Review : Penggunaan Gear Belakang Scorpio (44) di Yamaha V-Ixion

Posted: 29 October 2009 in About Vixion, Tips & Trick
Tags: , , ,

yamahaSeneng dandanin tampilan vixion, pasti salah satu hal yg dilirik adalah sektor kaki2, mulai dari ganti velg lebar hingga ganti ban besar biar tampilan cingkrang vixy bisa jadi gagah.

Semua sah2 saja, namanya juga selera, tapi yang jadi masalah, dengan adanya perubahan tsb, brrti ada perubahan bobot velg+ban, dan lazimnya, velg racing aftermarket bobotnya jauh lebih berat dari velg ori nya vixy, begitu juga dengan ban, makin gede tentunya makin berat. Alhasil, performa mesin menurun, motor terasa “ngeden” kalo dipake jalan.

Nah buat yg ngalamin hal ini gw punya trik yg aman plus murah meriah buat ngatasin hal ini. caranya

gear sepedaPrinsipnya sama kayak sepeda gunung [mountain bike] yg [normalnya] punya 3 gear di depan dan 6 gear di belakang yg ukurannya bervariasi mulai dari yg kecil hingga besar. Kalo kita pake ni sepeda, tentunya kita mulai dengan gear belakang paling besar, lalu secara perlahan2 diganti ke ukuran gear paling kecil. Hasilnya kita pun gak perlu capek2 ngayuh sepeda sekuat tenaga, alias sepeda jadi berasa ringan dibandingin dengan ngayuh sepeda BMX yg cuma punya 1 gear. Tapi efek lainnya, dengan gear belakang ukuran besar akan sulit dicapai kecepatan maksimum, akan jauh lebih mudah ngebut kl pake gear belakang kecil. 8)

Nah gitu juga di vixion,

insinyur Jepang dah capek2 bikin itung2an ukuran besar gear depan dan belakang yg pas dengan bobot ban+velg ori. Salut buat mereka yg dah nemuin ukuran pas nya, jadi antara akselerasi dan top speed bisa diraih secara maksimal.

Nah berhubung ban+velg ori udah diganti dengan yg aftermarket yg beratnya naudzubillah, berarti ukuran gear juga harus diitung ulang dunk.

Ukuran gear standar vixy adalah

Depan = 14 mata gear | Belakang =42 mata gear

Atau bisa dibilang rasionya = 42 : 14 = 3

Nah berpedoman dengan prinsip sepeda gunung tadi, jadi simple nya tambah gedein aja ukuran gear belakang, karena

Top speed / Berat << Rasio Normal [3] >> Akselerasi / Ringan

Dari itung2an gw yg bukan insinyur :) , gimana kl gear belakang diganti ma punyanya Scorpio

Depan = 14 mata gear | Belakang = 44 mata gear

Rasio = 44 : 14 = 3,14

Kenapa gear scorpio :

1. Bisa naikin rasio sebesar 0,14 yg gw pikir cukup untuk bikin ringan [kayak standar] tarikan tapi gak bikin top speed turun.

2. Gear dan rantai ada banyak jenisnya, nah yg paling mendekati secara dudukan baut, ketebalan gear dan jenis rantai yg dipake adalah scorpio. (Tipe 428).

Review :

ganti gear vixion

Tentunya semua artikel ttg vixion di blog ini udah gw cobain di vixy gw, biar gak dibilang asal ngomong :D

Buat yg pengen cobain monggo ikutin langkah2 berikut.

Persiapan :

Tentunya yg harus disiapkan adalah Gear Belakang Scorpio, sayangnya, untuk gear original [merk SunStar] gak bisa dijual ketengan /per part, alias harus dibeli utuh satu set [Gear depan, Gear Belakang dan Rantai] seharga hampir setengah jut. wew…

Buat ngakalinnya, bisa coba produk Indopart, gear belakang scorpio dijual seharga Rp 45rb saja :)

gear scorpio

Pemasangan :

Gak ada yg perlu dikhawatirin soal pemasangan, karena gear scorpio bisa plug n play dipasang di vixion. Dari dudukan baut, ketebalan bahkan design nya sama persis. Kakak-adik sih ya.. Yang beda cuma jumlah matanya aja.

gear vixiongear scorpio1

Buat yang udah terlatih bongkar2 roda belakang sih penggantian pasti gak lebih dari 15 menit.

Efek Samping :

Buat yang ngerasa khawatir dengan efek samping dari penggantian, tenang aja bro.

Scorpio pake rantai tipe 428V dan jumlah rantai sebanyak 118 buah.

Vixion pake rantai tipe 428HD dan jumlah rantai sebanyak 120 buah.

Yang perlu disoroti adalah bahwa kedua motor ini menggunakan rantai Tipe 428, artinya ukuran jarak bagian dalam antar plat rantai adalah sama.

Jadi walaupun hanya ganti gear belakang aja [gear depan dan rantai pke ori vixy] gak akan ada masalah.

H dan V hanya simbol jenis rantai, yaitu dengan sistem O-ring atau Biasa dan kode beban maksimal yg mampu ditahan rantai agar gak sampai putus.

Hasil :

Vixion gw pake Velg Power 3.5″ dan Ban Bridgestone Battlax BT45 F=100/80 R=120/80, Busi Denso Irridium IU24, Pertamax.

Setelah pake gear belakang Scorpio, masalah “ngeden” udah bisa diatasin, sekarang tarikan awal udah bisa dikatakan sama kayak Vixy standar.

Untuk Top Speed [pengetesan terakhir di gatot subroto pkl 23:45 WIB] dapet di angka 120kpj.

Whoalaah.. It Work :D

by : jOpiR

www.kisanak-jopir.co.cc

-= Don’t Forget to Leave a Comment if  You Like My Post =-

About these ads
Comments
  1. V-ultimateride says:

    Nice inpoh gan! Btw pertamaxx nih…

    Kaskus mode: on

  2. Ikram says:

    Gnti jg akh klw bgt

  3. rdp says:

    knp yg depan nggk nyoba ganti gear 15 bro..??
    kbanyakan temen2 di forum yg dah ganti velg + ban gambot pake gear 15/44… tp nggk tau deh, enakan mn 14/44 atau 15/44?? mungkin 14/44 menang di topspeed, 15/44 menang di akselerasi CMIIW

  4. jopir says:

    @ V-ultimateride :

    haha.. di blog ini gak rame kq.

    @ rdp :

    Harusnya sh secara teori
    15-44 . Rasio = 44/15 = 2.93
    14-44 . Rasio = 44/14 = 3.15
    sementara standar vixy 14-42. Rasio = 42/14 = 3.00
    Pedomannya makin besar rasio makin ringan & makin turun top speed.

    Dengan kondisi mesin standar, harusnya dengan 15-44 malah bikin tambah berat, tapi top speed naik.

    Mungkin anak2 di forum pada pake part penambah tenaga semisal knalpot racing, busi iridium, dll. Alhasil tenaga motor bertambah, jadi dengan rasio segitu juga [2.93] motor ttp enteng kayak standar, tapi top speed melebihi standar.

    • amietsathya says:

      mas jopir kalo pake gir 14-44 trus ban belakang ukuran 130/70-17 gmana?? saya liat gir daytona duralumin ukuran 44 buat scorpio itu gmn bedain asli ma palsu??

    • jopir says:

      pengalaman gw ganti ban 120/80 di vixy plus velg, ditambah pengalaman pake ban 140/70 di byson velg standar. Yang bikin berat itu sebenernya velgnya, brrti antara ban 120/80 dan 130/70 sebetulnya beratnya relatif sama. brrti hasil penggunaan gear 44 mirip kayak artikel ini.

    • amietsathya says:

      makasimasjopir,atas pencerahannya..sy coba dl…tp mslh gir daytona gmncaranya??

    • jopir says:

      kl ciri2 gear daytona ori ane jg lum pnh tau bro, paling patokan sama harga doang, gear import harusnya harganya agak irasional.
      if something too good to be true, there’s something wrong with it :D

  5. adik asuh says:

    “Buat yang udah terlatih bongkar2 roda belakang sih penggantian pasti gak lebih dari 15 menit.”

    bener tuh kak, kemaren aku bantuin temenku yg ganti gear ituh. ya bener sih, perkiraan 6menit lepas roda, 3 menit pasang gear, 6 menit lagi buat pasang rodanya lagi, total 15 menit…

    ternyata, perkiraan 6 menit terakhir meleset jauh ampir jadi 2 harian…

    so, lebih baik inget2 dulu posisi before ma afternya, biar ga salah pasang..hehe

    salam hangat dari tiger-rider

  6. jopir says:

    @ adik asuh :

    waduh pasti temennya adik asuh orangnya gegabah dan tidak welas asih tuh..
    wkwkwk :D

  7. V-ultimateride says:

    Tambah irit gk bensinnya?

  8. jopir says:

    @ V-ultimateride :

    Kl teorinya sih pasti lebih irit, tp gak kan jauh bedanya, krna soal irit lebih ditentuin dari karakter rider waktu berkendara.

  9. mulpio says:

    gear belakang vixi masih ada???
    ane bayarin leh kaga???
    buat kalajengking ane nieh . . .
    pengen lebih ngacir . . .

  10. jopir says:

    @ mulpio :

    Mau tebus berapa gan? kl menggiurkan bole juga tuh :D

  11. v-ultimateride says:

    @jopir
    perlu nambah mata rantai gk tuh? khan mata gearnya bertambah?

    • jopir says:

      @ v-ultimateride :

      oh ya, lupa dimasukin di artikel.
      mata rantai gak perlu ditambah kq selagi kondisi rantai udah rada molor. Patokannya kl kayak gw awalnya udah di angka 3, bgitu ganti jadi balik ke 1 lagi.

  12. the masz says:

    klo vixynya msh baru gmn bos?

  13. jopir says:

    @ the masz :

    Kl msh baru brrti stelan arm masih dibawah angka 3 ya? bisa aja sih dipasang gear 44 tp nambah jumlah rantai, yg aslinya 120 mgkn bisa ditambah jadi 122 ato 124

  14. BarBar says:

    Gan, klo ganti gear belakang pio trus ganti rante TK tp gear dpn msh pake yg lama (standar vixy) maknyus gak?? Blh dong diberikan petromax….

  15. jopir says:

    @ BarBar :

    Gak masalah bro, asal rantai TK nya pakai tipe 428 juga.
    btw rantai ori Vixy tu D.I.D lho.. gak sayang..?? :D

  16. dikadua says:

    gw mau bli vixy nih…
    n gw sangat tertarik dengan gaya kang Jopir buat “dandanin” si viXy….

    dalam topik ini mau nanya donk..

    1. kalo ganti gear scorpio, ganti Rante juga gak? gak perlu ganti 1 set gear scorpio khan?

    2. untuk gear scorpio berapa budjetnyah???

    3. buat ganti gear, rekomend bengkel yang okey dimana yah??
    gw di pd. Bambu, Jaktim

    vivaVixy….*terdengar seperti brand kosmetik yah??

  17. jopir says:

    @ dikadua :

    Trims bro, senang rasanya bisa ngeracunin orang lain, wkwk
    1. Gak perlu
    2. Ada di artikel, silahkan disimak lagi
    3. Gw maren ganti sendiri, gampang kq.
    Moga bisa membantu.

  18. joko says:

    bos mo nanya nih..ganti rantai vixion harus buka as swing armnya yak…mohon petunjuk
    thx

  19. joko says:

    nanya lagi…trs gear depan vixion sama gak ama punya nya ninja r/rr…

  20. jopir says:

    @ joko :

    iya bro, ato kl nggak rantainya digunting, karena rantai asli vixy gak ada sambungannya.

    Gear depan vixy pake mata 14 untuk rantai tipe 428. Kl ninin sori gw kurang tau, asal sama2 428 sih gak masalah,itupun kl lubangnya pas.

  21. ardian says:

    tkanks bos. ane da coba ne.
    gir depan ma rantai indopart standar vixi, 14+428. setelan rantai 3 mata di bawah angka 1.
    gir belakang 44 merek MB. ane pake MB, soalnya indopart ga jual gir eceran kata penjual di sputaran Cinde.
    wussss…
    tarikan ringan banget.
    gir belakang yang bagus mark apa y kira2?

    • jopir says:

      @ ardian :

      hahai cinde.. dah lama gak hunting dsana.
      Kl mau sih pake SunStar [ori yamaha] tapi mau gak mau hunting barang copotan, krna SunStar jual paketan.
      Atau beli Indopart di toko Sparepart [toko Teman Baru di perempatan IP misalnya], dijual ketengan kok.
      Atau pake Sinnob.

  22. Adian says:

    makasih atas infonya, ane da coba tanya di Teman Baru… tp indopart ga ada yang di jual eceran. pilihan mungkin ke Sinnob aj.

  23. jopir says:

    @ Adian :

    Oo gak mau ketengan jg ya..
    mungkin kl mw pake Indopart tunggu AMX masuk palembang deh bro, AMX jadi distributor resmi produk Indopart & Bridgestone Battlax, yg produk indopart bisa ketengan sama kek yg gw pake.

    Si SINNOB kan paketan juga tuh.
    Mungkin kl ketengan bisa pk produk TK bro, sering dipake di balap luar negeri, kualitas wahidlah, cb di toko variasi yg agak gedean.

  24. izal says:

    jual im8 4 power + koil 5A for vixion…baru pake 1 bulan..02191053680

  25. Firas says:

    mau jual im8 + koil brp tuh ?

  26. Afriandi says:

    Ada yang tau gak dimana jual rantai DID 428H-120 Gold utk V-Ixion?

  27. jopir says:

    @ Afriandi :

    Dah coba bonjer III n otista bro?

  28. giovanni says:

    sob mo nanya nie. . .
    misal vixi pake tromol belakang scorpio bisa langsung klop ap harus pake bubut2 segala???
    vixi gue mo gue ganti velg ruji,. .
    depan gue pake tromol ninja belakang nya gue bingung pake ap. . .
    tolong bantuan nya sob . . .
    thx

  29. jopir says:

    @ giovanni :

    Wow, gw jg lagi kepikiran bikin kayak gt tuh..

    Yang gw tau sih tetep harus bubut utk bos bro, krna pasti gak sama persis sama bos asli, tapi udah ada yg jual 1 set kok. Tromol depan plus disc, tromol belakang plus disc, bos, jari2. Jadi tinggal beli rim velg sama bawa ke tukang stel jari2, trus lgsg teplok di vixy bro..
    >

  30. ion says:

    lo ganti gear depan v-ixion plae scorpio biza ga?

  31. jofunky14 says:

    Bro,

    Rantainya scorpio itu pakai sambungan ato O ring seperti Vixi ya?, berarti kita bisa ganti rantai vixi dengan scorpio donk ya? dengan catatan pemakaian gear 14-44.

  32. jopir says:

    @ jofunky14 :

    Kl spec detilnya jgn dpermasalahkan, Oring, sambungan, semua ada lebih kurangnya. Poin penting antara vixy dan pio adalah ukuran rantai nya sama2 428, bedanya cuma ukuran kekuatannya aja.
    Kl mau pakai rantai pio di vixy? silahkan, walaupun masih 14-42 gak ada masalah

  33. Cal says:

    Bro jopir, gw ska sm artikelx, mantap bgt :-) bro gw mau nanya pendpt bro jopir, mtr vixi gw udh dignti ban dpn fdr 90/80 dan blkg irc 120/70 velg msh ori, stlan arm udh di 4. Apakah hrs gnti rantaix dan gear blkg or cuma di pasang gear belkg punya pio, mohn saranx bro…

  34. jopir says:

    ^ Cal :
    Trims bro
    Cukup ganti gear nya aja.
    Tp ingat, penggantian ini tujuannya untuk bikin akselerasi tetap seperti kondisi ban standar, [dgn asumsi penggantian ban mengakibatkan bobot ban bertambah dan akselerasi menurun], tapi resikonya top speed turun, katakan dg gear standar bisa sampai 130kpj, dg gear pio paling hanya 110kpj.
    Nah tinggal bro sendiri yg nentuin, pilih top speed atau akselerasi?

  35. Cal says:

    Thn’x bro jopir ats sarnx, gw gnti rantai sja.. Tpi merek apa ya bro yg bgs buat vixi

  36. jopir says:

    @ Cal :
    Sori bro gw salah tulis, otak ma jari gak sinkron, jd gw ralat komen sebelumnya.

    Intinya gini bro..
    Kl bro ngerasa ada perubahan akselerasi dan risih sama hal itu, silahkan ganti gear pio. Tp kl nyaman2 aja, tetap gunakan gear standar juga gak apa2.
    Kl misal mau ganti rantai dg yg lebih kuat, bisa gunakan merk TK atau D.I.D [merk ori rantai vixy], yg penting tipe 428, ukuran kekuatannya, spec rantai pio bisa jadi pilihan.

  37. mawan says:

    wah,, jadi kepikiran bwt ganti ni.. tarikan vx jadi lemot gara2 ban gambot.. cocok banget bwt gw yg cuma make motor bwt sehari2 ngampus. ada efek negatifnya gak bro selain top speed yg nurun? TK 44 mata 95rb, mahal ya, tp mumpuni gk ya?

  38. jopir says:

    ^ mawan :
    Selain itu gak ada bro, aman surahman selama gw pake.
    kl TK sih kualitasnya , kl mau pahe bisa pk indopart kayak yg gw pake [45rb].

  39. asurya says:

    nanya nih bro… kira2 gear set kita ganti yg 520 bisa ga ya?
    udah desperado pake yg 428 …molor terus

  40. jopir says:

    ^ asurya :
    Kl 1 set sih oke2 aja bro, asal lubang baut dan rasionya pas aja.

  41. bd_mo says:

    waduh gag bisa di pke jalan jauh nih bro,,,ngejar vega r ja vixy jdi keringatan

  42. jopir says:

    ^ bd_mo :
    Mungkin bukan gak bisa jalan jauh, tapi gak bisa dipakai nge-drag trek panjang kali ya.
    Hmm.. ribet juga sih, karna akselerasi gak bisa sejalan sama top speed seperti yg disebut di awal artikel.
    Untuk gw, krna biasa dipakai di perkotaan yg karakter stop n go, jadi gw lebih pilih korbanin waktu untuk dapet top speed demi ngejar tarikan awal ringan.

  43. bd_mo says:

    iya jg sih bro,,klo di pake dlam kota sih oke bgt dah,,cuman klo perjalanan jauh harus bersabar dan trus bersabar,,,klo gear depan pke yg 15 mata, hasilnya gmna? 1 lg gear depan pio mata brpa?

  44. jopir says:

    ^ bd_mo :
    Hehe.. kl luar kota selagi jalan 80kpj okelah, tp kl diatas itu give up dah.
    Gear depan 15 baru mau dicoba. Kl pio gearnya 14-44

  45. bd_mo says:

    iyuppp bro bener bget, cuma smpe 80kpj aja,,klo dah dapat gear 15 tlong di posting ya bro,,,klo gear 15 biasanya yg pke mtor apa? trus yg cocok tuk vixy apa?

  46. jopir says:

    ^ bd_mo :
    banyak sih di pasaran, indopart ma TK juga jual, tapi katanya sih gak semua baut kepasang, serem.

  47. sigit says:

    kalo setting gear scorpio..motor sy berat bgt..secara ban gede velg lebar..gimana ya biar enteng..mohion bantuannya gan……thanks

  48. indra says:

    Om mohon saran&bantuan’a soal’a gk ngrti sma skali soal gear…ane ad rencana ganti ban ukuran 150 nah gear ap yg co2&ukuran brp om supaya tarikan gk berat…thanx

  49. jopir says:

    ^ sigit :
    Sama bro, naikkan rasio, cuma masalahnya kl vx bisa pake punya pio, nah kl pio pake punya apa ya?? hehe.. custom kayaknya, special request ke SINNOB misalnya.

    ^ indra :
    Wow 150 di vx, gak kasian mesin bro? :D
    kl yg gini mesti riset bro, pelan2 aja dicoba naikkan ukurannya perlahan, untuk pastinya gw jg gak berani pastiin.

  50. indra says:

    Ganti gear set 520 bs gk om???

  51. jopir says:

    ^ indra :
    Nggh.. kl niat sih bisa aja bro, ganti 1 set, trs gear dilubang ulang biar pas sama dudukan yg sekarang.

  52. moerdy says:

    mksih banget bro artikelnya..tp ak blm coba nich..udh ganti ban sesuai resep si bro jopir..BT45 100/80 F, 120/80 R velg Power. rencana mau nurunin shock belakang, trus mau ganti gir “scorpi”..soalnya kaget..biasa pagi2 bisa kenceng, eh..jadi berat banget..kira2 perlu nambah rantai gak yach..? thanks bro

  53. jopir says:

    ^ moerdy :
    Kl tambah rantai sesuai kebutuhan aja bro, kl rantai aslinya dah rada molor (di angka 3 misalnya) gak perlu tambah kok.

  54. rizky says:

    makasih bro infox..aq sempet bingung buat cari gear yg cocok n bsa ttp ngrasain perform standart vixi..
    cz kaki2 yg gambot di tmbah aksesoris trikanx jd kurang drastis..

    thanks buad infox..

  55. aditya says:

    kalo ger depannya sma ga bro sma vision..
    aku punya scorpio pengen diganti ger ukuran 13 buat depan

  56. Yonkx says:

    Bro,gw mw tnya nich, , ,
    Gw udh ganti ger.nya tp kok rasanya brat y?
    Standart(14:42) gigi 5 gw dapet kcpatan 60kpj d rpm 4200. . .
    Tp bgtu gw ganti(14:44) gigi 5 gw dapet kcpatan 60kpj kok d rpm 4600an y?
    Knp y? Mohon pencerahan.nya

  57. jopir says:

    ^ rizky :
    Sama2 bro, moga bisa jadi opsi buat ngatasin masalahnya.

    ^ aditya :
    Scorpio n vx gear depannya sama persis bro, ukuran 14 tipe 428.

    ^ Yonkx :
    Iya bro, konsekuensinya gt, karna rasio nya bertambah besar, jadi di enteng di awal, tapi kl udah kec menengah gt mulai terasa efeknya, sebaliknya misal rasio gear lebih kecil dari standar, dgn rpm yg sama bisa lari hingga 70, tapi awalnya berat.

  58. Ardian says:

    Met hari raya Idul Fitri bro semuanya.
    Bro Jopir, mau tanya ni.
    Lebih bagus mana kualitas Sinnob dg gir ori vixi. Coz di Palembang hrganya 575 rebu.
    Thanks sbelumnya…

  59. jopir says:

    ^ Ardian :
    Thx bro, mohon maaf untk segala salah2 kata.

    Utk kualitas tentu lebih bagus ori bro, terutama gear depannya, punya sinnob cepet kalah, tapi yg belakangnya oke juga.

  60. Alwi says:

    Bro mw nanya nih..
    Gear dpan pio ma vixi sama juga nda??

    1 lagi, kalau mau top speed cpat di capai harusx kombinasi gearx brapa?? Motorku pio… Soalx kalo gear standar btuh jarang panjang buat capai top speednya…

  61. jopir says:

    ^ Alwi :
    Gear depan vx n pio sama bro.
    rasio harus diperkecil, tapi otomatis tenaga juga harus ditambah biar ngisi bawahnya.

  62. Indra says:

    Bro, kalo pio gw pake gear dpn 13 blakan 44… Gimana tu bro top speednya cpt ga bro??

  63. jopir says:

    ^ Indra :
    Biasanya yg doyan top speed pada pake 15:44 tuh bro, rasionya harus dikecilin, buat ngejer top speed.

  64. greyvixa says:

    bro, ada efek negatif ke mesin gak setelah ganti gear 44? gw dapet rekomendasi 15/44, kalo 14/44 bisa bikin mesin gampang rusak, nah, berubung ente make 14/44 mohon infonya dong bro..

    thanks.

  65. jopir says:

    ^ greyvixa :
    udah 1 tahun gw pake 14:44 aman2 aja tuh bro..
    Mungkin rusak yg dimaksud krna dikhawatirkan kerja mesin jadi terlampau berat atau bahkan terlampau ringan.

    Tp untuk ubahan velg dan ban seperti yg gw lakuin, bikin sedikit ringan kerja mesin dgn 14:44 gak masalah kok bro.

  66. Oka says:

    Bro,velg lebar yg bguz utk vixion merk apa ya?

  67. jopir says:

    ^ Oka :
    Bagus sh Enkei bro,limbah moge,tp harganya jg bagus.
    Kl mau bisa coba pake yg lokal aja, RGV, Power, Chemco bisa jadi pilihan.

  68. d3nny says:

    bro jopir mau tanya nie ? ?
    kalo gear belakang di ganti punya scorpio . . tapi velg masih ori vixi ada pengaruhnya atau tidak ? ? ?
    dan Busi Denso Irridium IU24 . .cara mendapatkan nya dimana bro ? ? ?

  69. jopir says:

    ^ d3nny :
    Jadinya tambah enteng pas mulai jalan bro, dan top speed tetep turun.
    IU24 biasanya di toko variasi yg cukup gede, yg barang2 ber-merk nya cukup byk.

  70. tyo says:

    bro jopir mau tanya nie ? ?
    top speed setelah pake gear belakang 44 brp??

  71. jopir says:

    ^ tyo :
    Dia artikel kan ada bro, lum baca ya..??

  72. hengkikurniawan03@yahoo.co.id says:

    Sementara ini vixi gua sedang memakai gear tk 15/45 bro. Lumayanlah…lumayan berat…wkwk..secara swing arm memakai banana r-pro dgan velg rossi atau yossi palang 3 lupa sudah namana. And segala aksesoris nya. Melihat rekomendasi dari bro jopir sepertinya saya keracunan lagi untuk mencobana.. Tapi budget berikutnya ingin membeli ban 150/60 nya swallow. Kira2 neh bro apakah ban tersebut akan terlihat seperti donat di velg ukurtan 3.5

  73. jopir says:

    ^ hengkikurniawan :
    15/45 ya? secara itung rasio berarti sama aja sama standar 14/42 bro :D

    150/60 di velg 3.5 rasanya gak masalah, coba liat2 modif vixion yg pake fairing deh, yang niru R6 misalnya, rata2 pada pake ukuran 150/X0 di velg 3.5″ utk ban belakang.

  74. surya says:

    saya heran dengan yamaha byson…:
    1. kenapa dengan CC yg hampir sama dg vixi, insinyur jepang kasih velk + ban besar?? rasio girnya brapa?
    2. jadi menrt saya kesimpulanya , kl kita punya vixi yg pke velk + ban gede kaya byson brarti harus pke rasio yg sama dunk?
    3. aku punya ban dpn 100, blkg 120, rasio gir yg pas brapa ? 14 : 44 ato 15 : 45 ?

    Mohon pencerahan gan…trims

  75. jopir says:

    ^ surya :
    1. Beda byson dan vixion adalah, byson lebih ke style, sedang vixion lebih ke teknologi. Wajar kalau diberi ban gambot mengingat tema yg diusung adalah street fighter. Beda dgn New Mega Pro yg katanya Real Street Fighter tapi kakinya cingkrang.

    Waktu test ride, sentakan byson lebih kalem ketimbang vixion, dengan cc yg sama, ukuran ban disini pasti juga jadi penyebab kekalemannya itu.

    Soal rasio gear byson, dia pake 14:40

    2. Ada benarnya bro, tapi jgn salah. Bobot juga menentukan, velg aftermarket tapak lebar beratnya ajegile kl dibandingin dgn velg orinya byson.

    3. Kl gw baru coba 14:44 bro, dan udah cukup puas. Jadi maaf belum bisa komen soal ini.

  76. surya_enzo@yahoo.com says:

    velg byson bisa masuk ke vixi ga ya? P n P ga ya..

  77. jopir says:

    ^ surya :
    Masuk sih bisa aja bro, paling cuma penyesuaian bos/collar biar pas posisinya.

    Yang gw masih ragu dsni gear belakang dan disc cakram depan, kl diliat2 sih jumlah bautnya sama, kayaknya masih bisa dan pas diteplok gear dan disc vixion

    Tp klpun gak bisa, sekalian aja pakai gear dan disc byson jg. :D

    Harga velg byson di webnya F=732rb R=864rb

  78. vixio says:

    pake tromol blakang RX-king ajib,keren..klop di bos,g perlu bubut

  79. jopir says:

    ^ vixio :
    Nais info bro

  80. radhit says:

    salam kenal nih bro semua…
    Mau tnya nih bro,ane kan pke ban dpn 110/70 dan blkng 120/70.
    Klo ane pke gear merk indopart ukuran standart’nya vixion,kuat ga yah…???
    Mksh sblm’nya bro…

  81. eka says:

    salam kenal,ane penunggang vixi asal solo.ane dah ganti ban n velg lebar f:2,50 ban 100/70, r:3,50 ban 120/70,dengan gir 15-42 buat sendiri mesin blm terasa ngeden.tp wkt boncengan mesin kerasa getar semua kyk lakher kruk as kocak.saran ane kalu dah ban gambot n mau enak
    kalu sendiri 15-42 mash ok,kalu jjs sering maen kopling n gi2 pindah2
    kalu boncengan 14-44
    kalu pengen g repot standar aja.sendiri ok boncengan g loyo2 bgt.

  82. win yvc meulaboh says:

    bro jopir, mau tanya ne, my vixi pake ban petak tahu 130/90, pake gear dan rantai asli tenggang 1 bln jd rata semua, trus ganti yg gear blkg pny scorpio dgn rantai bawaan vixi koq gk sama ya? Trus bunyi gesekan dqn berat, mesin cepat panas pun. Kebetulan saya pake tuch motor tiap hr 150 KM plg pergi ket4 tugas dan jln berlumpur,,,,
    Kira2 apa ada altenatif gear laen yg bs tahan lama? Mhn bntuan nya bro,,,,
    Trims,slm win yvci meulaboh-aceh barat…

  83. jopir says:

    ^ radhit :
    velg standar ya bro? kl iya sih gpp juga.
    Tp kl velg udah ganti, biasanya jadi gampang molor rantainya, jadi berat soalnya.

    ^ eka :
    Nice share bro.

    ^ win yvc meulaboh :
    Salam kenal bro.
    Kl diliat2 kayaknya medannya berat ya bro, sampe pake ban petak tahu sgala.
    Nampak lebih perlu akselerasi daripada top speed, alias rasio ringan. Bisa contoh motor2 trail, KLX 150 misalnya.

    Mksdnya gear pio rantai vixy gak sama gimana bro? trs “rata semua” mksdnya mata gearnya jadi rata?

  84. win yvc meulaboh says:

    rata semua mksdnya hbs mata nya bro, trus pake gear blkg yg 44, dpan 14, rantai asli bawaan, trus di test jln,bunyi nya kyak banci di metro mini pake gemerincingan bro,,, trus tersentak2, hasil cek dan ricek,,, mata rantai dgn gear blkg terdapat renggang alias gk nyangkul kyak aslinya bro,,,, pdhl tuch rantai msh bawaan tanpa di potong bro,,,
    Kira2 dmn kesilapannya bro?
    Pengaruh gk dengan kinerja mesin apabila kita pake ban besar bro?

  85. jopir says:

    ^ win yvc meulaboh :
    Oo gt,
    Kl soal rata semua, brrti beban gear kelewat berat tuh bro, minta diringanin rasionya.

    Kl pas pake pio jadi bunyi, pas dipasang gearnya, posisi angka nya udah 6 keatas kali ya bro? atau dgn kata lain, rantai udah kelewat molor jadi udah gak ngepas sama mata gear. [logikanya di gear 44 aja dah angka 6, gimana kl pk gear 42]

    Pengaruhnya ada, kl emng terlalu berat brrti bikin kerja mesin jadi lebih berat, ngeden, bikin mesin cepet panas, atau kl diganti gear yg terlalu ringan, malah mesin jadi kelewat enteng, rpm tinggi tapi jalannya pelan.

    Ada yg lagi pgn gw coba bro, byson dgn ban gambot gt malah pake 14:40. Tapi sementara gw pake 14:44 di angka 5 masih aman tuh suaranya bro.

  86. win yvcmb says:

    mksh dah petunjuknya bro,,,,
    Jd bingung ne, antara keselamatan dgn biaya, soalnya mau hemat gear pake ban biasa, jln nya gk memungkinnkan, soalnya hrus melewati jln tanah liat yg penuh dg lumpur dan gunung yg amat dasyat,,,
    Oia bro, kmren servis di bengkel yamaha, minta di gantikan dengan gear komplit katanya gk msuk yg gear depan nya (tanpa tes pasang) dg alasan,bolongan tengah nya pio ma vixi beda… Jd tkut jg beli,trus klo dah dibuka khan gk bs di kembalikan… Pa benar bro?

  87. Vivers says:

    ratio gear byson emang 14:40 ,ratio segitu kalau di sandingkan sama vixi emang terasa berat bro,tapi ingat crangcase vixi sama byson beda bro, dan yang lebih beda lagi ratio gear primary dan secondary mesinnya juga beda sama vixi,makanya pakai 14:40 ,tetapi ratio segitu jika dibandingkan dengan ratio mesinnya sendiri si byson saya yakin gak terlalu berat,tetapi kalau mau tarikan byson leboih ringan ya bisa aja di coba 14:42 bisa pakai gear belakang vixi yang mata 42

  88. Vivers says:

    bro win yvcmb,gear depan pio emang beda banget dengan gear depan vixi, selain di lubangnya tengah yang gak sama,kuncian gearnya pun beda, gear pio depan tidak ada 2 lubang buat baut kancingan seperti gear vixi yg ada lubang mur buat kancingannya

  89. jopir says:

    ^ win yvcmb :
    Waduh sori komennya keselip dibales.
    Betul kaya bro vivers, gak bisa, tapi keduanya sejenis kok, sama2 428 dan mata 14.

    ^ Vivers :
    Nice share bro..

  90. win yvcmb says:

    bro jopir dan bro vivers, mksh info nya….
    Ne rncna pake yg olahan aj, kbtulan da share ma saudara2 kita di YVC medan, ada gear rantai yg dipakai buat mesin, tp hrus di bubut lg dan di sepuh,,, katanya udah ter uji 1 thun dlm kondisi terpakai trus smpai touring ke jawa, aman2 aja bro,,, rncna mau cb uji pakai jg tuch bro,,,
    katanya gear nya 15-48 bro,,,,

  91. jopir says:

    ^ win yvcmb :
    Ok deh, nanti share dsni ya :)

  92. eighteendw says:

    kalo mau pake rantai pio ukuran 14/44 atau 15/44 nnt hasilnya mepet sm ban gak (velg 3.5″ dan ban 120/80)
    soalnya gw skrg msh pakai rantai std aja kayak kliatan mepet sm ban soalnya rantai msh pakai tutup

    • jopir says:

      ^ eighteendw :
      Pake gear kan gak ngaruh ke lebar rantai bro, jadi pake gear ukuran berapapun asal tetep tipe 428 ya mepetnya segitu2 aja.

      gw juga pake velg dan ban ukuran sgitu, pic mepetnya silahkan liat di “review bridgestone battlax bt45 di yamaha vixion”

  93. rihot says:

    klo pke gear dpn 14 , gear blakng 44, pke rantai kawasaki 428, tp ban sm pelk msh standar,,gmn bang,, ngaruh g tuh,,,

  94. jopir says:

    ^ rihot :
    ngaruhnya sama bro, bikin ringan awalnya, dan 80kpj keatas rada susah naik.

  95. Rio EL Kai says:

    Bro, diriku yg nubie ini mohon infonya :). Meski gw dah ngikutin postingan2 diatas tp jujur gw masi bingung nyari patokan antara mana yg lbh ngaruh ke top speed ato akselearasi, apakah rasio gir >3 ato <3?

  96. petter says:

    bro,vixy gue gir blkng posisi 5 klo ganti pakek gir pio 44 bisa ga?kira2 turun ke posisi brp?maksudnya biar ga ganti satu set lg ama rantainya,tq

  97. petter says:

    bro,klo posisi gir di 5,biar ga ganti satu set ama rantai maunya ganti gir doank pny pio 44,bisa ga?balik ke posisi berapa?

  98. win yamaha vixion club meulaboh says:

    bro,gue dah pake gear rakitan di vixi gue, yg 15-48 bro, rantai nya mgkin 1 set tuch bro. Yg pst tuch gear mgkn di peruntukkan buat mesin(tp aq gk tau buat mesin apa,yg pst permukaan nya rata,cm tengahnya dan dudukan baut ja yg dibubut, demikian jg yg gear depan… Tarikan nya mantap bgt bro, gunung yg berlumpur, dan posisi 45 derjat aja,,,keok,,,
    Utk jlnana aspal tarikan 80 msh enteng, cm gk bs spontan tarik gas pull utk mencapai kec.90, hrus pelan2 gt dech,,,, utk yg hobby balap, ya kecewa dach…
    Slm dr windra aceh barat

  99. GreyVixa says:

    gan, kalo beli di beres bisa gak si ketengan gitu (gear belakang pio doang) ?

  100. jopir says:

    ^ Rio EL Kai :
    Simple bro, makin besar angka (>3) makin ke aksel dan top speed makin sulit dicapai, sama kayak prinsip gear sepeda.

    ^ petter :
    Kl gak salah inget, bisa turun 3 step ceruk bro. Segitu bisa kok tanpa ganti rantainya, diganti gear belakangnya aja ke 44.

    ^ windra :
    Nice share bro :D

    ^ GreyVixa :
    di beres harus full bro,ga bs ketengan.

  101. azzam says:

    aq puxa udah pake ban 100/90/17 tanpa ganti velg ban di gedein dikit jadi 110/80 apa masih oke

  102. jopir says:

    ^ azzam :
    untuk belakang kan? saran gw sh 110/70 aja.
    kl pake 80 ntar keliatan aneh dan bahaya, dindingnya ketebelan.

  103. agvi says:

    bro,ane pake ban ukrn depan 110/80 belakang 120/80 tanpa ganti velg. Menurut bro pas ga ganti gir 44 punya pio.

  104. agvi says:

    keliru bro. Ban depan nya 110/70

  105. GreyVixa says:

    baru beli gear pio yg ori, kebetulan bengkelnya jual ketengan, harganya sama kayak di parts catalogue yamaha, 52rb. tinggal templok di mongstor deh.

  106. surya says:

    bro maw tanya, aku pke ban belakang 120/80, trus gear 44 pelk 3,5 n rantai sutandar vixi. kenapa ya kok tiap 1 bulan sekali harus setel rantai, gampang molor, padahal tiap hari cuman 5kiloan jarak rumah n kantor,,

    pertanyaanq :
    1, apakah gaya mengendarai berpengaruh?
    2. apakah bang jopir jg ngalami hal serupa?
    3. knp ya Byson kok kuat narik ban n pelk yg sama, dia pakai gear ukuran brap? jenis rantai apa? kok aku liat2 lebar mata rantainya lbh lebar dari Vixi,,,

    trimss

  107. jopir says:

    ^ agvi :
    kl msh velg standar sh gpp bro pk gear ori 42 aja, masih enak kok tarikannya.

    ^ GreyVixa :
    Mangstab nh dapet ketengannya.

    ^ Surya :
    Kl gampang molor, ini tandanya rantai kewalahan narik beban berat velg dan ban.
    1. Bisa aja, lebih sering aksel2an lebih cepet molor.
    2. Kl gw gak sampe tiap bulan bgt tuh bro, masih dalam batas kewajaran.
    3. Byson mmg pk spek velg dan ban yg sama, tapi velg ori byson jauh lebih ringan dari velg aftermarket bro, itu yg bikin beda. Plus, konfigurasi gear mesin nya beda jadi walaupun pake gear 14:40 mesin tetep enteng.

  108. wawan says:

    mw nanya donk.,.,berat arm standart vixion berapa.,ya??
    ane mw make arm costum model r6 beratx 8 kg-an.,.atw arm ori vixion di costum pake plat di bentuk model r6.,.nambah berat arm pengaruh ke tarikan ga???gear.,rantai.,n terutama beban mesin.,.makasih.,.,

  109. jopir says:

    ^ wawan :
    Waduh lum tau bro, lum punya referensi berat arm ori.
    Soal pengaruh ke tarikan pasti ada, krna bobot total motor jadi bertambah, tapi gak terlalu banyak kok, sama aja kayak bawa tas isi 8 kg.
    Beda halnya kl pake velg dgn berat 8kg, baru ngaruh bgt ke tarikan.

  110. hdr_is says:

    dgn velg lebar & dah ganti pake pio asli 44, tarikan kembali regular, trims.
    Masalah yg muncul d kemudian hari bisa gk kira2 ntr nemuin g.dpn, g.blkg & rantai di beli trpisah.. Soalx kan dah kombinasi parts.
    Soal top speed ane g trlalu masalahin..traumaaaa brhentiin tu motor lbh cepet yg ad, Nabrak..!!!! trims jopir

  111. jopir says:

    ^ hdr_is :
    Mksdnya nemuin itu gmn ya? krg faham :D
    atau gini aja, dapet bocoran dari temen yg abis beli gear 1 set vixion, harganya sekitar 200an aja, beda jauh ama dulu yg 500an.

    Kl harganya udah segini mending beli 1 set aja ketimbang ketengan, tapi beli 1 set punya scorpio. :D

  112. BANG Pitt says:

    Suhu Jopir yang baik hati n always ngasih pencerahan ke para pecinta Vixy, ane mau tanya ni bang..
    Gw kan baru ngambil vixy nah yang mau ane tanyain, apakah bermasalah kalo ane langsung ganti ban yang kaya ente pake + langsung ganti Gear scorpio, secara rantai vixy yang masih baru kan masih kuenceng n belom kendor..
    Mohon pencerahan dari Suhu Jopir ^_^ thx bgt y..

  113. jopir says:

    ^ BANG Pitt :
    Waduh2 suhu :)
    Kl lgsg ganti gear pio kayaknya lum bisa deh, rantainya masih kurang kendor, kecuali beli 1 set pio beneran buat dipasang di vixy. :D

  114. BANG Pitt says:

    Suhu Jopir nanya lagi dunks, kalo ganti 1 set gear pio beneran resikonya apa?? Top speednya jadi berkurang ya, trus akselerasinya gmn? Perbedaan yang mencolok kalo pake 1 set gear pio asli apaan sih?? Maap suhu kalo murid banyak nanya hehe.. :-)
    Thenkyu bgt ya :))..

  115. jopir says:

    ^ BANG Pitt :
    Resikonya sama aja kayak kita ganti gear belakangnya pio aja bro, sama kayak yg ane uraikan di artikel.

    tapi yg beda cuma di kekuatan rantai aja, dimana rantai pio lebih kuat, mungkin jadi gak gampang molor.

    waduh kok tiba2 jadi punya murid ya? wkwk :D

  116. BANG Pitt says:

    Ouw gitu ya :))..
    Suhu Jopir ane kan ada rencana bwt ganti ban battlax pi yang ukurannya F=100/70 R=120/70, tapi di katalognya ga ada yang ukurannya segitu :((.. Trus Enaknya pake ukuran brp ya?? Kalo menurut suhu, suhu prefer ban bias ato radial??
    Ane mohon pencerahannya suhu,, hiks,, hiks,,
    Trus dengan ban ukuran segitu (F=100/70 R=120/70)kalo ane pake gear depan punya ninja rr 150 (ukuran 15)n gear belakang (ukuran 44)+ rante pake punya pio gmn tu (Top speed n akselerasinya)??
    Thenkyu beeraattt ya :)))

  117. BANG Pitt says:

    Suhuuuuu ada satu lagi dunks :).. kalo Vixi bisa ga dipakein ban Battlax ukuran F=110/70-17 R=130/70-17?? Trus bahaya ga kalo kita mengaplikasikan peruntukan ban depan menjadi ban belakang (ukuran 120/70) bis di Battlax ga ada tu yang ukurannya F=100/70 R=120/70 :((
    Maap ya suhu kalo ane banyak nanya coz kalo ane jadi pinter kan suhu juga yang dapet pahala hehe :-))

  118. BANG Pitt says:

    Suhuuuuu ada satu lagi dunks :),, kalo Vixi bisa ga dipakein ban Battlax ukuran F=110/70-17 R=130/70-17?? Trus bahaya ga kalo kita mengaplikasikan peruntukan ban depan menjadi ban belakang (ukuran 120/70) bis di Battlax ga ada tu yang ukurannya F=100/70 R=120/70 :((
    Maap ya suhu kalo ane banyak nanya coz kalo ane jadi pinter kan suhu juga yang dapet pahala hehe :-))

  119. red chaterine says:

    mw tny dong, gear gendong itu yg gmn sih? [aku ada bc di forum k*sk*s… tp tutorialnya bwt tigy] tujuannya apa ya? trs resikonya apa? makasih, bro

  120. jopir says:

    ^ BANG Pitt :
    Kl ukurannya gak ada, wajar aja krna battlax ngikutin spek motor2 luar yg emng cc nya gede2, jadi ukuran ban pun gede2.

    Kl masih minat battlax, bisa gunakan F=110/70 dan R=130/70

    Tp dari beberapa temen, pengorbanan yg dilakuin kl dah pk velg lebar dan ban ukuran ini adalah untuk depan, harus ganti spakbor aftermarket, krna yg asli mentok di kembangan ban.
    Untuk belakang, kl rantai masih dibawah angka 3, harus dipasang miring ke kiri (angka kiri lbh kecil dari kanan) biar kembangan ban bagian kanan gak kena arm, atau malah siku armnya yang diiris.

    penggunaan radial atau bias, secara teori [katanya] radial lbh hemat bahan bakar, walaupun ini hanya diatas kertas, krna hemat nggaknya bahan bakar lebih banyak dipengaruhi perilaku berkendara bro.

    Untuk gear 15/44 secara teori harusnya mirip2 14/42, tp itu baru itung2an ane yg bukan insinyur :D

    Kl ban belakang pindah depan, asal gak dipake buat rebah2 sh aman2 aja bro, krna ada beda komposisi kompon antara untuk depan dan belakang, dimana fungsi nya juga beda, malah di battlax di beberapa tipe malah sampe kembangannya pun beda

    Gt kira2 bro, maaf kl ada yg kelewat :)

    ^ red chaterine :
    Gear gendong intinya untuk ngegeser letak gear aja bro, bisa pake gear ditumpuk2, pake gear yg model mangkok atau dikasih spacer dari ring baut.

    tujuannya bikin rantai berada lebih jauh dari kembangan ban, biar gak mentok.

    Mentok ini biasa terjadi krna penggantian ukuran rim velg dan ban menjadi lebih besar, akibatnya lebar tapak ban jadi bertambah yg berakibat kembangan ban jadi mentok ke rantai.

    Cara bikinnya sama untuk semua motor, yg penting disini adalah posisi gear depan dan belakang setelah dibikin gendong harus persis sejajar dan gak oblak, kl nggak, di kecepatan tinggi rantai bisa lompat, nyangkut, ngesot, gubrak deh :D

  121. red chaterine says:

    wew… serem! btw makasih bwt pnjelasannya, bg… met subuh :)

  122. BANG Pitt says:

    Thenkyu suhu..

  123. w@hyoe vixi says:

    bang jopir vixi ane biar akselnya enteng..ban depan corsa 100/70,bel corsa 120/70,velg sprint 3.5′,2.5′..knalpot bobok,cakram depan psm 35mm,belakang custom satria 120.tp akselnya msh kurang mantap..mohon pencerahannya bang..suwun

  124. jopir says:

    ^ w@hyoe vixi :
    Udah coba gear 14:44? lumayan membantu.
    Kl kurang puas, upgrade performa aja, simplenya sh ganti knalpot racing yg rada free flow dan stel ulang CO, berasa bedanya

  125. priadi says:

    minta info…mas/bro. aku pake vision dgn velg dpn mrk rossi 2.5 x 17 ban swallow 110/70. velg blk mrk rossi 3.5 x 17 ban swallow 130/70. gear masih standar vsion dan rantai dah diposisi 7. dgn kondisi sprti itu, aku cb prg ke pelabuhan ratu dgn berboncengan, alhasil mencret d tanjakan d gibas ma mtr2 kecil. jd malu ane. jd tlong solusinya apkh musti gnt rantai/gear…mhn infonya thx

  126. priadi says:

    sory nanbah lg. maksudnya gmn cara ngatasinnya. d tanjakan ok djn lurus jg ok kencengnya. makasih lo infonya

  127. udda ta gantii darii dulu boy. siipplahh pkoknya. mben rea reo ga tau kalah.

  128. Arifin says:

    Bro jopir…
    Senang rasanya mampir di Blog ini,,sy mau nanya Bro..
    Rantai Vixi sy molor bangat bro,udh di stelan 7 tetap aja msh molor,ada ga pengaruh Ban besar thdp rantai,F 110/70, R 130/70.
    sy coba mau ngurangin 2 mata rantai ga ada bengkel yg bisa ngurangin,soalnya ga ada sambuungannya. ktnya dicari dulu sambungannya tp sy udh muter2 Yogya ga ada yg punya sambungan yg cck utk si Vixi.kira2 punya solusi ga bro,ato cara motong rantainya. Trims

  129. bro kalo sprocket yang depan 15 mata merk indoparts berapa?

  130. anga says:

    Bro Jopir, sorry. Mo nanya lagi neh:
    Spek Vixy ane semua masih standard, rantai di posisi 5 (tapi masih kendor dikit).

    Kemarin ane ganti ban pake IRC F:100/70, R:130/70. Tarikan terasa sedikit berat. Nah, kalau saya lihat dari saran yang sudah-sudah, kayaknya cocok kalau diganti dengan R-Gear Pio mata 44, biar acce kayak standard lagi.
    Pertanyaanya, setelah ganti gear, apa perlu saya ganti rantai? Trus posisi angka yang di as itu perlu diubah apa tidak? Kalau boleh tahu, pedoman ubah angka di as itu ap ya?

  131. anga says:

    Eh Bro, maaf salah tulis. harusnya spek ban nya F:110/70, R:130/70.
    Tapi pertanyaannya sama sperti di atas ya. Tolong…

  132. jopir says:

    ^ priadi :
    Dicoba aja dl gear belakang nya diganti gear 44, tinggal dirasakan efeknya.
    opsinya rata2 pake
    14:44 atau 15:44

    tinggal pilih karakter mana yg masbro suka.

    ^ peope vixiolovers kediri :
    Sipp bro,,

    ^ Arifin :
    Ada bro, kl ban ukuran segitu dengan gear standar pasti rantai jadi gampang molor, karena beban yang ditariknya jadi bertambah.
    Kl mau coba pahe nya silahkan ganti gear belakang ke 44.

    Kl soal potong2 rantai bener2 gak gw saranin bro, karena :
    1. rantai gak bakalan pas nyemplak di mata rantai, resiko rantai lompat dari gear.
    2. efek minimal dari yg no.1, suaranya pasti berisik kl dibawa jalan.
    3. rantai punya toleransi maksimal lho, kl dipaksain molor terus resiko rantai putus dijalan akan lebih besar.

    Amannya ganti aja rantainya bro, 1 set sekitar 300 ribuan.

    ^ blacksteel0knight :
    Maaf bro, kl info yg ini gw belum punya.

    ^ anga :
    Rantainya gak perlu ganti bro, gw juga pas ganti posisinya di angka 5, nantinya setelah gear 44 kepasang, angkanya bakal turun lagi ke sekitar 4.

    Pedomannya adalah jarak main rantai dalam posisi motor tidak dinaiki harus berkisar 2-3cm, kl udah lebih, saatnya kencengin rantai 1 step lebih tinggi.

  133. wiwid says:

    bro.. gw pake velg power lebar bwt vixion. ban dpan ukuran 100, ban blakang ukuran 130.. gmna lo gw pake gear blakang pio yg ukuran 44.. kira2 gmn mnrut kalian??

  134. anga says:

    Pagi Bro,
    Thanks atas infonya…hehe.
    Kemarin udah jadi diganti, pake SunStar-nya Pio-44, awalnya rantai di angka 5,6 dan sekarang di turunin sampai 2.6 (asumsi 1lekukan bernilai 0.3)…tarikannya jadi kayak standard.

    Untung kemarin ada yang jual R-Gear-Pio_44 ketengan=Rp.52.000,00. Di Yamaha Bisma Denpasar, deket Simpang 6.

  135. jopir says:

    ^ wiwid :
    Brrti mirip sama gw dong bro, bedanya gw pake R=120/80
    Silahkan coba gear 44 pio, dijamin ketagihan deh :D

    ^ anga :
    Nice bro, mantab.

  136. ronde says:

    Bro Jopir, salam kenal sesama vixy neh…

    Kayanya gw keracunan ma review2 bro Jopir neh… Ban ma velg dah ganti ngikutin bro Jopir (gpp kan? hehehehe)

    Gw mo tanya neh,
    Gear mo ganti punya pio 44, tp setelan rantai udah di angka 7 tuh, ada ngaruh or resikonya ga tuh klo ganti ke gear 44?

    Trus kmrn ada yg nyaranin pake gear TK 15:45 (rasio 3 jg kan?) gmn menurut bro jopir? apa ada bedanya untuk accel ma top speed klo gearnya di gedein?

    Thanks bro atas racun2nya hehehehe…
    Good review blog Jopir utk sesama vixy… :)

    • jopir says:

      Thx buat supportnya bro, maaf br bisa bales skg.
      Rantai udah 7 gpp bro, tp ntar kl dah ganti 44 trs dah molor jg ampe angka 7 baiknya diganti, krna dah panjang bgt tuh molornya, takut putus.

      kl 15:45 kan rasio 3 pas, sama persis dgn gear standar 14:42, itung2an asal sh jadinya sama2 aja kayak standar, tapi kl itungan ribet ntar disandingin sama gear mesin. Tp maaf itung2annya ane belum nyampe bro :D

  137. asip says:

    wah sip banget infonya gan kebetulan punya ku aku gantin ban ukuran 130-70 eh malah kendor banget tuh rante klo langsung ganti gearnya aj kira2pengaruhnya gmn ya\

    • jopir says:

      Silahkan ganti aja gear belakangnya aja br, nanti pengaruhnya ya sama dengan yg gw jabarin di artikel diatas :D

  138. Anonymous says:

    salam mas jopir

    aku mau nanya mas,aku baru beli vixion nih
    ban aku dari dealer F 100/70 R 120/70 (dapet promosi dari dealer corsa s123
    settingan arm masih dibawah 3 (tepatnya 2 )
    kira2 kalo pake gear pio oke ga?

    makasih mas jopir

    • jopir says:

      velg masih standar kan? pake gear ori dulu aja gpp kok, krna bobot ban gak terlalu besar jadi belum perlu sampe gedein gear. :D

  139. YUri says:

    maap2
    namanya lupa

    ga kenal ga disayang soalnya :P
    hehehehe :D

    iya mas jopir,masih ori velgnya,tapi tadi kekampus liat tigi temen ban belakangnya ko lebar ya,padahal ukuranya sama R 120/70,dia pake battlax bt45

    • jopir says:

      kl velg standar, mau dipasang bgan ukuran 150/60 pun hasil lebarnya tetap sama, ban lebar butuh ukuran rim velg yg lebih lebar dari velg standar. untuk 120/70 harusnya dipasang di velg dgn rim 3″-4″. Si Tigi pasti velgnya udah ganti tuh bro..

  140. YUri says:

    iya mas jopir
    tigi temen aku pake velg asio ato apalah pokoknya gtu deh mereknya
    kayak mantab ya klo dipake ke luna

  141. rasis says:

    Ane pake HMF, ban fdr evo knalpot standar pake gear 14:44 sangat membantu ,
    tp pnasaran juga ama yg gear 15:44 , kira2 enakan 14:44 apa 15:44 ya bro ?????
    Bro knp kalo pake knalpot racing top speed jd berkurang ya ??

  142. jopir says:

    harusnya sh 15:44 jadi lebih berat dibawah, tapi bagus buat bantu top speed, kl pake knalpot racing sh gak masalah, karna bawahnya kebantu tenaga dari knalpot, kira2 gitu analisa gw bro, pastinya sh emng harus coba langsung :D

    kl knalpot racing di pasaran kan karakternya free flow tuh bro, terlalu plong, jadi bagus buat bawah tapi jelek buat top speed. Karna emng pas balapan kan gak butuh top speed, yg lebih penting bisa keluar tikungan lebih cepat dari yg lain,,

  143. tguh says:

    bro jopir,,
    kalo pake dpan 13 dan blkang 44 gmn???
    vixi ane 90/90 dpan 130/70, blakang,
    pada gear standar tembus 120 km/h
    pertamax,busi iridium n per kopling
    hihihi,
    plis saran

    • jopir says:

      wah kl soal ini sh sbetulny aitung2annya bgg bro, soalnya gak cuma itung rasio gear di roda, tapi juga disandingkan dgn rasio gear di mesin. Sampe skg juga gw baru sampe tahap coba2.

  144. Brogil says:

    Lam Kenal Bro Jopir….
    gini… vixy ane dak ganti pelk merek power F 2.5 (100/80) n R 3.5 (120/70) … top speed ane sempat nyampe 122 kmph (nyampe 100 cepat, ke atasnya rada lemot) dengan berboncengan ( -/+ 120 Kg) dalam jarak kira-kira 1-2 KM…., sekarang ane tambahai busi iridium IU27 + 2 buah 9power dan minumnya masih premium, nyampe 110 kmph kurang lebih 500-800 M ( ke atasnya tetap aja lemot.., ane sendiri 70 Kg )…
    menurut penerawangan bro jopir…. perlukah ane ganti gear belakang punya pio…
    thx atas pencerahannya…

  145. Brogil says:

    trus tambahan bro jopir… dengan gigi 5 kecepatan 60 kmph udah ane dapet di 4300 rpm….

  146. the_massto says:

    bro jopir…tips meningkatkan tenaga vixion bagaimana yak walaupun tidak terlalu signifikan?tapi saya maunya kondisi mesin tetep standar. misalnya ganti busi dsb….thanks

  147. the_massto says:

    thanks saya sudah ikuti sesuai tulisan bro diatas tadi…so far so good. cuma saya pengen info komentar sya diatas tadi supaya kalau ke bengkel bisa ngomong2 dikit sama mekaniknya….

    • jopir says:

      Kl upgrade performa tanpa bongkar2 blok mesin.
      Bisa mulai dari penggunaan Busi Irridium, knalpot racing + tambah CO sekitar +5, kl masih dirasa kurang bisa coba ganti filter udara, modul pengapian. Sampai disni gw rasa udah cukup mumpuni kok :D

  148. Yuyus says:

    mas bro, gw pake chemco ban 130/70 sm 110/70.. tarikan lumayan jadi berat, walopun dah pake motul 5100, 9power sama iridium. pengen ganti gear set nya nih, kira2 berapa ukuran nya? 15/44 atau 14/44?? tq bro jopir

    • jopir says:

      Kl menurut gw, kl misal knalpot udah racing sh mending 15/44 biar top speed masih lumayan ada, tp kl pk knalpot standar, bisa coba 14/44 aja.

      Kl mau coba 22nya, baiknya mulai dari 14/44 aja, krna lebih hemat, hanya ganti gear belakang aja.

  149. Rae Pio says:

    bro jopir… gw mo nanya ne…
    Pio gw mo ganti gear belakang punya V-xion, kira2 bisa plug & play gak tanpa ngakaLin?? trus rantainya diganti apa gak??

  150. Anonymous says:

    Bro Jopir, mohon infonya, Scorpio pake rantai tipe 428V dan jumlah rantai sebanyak 118 buah.

    Vixion pake rantai tipe 428HD dan jumlah rantai sebanyak 120 buah => rencana saya mo ganti gear depan and masih tetep pake rantai ori vixion, dengan jumlah rantai yang berbada 2 mata, apa gak bikin rantai jadi kendor?…mohon infony bro…soale saya pake ban tapak lebar Battlax 45 F: 110/70/17 and battlax 90 R:130/70/17, dgn arm costum made…thanks bro jopir

  151. erphan says:

    bro jopir…apa ya merk gear depan yg 16 mata?

  152. reza says:

    maaf mau tanya, kalo ganti gear belakang jadi ukuran 44, tapi ban nya kecil, bakal nambah gak tarikannya mas? mohon penjelasannya mas, makasih banyak.

    • jopir says:

      efeknya bakal jadi ringan bgt bro buat di awal, not recommended buat ban+velg standar. Karna rpm akan cepat naik padahal motor belum lari.

  153. Anonymous says:

    bro jopir, mohon pencerahahnya, vixi ane rencannay mau pake gear 13/44 dgn kondisi ban F:BT45 110/70 R:BT45R 130/70, arm costum made, knalpot CLD terminator kira2 spy top speedny cepet tercapai hrus ditambhin apa ya?…thanks bro

    • jopir says:

      kayaknya kl 13/44 walau spec arm dan ban kyk gt, tarikan hampir seenteng normal deh bro, soalnya rasio nya gede bgt, dan mgkn top speed jadi cuma sekitar 110kpj gt. Tp ini cm tebakan aja sh bro, soalnya itung2an akurat nya bgg jg.
      Beberapa yg gw denger malah kl udah pk knalpot racing, mereka berani pake 15/44 walau pk ban gambot, soalnya vixy dgn knalpot racing rpm bawahnya gampang bgt baik, jadi aksel kebantu.

  154. fazar says:

    waduuwh,,kebetulan saya lagi bingung ma msalah yg satu ini.thnkz y bro,informasi’y brguna bgt.bsk saya lgsg ganti gear,,hehe

  155. mas says:

    saya udah mau ganti… tapi kata orang bengkel nggak cocok.

    malah di suruh ganti gear 44 mata yg punya vixion.
    emngx ada tu…??

    • jopir says:

      Waduh tu bengkel biasa pegang bebek doang kayaknya.
      PnP kok bro.. yg jelas gear vixy 42 dan gear scorpio 44, ntar kl dah kepasang datengin lagi aja bengkelnya biar mereka nambah wawasan :D

  156. chornex says:

    Good info….
    Pantes vixi ku top speednya menurun setelah ganti velg n ban besar tp gak ganti gear, speednya jd berkurang.

  157. aku says:

    klu misalnya kita ganti sekalian ma gear depan, rantai, & gear belakang nya gi mana masbro…??

    krena kamrin ada di tawarin ma orang toko paket scorpio harganya 170rb..

    bisa nggak klu ganti skalian..??

    • jopir says:

      bisa aja bro, gak masalah dan tetep PnP.
      Tapi yakin tuh 170 ori baru? kayaknya nggak deh. kl dikasih KW1 sh mending pk ori vixy.
      Ori pake D.I.D lho..

  158. VR-6 says:

    broo…klo gnti gear blkng vixi pake gear blkng scorpio smentara kondisi mtor msih standar ting-ting bgt, ape yg bakal terjadi yah sma top speed dan acceleration’a ?????

    • jopir says:

      kl diatas kertas sh efeknya rpm gampang naik, tapi napas pendek2.
      Mgkin enak buat stop n go di perkotaan, tapi buat ngebut trek panjang kurang enak.

  159. cgit says:

    Bro nih artikel belum basi kan? Wa ada pertanyaan nih.
    Vixion wa udah modif velg 2.5 & 3.5
    Ban 100/70/17 & 120/80/17
    Berat gw 65kg an & istri gw 55kg an
    Pasang box kira2 10kg lah beratnya ama breket n isinya.
    Tanya : kalo ganti gear 44, masih ngeden ga entarnya?

    • jopir says:

      Wah brrti beda kita di box ya, sulit juga kl kira2 gini.
      tp menurut gw kl posisi gak lagi boncengan masih oke bro, masih berasa kayak ban standar.
      Menurut gw sih gak ada salahnya dicoba dulu bro, harga gear nya juga cukup terjangkau soalnya :D

    • cgit says:

      Ane tadi pagi mampir di 5 toko bengkel modif sama 1 beres yamaha sebelum cibinong.
      Gak ada tuh yang jual gear scorpio ketengan. Semua harus satu set.
      Haha, payah nih bengkel2 di sepanjang jalan raya bogor.
      Dimana lagi yah yg bisa beli ketengan sekitar jalan raya bogor.

    • jopir says:

      kl di BeRes pasti gak bisa bro.
      kl mau di toko sparepart biasa, yg label tokonya biasanya iklan Aspira,dll
      atau di gerai AMX, gear indopart nya dijual ketengan disana

  160. ary says:

    halo Bang Jopir…kalau menurut ane gear pio udah bisa beli eceran..n rantai ixi bisa beli rantainya aja kalau udah molor n yamaha udah keluarin untuk rantai ixi yang versi murah (tapi ori)…sekarang saya mau ganti gear belakang yang kisaran 46 atau 48 pake apaan yach….karena abis lihat freestyle itu pake yang besar…sejak awal saya ganti gear 44 itu emang tidak mengincar top speed tapi mengincar ringannya tarikan motor…..cuma pengen ganti yang leboh besar ajach…mohon info gan…

    • jopir says:

      hehe.. pgn pk yg gede biar gampang wheelie ya?

      coba merk TK bro, mereka punya banyak koleksi ukuran gear belakang, kl emng kurang puas, SINNOB bisa pesen custom :)

  161. ary says:

    tambahan buat cgit…di surabaya malah gw belinya di yamaha langsung…….harga 50 rb an lah……rantai vixi harga 150an (nggak nyape 200 rb) beda dengan yang buatan jepang kan 500rb keatas…

  162. dendi says:

    salam kenal bang jopir -dendi(makassar). mau curhat
    bang, setan apa yg masuk ke vixi gw(keluaran 09). Pake ban stdr, pake 44:13,yg laen masih std. td malam pas pulang kmpus kebetulan jalan lg kosong, waww tembus 125 kpj. kirain spido yg macet ato apa, ternyata td pagi gw cek g ada masalah. trus malam ini kebetulan gw bareng tman pulang(dia pake ninja250) ane test lg ni vixi, kata teman gw di spidox dah dpat nunjuk 130 kpj, vixi ane masih bisa libas. gila kan? lebih gilanya lg ane perhatiin gas vixi, kira2 baru 3/4 tarikan full, pas sampe dirumah td kayak ada bau2 hangus gitu dari mesin. mohon pencerahan nya bang. takutnya mesin vixi ane jebol, maklum ane sayang bangat ma ni vixi

    • jopir says:

      bau hangus mungkin aja dari cat blok mesin atau cat leher knalpot, krna mesin kelewat panas bro, kl emng skg pas jalan dirasa gak ada perubahan, dan coba cek kondisi busi, kl nggak gosong berarti bener cuma masalah bau cat aja bro :)

      jgn sering2 bro, sayang nyawa :D

  163. WD says:

    Kang Bro ..

    Vixie ane kaki masih standar, cuma tambah cr8eix, filter gp, bbm premium .. Klo rute ane banyak naik turun, pake gear 14:43 bigimane ? Secara naiknya kan cuma 0,07 .. jadi buat nanjak enteng, top speed turun dikit .. atau mending 14:44 skalian ya?

  164. A. Shodiq says:

    Salam kenal Mas Bro Jopir

    VX ane mesin std, knalpot nobi, velg Chemco, ban F: 100/80 R:120/70 RoadWinner IRC,.
    Setelah pakai Velg Chemco, rantai suka kendor, sebulan sekali setting.

    Pertanyaan: kalau pakai sprocket set komplit punya Byson masalha ga dengan panjang rantainya? apakah naik step nya jadi banyak?

    Pertimbangan pakai punya Byson, rantainya lebih besar dibandingkan punya VX

    • jopir says:

      vixion dan byson spec rantainya sama bro (428), jstru nanti lebih cepat molor krna rasio byson lebih kecil (14:40), sementara vixion 14:42
      Baiknya gear belakang digedein bro jadi 14:44 misalnya, rantai molor krna mmg velg aftermarket bobotnya jauh lebih berat dari standar, jd rasio gear hrs digedein biar rantai gak terlalu kesiksa.

  165. dex says:

    top speednya berubah g om ?

  166. Anonymous says:

    klo ban masih standart enaknya pake ukuran berapanya sob??

  167. Agustya Dwi.P (WeeLoVh@ Restoration Angel) says:

    Slmt Siang Nad Slm Knal,,
    Ane Penunggang Kebo alias Yamaha Byson (ori),ane ikut Club and sering Touring k luar kota Lampung..
    Spya tarikan mtor enk and tnga b’tambah,gmn klo gear blkg Byson d gnti pny Scorpio kira2 pas gk…????
    Trs CDI and bsi pke merk apa nh…????

    • ary says:

      kalau ganti pio…bisa bro…..

    • jopir says:

      salam kenal bro, sama2 nunggangin kebo kita.
      yg perlu dipahami dsni adalah penggantian rasio gear roda dgn yg lebih besar adalah untuk ngebantu meringankan tarikan awal, bukan menambah tenaga, dgn kompensasi top speed berkurang.
      kl mmg bro ngerasa tarikan kebo krg enteng, bisa coba pk gear belakang vixion sbgi permulaan, kl masih kurang juga, gear pio bisa jd solusi.

      kl gw pribadi prefer ganti knalpot free flow biar tenaga gak ketahan di knalpot

      Gak ada itungan akuratnya, smua pk feeling :)

  168. arzuli says:

    makasih share nya mas jopir…ane ijin copy ni review udah ane print ……hehehehe…ane dapet beli gear pio ketengan merk TAGUMA…buatan thailand…45 rb…katanya distributor ada d tanggerang…

  169. Anonymous says:

    thnx artikel’y
    , pny gw blm 3 thun aj udh mo gnti rantae 2x. mo ngikut ach
    ^cikarang

  170. fatchur vixi Abu says:

    skrg vixi gw pke gear blkg indopart pio soal’y rantae ori udh super kendur.skrg rantae’y masi molor diangka 6. gmna gan saran’y
    trim’s

  171. deddy_dk says:

    yes, it works. aq pakai ban belakang 110/80 velg standar jadi terasa enteng tap top speed emang agak turun sedikit biasanya RPM 6500 di speed 90kpj stelah pakai gear scorpio jadi 87kpj. Gear yang ku pakai juga original lho harganya murah cuman 58ribu

  172. GaleR15 says:

    Bro Jopir …ada ngk mata gear 43 yang P n P sma Vixy.. klo ada merk apa Bro..???

  173. Anonymous says:

    brader,,,,jopir…
    cocok gak klo vixy pke gear pnya byson ???
    mhon infonya,,,
    by. Abdhee…

    • Anonymous says:

      krn mtor qu vixy, dgn ukran ban depan/blakang
      110/70/17 & 130/70/17

    • jopir says:

      dgn spec segitu, logikanya bobot roda tambah berat, justru harusnya rasio diperbesar (gear pio) bukan malah diperkecil (gear byson). Penggunaan gear byson di vixion bakal bikin tarikan tambah berat

  174. ogan says:

    bang jopir, velg depan dan belakang ukurannya sama ga? klo ga brapa ukurannya?

  175. vixieg4744hk says:

    ane udh coba bro gear scorpionya.. tarikan maknyusss… ga kalah ama vixion standar.. hehe… :D
    spek : velg lebar F:2,5 R:3,5… ban: 90/70 – 120/70, 2 buah 9power, busi NGK platinum, pertamax…

  176. ule says:

    Salam viker’s gan,sya mw tanya nih gan,
    1.sya pke vixi velk orsinil,tp ban sya ganti dngan fdr 110/80..130/80..sya rasa tarikan mtr jadi ngeden dan gk dapat performa kyk wktu ban orsinil,pingin dpt performa kyk semula apakah mengikuti petunjuk dr bro?

    2.lw udh ganti pke pio 44 mtr sya dpt performa yg kyk semula atw gk?pkonya sya mhon penjelasanny dh gan..trmksh sblmny bro..

    • jopir says:

      Bisa bro, gw yakin dgn gear pio, tarikan akan berasa sperti sedia kala :)
      Penjelasannya rasanya udah jelas kayak di artikel ya bro.

  177. Vixion Rider says:

    terima kasih, sangat membantu

  178. husni says:

    bang Jopir,
    ane udah review nih artikel dari atas sampe bwh,, tapi dari smua pertanyaan smua spec motornya ga ad yg sama kaaya vixi ane neh,,

    Spek:
    1 Pelek chemco R 3.5″ F 2.5″
    2 Ban R BT92 150/60 F Mizle 100/80 *pake nitrogen
    3 Arm banana R-Pro
    4 Busi NGK-iridium
    5 9power 2 biji
    6 Knalpot R9
    7 Full Fairing
    8 Minumannya Wrna Biru
    9 trakhir CO+9

    Spek Penunggang
    sekitar 85-90 KG

    gear set msh pake standar, awal2 ga bermasalah, tapi pas udah sebulan rante cepet bgt kendor,,udah gtu rante nya berisik bgt, mungkin karena kesenggol arm Banana atau emng bunyi rante nya berisik kali yah,,
    Topspeed awal dgn spek itu msh bisa nembus 130kpj itu juga musti jalanan sepi + trek panjang,,
    klo salah maen gas, susah bgt naekin topspeed nya bang jopir,,

    Pertanyaan:

    1 apakah arm banana nya ga recomended, sehingga perputaran rante jadi agak berisik?
    2 sebaiknya hrs upgrade gear uk brp ?(2 kali rantai pts di jalan) msh bingung,, *ane doyan ngebut

    ane Prepare Pake TK ,, klo bisa saranin SPEK TK nya yg jenis apa yah bang jopirrr,,

    mhn di Reply bang

    • jopir says:

      widih spec ban impian ane nih, serem :D
      jujur ane kasian liat rantai ente gan, bebannya terlalu berat, wajar kl dbilang pernah putus dijalan, apalagi keliatannya agan bawanya rada agresif gt ya.
      gw pake ban120 aja gampang bgt molor, apalagi agan yg pake ban 150, penggunaan nitro gak pengaruh banyak, krna ttp aja bobot karet dan besi2 di dalam ban yg menentukan berat keseluruhan.

      Kl menurut ane, ada baiknya agan coba pake trik ane diatas gan, pake gear pio buat ngeringanin beban si rantai. cara ini sebenarnya akal2an aja, krna baiknya sih naikin grade rantai, misal ganti rantai 520 kyk tiger ato ninja, tp kan biayanya gede, jd cara ini lumayan efektif dan efisien.

      1. kl soal berisik, dari 1sample arm banana yg pernah gw temuin, bidang gesek rantai ke arm jauh lebih besar, bidang gesek yg ane maksud yg di arm dilapisin karet itu gan, ada karet aja nimbulin suara, apalagi kl karetnya dah aus atau malah lupa dipasang karet. Trs yg kedua yg belum sempet gw teliti adalah posisi gear depan dan belakang di arm banana apakah dalam 1 garis lurus, krna kl rada geser, bakalan nimbulin suara juga, selain bikin cepet aus si gear.

      2. soal upgrade gear, bisa coba 44 punya pio dulu gan, pk merk TK juga bole asal ttp jenis 420-44mata biar PnP. sebetulnya sih kurang, mgkn perlu ditambah lagi, dan untungnya TK nyediain sampe ukuran 50mata. tp kl ditambah lagi khawatir agan tambah susah dapet top speed.
      gak ada rumus yg pasti untuk ini gan, jd murni trial n error.

      gt kira2, moga bisa membantu

    • husni says:

      -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ om jopir, ane uda upgrate gear TK yg 44,, tarikan mantap bgt om,, 11-12 lawan cbr 150 yg ude di full modif ,, trek lampu merah kuningan sampe taman menteng kejar2an om,, tp jujur mw maen di putaran atas susah bgt ane om,, Itu kalo mw upgrate rante yg 520 kelebihan nya selaen buat awet, ngaruh ke akselerasi/top speed ga om jopir?

    • jopir says:

      Beda rantai ori dengan 520 adalah di kekuatan di narik bebannya bro, rantai 520 lebih tahan siksaan narik yg berat2, makanya biasanya dipake di motor cc besar yg biasanya bobotnya lebih berat. Kelebihan lainnya.. sdh pasti lebih mahal :D

  179. muharom.r says:

    klo buat motor ninja r
    bisa ngga boss…..trimakasih………!

    • jopir says:

      Prinsipnya sih sama bro, tp apakah gearnya PnP? itu yg gw ragu. Vixion dan pio pake gear tipe 420 dgn 6 baut. kl emng sama, brrti cara ini bisa diterapkan bro.

  180. Rcdrift29 says:

    Mas bos? Gw pki ban kecil,jd gear apa yg pas slain 42.Klw d gnt du2kan gi2 tarik pny RX KING bs g ia..Byr bs pki gear king agak kecil.

    • jopir says:

      kl king ane lum tau tuh bro PnP ato nggak, dah jarang ktemu king soalnya.
      tp yg jelas kl mmng mau ngecilin, bisa pake punya byson (40mata),lumayan bro utk naikin dikit si top speed

  181. heru says:

    manab gan. Ane lngsung m0 ganti ah.?

  182. rudi says:

    maaf bro mau tanya motor ane scorpio pake ban 110/70 dpn blkng 130/70 rada berat ..apa tambah mata gear ya yang depan apa yg belakang kira2 nambah berapa mohon informasinya broo,,trim’s ya slam ,,brother,,

    • jopir says:

      iya bro, sama aja kasusnya sama yg dbahas disini.
      Silahkan tambah jumlah mata gear belakang, kl pio kan orinya udah 44 tuh, bisa beli merk TK misal ukuran 46. FYI, TK menjual gear belakang mulai 40-50mata.
      Untuk hitungan pastinya gak ada, murni trial n error :D

  183. rudi says:

    trimakasih informasinya bang jopir ,kl gear tk sma sss bagus mana sih bang ,,ente kan pengalaman nih ,ane tanya dulu sblm bli ,kalu rante scorpio bisa di sambung gak ya ?? tambah biar bisa pake 46,,,maaf nih tanya2 slam knl bang ,,trims ya suksess slalu…

    • jopir says:

      setau gw sih tk buatan jepang bro, kl sss lokal.
      Kl gw lebih berat ke TK sih krna emng udah lama main dibidang ini. Tp kl pengalaman make keduanya belum pernah :D

      rante scorpio aslinya kan tanpa sambungan tuh, tp kl mau diputus trs ditambah beberapa mata masih memungkinkan.

      Salam kenal jg bro, salam sukses!

  184. Anonymous says:

    Assalam,,bro jopir!?
    ane mo tanya n,vixi ane msih pake velg standar tp ban udah ane gnti ukurn 100/80 sama 130/70,tpi ane ngrasa performa vixi gak maksmal,!akselerasi lemot,top sped juga kurang,pertanyaannya pa pake gear pio bisa mulihin performanya?trus gmna klo ane gnti velg lebar pengaruhnya k vixi?mngingat velg standar j udah bikin lemot?!

  185. immooo says:

    Bro Jopir…mo nanya nih…klo ganti full set gear + rantai scorpio indopart masukin ke vixion itu PnP ga ya?

    • jopir says:

      PnP bro, silahkan dicoba.
      tp yg gw khawatir panjang rantainya cukup atau nggak, krna rantai vixy 120mata, sedangkan pio cuma 118mata, sementara gear belakang pio lebih besar dr vixy, harusnya kan butuh mata rantai yg lebih banyak dari 120 biar bisa masuk (asumsi rantai masih gress, belum molor)

  186. uranglembur says:

    Wah t trmsuk xtrem y bro!?ok klo gt ane cba akalin,,,
    mkasih petuahny kisanak,,

  187. ane mau ganti gear belakang scorpio dari 44 jadi 50 tp depan 14.. gimana nih pendapat agan agan??

  188. rendi says:

    Salam knal bro Jopir.

    Pngen nannya2 ne,, ane mke vixi 09. klo soal gigi tarik sih ane udah paham stelah baca artikel mas bro dr hulu ampe hilir..
    Ane pake velg gambot juga camco 3.5 F corsa 110/70 dan R IRC 120/70. Rncna ane mau ganti gir blakang juga ama yg 44 soalnya ngedennya kebangetan dan paswaktu narik tuas gas pertama selalu ada bunyi celetak ga tau dr rante atao dr mana.. .
    Pertnyaan ane ke 2 mungkin sedikit lari dari permasalahan gir. Ini pernah kejadian skitar 3 minggu yg lalu. Pas ane brngkat kerja, sekitar udah 10 km pejalanan ga taunya lampu lampu indikator yg berwarna merah di panel RPM nyala tidak berkedip and blower radiator juga nyalanya lama bnget. Trus setelah ane diamin alias berhnti sekitar 30 mnt lampunya mati lagi dan ga nyala2 lg ampe akhirnya tadi pagi pas di jalan baru nyala lagi sma persis kyak kejadian yg pertama.. Kira2 indikasi penyebabnya apa ya mas bro.. Mohon di bantu ya..

    Sbelumnya terimakasih
    Rendi

  189. andi says:

    kalo mata rantai udh di potong 2 gimana bro??
    Msh ada efeknya gk?
    Thanks

    • jopir says:

      Mata rantai dipotong asal bukan karena rantai udah kelewat molor sh gpp bro, gak ada masalah.
      Cm kl dipotong gr2 udah molor banget, nah ini yg masalah, soalnya nanti tiap mata rantai udah gak pas banget ngecengkram gigi gear, hasilnya berisik dan rawan lepas rantai.

  190. junaedi totti says:

    Bro.. Vixi gw sejak ganti velg lebar kok rem tromol belakang nya jadi sama sekali ga pkem ya..
    Padahal umur vixi baru 3 bulan, pake nya jg ga pernah jauh.. Ga mungkin kalo kanvas nya dh habis..
    Mohon solusi nya dong Bro??
    Thx sebelumnya

    • jopir says:

      Beda bro, bukan salah kanvas.

      Ini sebabnya adalah bobot velg yg naik drastis, sehingga tromol kewalahan buat ngehentiin laju perputaran roda. Butuh tromol yg lebih besar, atau upgrade ke sistem cakram.
      Velg lebar aftermarket beratnya gak ketulungan soalnya bro :D

    • mameg says:

      boleh jadi poros pengungkit rem tromolnya kotor bro terkena kotoran dari luar (lumpur) dan dalam (debu kampas) yg bikin gerak putarnya gak bisa bebas atau seret, coba dibersihin dulu aja komponen rem tromol yg namanya “bubungan rem” lihat gambar: http://www.imagebam.com/image/2b3879289949618

      dibersihkan/dicuci kemudian beri pelumas WD40 atau oli mesin, tapi harap pakai oli baru bro kalo oli bekas sama aja tuh benda bikin kotor lagi, cukup pakai sisa oli di botol waktu abis ganti oli aja, jadi gak perlu beli oli baru 1 liter, wkwkwkwk
      intinya bikin gerak/injakan rem tromol kita sebebas mungkin lah alias empuk gak ada rasa seret sedikitpun,

      punya ane juga rutin ane bersihin setiap kali ngerasain seret atau keras waktu injak rem, pakai velg 3.50″ ban 120/70 alhasil tromol belakang ane tetep super duper pakem sampai ngunci-ngunci rodanya jadi bikin nggobet-nggobet kalo ngerem, hahaha lebay men :D

      selain itu ada tips lain yakni bikin komponen tromolmu yg biasa disebut paha/lengan rem (lihat gambar di link yg tadi) jadi lebih panjang, karena dalam ilmu fisika yg ane pelajari waktu SMP (jangan dikira ane cuma lulusan SD bro! wkwkwk) semakin panjang pengungkit akan membuat daya ungkit menjadi lebih kuat dan hanya memerlukan daya tekan yg semakin ringan, caranya bisa main las seperti kebanyakan yg dipraktekin para bikers ataupun jg beli yg plug n play, kalo menurut ane mending beli aja ya daripada main las bikin tampilan kaki motor kita gak semulus betis Luna Maya lagi bro, hahaha. kiranya pake punya Byson plug n play kali ya? kan lebih panjang tuh paha rem nya, tapi ane sendiri sih masih pakai paha rem standar, masih bisa pakem soalnya, nggobet-nggobet! (tuh kan, lagi) :D

  191. gugun says:

    Sekarang dah tahun 2013….
    Saatnya vixion pake gear 15/40….
    maklum udah jadi vixion karbu….
    15/40 pun masih terasa ke-enteng-an je…
    Top speed 145++ enceesssss…

  192. sibojo says:

    om Jopir..ane rencana mw ganti full set gear vixion ane ke Scorpio..kira2 ada yang perlu disesuaikan lagi gak untuk rantai dan gearnya??
    apa plug n play aj..mohon pencerahannya..thx b4

  193. malaya says:

    Numpang nanya bro,vixion saya utk blkg pke velg power 3.5″ ban corsa 120/70. Swingarm pke yg ori,kliatan udh mepet dgn ban. Klo ganti gear blkg scorpio 44 mata,ukuran rantai g ikt d ganti yg 130 bro? Kbtulan rncana mo gnti rantai jg soalny udh molor. Mksh bro

    • jopir says:

      mksdnya rantai jd 130 mata ya?
      kl ane kan emng dah rada molor tuh rantai, jd pas2 aja lgsg ganti gear nya aja, cm kl rantai baru kemungkinan mepet tuh bro, kyknya mmng butuh rantai yg lebih panjang

  194. vx kebumen says:

    bro gue dah gnti gear 44 scpio tpi kok gada perbdaan ya ?mhn pncerahanya om

  195. mori omihachiman says:

    Reblogged this on morifinitely.

    • Anonymous says:

      Bro..vixion.ane pk shinob, skrg kondisi
      Udah molor bgt..kalo
      Dipotong rante bisa gk ya? Trs ada
      Efeknya ga?
      Atau kl di join gear depan sm rante bawaan shinob tp gear blkgnya pk
      Punya pio..itu bisa gk bro?

    • jopir says:

      bisa sih bisa aja bro, cm resiko potong2 gt biasanya di rantai udah gak nyeplak rapet banget ke gear, efek paling fatal rantai bisa lompat, kl minimalnya cm berisik aja.

  196. diwanto says:

    mas brow,,aku punya motor vixi 2012 rencana mau pake ban gambot,,apa bisa PNP make satu set gear vixi new lighting?thx sbelumnya..

  197. Anonymous says:

    gan itu new vixion ya

    • Anonymous says:

      sory bang jopir diralat dikit pertanya.an ane tadi…..
      NVL ane udah make ban belakang 130 nah kalo ane pengen ganti gear punya pio 15-44 bisa langsung pnp pa masih nambah mata rantainya ?????
      mohon pencerahanya bang…….

    • jopir says:

      Kl untuk pemasangan gearnya psti PnP bro,
      tapi soal rantai belum tentu, kyknya butuh rantai agak panjangan dikit, kl rantai udah rada molor dikit sih bisa masuk, cm kl masih gress bgt harus tambah mata rantai biar jd agak panjangan.

  198. cahyo says:

    Mas bro Klo pke gearX scorpio trus rnteX pke vixiy apa jga pke pnyae scorpio trims..

  199. mameg says:

    kalo pake yg mata 45 ato 46 gimana di top speed bro? soalnya bengkel deket rumah adanya gear belakang pio merk SSS mata 45 & 46

    • Gupita says:

      Bang Jopir ane setahunan pake ban belakang gede 120/80, belakangan ini gearset belakang ko berisik yah *kletak kletuk klo dibawa jalan
      Posisi rantai ane uda dipotong d beres yamaha, gear ori vixion..kata orang bengkel c kudu ganti gearset..

      Masalahnya di gearset bukan bang? Klo ganti gear scorpio kaya recommend bang Jopir jaminan ga bunyi lagi ?

    • jopir says:

      @ mameg :
      jujur kl yg beginian rumus itung2an akuratnya ane gak punya bro, semua maen feeling, yg pasti kl pake 45 ato 46, tarikan awal tambah enteng dan top speed makin turun, besarannya yg ane gak bisa sebutin pasti.

      @ Gupita :
      Nah masalah bunyi setelah rantai dipotong itu pasti bro, kenapa? karena posisi lubang rantai udah gak nyeplak persis ke mata gear, bisa ente buktiin, coba cek bagian rantai yg neplok ke gear belakang, pasti gak nyeplak semuanya nempel banget ke gear, pasti ada bagian yg agak naik/longgar, karena sejatinya panjang tiap satuan mata rantai udah nambah panjang, inilah sumber bunyinya.

      Masalah ini bisa selesai kl agan ganti 1 gearset, ato kl sayang gear nya masih belum runcing2 bgt, minimal ganti rantainya aja, biar balik presisi lagi antara mata rantai sama mata gear.

  200. mameg says:

    oalah begono ya bang, oke dah sekarang ane mau tanya yg lainnya :D
    kan rantai ane udah molor sampe ke angka 7 nih, kalo pake gear yg 46 kira2 perlu nambah mata rantai gak? atau bisa langsung masuk karena kemoloran rantainya tersebut bang? hehe :D

    • jopir says:

      Standarnya vixy gear 42,
      dulu waktu ane ganti ke gear 44 (naik 2 mata), rantai posisi 3 (kl gak salah), dan bisa langsung masuk.
      skrg agan mau pake 46 (naik 2 mata dari 44), kl pake perbandingan, harusnya di posisi 6 udah bisa masuk.
      Bgtulah kira2 hasil terawangan gaib nya gan, realnya ya insya Allah bisa :D

  201. wanto says:

    bang jopir , mau tanya nih , motor saya vixy, pake velg lebar , depan 110/70 dan blkang 130/70 . semisal saya sudah ganti gear belakang pio , dan rantai dah molor bgt dan harus ganti , . . . apakah saya harus mencopot gear pio tersebut ??? (kan secara rantai baru msh belum molor) apakah gear pio perlu di copot dan di ganti dgn ori vixy ??? mohon masukannya bang . terima kasih .

    • jopir says:

      betul bro, krna masih kinyis2, dijamin panjang rantai gak cukup buat ngelingker di gear pio.
      Mgkn kl mau langsung, bisa coba tambahkan bbrpa mata rantai, mgkn 2-3 mata udah cukup. Tp jadinya si rantai jadi ada sambungannya, gak kyk ori yg tanpa sambungan.

  202. mameg says:

    syukur alhamdulillah bang sudah teraplikasi gear Mata 46 di motor ane :D

    http://www.imagebam.com/image/51e378293867552

    tapi yg ane rasain top speed jadi menurun cuman 120kpj walaupun akselerasi memang terasa lebih mudah melesat, rencananya sih gear depan mau ane kasih mata 15 biar rasio jadi lebih berat dikit, ya kan? tapi gear depan scorpio (15) pnp nggak nih di vixion? soalnya ane liat ada sedikit bedanya, gear depan vixi ada dua lubang kecil di sisi kanan kirinya untuk lubang baut, sedangkan punya scorpio kagak berlubang, gimana kira2 menurut bang jopir? matur tengkyu

    • jopir says:

      Ajiib, keren bro..

      iya jg ya, setelah diliat trnyata ada beda lubang di gear depannya.
      FYI gear depan pio uk.14 mata jg lho, jd ya sama2 aja.
      mgkn bisa beli uk.15 mata punya vixy, label sss, daytona banyak jg dijual ketengan

  203. Utomo says:

    om jopir kalo nevil ane diganti gear blakangnya
    aja pake ukuran 44 punya scorpio tp gear
    depan dan rantai pake ori nevil bisa ga om?
    ada yang bilang rantainya kurang panjang,
    bener ga om?

    mohon pencerahannya.. terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s