Review : Spion Twenty20 di Yamaha V-Ixion | Outlaw Miller | Koso Wannabe

Posted: 31 August 2009 in About Vixion, Review Product
Tags: , , ,

twenty_logoSpion emang piranti yang aneh, sifatnya kondisional, kadang diperluin, kadang bikin males.

Kapan diperluin? so pasti kl pas ada polisi, haha.. Bikin malesnya, pas liat tampilan motor akibat ulah si spion ini.

Hampir semua pabrikan motor kompak bikin spion yg modelnya kayak kuping gajah [emg mirip y??], cuma Honda aja yang ‘tergerak’ bikin yg agak manis dikit bentuknya, tp tetep2 aneh juga kl kata gw sh.

Karna ini piranti wajib, jadi solusi yg tepat adalah ganti dgn spion aftermarket yg bentuknya gak malu2in. Makanya disini gw pilih Spion merk Twenty20. Kenapa?

spion_twenty_1

Gw tertarik dengan ni spion karna bentuknya yang lucu, desain gagangnya berkesan sporty kayak spion2 motor2 berfairing, trus bentuk kacanya segilima, menghilangkan kesan kl semua spion harus bulet. Dan di kacanya juga tercetak merk ni spion, jadi berasanya kayak mobil mewah yg hobi bgt bikin grafir nopol di kaca spionnya🙂

Spion ini cocok untuk semua merk motor, karena di paket penjualan disertakan 3 pasang baut berbeda ukuran, so gak bakal ada masalah buat pemasangan.

Setelah ditemplokin di vixy :

Bentuk spionnya yang runcing2 gitu nyatu banget ma karakter vixion yg garis bodynya tegas, dengan sudut2 yg sporty.

Walaupun ukuran kacanya bisa dibilang kecil, ni spion tetep bisa mengakomodasi kebutuhan kita tuk liat objek di belakang, jadi ni spion bukan cuma buat gaya2an, tapi juga berfungsi sebagaimana mestinya.

Dibawa jalan dengan kecepatan > 80 kph juga ni spion gak gemeteran, jadi tetap bisa mantulin objek dengan jelas.

Kesimpulan

Jadi setelah beberapa bulan gw pake ni spion, bisa gw simpulin kelebihan spion ini :

+ Desain sporty.

+ Merk tercetak di kaca spion bikin kesan mewah.

+ Spion berfungsi optimal, bukan cuma gaya2an.

Kelemahan :

– Harga agak tinggi.

So buat yang tertarik, buat patokan harga, spion ini gw tebus Rp 100rb di Toko MotoChief, Jl Kebon Jeruk III – Jakarta Utara [Harga Juni 2009].

(jOpiR)

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Don’t forget to leave a comment if you like my post =-

Comments
  1. corleone says:

    sip…sip mantab la ya..
    tapi harganya kurang mantab tu bwt kantong anak kuliahan..thx bro

  2. andi says:

    kalau mau yang lebih bagus cari merk koso

  3. jopir says:

    @ andi :

    hehe.. lebih bagus sih, tapi koso kemahalan kl cm utk sekedar spion🙂

    Info buat temen2 lain :

    Koso dan Twenty20 bentuknya sama persis, perbedaan nya [sesuai harga] material di koso lebih halus. Sepintas? Sama🙂

  4. Tyo says:

    Kren mas….
    jadi pngen spion vixi gw digituin…
    hhe….
    itu kacanya pake kaca cembung or datar ya ??

    • jopir says:

      @ Tyo :

      Kacanya datar bro.. Emng jadinya gak seleluasa ngeliat kl kacanya cembung sh, tapi gw rasa cukup kq tuk identifikasi jenis mobil ato motor yg ada di belakang, cukup mumpuni.

  5. Tyo says:

    wew…
    mantab bro….
    tapi tadi sempat salah bli…
    jadinya spion yang kanan gak bisa masuk….
    hehehe

  6. blackvixion says:

    Hehehe..
    gw prefer pake Kosso bro..
    Jaminan mutu..

    tks 4 sharing..

  7. jopir says:

    @ Tyo : waduh, salah baut ato jgn2 emng spionnya kiri semua bro, wkwkwk.. sukur deh kl dah beres😀

    @ blackvixion : yup, sama2 bro😀

  8. Ben says:

    dear bro…
    mau nanya untuk spion Twenty20 itu cuma ada di Kebun Jeruk III, di toko2 accesoris laen nda ada jual kah? trus klo untuk puteran baut bisa masuk ke yamaha? kan suka beda tuch baut yamaha, honda, suzuki?
    mohon bantuan nya… thx bro

  9. jopir says:

    @ Ben :

    gak kq, di toko variasi lain juga ada, cuma harga [mungkin] lebih bersaing kl di bonjerIII.

    Untuk baut dy nyediain buat semua motor kq, dikasih baut 3pasang dari pabrikannya, gw jg pas pasang ttp pake baut bawaan dari dia.

  10. owi says:

    halo bro

    9w pake spion twenty kok geter ya?

    9w bli harga 70rb di otista

    kaca warna biru

    9w cuma tanya kenapa geter ya

    padahal cuma 9w bawa 40km

    9w dapet kunci L gede sama yang kecil trus sama alat yang bentuk kunci pas tapi bukan kunci pas

    itu gimana caranya?

    URGENT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. jopir says:

    @ owi :

    ada 4 faktor yg nyebabin kaca spion gemeteran
    1. Engsel putar di kaca kendor
    2. Engsel di tangkai spion juga kendor
    3. Stang nya gemeteran
    4. Spionnya ketakutan, wkwk😀

    coba aja cek keempat penyebab diatas.
    kl ngencengin yg no.1 pake kunci yg kayak kunci pas yg bawaan dari paket pembelian, puter aja searah jarum jam.

  12. bass says:

    Sama bro… udah ku kencengin semua jg masih gemeteran. ku pikir motorku yg gemeter, kuganti yang lain stabil. Knapa ya?? udah terlanjur mahal nich. Tku

  13. Rey says:

    Aku beli yang kaya punya kamu Bang Jopir, persis sama bentuknya, cuma mereknya TNT bukan Twenty, harganya 90 ribu di Toko Mojopahit, Banjarbaru, Kalimantan Selatan
    hehehe, sekarang lagi berpikir buat modif kaki – kaki, setang dan juga gear sesuai saran sampeyan kalo saya mesti ganti velg n ban
    thanks

  14. jopir says:

    @ bass :

    waduh baut2 dah kenceng tp kq masih gemeteran ya?? jgn2…. ceritanya gini, temen gw maren beli Koso seharga 90rb, teliti punya teliti kualitas bahannya beda, bahan plastiknya lebih letoy, logo Koso di kacanya juga berantakan, gak rapih. Apa jgn2 tenty20 juga di……..

    @ Rey :

    Waduh maaf deh bro kl blog gw jadi racun, hehe..
    Lanjutkan bro.. and prepare yourself to Ride With Pride

  15. bass says:

    merknya sih twenty20 hrg 90rb, ada logo di kaca. baut lengkap. tp box nya tdk sama kayak gbr diatas.

  16. pas banget bro…kayaknya cocok buat pasang di suzuki GSF gue…tq bro info nya, saya coba cari besok keliling toko, mudah2an ada yang ready stock….

  17. jopir says:

    @ bass :

    Oh beda ya.. jgn2 beda yg bikin😀
    Tp gini bro, maren gw ganti knalpot racing, brhubung getaran knalpot keras jd spionnya geter juga, tapi gak kenceng, gak bikin pusing lah liatnya. Masalahnya sekarang standar ukuran getar kita kan beda2 nih, bisa aja menurut bro geter tapi menurut gw itu normal.

    @ OKTA PRANAJAYA :

    Keep hunting bro.

  18. Karim says:

    klo blh tau tuh ukuran bautnya berapa gede ya?thanks

  19. Karim says:

    mksdnya bautnya berapa mm ya? sama ga ma koso ori ( 8mm 10mm)

  20. jopir says:

    @ Karim :

    di paket penjualan disediakan 3 jenis baut dg ukuran berbeda, pas untuk semua jenis motor, tinggal pilih dari ketiga baut tadi mana yg pas buat motor anda.

  21. Toni says:

    bro bertemu lagi disini..

    gw tertarik juga nie, ganti spion kyk gini..
    tapi kagak ada euy tempat gw,, gimana ya kalu mu pesan gitu??
    emang kalu yg KOSO asli berapaan??

    di gw ada sie yg mirip2, tau dah merk nya apa ,, hrg nya 55rb
    tapi material nya jelek banget… kyk plastik banget..

  22. jopir says:

    @ Toni :

    Emng ni spion byk bgt replikanya, byk yg suka soalnya. Untuk Koso Original mungkin bisa dicoba di toko online. disini misalnya.

  23. dejer says:

    bro, ane pake spion ori new jupiter z di vixy, keren juga lho… 60 ribu sepasang.

  24. jopir says:

    ^ dejer :
    Oh iya jg ya.. model spionnya udah gak bulet.
    Nice info tuh bro. Ada pic nya gak bro? biar berbagi sama temen2 yg lain..

  25. asig says:

    si twenty kok masih keder ya dipasang di vixy ane? padahal msh stang ori…

  26. bd_mo says:

    gw dah punya mantap tuh, pa lagi klo dah pke batok KLX

  27. jopir says:

    ^ asig :
    Kayaknya ketakutan tuh bro, wkwk
    Baut di engsel tuas dan poros putar kaca udah dikencengin?
    Ato bro pk knalpot racing ya, pengalaman gw sih waktu pk knalpot standar ni spion adem ayem, giliran pk racing jadi rada mengigil di rpm tertentu.

    ^ bd_mo :

  28. Ale says:

    Duh bro,gw bingung nih cari artikel tentang stang ,pada sepi semua.gw mau tanya ni,agak nyimpang,karna kepepet,kenapa yah setang vixi gw miring kekanan,gak pas jaraknya dengan masing masing sayap vixi.

  29. jopir says:

    ^ Ale :
    minta pic deh biar lebih jelas. Dugaan awal sih komstirnya kena.

  30. harun says:

    ^Ale
    sama le. Stang vixy gw jg agak miring, tp liat aja motor vixy baru yg di dealer sama2 agk miring, entah kenapa. (tapi tu miring g’ keliatan banget, dikit).

  31. jopir says:

    ^ harun & Ale :
    Wah harus masuk kasak kusuk investigasi nih

  32. vixiasli says:

    gw beli kaya gitu 35rebon doang gan

  33. Jogja_vixi says:

    [comment ditolak oleh admin]
    Mohon maaf, ini adalah blog pribadi, untuk keperluan promosi harap meminta ijin terlebih dahulu. Trims
    -jOpiR-

  34. […] Setelah sebelumnya karena pertimbangan harga dll jadinya gw cuma pake spion Koso Wannabe berlabel Twenty20 di Vixion, yg reviewnya ada disini […]

  35. su'uk says:

    halo bro…..
    mau tanya nih maklum baru nyemplak vixi
    ane mau ganti spion ori ke custom seperti diatas, buka yang kiri bisa tapi giliran yang kanan susah banget, apa muter bautnya salah/beda dengan yang kiri……dah kebelet ganti seperti punya mas bro….keren

    tks

    • jopir says:

      betul bro, kl yg kiri mmg seperti baut biasa, bukanya berlawanan arah jarum jam, tapi yg kanan justru sebaliknya, berlawanan arah jarum jam.

      Ini dimaksudkan kl terjadi benturan di sisi kanan dari arah yg berlawanan, spion gak patah tapi malah ngebuka.

  36. […] Setelah sebelumnya karena pertimbangan harga dll jadinya gw cuma pake spion Koso Wannabe berlabel Twenty20 di Vixion, yg reviewnya ada disini […]

Leave a Reply

