Turunin Shock Depan Yamaha Vixion | Haram-kah??

Posted: 6 January 2010 in Computer Software
Tags: ,

Seperti yg disesalkan banyak orang, Yamaha Vixion emng tercipta cingkrang, mungkin sesuai dengan cc kecilnya, tampilan pun gak bisa dibuat gambot dengan alasan performa mesin.

Yasudahlaha, apa mau dikata.

Yang penting secara teknologi, vixion emng unggul, kl masalah penampilan.. Inilah saatnya kreatifitas user diuji.. :D

Ada satu cara simple dan tanpa biaya untuk ngatasin masalah cingkrang nya tampilan si vixy, yaitu dengan nurunin beberapa centimeter garpu shock depan. Hasilnya, vixy terlihat lebih tebal di bagian depan. Tapi jika berlebihan ada efek negatifnya lho..

[masa sih??]

Iya, betul bgt

1. di bagian dada vixy terselip radiator yg dalam kondisi pengereman ekstrim siap ngehajar bagian belakang spatbor roda depan.

2. shockbreaker depan butuh ruang gerak minimal agar berfungsi maksimal, kl kita langgar, sewaktu ngerem si gagang pengunci  shock bakal mentok ke tabung shock, bisa bikin karet pecah plus resiko pergelangan tangan keseleo karna benturan keras.

[Trus biar tetep turun tapi tetep aman gimana..?]

untuk yg stang nya masih standar [belum ditinggiin pake raiser], gampang bgt, cukup pelorotin garpu shock depan sampe mentok / nempel ke stang. Dengan jarak ini telah teruji gak ada resiko radiator bocor ato keseleo krna ruang gerak shock tetap gak dilanggar.

Kl yg udah pake raiser, monggo dilepas dulu raisernya buat patokan, setelah shock melorot monggo dipasang lagi.

[cara nurunin shock depan gmna?]

Mudah dan tanpa biaya.

1. Siapkan kunci L dan kunci 14 dari kantong peralatan di bawah jok.

2. Sesuai gambar diatas, kendorin baut pengunci yg ditunjuk panah di kanan dan kiri garpu shock. [gak perlu sampe dilepas].

3. Tekan rem depan, trus dorong motor kearah depan sampe shock melorot dan nempel ke stang.

4. Kencangin kembali keempat baut tadi.

5. Siap2 lihat hasilnya dengan senyum manis. :D

.

[Yakin aman..?]

Iya dunk, blog gw gak pernah mengada2, buktinya :

Gw pake buat stoppie,

logikanya ini adalah pengereman paling ekstrim dimana shock depan dipaksa kerja paling maksimal.

Nyatanya shock gak mentok, masih bekerja optimal, tanpa efek samping.

.

[Gimana kl gw pake raiser dan shocknya gw turunin lebih rendah?]

Jangan deh, gw udah coba liat batas minimal ruang gerak shock sewaktu stoppie, dengan ukuran mentok stang aja cm sisa < 1cm jarak antara pengunci shock dan tabung shock.

Kl ditambah lagi, takutnya lagi jalan trus ngehajar lubang gede, shock nya mentok, bisa resiko patah tangan lho :(

.

[Riding Style nya gmn? Bikin pegel gak?]

Logikanya motor emng jadi lebih nunduk, tapi perubahannya gak banyak kq, sama sekali gak ngerubah riding position.

.

So Haram-kah?

Kl kata gw sih Sunnah Muakad :D. Kelebihannya, vixy terlihat lebih tebal jika dilihat dari depan maupun samping. Mau lebih terlihat lebih? silahkan ganti stang ori vixy ke stang ninja [review nya klik disini] atau stang jepit.


Artikel Oleh :

jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Please rate & leave a comment if you like this article, i’ll really appreciate it =-

About these ads
Comments
  1. v-ultimateride says:

    pertamaxxx

  2. mawan says:

    wah, ane gagal pertamax!
    bro jopir, kalo udah di turunin stangnya trus di bawa jalan jauh n macet, pwegel gak tuh?

  3. jopir says:

    @ v-ultimateride : wkwk
    @ mawan : taun baru maren ane touring bekasi-ciwidey aman2 aja gan, dulunya jg bekasi-anyer tetep nyaman2 aja.

  4. Ikram says:

    Alo turunin shock depan truss ganti setir,,,otomatis setir kandas d tangki dunk,,,ahahaahah,,,
    Sya slh satu korban,,,terpaksa pmbts gerak setir d potong dikit,,,pke betel,,akakakaakk

  5. thepenks says:

    vixi gue turunin tambah pegel

  6. jopir says:

    @ thepenks :

    hehe.. biar pegel yg ptg gaya.

  7. Andy says:

    ati2 bro… vixi g baru 10 bln bocor silk yg kirinya gara2 nurunin shock ampe mentok stang..

    skrg g cari aman aja nurunin shocknya +- 9mm

  8. jopir says:

    @ Andy :

    mungkin berat mas diatas 60kg ya? saya lupa nambahin di artikel kl bobot gw cm 60 kg, shock masih bekerja optimal tanpa mentok karet tabung, jadi tetap aman walo sampe mentok stang. Trims masukannya mas.

  9. inan says:

    sip!!!
    wa stuju ma bro jopir… wa dah nurunin shock na n dah pake 1 taonan, smpe skrg aman2 ae!!!
    buat bro jopir ths ulasan2 na, wa slalu bc ulasan2 bro sungguh sngat membantu… ^_^
    sukses slalu bro jopir!!!!

  10. dikadua says:

    kunci L nya ukuran brapaan kang?
    mesti pake kunci L buatan jerman yah??
    gw ngeri slek tuh kalo pake sembarang kunci L

  11. dinwahyoe says:

    hy mas jopir!!salam kenal Q wahyu, wah mas q boleh nanya nanya gak?coz aku masih tergolong orang awam nih!! mas yang di sebut
    raiser itu yang mana? motor v-ixion punya aku juga di turunin stank nya…sama persisi lah kaya gambar di atas, yang gambar di atas di tambahin raiser gak??

  12. jopir says:

    @ dikadua :
    Kunci L nya pake yg bawaan vixy aja bro, kan dikasihnya 2 ukuran tuh, nah pakai yg gede. nanti pakai kunci busi aja untuk perpanjangan lengan kuasa biar bukanya gak perlu tenaga ekstra.

    @ dinwahyoe :
    Lam kenal bro, thx buat kunjungannya.
    Punya gw tanpa raiser bro. Raiser itu,
    klik disini. Tapi jgn liat ligkaran merahnya, liat aja penjepit stangnya, nampak lebih tinggi dari biasanya kan? nah peninggi itulah yg disebut dg istilah raiser.

  13. Dhian_putra says:

    Ass. Bang jopir
    Q mw tx ne
    Lo vixion shock dpanx dksh absudon bsa ga y ?

  14. jopir says:

    ^ Dhian_putra :
    Bisa bgt, udah byk yg berhasil ngaplikasiin di vixy nya kq. Ini salah satu contohnya.[gambar klik disini]

  15. Bagus says:

    Bang jopir, vixy sy tuh pengen pke stang ninja yg jepit, artikelnya ada ga bang?

  16. jopir says:

    ^ Bagus :
    Duh sori belum ada tuh, soalnya artikel dsni berdasarkan barang yg udah gw coba, berhubung gw masih comfort pk stang batangan jd artikelnya belum bisa tayang tuh bro..

    Mungkin lain waktu kl gw keracunan stang jepit pasti nongol deh..

  17. cims says:

    lam kenal bro,,
    mau minta masukan nih,,,
    strip buat vix bagus nya gmn y..?cz strip bawaan dealer gk sporty dah,,hehe
    vix gw warna item,,
    bagusnya strip gmn yea..?thx sblmnya…

  18. jopir says:

    ^ cims :
    Yup, lam kenal bro. Thx buat kunjungannya kemari.
    Ni ada foto punya bro Alwi, mgkn bisa jadi referensi
    [foto]

  19. cims says:

    hmmm……
    lumayan c wat referensi,,
    phy tampilan foto nya gk dari samping,jadi gk bisa lyt badan’y,,klo dlyt dr bokong c bagus,phy gk klytan sluruhnya,,,xixiixxi..

    klo bisa klytan ksluruhannya,,

    tq bantuannya bro,,,^^

  20. tyok says:

    gan q mo tany??? kl shock dpn vixion diganti, bagusny apa z??? sxan jenis-jenis shock… thx be4

  21. jopir says:

    ^ tyok :
    Bagusnya pake upsidedown bro, tinggal sesuaikan diameter tabung shock dengan ukuran ban depan yg dipake sekarang, biar kesan kekarnya dapet. Bisa pake limbah moge atau variasi.

  22. KHENTHI says:

    salam kenal bro
    berat badan saya 75kg, trus supaya lebih aman nurun shock nya segimana ya mas??
    makasih sebelum nya

    • jopir says:

      Simple bro, pentokin aja sampe ke stang, segitulah amannya.
      Mohon kedepannya kata2nya dijaga ya, gw cuma manusia, punya kesibukan kayak manusia normal lainnya, gak melulu mantengin blog ini :D

  23. Anonymous says:

    Klo nurunin shock blakang gmana mas bro??salam persahabatan

    • jopir says:

      waduh kl nurunin yg belakang mesti bikin plat baru bro, plat yg gw mksd adalah plat yg kayak boomerang di shiock belakang.
      Dibikin ulang jarak antar lubangnya lebih panjang jadi motor lebih rendah.

  24. andri says:

    gang, klo mau nurunin shock depan kiria – kira berapa cm ya yg aman…

    • jopir says:

      Amannya dipentokin aja sampai batang stang bro,
      *tp stang masih standar dan tanpa raiser ya..

    • ANas says:

      berarti blum diotak atik dari awal mas…

      aku anas mas salam kenal ya….

    • jopir says:

      salam kenal bro, yg gw maksud standar adalah stang masih ori dan belum dipasangin raiser.
      kl kondisinya kayak gini, turunin aja batang shock sampe mentok dgn stang, sgtu masih aman.

  25. White vixion says:

    Hallo bro jopir Striping ori vixion th 2011 bisa beli di mana ? Dealer resmi ato di mana ya ? Thx ya..mohon infonya
    Whitevixion.wordpress.com

  26. nankz says:

    Broo jopir mau tanya , raiser ada ukuran ya gk ,, gw pengin turunin shok depan ya anpe mentok , tpi ganti raiser biar gk pegel menurut broo jopir aman gk ? Mohon penjelasan ya

  27. oksen says:

    Mas.. mau tanya

  28. jhon says:

    mas bro mw tanya jarak aman antara pengunci shock nya sma tabung shock ny brp cm(centimeter)..??
    paling rendah ny mas bro…
    cz sya jg mw nurunin shock dpan vixion ane….
    tlong bntu y….

    • jopir says:

      ini berbeda tiap motor bro, enaknya gini, di area yg bro sebutin td lumurin pk oli, trs ajak jalan deh sambil coba segala medan dan rem ekstrim. nanti keliatan tuh area main naik turunnya tabung shock sampe sgimana, tinggal sesuaikan turuninnya jangan melebihi area itu.

  29. ari says:

    Bro.. kamu org mana..?? seandainya km ada d daerah sy.. mending suruh pasang ama km aja bro.. hehe

  30. aiddhil says:

    bos mau tnya, kalo udah diturunin shock nya ditambah oli shock lagi gak? n nambahnya berapa ml?

  31. Jamall says:

    Ass.juragan untk new v’xion 2013 pngerja.an sma gk ?al’y di.liat gmbr”y itu v’xion yg lama contoh’y !!?

    • jopir says:

      prinsipnya sama aja. cm besaran turunnya yg mgkn beda.
      kl di old vixy, dipentokin sampe stang jg masih aman. Kl di NVL ane gak punya barangnya, blm tau infonya jg, jd lum bisa kasih gambaran sgimana mksimal turunnya

  32. mas uud says:

    gmana carax untuk nurunin sok depan sampek lebih dari 5cm, apa aja yang perlu di ganti.. berat gue 70kg..

    • jopir says:

      mau turun banget?
      gimana kl bukan turunin shock depan, tp pendekin per dalemannya shock depan bro, cm resikonya ya manggut2 depan berkurang, agak waspada kl bawa dijalan

  33. anom says:

    gan, brp cc oli shock vixion per tabung??

  34. Anonymous says:

    Mantap info’y

  35. stang ninja says:

    bang q mw naya? masalah gak klau si vixi pake stang ninja kalau sochk y di turunin

  36. ariev_dunkta says:

    bang motor ane ko kalau lewatin polisi tidur bunyi jedug2 ya, ane curiga di per shocknya, tapi mekanik beres ttp kekeh kena komstirnya, alhasil ganti konstir kena 246rb, tapi ttp aja kalo lewat poldur bunyi jedug, tak lihat bekas rebon shocknya mepet bgt kalo di pake hard braking, kalo ganti per shock kena brp ya bang? km motor ane baru 20rb KM

    • jopir says:

      bunyi jedug asalnya dari depan y?
      paling cb dipastiin lagi jarak main shock depannya, colek gemuk ato oli biar bekasnya terlihat jelas, trs coba hard braking ato lewat poldur lg. kl ternyata mmg gak sampe mentok, coba cek di spakbor depan, di bagian belakang (bawah radiator), cb cek ada bekas lecet ato apa gt, mgkn jedugnya akibat radiator ngehajar spakbor.
      kl gak ada jg, mgkn ada part2 aftermarket yg pemasangannya kurang sempurna, terutama di depan semisal, dudukan plat nomor, cakram depan, cover radiator ato bahkan spakbor depan. semuanya punya peluang bikin suara2 aneh.

      kl untuk per shock relatif murah bro, bisa dicek di http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts

  37. Anonymous says:

    gw udh coba gan. lumayan lh bkn gw agak pd dkt klo lg nunggangin si vixy

  38. Anonymous says:

    Gan berat ane 80, kan kalo misalnya shocknya diturunin sampe stang apa ga keras tuh shocknya kalo misalnya ada lobang ato polisi tidur ? Thx gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s