Review : Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha V-Ixion

Posted: 17 April 2009 in About Vixion, Review Product
Tags: , ,

yamaha Hehe.. setelah dipendam sejak lama, akhirnya terealisasi juga. Pemasangan cakram ini sebetulnya sih bukan kebutuhan mendesak bgt, dilihat dari segi performa, rem tromol di ban belakang V-Ixion juga gak kalah ajib sama pengaplikasian cakram. Deselerasi motor tetap sempurna, hanya mungkin untuk V-Ixion yang udah ganti velg & ban gambot, ngerem agak kurang pede mengingat bobot keseluruhan ban dan velg yg telah bertambah. Kl menurut gw lebih tepat kl perubahan ini lebih disebabkan alasan fashion. Kenapa?

Karena rasanya kl diliat2, motor gede itu kurang gahar tanpa cakram belakang, malah lebih bagus lagi kl depan dipasang dobel disc, tapi sih gw pikir untuk body vixy yang agak ramping, single disc di ban depan juga udah cukup, mgkn bagi yg kurang puas bolehlah diganti ke piringan yg lebih besar dari ukuran standar. Saran saya sih bisa coba produk PSM di kisaran harga 320rb-400rb (berbeda di tiap daerah), terbukti kuat.

Disc belakang yang gw pake disini adalah full set untuk Suzuki Satria 120R, mereknya Nissin, di master dan pompa minyak tertulis label NISSIN [cetakan timbul]. Kl anak motor bilang ni produk no.2, kl gw bilang sih ini imitasi, hehe.. 🙂

Gak apa2, so far so good kq, dan dah terbukti aman2 ja, dpake kenceng ayo.. dpake pelan ya monggo.

1 Set cakram (Master, Piringan, Pompa, Tabung Minyak Rem, Selang, Adaptor/dudukan master) plus ini itu (custom) dan biaya pasang gw tebus seharga Rp 600.000, pkknya terima beres, rata2 tiap bengkel yg gw datengin sh emng kasih harga mentok sgitu, perbedaannya cuma di master dan ketelitian pemasangan.

Oh ya, gini hasilnya kl dah ditemplokin ke vixyvixy-cakram

Gw pasang ni cakram di LA Motor, Jl. Raya Kalimalang Bekasi. Lama pemasangan sekitar 6-8 jam, kq lama? krna sebanding ma hasilnya, rapi dan presisi bro!

Oh ya, sebelum berencana pasang cakram belakang, ada baiknya kalian tau hal2 berikut, ni gw tulis bdsrkan pengalaman gw pake ni cakram.

1. Cari bengkel yg peralatannya lengkap, kunci, baut2, gerinda, alat press dll. Knp? Karena paket penjualan Rear Disc Brake gak ada yg Plug n Play, semuanya custom, jd pinter2nya bengkel, mekanik ma alat yg tersedia.

2. Lebih baik kita dah kenal ma mekaniknya, pemasangan bisa lebih hati2 dan presisi. Knp? Karna pemasangan Cakram ini rawan, kl dudukan gak kuat, master bisa miring yg hasilnya muncul bunyi2an aneh plus perputaran ban agak  seret alias keset, disc jg bengkok, atau parahnya ban bisa ngunci dijalan.

3. Dampingi mekanik saat pemasangan, knp? karna minimal kita bisa tau step by step pemasangan, bisa nambah ilmu plus tau kl misal ada knp2 di jalan. Tapi inget, jgn terlalu sering ngerecokin, ksian mekaniknya, gawenya jadi gak konsen.

4. Jangan Ekstrim, mksdnya, usahakan agar perubahan yg kamu lakuin masih bisa dikembalikan ke posisi standar, knp? karena kalo2 ni motor mau dijual, kerusakan body bisa jadi faktor pengurang harga jual. Contoh kmrn lengan ayun gw mau dibor buat dudukan master, untung respon cepet, jadi lum sempet di bor dah gw stop, krna masih byk cara bikin dudukan master yg lebih baik daripada bor lengan ayun. Klik disini untuk lihat review dudukan cakram yg gw pake.

5. Uang Tips, bgitu selesai pemasangan, kasih uang tips, jadi kl besok2 ni cakram knp2, kl kita balik ksana dy bakal dg senang hati beresin keluhan kita.

6. Rem Blong, jgn takut kl setelah pemasangan, ban kamu gak bisa langsung ngesot kl dibejek rem, karena pada tahap awal pemakaian, masih diperluin penyesuaian antara kampas rem dan piringan, kampas masih harus bikin luka di tapak piringan, luka yg gw maksud adalah garis2 yg muter ngikutin bentuk bulatnya piringan, bgg? coba lihat Disc depan kamu deh, ada garis2 nya kan, nah sekarang bandingin ma yg di belakang, beda kn??

7. Deteksi pemasangan cakram, caranya adalah

– posisikan motor di standar tengah, putar ban belakang pake tangan, lebih keset dari biasanya gak? harusnya, pemasangan cakram gak begitu berpengaruh ke kekesetan putaran roda, kl kesetnya kelewatan, brrti posisi master lum begitu pas, masih perlu digeser ke kanan/kiri menggunakan ring baut (kita menghadap searah motor).

– dengan posisi yg sama, hidupkan mesin, masuk ke gigi 1, biarkan ban berputar. Teliti, ada suara2 aneh gak? kl ada, cek lagi pemasangan master.

– ajak motor jalan2 sekitar 15 menit tanpa menggunakan cakram belakang, kl ngerem pake cakram depan aja, setelah selesai, pegang piringan cakram belakang, panas bgt gak? standarnya mungkin gini, kl kamu tahan nempelin jari di tuh cakram 10 detik aja, brrti pemasangan normal, tapi kl panasnya sama ato bahkan lebih panas dari cakram depan (yg digunakan sepanjang jalan td), brrti pemasangan masih lum beres, sesuaikan posisi master.

8. Cari bengkel lain. Semisal ada masalah di pemasangan, dan setelah komplain ke bengkel tempat pemasangan, tapi ttp gak ada hasil, baiknya kamu cari bengkel lain yg lebih bisa dipercaya, makin besar makin baik, tapi gak perlu sampe ke bengkel resmi.

(jOpiR)

http://kisanak-jopir.co.cc

Related Post in This Blog :

Review : Plat Penyangga Cakram Belakang V-Ixion Custom
Review : Bridgestone Battlax BT-45 di Yamaha V-Ixion
Review : Yamaha V-Ixion 150cc

Comments
  1. Andi says:

    wah,,makasih atas infonya Bos. Motor kita sama jenisnya bahkan warnanya juga, tapi saya belum diapa-apain sejak beli.

    Saya ingin ganti Ban kayak punya bos nih, tapi belum punya dana untuk ganti velg. Kalau cuma ganti ban Battlax agak gede tapi masih pake velg standar, amannya ukuran ban seberapa ya bos?

    • jopir says:

      hee.. Bro andi, brrti selera kita sama dunk 🙂

      Gw pnh liat ada temen yang pake Battlax BT45 120/80 di velg belakang standard vixy, menurut gw jadinya aneh, BT45 yg model bias yg harusnya napak malah jadinya cembung, trus kl liat bibir velgnya agak was2, ngeri copot. Yg paling jelas sih kl dilihat dari belakang, gagahnya motif ulir BT45 gak terlihat, motor ttp cangkring dan jd aneh (krna dah terbiasa liat BT45 terlihat lebar dr belakang). saran saya sih, seperti di artikel saya sebelumnya kl mau ttp pertahanin velg asli, coba gunakan tipe ban Battlax Radial, dan ukuran hanya naikin 1 ukuran, misal 90/80 diubah jadi 100/80.

      Kl pgn yg benar2 sesuai anjuran ahli, coba teliti tipe ban yg akan dibeli, kl untuk battlax bisa coba lihat disini
      http://mc.bridgestone.co.jp/en/products/category/onroad.html
      Disana ada ukuran lebar rim yg dianjurkan untuk masing2 tipe ban sesuai ukuran ban yg dipilih.

  2. Andi says:

    makasih banyak atas infonya bos

  3. Arif says:

    makasih bnyk infonya bos…

    gw dah lama pengen masangin cakram blakang….
    tp blum ktmu bengkel yang cocok….

    • jopir says:

      wah wah selektif bgt neh bro arif, yu ui bro, motor kita bukan motor sembarangan, so utk modifikasi juga jgn sampe di t4 yg sembarangan.
      Motor terbaik 2008 gt locgh, kawak 250 aja liwat,wkwkwk
      🙂

  4. merah maroon says:

    ntu modif princianny pa ja bro? truz abiz brp? keker bgt tu kaki2ny, jd pngin modif ky’ gt..

    • jopir says:

      kl tuk rincian ubahan di vixy gw monggo lihat page “My Vixion” di pojok kanan atas [lho kq kayak kampanye ye?]

  5. Rendy says:

    mas saya mo tanya,motor saya scorpio. saya mo ganti ban blakang dgn ukuran 140. kira2 muat gak di arm nya? klo emg muat,apa ada yg hrs dirubah? utk masani cakram blakang scorpio kena brp harganya? dibengkel LA motor itu bs gak mas?

    • jopir says:

      @ Rendy :

      Kl utk scorpio maksimal 130/X0, kl 140/X0 harus ganti arm atau potong daging dikit [yg di siku bagian dalem arm].
      Trus kl bannya 130 atau 140 jgn lagi pake velg standar ya, minimal pake velg rim 3″.

      Kl cakram belakang sama dengan yg gw pake sih ttp Rp 600rb bro, full terima bersih.
      Di LA Motor pemasangan bersih kq, bagus, cm berhubung pasangnya lama, jadi saran gw sih datengnya dari pagi. Biar mekaniknya masih fresh.
      Kl gw kemaren pasangnya ma mekanik yg mukanya mirip vokalis ST12 🙂

  6. corleone says:

    mantab lah ya mas……. sarannya
    mw tanay mas,untuk pemasangan cakram belakng tu kan pastinya ngebor velg aslinya kan…. kasian donk.
    thx mas

    • jopir says:

      @ corleone :

      tul, harus bor buat adaptor.
      Kl soal sayang sh tergantung, intinya cm bikin 4 lubang seukuran baut 12 atau 14 di dinding bagian dalem velg, gak keliatan juga, trs kl emng mau pk tromol lagi ttp gak ada masalah kq. Mgkn kl bener2 sayang bisa dicoba ganti velg lain kek yg gw lakuin, yg asli disimpen 🙂

  7. Badi says:

    om. mau nanya. itu cakram belakang diamter berapa mm?
    terus om pake single apa dobel piston?

  8. jopir says:

    @ Badi :

    cakram yg gw pake adalah cakram Suzuki Satria 120 R, brapa mm ya?? hehe.. gw juga binun 🙂
    Yang jelas masternya pake double piston.
    Biasanya sih opsi yg dikasih bengkel kl kita mau pake cakram belakang di vixy adalah punyanya Satria 120R atau Satria FU 150, soal ukuran, gedean punyanya satria 120R.

    kl gambarnya kurang jelas monggo lihat di Review : Plat Penyangga Cakram Belakang Vixion Custom

  9. trz_ukaq says:

    pengalaman gw jelex bgt bro masang DB, overal pengereman seh ok, tp cepet panas dan otomatis ngerem sendiri bikin cape mesti berenti dulu nunggu adem, kira2 permasalahannya dr apanya ya bro? apa dr discnya yg ketipisan (3.5mm)…???
    tolong pencerahannya ya

  10. jopir says:

    @ trz_ukaq :

    menurut gw sih ngerem sendiri kayaknya gara2 disc nya bengkok karena panas pas dipake jalan, solusinya bisa ganti piringan dengan piringan yg ori biar gak gampang bengkok2, plus atur ulang posisi master, pastikan ban bisa gerak bebas sewaktu gak di rem. Patokannya liat ban depan, muternya gak keset kn?

    Moga bisa membantu 🙂

  11. Newbie says:

    MantaP br0′

    utk masalah kwalitas brg KW katanya suka jebol di master remnya yaH?
    Yg br0′ alamin kan ada di seal,benerinnya brapa duit br0′ ?

    ThanX!
    Trus di tempat br0′ masang ada garansi barang dan jasa ga?

  12. jopir says:

    @ Newbie :

    Thx bro..
    Utk barang KW, ya gt deh, untung2an.. kl hoki dapet barang bagus, kl lagi sial ya bolak balik bengkel terus. Plus lagi kualitas mekanik, walo dapet barang bagus tapi kl gak beres masangnya, yg ada rusak2 juga.

    Kl ganti seal kl gak salah 30rban di bengkel kecil.

    Di t4 gw pasang ada garansinya, pokoknya kita terima bersih, taunya dipasang dan fungsi normal, kl ada masalah selagi 2-3hari sih balik lagi aja. Tetep gratis 🙂

  13. Newbie says:

    waH…
    thanX a loT bwat infonya yaH br0′
    nambah2 iLmu nigh

  14. kiky says:

    sipppppp

  15. kiky says:

    emang beli dimana onderdilnya dan dimana bengkel di surabaya yg bagus untuk pasang itu disc brake???

    • jopir says:

      @ kiky :

      kl di surabaya, monggo gabung ke forum-vixion.com
      coba2 cari chapter surabaya dan sharing soal bengkel yg ajib, moga bisa membantu bro..

  16. aruel says:

    bos q pngen nnyak lbih enak mna cakram yang ad di blkan pringannya d ksih yang bsar ato yang kcil….?

  17. jopir says:

    @ aruel :

    piringan cakram belakang kl untuk fungsi gw saranin maksimal sebesar piringan cakram standar roda depan, jgn lebih. Tp kl untuk fashion sih mau pake yg 32mm jg monggo 🙂

    Prinsipnya makin besar piringan cakram, makin besar kekuatan pengereman, makin besar kekuatan makin besar kemungkinan ban selip. kl di trek lurus sih gpp, nah kl di tikungan kan gubrak bro. 😀

  18. Calvin says:

    Bro mau nanya.. Bisa nga piringan cakram depan di gunakan untuk belakang..

  19. jopir says:

    @ Calvin :

    Bisa bro, tinggal disesuaikan aja dudukan baut di adaptor [velg] nya plus sesuiakan juga posisi penyangga masternya.

  20. the masz says:

    ada lagi ga bos selain bengkel LA, rumah gw di depok?

  21. jopir says:

    @ the masz :

    wah sori gw jarang maen ke depok bro, gak punya bengkel rekomendasi dsana. Intinya sih cb ke bengkel yg punya byk mekanik [biar dy kerjain nya fokus] plus alat2 pandai besinya rada lengkap [buat bikin dudukan] 😀

  22. the masz says:

    jd bos bkin dudukan lngsung dsna?

  23. jopir says:

    @ the masz :

    gini bro, intinya semuanya tanggung jawab bengkel, kita terima beres aja.

  24. taufik gent says:

    alamat tepatnya dimana sih mas…kali malang aku wira-wiri gak liat LA motor tuh

  25. jopir says:

    @ taufik gent :

    Deket rumah sakit Global Bros, udah deket2 Metropolitan Mall.

  26. satya says:

    Makasih banyak buat sarannya… tips2nya bagus banget!

  27. jopir says:

    @ satya :

    Thx bro.. i’m really appreciate it
    😀

  28. lambang says:

    mas, saya berusaha cari bengkelnya tp kok ga ketemu2 yah.hehhe
    kl dr arah jatiwaringin/pangkalan jati disebelah mana yah mas bengkelnya?? patokannya apa ??

  29. jopir says:

    @ lambang :

    dari jatiwaringin masih jauh gan, jalan terus aja via Jl. Inspeksi Kalimalang ke arah bekasi, ntar bengkelnya bisa ditemuin di sisi kiri kl udah deket2 Metropolitan Mall, patokannya ada RS Global Awal Bross. Tepatnya di Ruko2 sebelah Borneo Motor Sport

  30. guzzmarbun says:

    bro jopir..tanya dunk..saya mau ganti ban beserta velg..
    rencana mau pake velg hmf dimana lebar dpn velg 2.75 dan belakang 3.5 trus ada rencana mau pake bt45f 100/80 dan belakang BTR 120/80 sama yg kaya bro pake..

    setelah saya liat panduan dari website bttlax yang dianjurkan ternyata tidak ada anjuran velg 3.5 memakai ban ukuran 120/80..

    kira2 itu bisa tetap dipakai ga ya??

    trims..

  31. jopir says:

    @ guzzmarbun :

    Gak masalah, jadinya persis seperti yg saya pake, disini

  32. sapta maezack says:

    boz,mnt alamat bengkel cakram belakang motor boz donk msngny dmn,cuy w msng ckrm belakang vixion brmslh trz.

  33. jopir says:

    @ sapta maezack :

    LA Motor | Jl. Inspeksi Kalimalang | Patokannya sebelum RS. Global Awal Bross

  34. ajrix says:

    kalo psm tinggal pasang?

  35. pandu says:

    bro,,kalo pake velg standar bagusnya pake battlax yg mana ya?

  36. jopir says:

    @ ajrix:
    PSM yg dimaksud yg gw pake di disc depan ya? kl itu emng tinggal Plug ‘n Play.

    @ pandu:
    sayangnya kl buat velg standar, ukuran battlax semuanya kegedean. katakan BT45 untuk front dimulai dari ukuran 100/70, ukuran sgitu kl dipake di velg standar bakal aneh keliatannya. Kl mau, depan pk mizzle FTR M700R max. 90/80, belakang pk battlax yg front ukuran max. 110/80 [itu maksimal lho, bagusnya sih gak nyampe sgtu]

  37. ajrix says:

    yang PSM full set belakang?

  38. jopir says:

    @ ajrix :

    Waduh kl belakang gw lum pnh denger tuh ada PSM 1 set, rasa2nya sih gak ada Rear DB variasi yg khusus buat 1 tipe motor, adanya yg universal, ya tetep harus atur2 breket sendiri, gak PnP.

  39. jopir says:

    @ ajrix :

    Wow.. keren tuh, Kl dah gt sih pasti breketnya udah disesuaiin sama vixy. bisa dibilang PnP, yg dilakuin cuma ngebor velg buat dudukan adaptor piringan plus [mungkin] ngebor swing arm buat breket master.

  40. ajrix says:

    buat breket master kayakna uda ada
    maw tanya kualitasnya bagus gag?

  41. mawan says:

    bro jopir, alhamdulillah gw udah pasang db kayak punya lo. cuma kalo gw piringannya warna merah. mo nyari yg warna gold kayak punya lo, dimana ya? kalo di bengkel resmi suzuki apa ada yg warna gold gt?

  42. jopir says:

    @ ajrix :

    Tu kan kondisi baru, 600rb, kl mau dibandingin sama yg ori sih jgn berharap byk, tapi kl dibandingin sama yg KW semisal yg gw pake, mending ambil yg PSM, krna gak ribet lagi bikin Bos, Breket dll.

    @ mawan :

    Asli suzuki kl ambil yg Satria 120R juga merah bro, menurut gw sih kl mau, yg skg aja disemprot pk warna gold.

  43. ajrix says:

    kalo bwt sendiri apa yang di bth in, kira2 habis brapa?
    yang murah tapi kut, maklum msi plajar harus kumpul uang dlu

  44. jopir says:

    @ ajrix :

    Kl ramu sendiri pastinya cari disc, master, kampas, bos, selang, seal, tabung pompa, breket pompa, plus baut2, belum plus alat2 beratnya [bor, gerinda, alat jepit utk bengkok2in plat besi]. Menurut gw sih rada sulit kl bikin sendiri bro.

    Kayaknya sih masih masuk akal kl beli paket di bengkel aja, kan enaknya kita gak perlu capek, tinggal ngawasin mereka kerja aja.

  45. fajar says:

    Q punya Vi-xion wrna merah….belinya bukan desember 2009… ban, stang, sudah dignti…dn q ingin bkin vi-xion q lebih sangar lgi…mohon dibantu…

  46. asig says:

    @fajar:
    stang nya make stang ninja 150R juga gak gan?

  47. jopir says:

    ^ fajar :
    Kesan sangar biasanya terpancar dari kaki2 dan batok.
    Kl mau, bisa gunakan upsidedown plus swing arm limbah moge biar kaki2 terlihat lebih kekar.
    Gunakan knalpot custom bila perlu,
    plus lepas batok bulat ori, beralih ke proyektor lamp, mirip punyanya buell. [gambar klik disini]
    Mungkin bisa jadi inspirasi bro.

  48. tadey says:

    brow..mampir lg ne ke artikel brow yang lain,gini sebenar’y soal cakram belakang bkn menjadi proyek dlm vixi gw tp inget dulu wktu pake vegaR gw ganti pelek aftermarket dan hasil’y rem belakang kaya ga ad kampas’y nyelonong aja wktu di injek rem belekang akhir’y wa jungkir balik ma temen gw, niatan tuk pasang cakram belakang akhir’y muncul ketika baca artikel brow dan berkaca dari pengalaman,brtepatan dgn itu kemarin gw di tawarin ma temen cakram belakang satria 120r ori tp second barang masing lumayan tp ganti selang ma belikan adaptor buat dudukan piringan’y dy minta 300rb kemahalan ga brow?kepanjangan ya ceritanya sori share aj brow..hehehehe

  49. jopir says:

    @ tadey :
    Turut berduka soal jungkir baliknya bro..

    Soal barang second. Yg jelas kl master/kaliper 1 set ori harganya 600rb, piringan sekitar 200rb, belum plus pompa dll. Lebih lanjut silahkan main2 ke http://eparts.suzuki.co.id/ biar lebih jelas soal harga baru nya. Soal worth ato nggak, cm bro yg bisa nentuin, krna dsni gw gak tau kondisi brgnya gmn..

  50. tadey says:

    ternyata td anak’y maen n ngobrol soal itu dy minta 350 dah ples masang coz tmn gw tu mekanik cuma mungkin w beli blendez lg[adaptor],trus dy nawarin jg ban firelli 110/80 lg2 second minta 120 tp w blm liat tw ga brow baru’y berapa?waduh sori ne naya mulu…???

  51. jopir says:

    ^ tadey :
    Kl cuma adaptor, breket sih gak terlalu material, mungkin bisa jadi pertimbangan.
    Soal ban, Pirelli 110/70 Type Spordf baru dilego sekitar 630rb, patokannya sih mirip2 harga Battlax.

  52. tadey says:

    kt’y se baru make 1 hari trs di balikin standard tp aq blm liat barange,matur tengkyu bos inpoh’y mw berburu barang bekas dulu wkkwkwk,oya modif’y bagus brow cm sayang stang’y aja lum jepit sory brow cm mskan aj peace ….

  53. jopir says:

    ^ tadey :
    Thx bro..
    gpp, gw seneng kq kl ada yg ngasih masukan

  54. Ahmad says:

    Bro…
    gw kan udh psg cakram belakang, pake punya satria tp kok ngeremnya kurang pakem ya, kira2 apa yg salah ya? apa perlu diganti master remnya dgn yg ori atau merk lain? kl di LA Motor benerin mslh spt itu kena biaya brp ya?
    Trm ksh

    • jopir says:

      ^ Ahmad :
      Dari pengalaman gw pak RDB, ada bbrpa penyebab :
      1. Kampas belum menyesuaikan dgn piringan, kl gara2 ini, biasanya setelah 3 hari pemakaian akan normal dgn sendirinya.
      2. Masuk angin. Masih ada angin nyangkut di selang, harus dikeluarkan biar bisa normal.
      3. Setelan penekan pompa terlalu jauh. Biasanya mekanik ngelakuin ini krna takut ban ngunci sewaktu di rem mendadak, alasan yg aneh.
      4. Karet seal bocor atau gak sesuai spek, hal ini prnah gw alamin, caranya ganti dgn yg ori, gak mahal kq.

      Kl penyebabnya bukan yg no.1, balik lagi aja ke bengkelnya, minta dibikin pakem, cb denger dulu aja penjelasan mekanik nya, minimal bro udah punya patokan kira2 salahnya apa.

  55. Ardiansyach says:

    Mas bro, mau tanya ni. aku uda 2 kali ganti cakram belakang. masalahnya balik-balik lagi. CAKRAM KESET, ga bisa lancar banget. uda ampe jebol otak-atik tetep aja.
    cakram yang aku pasang ada merk NISSIN, abal-abal si. mau pasang lagi dari PSM tapi atut jeblok lagi.

    yang pengen aku tanyain.
    1. master rem yang fareasi merk nissin itu sama ga dengan punya master SUPRA, kalo aku liat-liat mirip. tapi masih ragu banget.
    2. piringan cakram tu sama dengan punya satria ya?

    thanks, mohon bantuannya sanget.

  56. jopir says:

    ^ Ardiansyach :
    1. iya, kl Nissin KW yg jenongnya 2 pake punya supra.
    2. piringan nya punya Satria 120R.

    Kl keset banyak bgt penyebabnya, dan kl pake KW sih emng jangan berharap bisa bagus kayak ori, harus banyak maklumnya.

  57. Ardi says:

    berarti kalo pake kaliper supra bagian depan bisa ya mas bro?
    trus dudukan kaliper ada yang ngerubah ga?
    minta tolong di jelasin. saya pengen beli punya supra trus saya aplikasiin untuk rem belakang di vixi tersayang.
    trims sbelumnya.

  58. Ajy says:

    bro, masi bingung neh..
    klo maw pasang piringan belakang di vixi, velg-nya harus harus di bor ya buat nge-baut tuh piringan?
    klo ga, truz gmna?
    soalnya sayang bro klo musti di bor segala…

  59. jopir says:

    ^ Ardi :
    Bisa bro, masalah dudukan/breket harusnya sih gak ada yg berubah.

    ^ Ajy :
    Kl dgn velg standar atau aftermarket selain RGV, tetap harus bor bro. Gak sayang kq, kan cuma 3 atau 4 lubang, posisinya di dalem pula, gak keliatan.
    Kecuali velg RGV, dia adaptornya sistem drat, gak perlu bor.

  60. Denny Heriawan says:

    “SALAM BIKERS BRO”
    Wew selera motor qt sama nih, gw gk mo nanya byk2, alamat bengkel t4 Bro masang dmn Bro…???
    Bisa JElasin lg gk Bro, alamat diatas Kurang Jelas. klu gk Patokanny Dekat mna Bro, biar gampang nyariny…..
    Thank’s Bro sblmny…….

  61. Denny Heriawan says:

    1 Lg Bro gw Mo tanya…
    Lahar Ban Belakang pake Merk Pa Bro…???
    di gambar klu gk slah yg di adaptor cakram di pasangin Lahar jg ya BRo…??

  62. jopir says:

    ^ Denny Heriawan :
    Patokannya di deket RS Global Awal Bross, udah rada deket Mall Metropolitan. Usahain sih dateng pagi biar mekaniknya santai ngerjainnya.

    Soal laher sori gw juga gak tau merknya nih, kemaren asal pasang aja pas ganti ban+velg. Kl yg di adaptor cakram fungsinya lebih ke bushing, krna lum sempet ke bengkel bubut buat bikin bushing baru, jadi dipakai laher bekas sama ring.

  63. Denny Heriawan says:

    Sorry nih Bro ngerepotin lg….

    GW udh pontang~panting nyari bengkelny, gk ketemu jg…
    tu bengkel da nya ruko dpn rmh sakit Global pa barisan RS Global…???
    klu dr arah Galaxy sblm pa sesudah…???
    Sorry nih Bro skali lg….
    Thank’s bwt Infony…

  64. jopir says:

    ^ Denny Heriawan :
    Di barisan Global bro, kl dari galaxy sebelum global. Disebelah global persis kan ada ruko2 tuh, ada Borneo Motor Sport juga sama toko roti juga, nah dia di ruko itu juga, antara Borneo n toko roti.

  65. DaNU says:

    klo ganti rem tromol ke rem cakram biayanya brp ya?

  66. yudha says:

    gan mau nanya nih, aku udah pasang cakram belakang, tapi terlihat growong (bolong) di bosnya, oil seal apa ya yang pas buat nutupnya???? thx sebelumnya gan,,,,,

  67. jopir says:

    ^ DaNU :
    Di artikel kan ada harganya bro..

    ^ yudha :
    bos gak perlu di seal bro, krna bos kan gak ikut muter, fungsinya cm ngasih gap antara bearing dan swing arm.

  68. Newbie Vixy says:

    Bro Jopir gw mw nanya kira2 kalau Cakram Full Set di depan vixion di pasang di Belakang kira2 PnP jgkah? atau mesti ada yg menyesuaikan lg & ada solusi gk selain harus Ngebor Swing Arm … gw masih pake Velg Ori (sori klw pertanyaan gw salah-Newbie)

  69. jopir says:

    ^ Newbie Vixy :
    Nggak bro, tetep harus atur2 posisi pompa, breket master, bushing.

    Kl swing arm bisa aja gak di bor, silahkan baca review plat penyangga rear disc brake, link nya ada di akhir artikel diatas.

    Velg ori bisa aja, tp tetep harus rela dibolongin buat breket disc

  70. Yamaholigan says:

    Bro,d tm4 ane hrga RDB Satria Nissin 170rb,ongkos pasang 250rb trima beres,lama pasang 4-5jam,masuk akal gk bro??

  71. Yamaholigan says:

    Oh ya lupa bro jopir,kalo d velg ori ttp d b0longin ya?

  72. jopir says:

    ^ Yamaholigan :
    Waduh murah bener bro, ada part yg bekas kali ya?? waktu pemasangan sh iya bener sgiru, tp harga partnya rada murah, rata2 di jabodetabek kl paket gini 600rb

    Iya velg tetep harus dibolongin, buat adaptor.

  73. Yamaholigan says:

    Oh gt..Emg ktanya harga KW disini sgtu bro,ane d tasikmalaya,kta mekaniknya bnyk jg msang yg dari banjar,pangandaran jg ska k tasik bwt pasang RDB,alsannya murah.. Oh ya bro selama pake RDB KW bro jopir pernah ada keluhan apa gitu?trus Rem nya pakem gk?ane rada ragu bro..Hrga RDBnya aja punya bro jopir brapa?

  74. jopir says:

    ^ Yamaholigan :
    Selain seal yg bocor pas pemasangan, kayaknya gak ada sih. Itupun kl rada seret2 dikit gak diperhitungkan 😀

  75. Yamaholigan says:

    Owh,kalo sjak pemasangan nympe skrg ada mslh gk bro?trus ad yg d ganti?thanx bro

  76. jopir says:

    ^ Yamaholigan :
    Masalah cuma pas pasang, ternyata partnya jelek, seal di pompa bocor, tapi lgsg diganti ori satria sama bengkelnya. Sampe skg aman surrahman bro, tetep bisa ngepot 😀

    Kl yg diganti dari paket cuma selangnya aja, diganti selang yg kecil merk TDR, biar nekuk2nya gampang.

  77. Yamaholigan says:

    Hmm,mantaf d0nx bro kalo gitu?? Oh ya msalah seret nya gmana?seretnya sama dgn yg dpan atw lbih Seret bro??

  78. jopir says:

    ^ Yamaholigan :
    Kurang lebih sama sih, tp kl gw butuh perjuangan ekstra. Krna seret nggaknya kan ditentuin oleh posisi adaptor dan ukuran bos, nah nyari yg pas nya itu yg lama 😀

  79. Yamaholigan says:

    Hmm gitu,oh ya bro hrga ckram set nya aja brapa bro(yg KW)?

  80. mortir says:

    lebih enak tromol atau cakram bro ???

    apa gak bahaya klo pke cakram belakng ??

    oh ya bro, klo velg lebar + ban 130/70…
    pke tromol mash mnggigit gak ??

    atau utk velg lebar + ban 130/70, diharuskan pke cakram belakng ?

  81. jopir says:

    ^ Yamaholigan :
    Ada diatas tuh bro, Rp 600rb terima beres.

    ^ mortir :
    Pengalaman gw pk velg lebar+120/80, rem rada telat berasa ketimbang pake ban+velg standar.

    Masih aman sih pk tromol, tp buat gaya dan fungsi, bakal lebih baik kl pake cakram belakang.

    Soal bahaya, rasa2 nya gak ada, mgkn kl dikhawatirkan ban ngunci sendiri di jalan, contoh gw pake part KW masih aman sampe sekarang, fungsi semua normal.

  82. raden says:

    bro,, d LA terima pasang doank gak y, cz ane udh punya DB belakang lengkap 1set, trz kira2 brp biaya pemasanganna y..?
    mathursuwun 😀

  83. jopir says:

    ^ raden :
    Kayaknya sih mau bro, prediksi sekitar 150rb mgkn ya, krna negrjainnya lama bgt bro, bisa setengah hari sendiri.

  84. 2797PZ says:

    mas bro, ane tadi ane service ke beres. ane bincang bincang ma mekanik beres, kalo pasang cakram belakang, habis brapa duit? ia bilang 350rb dah beres. katanya master, caliper, piringan merk brembo, kalo brembo ditebus segitu duit, asli pa palsu ya mas bro? mohon pencerahan

  85. jopir says:

    ^ 2797PZ :
    wah sudah barang tentu palsu bro 🙂
    Brembo asli impor lho.

  86. AD2797PZ says:

    iya gan ternyata, ane dah cekidot ke mbah gogle.
    Cakram pnya bro jopir kan jg kw2, ada masalah ga bro? Kalo kata mekanik beres ‘sing penting masange mas, nek barange apik masange gak pas yo podo wae’ artinya ‘yang penting pemasangannya benar, kalo harga n merk ga masalah’
    gimana ni bro ane minta saran, pasang gak ya? Tapi kalo ke orang lain kata mekaniknya lebih dari 400an

  87. the_w1zh@yahoo.co.id says:

    Bro mo tanya… ane ada bengkel langganan…udah punya namalah dia…..rincian:
    1.Kaliper pake Jupie MX single piston,
    2.Cakaram pakai Supra 125 atau Jupie MX lagi,
    3.Master pake punya satria 2 tak yang hiu.

    dengan catatan semua barang ORI bukan KW ya….harga jadi semuanya sekitar 1,2 jt an….pemasangan rapi….kira2 worthed ga??? terimakasih

  88. jopir says:

    ^ AD2797PZ :
    Lumayan tuh harganya, gw pasang aja sampe 600rb.

    Sejauh ini masalah cuma pas seal pompa bocor, sama rada bikin seret putaran roda, gak parah sh, cm gak plong bgt kayak pk teromol.

    Yg ribet kayaknya cuma pas bikin ukuran bos yg pas, dan pemasangan adaptor, krna salah2 ya jadi seret.

    Mgkn bisa coba liat2 RDB merk PSM, dia udah 1 paket plus bos sgala, bakal lebih afdol krna udah PnP buat vixy.

    ^ the_w1zh :
    Kl udah sama pasang, masup akal juga sh bro, kl partnya beli ketengan sendiri2 juga dapetnya sgitu2 juga.

    Penasaran harga partnya? silahkan disini “daftar harga part online YaHonSu

  89. AD2797PZ says:

    habis berapa duit ganti seal?
    ane dah liat barangnya, dipasang di mx punya sales yamaha. Ane tanya ke dia katanya gak ada masalah bro. Tapi kalo buat vixion katanya harus ngelobangin besi yang deket foot step itu.
    Kalo branded psm bwt rdb ane pernah liat di vixionshop, harganya 600rb, tpi ane gak trlalu ska ma mdel discnya.
    OOT, kalau psm disc depan, harganya berapa bro? Ane pernah pergi ke toko liat liat, ada tu barang, harganya 350rb, tapi gak ada labelnya, cuma dipress plastik doang. Tu barang asli psm pa bkn ya bro? Mhn pncerahn

  90. jopir says:

    ^ AD2797PZ :
    Lagi2 ni tergantung pemasangan sh bro..
    kl soal ngelobangin mending jangan deh, cob abaca review plat pengangga RDB deh, mgkn bisa jadi referensi.

    Disc depan 350rb bro, kl PSM asli ada hologramnya di press plastiknya, ada merk nya juga, mending beli yg pasti2 aja bro..
    Reviewnya juga udah ada dsni

  91. Anonymous says:

    PSM kualitasnya bagus dan memuaskan nggak bro..?? dan harga PSM di Pasarin berapa tu & sekalian masangnya….??

  92. the_massto says:

    bro jopir, bengkel LA itu spesialis service vixion juga yak?

  93. Anonymous says:

    mAs bro…, klu velg lebar & besar besar.., perlu nggak tu ganti gigi tarik…? dan gigi tarik yg model gimana hrus di ganti…??

  94. pandu says:

    om,ktanya 600k dah beres,,tp td baca koment 600 ga sama cakramnya…jd total piro?budget terbatas e…suwun yo

  95. Anonymous says:

    Gan klu gigi tarik ma rntai ngaruh ngga tu..? & mau nanya Vixion klu pkae knalpot racing. ”knalpot apa yg bgus/co2k tu…?

    • jopir says:

      ngaruh bro, rasio gigi tarik ngaruh ke aksel dan top speed.
      Kl knalpot racing gw lebih prefer CLD, R9 atau custom spesialis knalpot

  96. Anonymous says:

    Bro cakram belakang bunyi cit cit kalo d rem , itu kenapa ya bro ??

  97. Abu Tanisha says:

    bro…posisi LA Motor, Jl. Raya Kalimalang Bekasi dimana ya? posisi saya dari pertigaan radin inten kalimalang, baru pasang cakram belakang tapi belum puas nih, mohon cepat responnya ya..kalo bisa sms ke 081287664228, atau ke blog ane, isi aja di bagian about me

    • jopir says:

      dari radin inten terus lagi kearah MM, nanti kl di kiri dah ketemu RS Global Awal Bros, brrti dah deket tuh, tengok kiri aja nanti keliatan bengkelnya. Bentuknya ruko.

  98. wedan says:

    klu gi2 tarik scorpio brapaan tu bro…?? emngx lebih besar ya punya standar vixy…?

    • jopir says:

      Kl gak salah 38rb bro, udah ada kok reviewnya, silahkan di search aja.
      jumlah matanya lebih banyak 2 buah dari vixy (44 mata)

  99. wedan says:

    38rbu yg ori nggak tu bro…?? murah bnget,

    • jopir says:

      bukan ori yamaho bro, merk Indopart, selevel aspira lah krg lebihnya.
      kl ori gak dijual ketengan soalnya, harus 1 set sama rantai dan gear depan, padahal harga satuan gak beda jauh.

  100. mas says:

    ada review nya nggak bro..?

  101. mas says:

    kemarin gw dah cari ke bengkel gear belakang scorpio…

    tpi kata nya…, nggak bisa masuk ( cocok ) sama yamaha vixion.
    jadi gi mna ni masbro…??

    kata nya di suruh nyari gear vixion yg 44.
    ada nggak tu..?

    • jopir says:

      udah dijawab di komen tentang review gear scorpio 44.
      Intinya silahkan ke toko sparepart, trs beli gear scorpio (mata 44), ane jamin plug n play bro. Tu bengkelnya aja yg rada2

  102. aku says:

    bro…, klu ngtur CO putar nya kemana tu…??yg di dekat delta box sbelah kanan. putar nya pake obeng arah kanan/kiri…??

    • jopir says:

      setting CO bukan dari baut itu bro, tapi pake FI Diagnostic Tools yg ada di bengkel resmi yamaha. Setting secara digital ke ECU, bukan secara mekanik seperti stel campuran angin dan bensin di karburator

  103. gumi says:

    brow mau tanya neh…motor vixion ane pake cakram belakang tiger revo original…tapi setelah di pasang..begitiu dipake rasanya ban belakang tidak stabil…sperti orsinilnya…awalnya memang kesat cakramnya tapiu setelah lama kelamaan jadi ngak…syukur…deh
    tapi yang bikin mengganjal kenapa setelah dipakai motor jadi ngak stabil…sangat terasa di bagian belakangnya…apalagi sangat terasa sekali ketika boncengan..saking tidak stabilnya terasa seperti ban bocor…padahal ban sama sekali tidak bocor…tolong info dan pencerahannya bos…trims

    • jopir says:

      kl liat penjelasannya nampaknya ada masalah di pembuatan bushing atau pemasangan bracketnya bro. pemasangannya miring jd ganggu perputaran roda.
      pembuatan bushing baiknya di tukang bubut, atau kl sulit triknya bushing dibikin pk bbrpa ring baut yg ditumpuk jd satu.

  104. andrieadji says:

    masbro itu plat penyangga buat lecet swingarm gax????????? 🙂

  105. cruz says:

    bro, mau tannya dong.
    ane kan lg pasang rdb set sndri nih di velg standar, nah trus pas masang adaptor disc’a itu velg dibor ampe tembus trus nanti dipasangin mur ape bjimane..???
    trus kalo ampe tembus itu mur tmpat’a gmn…? mksud’a dibag sisi dudukan gir blkng…??
    ape kudu dicoak dulu itu karet penahan buat tmpat mur’a…???
    mhon djawab yeh bro, ane dah mntok neeh :D..thx

    • jopir says:

      iya adaptornya dibaut ke velg menggunakan 4 baut,
      Bayanginnya tromol dan gear plus bantalan karetnya dicopot dulu.
      bagian tengah velg (tempat tromol) dilubangin nembus ke sisi sebelahnya (tempat gear), dipasang mur di tempat rantai itu.
      muat kok, gak ngeganggu tempat gear dan bantalan karetnya.

    • fajri says:

      Bro jopir, klo velg lebar yg ringan tu merk ap ya,? Trs d bengkel LA terima psang velg ga? Thx

    • jopir says:

      kl yg ringan nampaknya gak ada yg ngalahin velg ori bro, aftermarket berat2 semua.
      di LA bisa, tp pk alat2 tukang tambal ban biasa, masih lebih oke ganti di Planet Ban misalnya yg mmg punya alat khusus buat ini, gak merusak bibir velg

  106. Vixi 2345 CB says:

    Saya udah pasang 1 set RDB di vixion sy td pagi., smpe mlm ni di pake ko msh blong yaa??? itu apanya bro ?
    kata mekanik nya., biar kampas agk renggang dri piringan dulu. skitar 2-3 harian., baru josss !
    (wkt sore sy putar roda blkng pke standar tngah., ko trdengar bunyi suara dari cakram ., Sriiiiing sriiingg gt !
    mhon pencerahannya., dan baiknya sy hrs bgaimana ?? 😉 thanks

    • jopir says:

      part nya bukan ori ya bro?

      alasan mekaniknya agak aneh sih, krna kl mmng kampas nya masih tebel, kan bisa digerinda biar rada tipisan dikit, hehe..
      trs kl mmg kampasnya ketebelan, harusnya direm pun gak ngeblong, krna mau tebel atau tipis sikampas kan tugasnya emng ngejepit piringan. harusnya kl mmg kampasnya ketebelan, efeknya cm pada jarak main injak tuas tem, yg harusnya ada jarak, skg diinjak dikit aja udah ngunci.

      rem blong ini umumnya penyebabnya gara2 di selang masih ada udara (masuk angin), atau pompanya yg gak bagus (gak kuat nekan minyak rem)
      Pengalaman gw sih dr pake Nissin KW ini, plus pk merk PSM, pompanya sering bermasalah, yg nyebabin angin masuk ke selang, kadang bener, kadang masuk angin lagi, untungnya di gw banyakan benernya.

      Saran gw sih,ada baiknya balik lg ke bengkelnya, jangan mau pulang sebelum bisa ngerem sampe ban ngunci, toh pk tromol aja ban bisa ngunci, masa pk cakram gak bisa, kan kebalik tuh 🙂
      kl emng mentok, coba modalin pk pompa rem ori, pake punya satria misalnya, gt kira2 bro, mudah2an bisa membantu

  107. Vixi 2345 CB says:

    Bro, td siang sy pakai ni rem udah lumayan agak pakem tp ga smpe ngunci bannya !
    jarang injak nya msh pendek ga dalam !
    beda ama kmren siangnya., bner2 blong tu rem !!!

    apa besok pagi sy hrus buang angin rem itu ???
    baiknya gimana ??? 😀

    sorry nih., bnyak Cingcong… 😀

  108. yudhie says:

    aku dah pake RDB di vixi ku dah 6 bln nan..awalnya ya bgtu.. sereeet..piringan sampe panas kaya mau terbakar..sy balikin lagi buat di benerin, ternyata masih sama. 3X udah saya sambangi tu bengkel yg masang, alhasil coba ke bengkel lain dan ternyata sama, sampe2 selang minyak rem ku bocor karna di pencet2 pake tang,,gk tau maksudnya apa pake di pencet2.. karna tiap mekanik beda garapan nya..sampe2 aku udah gak percaya sm semua mekanik…muyak sudah..angan2 pengen RDB sempurna malah sirna…karna aku pantang menyerah…di pikiran hanya rugi kalo gak beres..habis duit udah banyak…akhirnya aku temui salah 1 mekanik di bengkel langganan ku…memang org nya udah tua..pikirku pengalamanya banyak..akhirnya aku coba belajar dari dia tentang seputar rem cakram,,,mulai belajar bongkar pasang dst..akhirnya aku temukan jawabanya…aku coba bongkar semua perangkat rem ku,, ternyata masalah ada di master rem…aku ganti master rem kit nya dngan harga 20 rb,..aku rangkai lagi,,dan ternyata suksesss…rem pakem banget..di putar gak seret alias lancar….akhirnya,, hikmahnya aku jadi bisa bongkar pasang dan memperbaiki rem hidrolik yg tadi nya bikin pusing…sudah banyak rem cakram milik teman yg ku perbaiki,, semuanya suksess…alhamdulillah ^_^

  109. Varroz says:

    Bro Jopir, ane mau nanya. Ane baru masang velg chemco + disc tirev tapi paket rdb kaliper, selang rem, master pake kw satria 120r. Masalahnya, kalo ane injek rem pas dadakan (late breaking) kok ban belakang ane sampe ngunci ya? Kira2 apa penyebabnya ya bro? Padahal cuma diinjek dikit aja, udah ngesot itu ban belakang. Padahal ane pake ban belakang !RC 130/70 wkwk..

  110. Julius says:

    bole nanya…
    kalo pake lengan ayun standard, bisa ganti velg yang lebih lebar dikit gak?????

  111. afid says:

    bro,..proses pengerjaannya berapa lama ?

  112. alf says:

    mantab..

  113. Anonymous says:

    gw pasal cakram belakang psm aja pak

  114. Anonymous says:

    harga velgnya berapa om??

  115. Dhammaviriyo_M7 says:

    Mas Jopir,, swktu pakai Velg Lebarnya di motor Vixy ada gejala Klahar (Bearing) Roda Depan sering Pecah (Rusak) tidak ya??

    • jopir says:

      waktu ganti velg dan ban ini, bearing roda jg diganti ukuran bro, tp sayangnya ukurannya gak tau, tau2nya udah dipasang aja sama mamangnya.

  116. Anonymous says:

    ane juga pake Vixy om,..
    nyaris sama ama vixy ane,.kalau dari depan punya ane uda pake PSM,.armnya banana..ban batlax 150..cakram ngecer,.masternya punya satria, piringan satria,.kaliper punya MX,..

  117. reza says:

    bro 3mggu kmaren vixi kasi psg RDB
    tuh knapa Da suara kasar ya klo di rem trus smpe krasa gter d injakan rem
    smpet sy balikin cz ada garansi 3 bulan
    dibnerin smpet ilang tp gag lma jlan wktu direm ad lg suara’a
    swara’a hmpir kyak klo rem tromol abs kna banjir gtu…
    tp klo d puter ban gag ad kset lncar aja
    cma mslah klo wktu direm

  118. arip says:

    jd pengen pasang

  119. ubet says:

    Ada contact bengkel tempat ente masang ga..??
    Dibengkel sana beli set cakramnya atau kita beli ditempat lain dan pasang disana

  120. ubet says:

    Info dong yg bisa beli set cakram sekalian pasang di daerah jakarta

  121. Anonymous says:

    Gan ane jg pasang cakram vixion old, tp hasilnya mengecewakan bgt 😑 ,kaliper goyang kanan kiri piringan panas ,sampe motong tempat baut kenalpot bawah pedal rem .. Biaya tinggi pula hadeuuhh

Leave a reply to jopir Cancel reply