Review : Pemakaian Stang Kawasaki Ninja 150R di Yamaha V-Ixion

Posted: 14 September 2009 in About Vixion
Tags: , ,

yamahaYang bakal gw ulas kali ini adalah penggunaan stang original kawasaki ninja 150R yang model batang di vixion, ni stang kayaknya emang laris manis buat dijadiin barang substitusi karna bentuknya yang bikin hati kepincut. Modelnya landai, jadi bisa bikin kesan bagian depan motor jadi rendah dan berkesan sporty.

Nah gimana soal pemasangan? apa2 aja yang perlu disiapin? berapa budget yg harus keluar? gimana riding performance setelah pemasangan? monggo simak review berikut

Persiapan:

Yang harus disiapin disini yang pasti adalah stang nya, [nenek gw juga tau] haha..
dan juga bandul stabilizer stang [jalu] punyanya ninja. Kenapa? karena sistem pengikat bandul antara vixion dan ninja berbeda, jadi punyanya vixy gak bisa dipakein di stang ini.

Trus dalam memilih stang usahakan jangan ketipu sama yang imitasi, banyak banget stang kawak 150 imitasi bertebaran di muka bumi, dibanderol sekitar 40rb, stang imitasi ini ringan dan krom nya terlihat gak bagus, alias gampang karat. So modalin dikit buat yang original dg modal nyentuh angka ratusan ribu, yang penting bahan kuat dan krom kualitas wahid, dipake buat stoppie [angkat ban belakang] juga jadi gak was was.

Pemasangan:

1. Copot2in segala kabel mengabel, handle grip, jalu, dudukan spion dan penyangga stang biar stang yg lama bebas dilepas, mblasss..
stang ori vixi

2. Bor 2 buah lubang di bagian kanan n kiri stang utk dudukan baut. Posisinya, lihat panah warna biru di gambar diatas. Hati2 pas bikin lobang, kl salah ukur overall stang jadi keliatan panjang sebelah atau bisa juga posisi panel2 gak balance antara kanan n kiri.

3. Pastinya pasang stang baru plus panel kan-kiri dan atribut2 lain yang tadi dah dilepas. Jangan lupa jalunya ya..

Review:

Setelah pemasangan, begitu duduk pertama kali, plekK..!
stang berasa lebih rendah dan lebih lebar dari standard-nya, tapi perubahannya gak signifikan bgt kq. Berasa feel nya jadi beda, gw jamin setelah ganti stang ini pasti brother semua jadi demen riding vixy sambil senyum2 utk beberapa sampe saat sampe akhirnya terbiasa dan pemakaian kembali normal.

Berikut perbedaannya..

Tampak depan

atas1atas2

Tampak samping

samping1samping2

Tampak belakang

belakang1belakang2

Dari komen yg masuk ke blog ini, banyak yg khawatir stang mentok ke tangki bensin.

Emng bener sih, logikanya stang ini lebih rendah dari stang standar, kl kita pasangnya bener2 persis posisi kayak orisinil di ninja 150R, emng mentok tangki bro, jadi solusinya, sewaktu pasang diukur dulu, stang agak diputer kearah atas [diangkat], disesuaikan dengan tangki biar gak mentok.

Kira2 kayak gini posisinya kl pas noleh kiri-kanan

Kelebihannya adalah stang ini lebih lebar dan lebih rendah [dikit] dari ori nya vixy.

Bikin tampilan jadi sporty karna berasa nungging2 gt [nyatanya gak juga sih] πŸ™‚ , trus handling jadi lebih manteB karna stang agak lebar.

Tapi kekurangannya, kalo dibawa long trip, niscaya bakal ngerasain nyeuri..3x di pinggang dan pergelangan tangan.

Solusi, coba normalin riding position dengan penggunaan raiser stang yg byk dijual di pasaran, tapi jd gak keliatan nunduk lagi 😦

Dilema nih, tapi kl gw sih, rela sakit demi gaya, hiks..

Tips:

Oh ya, penggantian stang kayak gini bakal lebih afdol kl disertai dengan nurunin batang shock depan lho, bagian depan motor jadi terlihat lebih tebel.

(jOpiR)
www.kisanak-jopir.co.cc

-= Don’t forget to rate this article and leave a comment if you like my post, i’ll really appreciate it=-

Comments
  1. V-ultimateride says:

    Aq dah pasang hasilnya geter banget n kyknya gas dikit ja udh rpm tinggi(pdhl msh rpm rendah) getarnya kerasa bgt. Btw dmn bro jopir beli stabilizernya?

  2. jopir says:

    @ V-ultimateride:

    Stang nya ori? Bandul stabilizer [jalu]nya udah dipasang? baut pengikatnya kuat?
    harusnya sih problem stang getar cuma gara2 itu doang.

    Kl jalu sih gak ada patokan, prinsipnya makin berat makin bagus. Biar gak pusing beli aja di tempat sparepart kawak, pake yg asli biar paten.

  3. rdp says:

    ni jopir, eks member KEMUSI SeTAN 2004/2005 bukan…?? maap klo salah orang :Peace: πŸ˜€

  4. rdp says:

    bukan mangcek, πŸ˜€
    ni rekan sperjuangan eski di krawang, tebak be lah πŸ˜€

    keren euy vixionny..
    salam vixioner be cuy…hehehe

  5. jopir says:

    @ kiel :

    Wui ki, wkwkwk.. email kau mnipu, polagi nick nyo.
    haha..
    Payo ui ujinyo budak dsno sering touring bmotor, ajak2 yeh..
    Qadd di gmail biar gampang nghubunginyo.

  6. rdp says:

    bukan mangcek [lagi],
    ni kawan nyo eski…salah nebak lg…wkwkwkwk
    la lamo jg kami dak turing lg, tau nih..
    tp klo ado yg ngompor2i sih biasonyo galak..hehehe

    keep posting gan!! πŸ˜€

  7. Real says:

    Tanya bro.. maksud nya bandul stabilizer yang mana ya?
    gw udah beli stang Ninja R ni tinggal pasang aja, gw beli stang ori nya 50rb
    ada yang harus gw tambahin lagi ngga biar stang nya gak getar alias pas bgt di motor gw
    thx b’4

  8. rdp says:

    @Real..
    bandul stabilizer itu tuh yg ada di ujung stang/grip handle nya, bro liat aja di foto atas. Klo mo ganti/masang grip, kan bandulnya harus dibuka dulu..bandul emg bs mengurangi getaran CMIIW

  9. jopir says:

    @ rdp :

    wkwkwk.. sori mang, salah kiro πŸ˜€

    @ Real :

    Tul bro rdp, atau sering juga disebut jalu. Makin berat jalu makin baik buat ngeredam getaran.

  10. v-ultimateride says:

    @jopir
    review juga dong pemasangan visor kyk punyax bang ricky

  11. jopir says:

    @ v-ultimateride :

    [menatap curiga..]

  12. V-ultimateride says:

    @jopir
    What’s wrong with me?

  13. Kuro says:

    itu mentok tangki ga sih bos klo sudutnya sempurna?nurunin shocknya brapa cm?

    • jopir says:

      @ Kuro :

      wah kebetulan gw lum liat tuh posisi original pemasangan ni stang di ninja, tp kayaknya sih nggak sama, lebih rendah di ninja. Krna di ninja kan tangki lebih ramping n lebih di stel supaya badan nunduk, jd dipasang rendah pun ttp gak nyenggol tangki.

      Kl turunin shock, batesnya gampang, turunin aja sampe mentok stang, nah segitulah bates aman nya, sekitar 3cm.

  14. escaV says:

    bro kmren gw dpet stang ninja asli dealer cma 53rb bro+ pemasangan d bengkel 15 rbu.
    .kemahalan gag tu bro ??
    .soalnya gw msih newbie.

  15. jopir says:

    @ escaV :

    wah murah tuh bro.. πŸ˜€

  16. Kuro says:

    3 cm ya..lumayan juga tuh turunnya,,selang rem ada masalah ga bro?katanya punya vixi pendek, jd rada ketat waktu ganti stang?

  17. jopir says:

    @ Kuro :

    Oh ya sori lupa dimasukin di artikel, thx berkat ditanya jadi inget. Selang rem masih aman bro, bisa dibilang gak berubah, krna stang kan walopun agak lebar [harusnya bikin selang ketarik], tapi kan stang nya agak rendah dari standar.

    Jadi jgn khawatir, selang rem dan kopling masih normal πŸ™‚

  18. asurya says:

    bro jopir keren stang nya… btw klo bisa ditambahin foto pas dia posisi belok… jadi bisa tahu jarak sisa dgn tangki… thanks

  19. jopir says:

    @ asurya :

    thx bro, fotonya udah gw upload, monggo lihat lagi artikelnya. Thx sarannya bro πŸ˜€

  20. asurya says:

    wuitsss… nyaris bgt yak… hehe… itu plg jari telunjuk mepet bgt…btw thanks udah di update

  21. […] dari depan maupun samping. Mau lebih terlihat lebih? silahkan ganti stang ori vixy ke stang ninja [review nya klik disini] atau stang jepit. Artikel Oleh […]

  22. the masz says:

    bos blom ad artikel buat penggunaan stng jepit?

  23. jopir says:

    @ the masz :

    hehe.. biasanya gw bikin artikel tuh berupa review, jadi gw harus coba sendiri br bisa gw bikin artikelnya, brhubung udah enak pake stang ninja jadi gak kepikiran buat pk stang jepit bro πŸ˜€

  24. the masz says:

    ga ad plan make stang jepit bos?, kan lebih keren. Bos kalo ad informasi stang jepit buat vixy, komenin bos.

  25. dwiajioke says:

    ane dulu juga gitu bro…pegel…tapi setelah ganti footstep racing jadi ilang tuh pegelna…:D
    try it…it’s worked…

  26. Nucleus says:

    HELP bro , ane baru pasang stang ninja 150 R ORI
    ane paang di beres , setelah selesai pasang , kopling’nya jadi Berat banget , beda jauh ama sebelumnya ..
    Kata mekaniknya karena stang ninja lebih pendek , apa benar itu Bro ??
    Mohon bantuanya Bro ..

  27. jopir says:

    @ Nucleus :

    Coba cek selang kabel koplingnya bro, bisa aja kejepit atau ketekuk jd jalannya kawat di dalam selang jadi gak lancar. Dibenahin aja posisinya..

  28. Nucleus says:

    udah bener Gan , thx , he he he

  29. Nucleus says:

    Bro , cari jalunya Stang ninja susah banget yha ..
    tapi meskipun tanpa jalu , stang ninja d vixi ane kagak getar , sama persis kayak stang ori .

  30. jopir says:

    @ Nucleus :

    Susah ya, beliin yg variasi juga ssh dicari gt??
    Mgkn pke asal aja bro, lupain fungsinya, anggep aja sbgi pemanis, kl stang ori kan dah berat tuh jadinya getarnya juga udah keredam, jalunya jadi hiasan aja πŸ˜€

  31. asig says:

    habis berapa itu om semuanya?

    kalo shock diturunin tanpa ganti stang alias masih stang std kelihatan aneh gak ya?

  32. jopir says:

    ^ asig :
    Stang ma jalu ori total masih kisaran 100ribuan.
    Kl soal turunin stang, mnrt gw oke2 aja kq, tujuan bikin body padet di bagian depan masih bisa terwujud wlpun msh dgn stang standar.

  33. Abah says:

    mau tanya ne bos,gw biz ganti ban yang depan 110,setelah beberapa hari saya pake tuh vixi,napa stangnya bengkok kekanan,rada berat kekiri gitu,kaku jadinya,kenapa ya boz ? makasih

  34. Anonymous says:

    bs liat foto stang dr atas g??mw liat posisi stangnya..soalnya aw dah lm ganti stang ninja,,posisi lengan g enak..dipake cepet pegel..kt temenq stangnya perlu dilurusin..bener g bos??soalnya stang punyaq agak nekuk ke dalem

  35. lich king says:

    Ganti stang ini jadi buat vixion tampak lebih OK, tambah peninggi stang yang mundur kebelakang untuk mengembalikan kenyamanan posisi berkendara.

    ga terlalu merusak penampilan kok, kecuali peninggi yang model vertikal keatas.

  36. silumanular says:

    bro jopir,
    ane mo nanya knapa ga make stang jepit trs gmn pndapat ente soal vixi pake stang jepit

  37. jopir says:

    ^ Abah :
    bengkok ke kanan? atau berat ke kanan?
    mgkn gara2 tekanan ban terlalu tinggi, biasanya kl baru ganti ban, apalagi tubeless, ban diisi angin lebih banyak dari normal, jadi ban susah napak lurus, bawaannya rebah kanan atau kiri trs.

    ^ Anonymous :
    Kl ane, patokannya ngikutin tangki aja bro, belokin stang ke kanan/kiri, cari posisi sedekat mungkin dengan tangki tapi gak mentok.

    ^ lich king :
    Nice share bro..

    ^ silumanular :
    Stang jepit..
    1. kl gak ganti segitiga atas rasanya gak enak dilihat, ada penopang stang batangannya.
    2. kl jepit model lurus, enak dilihat sh, tapi gak enak buat dipake, posisi duduk bikin sakit pinggang.
    3. kl jepitnya pake yg bengkok (model ninja250,dll) riding pisition masih enaklah, cuma belum nemu yg ukurannya pas aja.
    4. Suka mentok tangki, biasanya solusinya memperkecil radius putar stang, jadinya ribet kl lagi macet.

    Overall gw suka sh, cuma terlalu byk yg harus dikorbanin [dana n kenyamanan] jadinya pk batangan dulu aja.

  38. insideme says:

    bro jopir, beli jalunya dimana yaa ?? saya tinggal di daerah palembang juga, saya keliling2 ga ketemu”
    mohon bantuannya,,,
    soalnya kalo ga pake jalu getarnya berasa banget

    thanks before

  39. jopir says:

    ^ insideme :
    Kl yg gw pake jalu variasi, gak terlalu berat2 bgt. Kl mau enak pake ori kawasaki, beli di dealernya kawasaki, denger2 sih harga jalu sepasang lebih mahal dari stangnya.

    Btw balek mano lur? πŸ˜€

  40. galank says:

    bro…

    penyangga stirx g di ganti???

    gw pux wkt di pasang kata montirx harus di ganti klo g batang shockx g bs di turunin…

    tp u pux koq bs???

    mohon pencerahanx…

  41. jopir says:

    ^ galank :
    Penyangga stir tu yg mana bro? masih rada bingung sama istilahnya. Yang jelas sih waktu pemasangan stang ini gak ada part yg harus diganti selain jalu.

    Mungkin silahkan baca dulu artikel ini bro [klik disini]

  42. galank says:

    raizer bro…

    zory..

  43. jopir says:

    ^ galank :
    Oo raiser.
    Gpp bro, tanpa raiser masih bisa turun kok, tapi sebatas sampe mentok ke stang aja, gak terlalu banyak.

    Tapi justru segini jarak amannya, kl diturunin lebih lagi, resiko radiator mentok ke spakbor depan.

  44. galank says:

    wkt itu beli stangx brp bro???

    di daerah gw di kupang g ada yg aslix…

    ada yg abal2…

    hargax 40rb….

  45. galank says:

    oh iy bro…

    klo bs biqn threat yg ngebahas ttg oli bwt si vixi dg bro…

    soale lg bingung milih oli neey???

  46. jopir says:

    ^ galank :
    Stang beli dari temen, ori, dia bilang sih beli cuma 40rb [belum cek juga sih ke dealer kawasaki]

    Coba samperin dealer kawasaki aja bro, ntar kabar2in harganya dsni ya.. πŸ˜€

    Kl bisa jgn yg abal2, krna yg abal2 biasanya terlalu ringan, malah getarnya bikin tangan pegel n mati rasa.

    Soal oli, udah byk yg request, tp maaf sampai saat ini belum sempet cobain ini itu, masih setia pake yamalube. Next time ya bro..
    Thx sarannya.

  47. galank says:

    di kupang g ada dealer kawasaki bro…

    makax g bs bli yg asli bro..

    hehehehehe

    sma2 bro…

  48. vse7en says:

    bro turunin shock depan tambah oli g?

  49. jopir says:

    ^ vse7en :
    Nggak perlu bro, biar kerjanya tetap sesuai standar, krna kita dsni cuma memperpendek bidang gerak nya aja, tapi gak sampai mengganggu kerjanya sendiri, udah gw tes stoppie, seal karet tetep aman, gak kepentok segitiga bawah.

  50. insideme says:

    nyarinyo dimano lur? aku nyari dak ketemu2

    aku balek ke km8 aku πŸ˜€

  51. jopir says:

    ^ insideme :
    duh kl daerah sano dak tau bro, jarang maen ksano, paling mun dulu aq nyari2 di Toko Teman Baru di simpang IP.

  52. insideme says:

    ohh iyolah gek aku cari lagi.
    thanks yo πŸ™‚

  53. Oky ALFA96 says:

    Minggu lalu habis pasang Stang Ninja R 55rb dealer resmi.
    Tapi kok perasaan stangnya lebih panjang kiri ya, sekitar 1cm. (Aye liat ukur+liat dr sisi2 ke lekukan)
    1. Apa bener emang bawaanya gitu?
    2. Kalo punya Brow Jopir gmana ne?
    Maturnuwun, Mas Brow.

  54. Oky ALFA96 says:

    Gambar diatas tak coba ukur kanan kiri…
    Tp kok kayak.na punya MasBrow yg lbh panjang, malah yg kanan tuh…
    Mohon koreksinya.

  55. jopir says:

    ^ Oky ALFA96 :
    Waduh ampe detil gt perhatiinnya bro, kl persisnya saya belum ukur bro, krna waktu pasang gak sempet ukur2 dulu,

    tapi kl hasil jadi sh rasa2nya sama2 aja, pun kl beda, ini bisa jadi gr2 pemasangan, kan gak ada patokan pasti.

  56. giez says:

    klo daerah cikrang tempt pmsangannya dmn bro
    y tmpt buat beli bhannya

  57. Anonymous says:

    Kemaren baru aja pasang stang Ninja ini di vixion g, lebih enk bro, lbh rendah
    Cuman apa karena posisi stangnya agak diangkat, jd grip nya agak aneh y
    kalau kita aplikasikan sesuai posisi di ninja bisa ga y? jadi lebih nunduk

    • jopir says:

      Betul bro, posisinya gak bisa persis kayak di ninja alias agak naik, kl gw bilang sh jd kayak tanduk, alasannya karna mentok di tangki kl dibikin rendah kayak ninja.

      Bisa aja kl kita mau bikin persis kayak ninja, caranya dibikin stopan baru di komstir, ditambahin daging ke tukang las, jadi kl belok gak terlalu patah dan stang gak mentok ke tangki.

  58. Anonymous says:

    kmrn dah pasang stang ninja R,tp hasilnya jd aneh gt gasnya kyknya gas dikit ja udh rpm udh tinggi, n bergetar bgt,itu kenapa ya?rpm tuh kayak mentok di 4 sd 5rb.napas nya jd pendek pendek
    padahal klo pake stang ori nya ya normal normal aja gasnya. .

    • jopir says:

      wah rada aneh nh kl ngaruh ke tenaga.
      alasan yg logis mungkin gara2 kabel kopling dan kabel gas terlalu ketekuk dan pergerakannya gak lancar. mgkn bisa dicek lagi bro.

  59. Kaikai says:

    kalo gapake stabilizer ga apa2??
    Sya pake stang jepit custom yg aga tinggi soalnya. pake stang jepit biasa mah pegel2.ckckck

    • jopir says:

      stabilizer? raiser mungkin ya??
      kl bro udah pake stang jepit yg agak tinggi, kira2 kl udah dturunin gini tingginya jd sama kyk stang jepit biasa yg lurus.

  60. kemungkinannya tarikan gasberat karna ganti stang ninja Rmungkin karna jalur kabel gas dan jalur kabel kopling aja yah?ga mungkin yg lain ya ?

    • jopir says:

      maksudnya berat tu bukan mesinnya ngeden kan, tapi gasnya susah diputer kan bro?
      kl menurut gw gara2 kabelnya ketekuk bro, coba dicek lagi aja.
      Kl kemungkinan lain kayaknya gak ada, krna ganti stang gak ada yg ngaruh ke setting mesin.
      Gt kira2 bro, moga bisa membantu.

  61. rahman says:

    Bro.. gw pke stng ninja tapi bukan yg ori, ko kenapa meni asa pegel baget ke pinggang ap beda lengkungannya dengan ori? atw ad cara pemasngan posisinya? minta bantuanya bro mksh

    • jopir says:

      kl pegel ke pinggang berarti gara2 posisi duduk yg berubah bro,
      mmg yg gw rasain juga gt, dengan stang ini posisi duduk lebih nunduk ketimbang stang asli vixy, mgkn krna tangan gw cukup panjang jadi gak terlalu berasa, tp dari penuturan temen yg pernah pinjem sh rata2 bilang gt.

      menurut gw hal ini bakal sedikit terbantu kl kita gunain footstep racing.
      logikanya nanti posisi kaki lebih tinggi dan geser kebelakang, jadi posisi nunduk bener2 ‘pewe’ kayak nunggang motor balap. Pegel akan hilang dari pinggang tapi pindah ke bahu πŸ˜€

      kl yg aman sih bisa gunain raiser miring biar posisi duduk tetap kayak sediakala.
      mgkn gt kira2 bro

  62. edwin says:

    Numpang tambah nih bro jopir. Hehehe
    Untuk yg make stang ninja tp ngerasa aneh karena stangnya ninggi keatas (dengan alasan agar ga mentok ke tangki), bisa dipakein raiser bro! Eh tapi tunggu dulu, eksperimen gue disini… Raiser nya dibikin terbalik (terbalik arah depan belakangnya loh ya, bukan terbalik atas bawah). Maksudnya, yg seharusnya posisi stang jadi mundur mendekat ke tangki, ini karena dibikin terbalik, jadi menjauh ke arah batok. So hasilnya, stang bisa dibuat lebih ngerunduk. Harga raiser sekitar 50-100rb tergantung merk dan kualitas. Yg gue pake sih yg 50ribuan. Hehe

  63. ducati_monster says:

    thanks ya mas bro info nya,,

  64. arycp says:

    gan nanya dunk itu stang ninjanya ada baut didalam stangya ga??yang buat masukin Bandul stabilizernya itu ada bautnya ga??kaya stang satndar vixionkan ada tuh distangnya ada buatnya,,ane mw beli nih gan tp ane tanya dlw kira” ada ga yahh,,soalnya ane skrng pake stang byson ga ada baut untuk bandul stabilizernya jd bergetar deh klo di rpm atas

  65. Anonymous says:

    ada cmnitas vixy enggk brother…

  66. Rasanya pake stang ninin emang cucok πŸ˜€ looknya juga kelihatan lebih keren (y) tp masalahnya kabel gas ane kena tanki, jadi kalo belok kanan gk bisa mentok. 😦 tp skrg sudah ketemu solusinya πŸ˜€ Nice share gan !

  67. didik says:

    kl dpasangin buat megapro gmn….?

  68. Anonymous says:

    kalo di NVL gimana yah bro bisa ga di pasang di NVL? soalnya stang ane pengok gara2 jatoh…

  69. Jito says:

    Salam kenal Bro, saya mau tanya, kalau stang standar NVL dipasang di old Vixion pas nggak/
    ? kelihatannya stang standar NVL lebih rendah tuh tapi lebih tinggi dari stang Ninja..

    • jopir says:

      beda ya? gw kurang bgtu perhatiin bedanya, sepintas sama2 aja.
      Kl bisa sih pasti bisa, tp kl soal bagus nggak nya, balik lagi ke selera dan aliran modif yg udah dilakuin.

  70. reyhan says:

    Brow low ban tubeless dipakek di velg jari” bisa gk

Leave a reply to Anonymous Cancel reply