
    Udah dipasang bro, cuma lum foto2 aja jadi artikelnya lum tayang🙂
    Ditebus 120rb di otista

    ^ dejer :
    Trims, masukan yg bagus bro, sejauh ini soal keamanan mmg cuma penggunaan gembok di standar tengah, masih manual, karena lagi2 takut ganggu kelistrikan vixy yg pas pasan. Kedepan akan gw usahakan bro.

    ^ tadey :
    Wuih, pirelli nya mantab jaya tuh bro.
    Btw baut yg dimaksud yg di spakbor depan ya? Kl itu yg dimaksud emng bener bro, ban emng gak persis di tengah2 spakbor, tapi agak mepet ke kiri, dgn ban ukuran standar juga kelihatan jelas. Soal alasannya belum pernah ada yang bahas, sama seperti ban belakang yg agak mepet ke kanan. Tapi logika gw sih, kl ban depan gara2 ada cakram di kanan dan kl ban belakang karena ada gear dan rantai yg mau lewat dipinggir ban (paling jelas terlihat di arm aprilia).

  13. Anonymous says:

    yoi brow tu ban enak banget di kombinasi ma velg v-rossi enteng kaya nggak ganti velg,gw jg py pkiran gt se tp tu palang pd velg klw agak lebih geser kekanan jg ga kena piringan coz piringan cakram yamaha kan rata ampe ke as ga ky model dl ky gl pro yg melngkung di tngah,y cm dr pihak pembuat velg sono mungkin py pkran laen klw untk ban blkng di liat dr blkng ma spakbor kyk’y se center cm di arm aj beda,oya brow but artikel tntang spabor depan brow coz gw beli nganggur di rumah tuh gara2 tu spakbor natap ke besi tempat kuncian selang cakram di segitiga bawah ngakalinya sulit musti geser du2kan itu trus yg kiri natap kabel spido emang se sisa shock gw pas2an coz gw pake stang jepit,spakbor gw replika ninin 250 yg samping2y nongol..zowes brow matur tengkyu inpone..

  14. tadey says:

    ampe luping kasih nama

  15. joki says:

    brow katanya mau revoew tentang spakbor belakang buat vixion, yang kaya ninja itu?

  16. tadey says:

    yoi setuju brow joki sekalian itu..

  17. jopir says:

    ^ tadey :
    Hehe.. brrti gw mesti beli spakbor nya dulu dunk, kan kl mau review mesti punya barangnya.😀

    ^ joki :
    Baiklah kl beg beg, spakbor nya udah gw pasang, kmrn juga dah dibawa touring 520km, jd dah pas kl dibikin reviewnya, ditunggu aja bro..

  18. Lukman says:

    Bro, gue juga udah ga sabar pengen liat review Spakbor belakang vixion…. Ayo bro kupas abiss !!!!!!

  19. Lukman says:

    Trus jangan lupa beli di man harga berapa?? Tenkiu

  20. Ale says:

    Bro,gmana neh siasati agar tarikan vixi ringan,soalnya gua habis ganti ban belakang 130/17 depan 110/17.pake velg v-rossi yang lebar belakang 350/17 depan 250/17,rasanya bueratt banget..minta ampun.tolong banget bro.takut gear aus

  21. tadey says:

    hehe kan sekalian modip brow ma’af ne ye kekurangan motor boz kan tinggal spakbor depan doank wkwkwkwkwk…

  22. Ale says:

    jadi solisinya gmana ya bro ? ada masukan gak buat gua

  23. Repins says:

    gw abis pasang undertail ky gitu jg bro. jdnya sen gk kedip2. ktnya suruh pasang relay. mohon petunjuknya bro😀

    dan kynya gw kudu pasang spakbor kolong jg, soalnya klo ujan bikin kotor shock & skitar aki nya -_-

  24. nanx says:

    adik asuh udah pada resah nih

  25. jopir says:

    ^ Lukman :
    Foto2 udah siap, sore ini udah mau ditulis.

    ^ Ale :
    Mungkin bro bisa coba cara ini.

    ^ tadey :
    Yodah punya bro Ale gw pinjem dulu deh buat review, wkwk
    ….

    ^ Repins :
    Bukan relay bro, tapi ganti flasher, murah kq belasan ribu saja. Hal ini dikarenakan watt lampu sen yg ada di undertail lebih kecil dari watt lampu sen ori, jadi si sen gak ngedip atau ngedip tapi lambat.

    Versi pahe nya sih pasang aja lampu sen ori di rumah lampu sen undertailnya, beres deh. Selain nyala lebih terang, juga gak perlu beli apa2.

    ^ nanx :

  26. Ale says:

    makasih bro sarannya,buat gw kagak penting tuh top speed,coz gw bukan pembalap,tar malah nabrak.yang penting tuh motor,tarikannya ringan..

  27. Ale says:

    sekarang mau tanya lagi neh,gua mau tanya harga kondom shock depan,alis garpunya alias batangannya entah apa namanyalah,brapa yah harganya ???

  28. jopir says:

    ^ Ale :
    Oke bro, silahkan dipraktekkan, gw juga masih pakke 14:44 sampe skg.

    Kl kondonm front fork gak ada jual di pasaran, harus ke tukang besi atau modifikator untuk dikondom pake pipa besi, dibikin agak gede aja atau sekalian dibikin kayak upside down. Harga nya nego tentunya.

  29. Repins says:

    Bro, maap lupa bilang lampu sen yg depan ikut gk kedip jg -_-

  30. Ale says:

    Mau tanya lagi neh bro,vixi gw kok stang depan kaku gt,rada miring kekanan,kayak berat kekiri gt.gak nyaman bgt,itu setelah gw ganti ban 110,apa dipaksain yah mentang2 gak muat gt pk spakbor standart vixi.dan rem cakram depan dibalik gt masangnya,karena buka bautnya dilas gt,jadi agak gosong.

  31. jopir says:

    ^ Repins :
    Iya betul bro, karena sen depan dan belakang tergabung di satu aliran kabel yg sama, dan bermuara ke flasher sebelum ke aki. Solusinya juga tetap sama.

    ^ Ale :
    waduh, cakramnya dibalik gimana nih maksudnya? Jangan2 ban depan dan belakang udah gak center.

  32. Ale says:

    Gini bro,maksudnya cakram yang bagian luar yang gosong itu,di tukar dengan yang bagian dalam.rada aneh kan dengernya.katanya bautnya masih perawan gt,jd tidak bisa dibuka secara manual.

  33. jopir says:

    ^ Ale :
    Minta pic ya bro

  34. Ale says:

    duh gakngerti ni cara masukan gambarnya,gakda email.gn aja gw jelasin lagi.batangan stang yang didepan tangki itutuh.jaraknya antara kedua sayap atau kupingnya vixi itu,rada kekanan gt,seperti stang motor yagn jatuh miring kekanan.bengkok gt.

  35. martono says:

    bos mau tanya tuk arm nya merk`a ap bos masalahnya w pngen beli bos….?
    kl ada informasinya bos.?

  36. jopir says:

    ^ Ale :
    Waduh, jgn2 komstir nya tuh, saran gw sih mending bawa ke BeRes.

    ^ martono :
    Arm pake Ori, cuma dikondom+hugger bro. Silahkan baca reviewnya, udah tayang kq.

  37. dhika says:

    mantabb🙂

  38. dhika says:

    bang jopir.
    rencana saya mau pasang cakram belakang, yg bagus buat vixi apa yah ?
    hatur nuhun🙂.

  39. jopir says:

    ^ dhika :
    Thx bro.
    Soal cakram belakang, ada yg pake paket Satria 120R, ada juga yg pake SatriaFU, soal bagus atau nggak, tergantung pemasangan bro, krna kan bukan khusus buat vx, jadi kemahiran mekanik sgt diandalkan.

  40. Redha says:

    Bro jopir ane punya undertail yg sama seperti bro jopir.pertanyaanya undertail ane lampu rating kirinya mati,mohon pencerahanya:-)

  41. jopir says:

    ^ Redha :
    Rating? Flashernya atau apa nih bro? maaf kurang faham mksdnya.

    Kl misalkan yg mati flashernya, biasanya lampunya nyala tapi gak ngedip.

    Tp kl lampunya gak nyala sama sekali, coba ganti aja bohlam nya, kl misalkan sulit dicari, ganti aja ke bohlam sen standar plus fiting/rumahnya.
    Bohlam 1rb/bh fitting 7rb/bh

    Tp berhubung ruangnya sempit, usahakan bohlam gak nempel ke plastik rumahnya yg di undertail, krna panas bohlam bisa bikin plastik meleleh

  42. surya says:

    harga undertail-nya brap bro? kl ga pke peninggi shock, ga masalah kan? ane kepingin ganti ke undertail..trim.

  43. surya says:

    dg adanya pemasangan undertail tsb, kl dr artikel bang jopir, kan ga pke kunci lagi..
    naaahh, pertanyaan saya, dari segi keamanan gmn?? takutnya pas di parkir di mall, trus parts yg didalam jok ilang kabeh trus piyeee…???? ^_^ da solusi?

  44. jopir says:

    ^ surya :
    Ini ane tebus 120rb bro, tanpa peninggi shock jg gak masalah kok, nungging nya tetep oke.

    Hehe.. iya sih, kl yg nyolong mekanik, pasti abis tuh, lumayan mahal2 juga solanya.
    Gini aja bro, undertail masih bisa pake kunci kok, ntar rumah kuncinya nya dipindah, dibikin bolong dimana gt sesuai selera, jadi kunci mengunci tetap seperti biasanya.

  45. surya says:

    kl rumah kunci di taruh di spakbor belakang yg kaya R1 tu7, bisa ga ya?

    Btw, kenapa bang ga pke stang jepit? mohon pencerahannya, milih stang jepit yg baik tu gmn? pa ja yg hrs di perhatikan?

    kok ga bahas knalpot?

    maap, banyak tanya..trims.

  46. jopir says:

    ^ surya :
    Bisa aja, ntar dibolong ulang aja spakbornya sesuai ukuran rumah kunci, tapi rawan macet ntar, krna cipratan dari ban bakal neplok ke rumah kunci, enaknya sih tetep ditempel ke undertail aja, jadi rumah kunci tetep aman krna ada didalem/dibawah jok.

    Kl stang jepit, kl gw lebih suka satu set full sama segitiga yg baru, tapi resikonya harus pakai stang yg bertingkat kayak satria F, dan gw kurang suka.

    yg gw suka model ninja 150RR, tapi resikonya stang jadi rendah bgt, posisi nunduk, bikin pegel jalan jauh dan radius putar dipersempit biar gak mentok tangki, ribet kl di kemacetan.
    Secara tampilan sh jadi oke, tapi pengorbanan jadi lebih besar. Untuk sementara belum berminat jadinya bro😀

    Soal knalpot, awal tahun 2010 gw beli CLD Triovale Silent, tapi samapi saat ini belum nemu settingan yg pas, jadi belum berani direview.

  47. surya says:

    sy uda beli undertail yg uda ada rumah kuncinya di daerah bratang surabaya. so uda nemuin solusinya bro…trims u pencerahannya..

    oia, sya jg beli spakbor belakang bukan persis kaya bang jopir, tapi keren siy, cuma kok kl di pake jalan kok spakbor ikut bergoyang ikutin getaran mesin ya,,,apa kl yg punya bang jopir juga bergoyang meski dari full besi??

  48. jopir says:

    ^ surya :
    spakbor yg bro beli bahannya plastik ya? kemungkinan besar geol2nya krna material bahan dan modelnya yg gak kokoh.

    Kl yg gw pake full besi, goyang ya biasa aja, kayak goyangnya spakbor standar.

  49. Anonymous says:

    maksih brow,,,,tas info ya…

  50. Anonymous says:

    plat nomor taro dmn bro?

    • jopir says:

      pas dsni plat nomor gak dipasang bro, akhirnya gw pake spakbor belakang model R1, reviewnya juga udah ada dsni.

  51. KU2H says:

    Bro, Kalo mau pasang undertail.ny, masa pake kita yang harus gunting” karna itu cuma polosan ?
    trus juga kalo masang gtu d bengkel biasa aja bisa ga bro ?
    mohon tanggapan karna majikan baru vixion..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s