[Review] Ubah warna velg v-ixion? Cat sendiri aja..

Posted: 20 December 2010 in About Vixion
Tags: , , , , , , , , , ,

Akhir2 ini, muncul kejenuhan kl lihat si vixy, rasanya dah lama gak diracunin, jadi kerasa hambar kl dbawa jalan, tp kalo ngelirik ke kantong, rasanya gak memungkinkan untuk keracunan.

Pandang punya pandang, cat di bibir velg Power yg gw pake ternyata udah rada terkelupas, gara2 tukang cuci yg kelewat semangat nyuci ampe ngelotok semua catnya.

Yaudah, racun murah meriah aja lah, saatnya si velg ganti warna.

Kl dibawa ke tukang cat, biayanya berkisar 200rb, tapi mesti tinggalin motor beberapa hari.

Sayang ah, kesian si vixy kl nginep drumah orang, cat sendiri aja, caranya? Cekidot

Warna awal velg adalah item glossy, biar berubahnya drastis dan tetep pas dengan kelir body, pilih warna putih aja, netral tapi ngejreng.

Urusan cat mengecat dimulai, tp berhubung gak punya kompresor, pilihan jatuh ke cat semprot, disini merk RJ London yg jadi pilihan.

 

Persiapan Alat :

- 2 kaleng cat semprot RJ 300cc warna “White Std – 400” dan “Clear Lacquer – 540”

- 1 lembar amplas kode 180

- Kunci inggris ukuran 12, 14, 19

- Isolasi transparan, gunting dan koran bekas

 

Persipan Tambahan :

- Waktu luang, 1 velg bisa aja makan waktu 1 hari

- Cuaca, usahakan gak hujan, biar pengeringan sempurna

 

Proses :

1. Mulai dari 1 ban terlebih dahulu, lepaskan ban, misal ban belakang, lepas juga gear dari velg.

2. Amplas bagian yg terkelupas, cuci bersih ban dan velg secara menyeluruh, terutama sudut2 sulit, lalu keringkan.

3. Setelah kering, biar ban gak kena semprot, tutupi dinding ban dengan koran bekas, padukan dengan isolasi, terutama untuk bagian yg bersentuhan dengan bibir velg.

4. Bawa velg ke tempat terbuka, usahakan terkena panas matahari.

5. Mulai semprot tipis 1 kali aja dari jarak sekitar 20cm secara merata ke seluruh bagian velg.

Biasanya velg gak langsung putih, cuma bintik2 aja, tapi ini bagus buat fondasi biar cat gak ngangkat. Tunggu kering sekitar 10 menit, baru lanjutkan ke lapisan kedua dengan cara yang sama. Biasanya velg baru tertutup sempurna setelah lapisan keempat.

6. Setelah puas sama warna putihnya dan kering, baru lapis dengan warna clear lacquer, sekitar 2-3 lapis. Ini penting agar warna gak cepat belang dan hasil akhir terlihat glossy.

7. Lepas secara perlahan koran dan isolasi tadi.

8. Baca Alhamdulillah :D

 

Before – After :

 

Hasil :

 

Plus – Minus :

+ Tampilan motor keseluruhan jadi lebih cerah.

+ Terlihat bersih.

+ Eyecatching, cocok buat velg lebar biar lebarnya lebih keliatan.

- Cuma satu kelemahan warna putih, it’s hard to keep it clean, terutama velg belakang yg selalu kecipratan dari rantai.

 

Penting :

- Pastikan permukaan bersih dan kering sebelum disemprot.

- Jangan langsung semprot tebal, cukup selapis demi selapis agar hasil cat gak ngangkat.

- Cuaca sebaiknya lagi panas dan kering.

- Lakukan di ruangan terbuka dan sirkulasi lancar, biar cat gak kehirup.

 

Info harga :

Harga di Bekasi – 18 Desember 2010

Cat RJ 300 cc warna “white std -400″ = Rp 18.000,-

Cat RJ 400 cc warna “clear lacquer – 540″ = Rp 18.000,-

Amplas = Rp 1.500,-

[pengalaman gw 1 kaleng 300 cc pas habis untuk 1 bh velg]

Estimasi biaya total = Rp 73.500,-

 


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

About these ads
Comments
  1. cal says:

    inovasi baru lagi bro, mantap benar. bro jopir ane dari dulu pingin cat pelak ane, gampangkan bro lepasin ban blakng??? klu ban muka gmpng :), bro bannya harus dikurangin anginnya ya bro???

  2. Jalal says:

    Wah brow jopir nebar racun lg nich…. Thnkz buat reviewnya..

  3. ira says:

    waaahhh…ebaad bener…keliatan cantik vixynya…!!!
    1 hal yg lupa,unn…diawal km gak baca basmallah..hohoho

  4. nanx says:

    hebat ya, sebelum dicat velgnya item polos gak ada apa2, eh, habis dicat jadi ada cakramnya, hehe

  5. jopir says:

    ^ cal :
    Gampang bro, asal gak pake kunci hadiah dealer aja, pake kunci yg rada panjangan, biar lengan kuasanya lebih gede, jadi enteng bukanya.

    Kl soal tekanan angin,bole iya bole nggak, gw kemaren gak pake kurangin angin, asal rapih aja nyelipin solasi antara velg n dinding ban.

    ^ Jalal :
    Sama2 bro, harapan gw biar kita bisa keracunan bareng2 :D

    ^ ira :
    Baiklah, maafkan saya..

    ^ nanx :
    ada yg lebih hebad gan, awalnya tu dinding bersih, knp setelah cat malah jadi kucel??

  6. tadey says:

    waduuwww….keduluan lg nech?
    yg laen aja gw lum terealisasi ini dah nyampe ngecat velg segala,dananya ga habis2 bos yg satu ini…wkwkwkwk
    itu cat lama ga di ilangin pake remover ya brow..cuma diamplas aja…????

  7. cal says:

    thn’x bro jopir.. ane mau warnai velg ane, ikut teracun :D

  8. jopir says:

    ^ tadey :
    Widih, dana gak abis2, amiiin :D
    Cat lama gak dikelupas bro, alasan waktu sih, plus kl dikelupasin kan perlu cat dasar lagi biar kuat, nambah biaya,hehe

    Ini cuma diamplas aja, alakadarnya, plus bagian yg catnya udah ngelupas, dihalusin pinggiran kelupasannya.

    ^ cal :
    Hehe.. ditunggu foto launchingnya bro

  9. tadey says:

    jadi tebel dunk catnya,,wkwkwkwkwk
    tp siiipp..5 jempol buat broww…

  10. jopir says:

    ^ tadey :
    Tapi masih kalah tebel sama bedak ibu2 kl kondangan, wkwk

  11. upadana says:

    mas jopir, up date selalu ya modifikasi vixion nya, saya jadi ter inspirasi ….

    saya kasi nilai 100% but artikel anda….
    from bali united

  12. jopir says:

    ^ updana :
    Thx supportnya bro, salam kenal.

  13. sandjie69 says:

    bro, ane liat dudukan master rem cakram belakangnya udah berubah…ganti dimana bro ?
    keknya belum di review yak??
    ane tunggu :D

  14. jopir says:

    ^ sandjie69 :
    Waduh liat aja si masbro :D
    Sdg dalam persiapan bahan bro..

  15. wahyu inc says:

    jadi pengen

    tapi apa pantes vixi abu abu ber-pelek putih??
    (ngebayangin:mode on)

  16. jopir says:

    ^ wahyu inc :
    Jangan dibayangin bro, kan gambarnya udah ada diatas :D

    Kl putih sh masih netral bro, masuk ke mana aja.

    Lagian abu2 kan cuma di bpkb dan stnk aja, nyatanya malah lebih banyak di warna hitam dan biru, abu2nya gak nyata bgt :)

  17. wahyu inc says:

    ralat bro,bukan biru tapi ungu.. :) … ..
    nyampe di kata in temen,katanya warna vixi ku warna janda(abu-abu=janda,apa iya?)
    :(

  18. jopir says:

    ^ wahyu inc :
    Oo, vixy facelift toh, iya dink, warnanya stripingnya ungu :)

  19. wahyu inc says:

    njeh,vixy 2010 tp lunase 2011 hehe

    pengen modif murah tapi hasil oke?
    piye yo?

  20. jopir says:

    ^ wahyu inc :
    haha.. gak yg dijelasin juga sh cara bayarnya bro :D

    kl mnrt gw sh, kaki2 dulu aja bro, biar rada kekar, trs main cutting sticker biar beda dari yg lain, minimal gak dibilang warna janda lagi :)

  21. wahyu inc says:

    hehe tur nuwun masukanya bro.

    blognya dpt :thumbup ni dr gw.d tgu postingan berikutnya

  22. YUri says:

    mas jopir,klo mo ngecat cowlingnya kudu di amplas dulu ga??

    • jopir says:

      kl mau bagus bgt sh sebenarnya cat aslinya dirontokin dulu malah bro, tapi kl mau instan, asal cat aslinya belum gompal gompel, langsung tiban aja, tp pastikan permukaan yg mau dicat udah steril dari kotoran :D

  23. yuri says:

    mas jopir,aku terinspirasi sama “kebo”-nya mas jopir
    luna aku kebetulan sama kayak warna kebo abu2 item
    nah aku mo ngecat sendiri tuh velg nya kayak warna kebo-nya mas jopir
    tapi kendala nya aku ga berbakat ngecat kaleng mas..
    lah wong cowling aja jadi belepotan ada yang bergelembung,cat nya ada yang tebal tipis..
    sampe akhirnya tuh cowling aku scolite aja hitam doff
    mohon bimbingan nya mas jopir..

    • jopir says:

      Hehe.. tenang bro, gak perlu bakat kok, cuma butuh kesabaran aja.

      - sebelum cat, kocok kaleng sekitar 1 menit, di sela2 nyemprot pun kocok juga.
      - posisi kaleng usahakan tegak dan semprot jangan terlalu dekat, jaga jarak sekitar 20cm.
      - semprot sambil bergerak, semprotan jgn diam di satu tempat
      - hasil lapisan pertama pasti gak lgsg nutup, masih compang camping, tapi ini bagus buat fondasi.
      - kasih jeda sekitar 5menit antar lapisan agar lapisan lama benar2 kering sebelum ditiban dgn lapisan baru.

      kira2 gt bro gambarannya, moga2 bisa membantu, selamat mencoba

  24. YUri says:

    oke deh mas jopir..
    wktu mas jopir ngecat posisi velg disandarin ato direbahin ketanah mas?

  25. ryant says:

    wah boleh jg itu di coba,,, bagus. + mirah, hahhahha

  26. tom says:

    nutupin bannya gak usah pake koran, ribet bro…
    pake kartu remi aja di selipin antara ban sama velgnya. praktis dan cepat
    hehe….

  27. brigade15 says:

    pgn bgt ane bro nge cat sendiri, yatapi ngelepas bannya aja ane kagak bisa :hammer https://brigade15.wordpress.com/

  28. Abdul injek says:

    Seandainya kita cuma mau cat lingkaran luar velgnya aja gimana mas kira2, mksudny tidak sampai ke palang atau tromolnya gitu..

    Aneh, atau gmana? Atau seperti apa? Minta pendapatnya sekalian..
    Makasih sebelumnya. .

  29. Adie says:

    Thank’s info.a!
    Gue emg lg nyari” cara.a, soal.a gue pngen milok velg sndri aja!

  30. dimas says:

    klo velg racing orisinil nya bagus ga yah??

  31. al says:

    itu velg ukuran brapa bro? + ban luar belakang ukuran berapa?

  32. Kojack says:

    Nice share gan,
    kebetulan ane juga lagi kepikiran ngerubah warna velg motor jadi merah.

  33. bito says:

    gan itu pas dipilox velg di amplas full dlu gk?
    ato cma yg lecetnya doang..
    sma kalo misal velg nya msh mulus gk di amplas bsa gk?

    • jopir says:

      kl mmg masih mulus gak perlu diamplas bro, cukup pastikan velgnya benar2 bersih dari kotoran dan minyak, biar cat semprotnya bener2 lengket ke velg.
      kondisi diatas ane amplas soalnya cat awalnya udah bolong2.

  34. anggiwirza says:

    boleh tau dari segi kekuatannya gimana ya ketika kena “congkelan” pas ganti ban?

    • jopir says:

      asal sebelum pengecatan si velg benar2 terbebas dari minyak dan kotoran, plus proses pengecatannya pun tipis2 per layer, kekuatannya mantab bro, lecet sh iya karna besi ngadu besi, cm kl sampe ngelupas sebongkah sih nggak.

      Saran nih bro, mau cat ori atopun hasil semprot ulang, kl ganti ban usahakan di tempat2 yg punya alat nya bro, sayang velg luka2 kl dipaksa buka pake linggis :D

  35. sandy says:

    kalau pakek cat dasar gmna pakek poksi

  36. Revi Virtz says:

    wah pencerahan banget nih gan,,, soalnya baru aja motor ane kena paku, trus velg putih ane luka2 di congkel linggis, banyak banget… jadi kurang imoet lagi… hihihi
    thx ya bang jopir…. bener2 creative….

  37. Donny says:

    bang jopir itu pake pylox ya? kalo masih mulus apa perlu di amplas semua?
    thanks

    • Donny says:

      sama tanya 1 lagi, cat clear laquernya yang 400cc habis untuk berapa velg?

    • jopir says:

      kl mmg msh mulus bgt gak usah diamplas, cukup pastikan permukaannya bersih dari kotoran dan oli.

      kl pengalaman gw, clear 400cc itu buat 1 velg kelebihan, tapi untuk 2velg gak cukup.

  38. okto sandry says:

    Bagus ya vlelg racing tu warna vixion aq pun biru tapi cocok lh ya vixion veleg putih bersih

  39. rikz says:

    Bro mau tanya, cara bersihin cipratan oli yang ada d velg gimana bro? Soalnya ane juga pake velg putih
    -
    Mohon tips juga untuk perawatan velg putih

  40. jundra says:

    thanx bgt bro udah berbagi…gw banget nie…

  41. waduh mantap nih, bener2 tahan lama gan cat dasarnya gak di kelupas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s