Kenali Kondisi Mesin Kendaraan dari Kondisi Fisik Busi

Posted: 9 December 2009 in About Vixion, Tips & Trick
Tags: ,

Busi bisa dibilang nyawa dari suatu mesin kendaraan bermotor. Ni “mahluk” fungsinya buat ngehasilin percikan api yang digunain mesin untuk ngebakar campuran bahan bakar dan udara di dalam dapur pacu. Kebayang kan?? berarti busi juga punya peranan penting.

Nah di artikel ini gw bakal nginformasiin satu lagi kegunaan mahluk bernama busi. Yaitu buat mengetahui gimana kondisi mesin kita, sehat wal afiat kah? ato mungkin ada settingan yg gak pas? Ato bahkan ni mesin diambang kehancuran.

Caranya adalah dengan melihat kondisi fisik elektroda dari busi yg kita pakai di mesin. Beda kondisi mesin, beda pula kondisi elektroda nya.

Berikut beberapa contoh kondisi fisik elektroda, penyebab dan cara penyelesaiannya.

1. Normal

Ciri :

– Elektroda berwarna putih atau coklat muda cerah.
– Mesin dapat digunakan dgn baik, dari start sampai dipake jalan gak ada masalah.

Artinya :

Ini dia kondisi yg kita idam2kan, mesin dalam keadaan baik jasmani dan rohani😀

.

2. Endapan Karbon.

Ciri :

– Terjadi endapan bubuk karbon kering berwarna hitam gelap di [hampir] seluruh bagian elektroda busi.
– Start mesin agak susah, lambat nyala.
– Pada kecepatan rendah, mesin sering brebet dan akselerasi terasa berat.

Penyebab :

– Ukuran panas busi gak sesuai kebutuhan mesin.
– Mesin sering “dipanasin” [idle] dalam jangka waktu yg lama.
– Campuran BBM kaya.
– Saringan udara dilepas, atau kondisi saringan udara udah gak mampu untuk nge-filter udara yg masuk.

Cara Memperbaiki :

– Gunakan busi yg ukuran panas nya sesuai anjuran mesin [normal].
– Jangan manasin mesin kelewat lama, idealnya 1-2 menit.
– Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
– Gunakan saringan udara yang baik.

.

3.  Endapan Oli.

Ciri :

– Terdapat oli basah atau bahan bakar di elektroda busi.
– Start mesin agak susah, lambat nyala.
– Pada kecepatan rendah, mesin sering brebet dan akselerasi terasa berat.

Penyebab :

– Piston “bocor”
– Campuran BBM kaya.

Cara Memperbaiki :

– Saatnya overhaul / turun mesin.
– Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.

.

4. Overheating [Panas Berlebih].

Ciri :

– Insulator berwarna putih cerah
– Elektroda berwarna putih atau ungu gelap karna terbakar.
– Horse Power menurun.
– Kl dipake di kecepatan tinggi dalam waktu yg cukup lama, terjadi penurunan kecepatan yg drastis.

Penyebab :

– Ukuran panas busi tidak sesuai kebutuhan mesin.
– Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
– campuran BBM miskin.
– Proses pendinginan mesin kurang.

Cara Memperbaiki :

– Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
– Gunakan BBM yg nilai oktannya sesuai kompresi mesin.
– Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
– Perbaiki sitem pendinginan mesin.

.

5. Busi terbakar [Gosong].

Ciri :

– Elektroda dan Insulator meleleh.
– Mesin gak bisa hidup, kepala piston otomatis rusak.

Penyebab :

– Overheating yg terjadi dalam jangka waktu lama.
– Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
– campuran BBM miskin.
– Proses pendinginan mesin kurang.

Cara Memperbaiki :

– Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
– Gunakan BBM yg nilai oktannya sesuai kompresi mesin.
– Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
– Perbaiki sitem pendinginan mesin.

.

6. Insulator Hancur.

Ciri :

– Insulator terjadi retakan secara vertikal.
– Dalam kasus ekstrim, insulator terkelupas dari elektroda.
– Horse Power menurun.
– Kl dipake di kecepatan tinggi dalam waktu yg cukup lama, terjadi penurunan kecepatan yg drastis.

Penyebab :

– Ukuran panas busi tidak sesuai kebutuhan mesin.
– Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
– campuran BBM miskin.
– Proses pendinginan mesin kurang.

Cara Memperbaiki :

– Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
– Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
– Perbaiki sitem pendinginan mesin.

.
Nah, sekarang saatnya,
Cek busi di kendaraan anda, pastikan mesin dalam kondisi baik, kl nggak, ibarat bom waktu, tinggal tunggu kebinasaan kendaraan kesayangan anda.


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate and leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

Comments
  1. Anonymous says:

    Good INfo..

    Thank’s banget nih…

    http://dhawi1986.wordpress.com

  2. pondokskripsi says:

    kayak nya pernah baca deh, harap masukin sumber y

  3. jopir says:

    @ pondokskripsi :

    ups.. blog gw anti copas.

    silahkan posting dsini link artikel yg pernah anda baca tsb, harap sertakan barang bukti sebelum ngomong gan, biar gak asbun.

  4. octamax96 says:

    bro Jopir, ijin share artikelnya di blog ane ya..
    sumbernya tetep dicantumin..

  5. jopir says:

    @ octamax96 :

    silahkan bro.. asal sumber ttp dicantumin,
    Access granted

  6. Dinus says:

    Nanya nih, ukuran panas busi ketahuan dari mana? Apa kita harus bilang ama tukang businya,klo mw bli kita mw beli busi 100 derajat celcius?

    • jopir says:

      Taunya dari kode busi nya bro, busi panas yg lazim dipakai untuk vixin kodenya IU22, busi normal IU24, dan busi dingin IU27

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s