Review : PSM Floating Disc 320mm di Yamaha V-Ixion

Posted: 7 July 2009 in About Vixion, Review Product
Tags: , , , ,

psmHari ini genap seminggu gw pake ni piringan cakram, menurut gw udah cukup mewakili untuk gw bikin reviewnya.

Baiklah, mungkin trend modif dengan ganti piringan cakram lebar udah bisa dibilang basi, tapi sampe sekarang ttp byk peminatnya. Yang perlu digarisbawahi adalah cakram lebar gak sembarang lebar lho, trs ada istilah Floating sgala, makanya gw pilih merek PSM .

Pengen tau lebih? monggo disimak penjelasan berikut

Piringan cakram secara modelnya bisa kita bagi 2, yaitu tipe Floating dan non Floating.

Contoh tipe non Floating adalah kayak piringan cakram standar bawaan pabrik, keseluruhan disc dibuat dari bahan yang sama dan semua menyatu satu kesatuan. Sedangkan tipe Floating adalah piringan cakram yg terdiri dari 2 bagian body yg disatukan menjadi sebuah piringan cakram, contohnya yg ngetop adalah produk PSM atau TZM.

psm

[Untuk PSM silahkan lebih lanjut di amsracingparts.com]

Cakram Floating awalnya hanya dibuat utk spec balap, tapi lama kelamaan mulai diproduksi massal. Nah mulai lah kelakuan contek mencontek muncul, mulai byk beredar cakram floating tiruan. Tapi tenang, membedakannya gampang kq.

Ciri cakram Floating adalah :

1. Cakram terdiri dari 2 bagian yaitu bagian untuk baut dan bagian yg bergesekan dg kampas rem.

2. Kedua bagian mempunyai bahan yg berbeda.

3. Kedua bagian mempunyai jarak sekitar 2-3 mm

4. Kedua bagian disatukan dg cara knock down, menyerupai bulatan mirip ring baut. [disinilah bedanya dengan yg tiruan, pada cakram tiruan, sambungan kedua bagian ini hanya merupakan hiasan, cakram hanya terdiri dari 1 bagian, tetapi di bagian sambungan dibuat seolah cakram adalah 2 bagian terpisah].

5. Karena cakram terdiri dari 2 bagian yg terpisah maka piringan bagian medan pengereman bisa ‘oblak’ mengikuti sodokan kampas rem. Pergeserannya sekitar 1-2 mm.

psm float

Kelebihannya :

1. Karena piringan bisa oblak mengikuti kampas, maka pengereman yg dihasilkan lebih maksimal. Terlebih diameternya yg lebih lebar, tentunya lebih bisa diandalkan utk pengereman emergency.

2. Pelepasan panas akibat gesekan lebih maksimal, karena luas permukaan lebih besar.

3. Hilangnya resiko cakram bengkok akibat panas, karena bagian untuk baut dan bagian untuk gesekan berbeda, panas dari bagian cakram yg bergesekan dengan kampas tidak akan menjalar ke bagian untuk baut.

Pemasangan di V-ixion :

vixion modif

Pemasangan bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa kendala, karena Plat tambahan untuk naikin posisi cakram udah dibuat khusus untuk V-ixion. Baut tambahan pun sudah disediakan.

Yang menjadi perhatian adalah panjang baut, kl bisa sih diganti ma yg ukuran panjangnya pas, karena posisi mur nya mepet dengan piringan.

psm close ring

Test Ride :

Untuk 1-2 hari setelah pemasangan, pasti fungsi cakram belum terasa, malah bisa dibilang ngeblong. Hal ini wajar karena kampas harus menyesuaikan dulu dengan piringan. Tandanya adalah seperti pada gambar pertama yg gw lingkarin, tanda gesekan cakram dengan kampas belum merata. Setelah dipakai beberapa kilometer dan guratan di piringan cakram udah rata, baru deh berasa. Mangstab jaya…!! Terutama yg hoby freestyle, buat stoppie jd gampang bgt.

Ni cakram juga udah berjasa bantu satu anak kucing tuk tetep bisa menikmati dunia, taulah kenapa :)

Buat yg berminat, sekedar patokan harga. Per Juni 2009 ni piringan cakram gw tebus Rp 350rb di MotoChief | Jl. Kebon Jeruk III, Jak-Ut.

(jOpiR)

http://kisanak-jopir.co.cc

About these ads
Comments
  1. corleone says:

    berapa habisin tu bro untuk semua plus pemasangan cakram psm nya.bos untuk kaliper tu bagusan punya mana psm ato nissin..jg dr harga kyknya psm ya yg lebih mahal.thx bro.tlg bls ke “ronnycorleone41@yahoo.com”…..

  2. jopir says:

    @ corleone :

    Piringan cakramnya gw tebus Rp 350rb
    Harga per Juni 2009 | MotoChief Jl.Kebon Jeruk III, Jak-ut
    Upah pasang sih tergantung keiklasan hati, krna cuma biaya pasang aja, semua part termasuk baut udah include paket penjualan.

    Kl kaliper nya sih gw lebih rekomendasiin Nissin, asal nissinnya asli ya.. Krna byk bgt nissin yg dipalsuin alias Kw2. Coba cek deh, nissin kan dipake di cakram belakangnya Tiger Revo, Shogun 125 SP, dll. Prinsipnya yg dipake pabrikan utk motor kelas atasnya pasti kualitas wahid dunk.. Kecuali utk motor yg paket ekonomis, part ada yg dinomorduakan dg alasan pemangkasan harga :)

  3. dismas070492 says:

    aku pakai Yoshimura di revo 100cc. harga 300ribu. Bahan memang bagus. Tapi kok terkadang master rem nya seret ya? gimana ya cara nyetelnya supaya nggak seret?

    Kalo master rem nissin emang banyak yang palsu. mudah berkarat.

  4. nonot says:

    “1. Karena piringan bisa oblak mengikuti kampas, maka pengereman yg dihasilkan lebih maksimal. Terlebih diameternya yg lebih lebar, tentunya lebih bisa diandalkan utk pengereman emergency.”

    tu g salah bro??…
    kalo cakram oblak gitu bisa bahaya… hehe

    stahu ane se…
    disk floating tuw,, dibuat 2 bagian dengan jarak sedemikian rupa yang fungsinya, agar disk tidak bengkok saat terkena panas ekstra saat pengereman ekstrim (jarak 2-3 mm tuw buat ruang pemuaian)

    contoh sederhananya kayak pas masang kaca jendela tuw,, kan kaca ama lis-nya dikasih jarak tuw buat ruang pemuaian biar kaca gak pecah saat kena panas sinar matahari langsung.
    ~CMIIW~

  5. jopir says:

    @ dismas070492 :

    yg dimaksud [Yoshi] piringan ato masternya bro?
    kl yg dimaksud piringannya, kemungkinan sewaktu pemakaian, disc jadi bengkok akibat pemuaian.
    jadi coba gini aja, mungkin bisa mmbantu :

    1. Coba lepas piringan disc, taruh diatas kaca, pastiin semua dinding disc nempel di kaca, artinya disc gak bengkok. Kl bengkok monggo di press ato diganti baru.

    2. posisi master dan piringan terlalu mepet, jd sewaktu piringan memuai / bengkok jd ngegesek master scr berlebihan hasilnya jd seret, terpaksa bikin adaptor baru. Adaptor ori bawaan piringan kadang gak menjamin posisinya dah bener lho.

    @ nonot :

    yup ga salah bro,

    disc cakram floating emng bisa oblak 1-2 mm, ini tujuannya agar disc bisa mengikuti posisi master pada saat pengereman terjadi. untuk ngurangin gesekan yg gak seharusnya terjadi antara kampas dan bidang gesek disc akibat posisi master yg gak pas atau pemuaian piringan.

    ini diperluin oleh motor balap yg main di kec tinggi dan waktu yg ckp lama [katakan motoGP atao SBK], dimana pasti terjadi pemuaian pada disc akibat panas gesekan yg menyebabkan posisi master dan disc pasti gak bakal selalu sejajar. [untuk motor balap yg kayak gini emng disc floatingnya gak sesederhana sprti yg kita pake di motor kita, tapi prinsipnya sama].

    Akibatnya kekuatan pengereman gak stabil alias sendud2 sedangkan mereka butuh pengereman ban depan yg stabil di tiap tikungan biar ban depan gak slip, [pada race kec tinggi hampir gak pernah digunakan rem belakang di tikungan krna akan mengakibatkan gejala ban belakang slip/sliding].

    Dgn teknologi ini posisi master dan disc selalu pada jarak yg sesuai jd kekuatan pengereman konstan.

    Selain oblak, ciri yg kedua mmg disc dibuat terpisah dan penjelasannya sesuai dengan yg bro nonot sebutin di komen diatas.

  6. dismas070492 says:

    yang dimaksud Yoshimura: piringannya. Udah tak bongkar dan masih presisi. Setel ruji juga sudah. Ganti adaptor juga udah dilakuin. Problemnya: sepertinya ketebalan piringan lebih tebal sekitar 1mm dari piringan standar.

    Jadi kampas harus dilonggarin kayaknya n aku pakai piringan itu udah sekitar 4 bulanan.

    ini bro link nya:

    http://dismas070492.wordpress.com/2009/08/09/piringan-cakram-lebar-untuk-sepeda-motor/

  7. jopir says:

    @ dismas070492 :

    sebetulnya ketebalan piringan gak terlalu menjadi masalah bro, karena master ori Revo kan 2piston, jadi sebetulnya yg bekerja untuk menekan hanya satu sisi sementara sisi lainnya hanya statis dan jadi dinding penahan tekanan. Jadi hanya cukup atur jaraknya ke sisi yg statis, sisi lainnya akan menyesuaikan sendiri.

    Periksa juga baut penahan adaptor, kadang yg ngegesek piringan malah ujung si baut yg nongol kearah piringan.
    coba lihat bekas gesekan kampas di piringan, ada garis yg lebih dalem dari lainnya gak, kl ada biasanya akibat gesekan sama baut tadi.

  8. dismas070492 says:

    nggak ada bro. bautnya relatif masih jauh. jadi nggak mungkin ada yang nyentuh. kemaren masih seret. aku keliling hampir 10bengkel. jawabannya sama.

    piringan lebar mank nggak bisa los seperti piringan standar. pikirku, bisa aja adaptornya nggak center. tapi mereka bilang bukan itu masalahnya. dan nggak ada bengkel yang bisa buat piringanku jadi los seperti standar bawaan pabrik. bengkel” bilang, ini udah maksimal. n katanya, aku terlalu perfeksionis. padahal jelas masih sedikit seret. daripada adu otot sama mekanik, ya udah. aku pendam dalam hati aja:

    ini pertama n terakhir kalinya aku pakai piringan floating.
    kecewa berat. karena maunya lebih pakem. eh, udah nggak terlalu pakem, seret pula. ratusan rb melayang. Itu udah jumlah yg besar buat seorang pelajar kayak aku.. ngerasa jadi orang paling goblok sedunia nii jadinya. bela-belain nabung, eh malah gini jadinya.

    coba nggak beli piringan sialan. udah dapet knalpot racing nob1 triovale mungkin.

    ah..dah lah..hehe..

    • jopir says:

      @ dismas070492 :

      Kl soal gak pakem mgkn gak gara2 cakramnya masup angin?? soalnya gw prnh ngalamin yg kek gitu, gara2nya si seal di pompa gak sesuai.
      Kl soal seret, gak bisa diiklasin aja tuh?? :D

  9. dismas070492 says:

    iya bos… oh kalo yang dialamin bro jopir, mungkin harus tekan tuas rem lebih dalam karena selang rem nggak vakum. iya nih. udah diiklasin. hehe. setelah mikir ulang, ternyata aku juga nggak terlalu suka modif tampilan. hehe. lebih ke performa. coz nih revo lelet banget. bingung harus mulai dari mana dulu.

    • jopir says:

      @ dismas070492 :

      Mungkin bisa dimulai dari beli nyawa cadangan bro, wkwk piss
      abisnya kl jalan kenceng bawaannya celaka mulu :D

  10. dismas070492 says:

    ye, di mane belinye tuh nyawa? latian skill dulu bro di tempat sepi. Supaya fasih dalam late braking. Kan ga lucu kalo bisa ngebut tapi ga bisa ngerem mendadak. xixixi

    akhirnya piringan Yoshit ku bisa laku 70ribu. lumayan lah buat 2 kali ganti oli. hehe. Syukuri apa yang ada aja deh. hehe. back to standart style. Gemana kabar vixie nya bro? makin mangstab jaya kan?

    • jopir says:

      @ dismas070492 :

      Hehe.. akhirnya rela standar demi performa, saluut bro :)
      Iya sih, maren gw juga diasepin vixy standar, gara2 ban gw berat n lum nemu rasio gear yg pas buat ngimbangin vixy cingkrang, hiks..
      Beli nyawa pake jamur ijo aja kek mario bross, ntar nambah 1up wkwk
      keep safety riding bro.. [but safety doesn’t mean slowly] sori inggrisnya blepotan :D

  11. Mas Kidid says:

    Bro, mo nanya nih, gw br beli disc cakram floating, tp buat ngerem kok gak bs langsam ya, ada getaran ato nendang-nendang getu wkt ngerem, gak bs mulus rem nya…
    Knp ya bro??? Apa emang bgetu ciri2 disc floating klo buat ngerem….

  12. jopir says:

    @ Mas Kidid :

    Emang karakter awal disc floating gt bro, tp lama kelamaan berangsur hilang kq setelah piringan tergerus kampas secara sempurna.

  13. theo says:

    bro,bsa mnta tlng bliin trus kirimin gk ?
    cz di daerah sini gw cari2 piringan PSM gk ktmu2 bro T.T

  14. lan says:

    bro,tadi ente bilang 350rb, kalo ada yg nawarin 250ribu gimana? tau palsu/enggaknya dari mana? yg di gambar itu kemasan sekarang yah? yg di tawarin ke gw masih pake dus? apa itu kemasan yg lama/itu palsu?

  15. jopir says:

    ^ theo :
    Bole aja gw bantu cariin, biasanya gw nyari racun hari sabtu. udah liat tarif ongkirnya? dipastiin dulu aja. kl nanti deal contact gw aja, ada di profile fb.

    ^ lan :
    Wah kq murah ya, untuk bebek aja harganya masih diatas 300rb. Biasanya harga 250rb untuk cakram lebar biasa, non floating.

    Kl dibilang palsu blm tentu juga, siapa tau tu orang mau ngabisin stok jadi banting harga.
    Skg sih rata2 toko variasi semua kemasannya gt bro, plastik di press ke karton.
    Kl mau lihat asli atau nggaknya, mgkn bisa diperhatiin bagian floatingnya, bener2 terpisah atau nggak? trs lihat detil finishing barangnya [gambar], sperti logo burung, merk dan nomot ID nya, harusnya hasil press tulisannya rapih, plus breket nya. Walaupun sepenuhnya gak menjamin jg sh bro.

  16. theo says:

    blum liat bro ..
    dmna ya ??

  17. ryan says:

    permisi mas, aku mau tanya nih..
    gini kan udah sminggu aku ganti cakram lebar merk ride it, tp kok klo setiap mau ngerem pasti ndut2an gitu yah..??
    seperti ada getaran saat ngerem, dan di handle remnya juga kalo ditekan saat motor melaju terasa membal2 gitu..
    apakah hal tsb wajar..?? klo gak wajar itu masalahnya knapa ya mas..??mohon pencerahannya yaahh.. Thx

    • fandi says:

      kalo ndut2 an itu karena piringan nya agak nggeol lebih dari 2 mm,piringan psm ku juga begitu pas baru beli sampe seminggu kemudian masih endut2 an,pas ke bengkel langganan ternyata piringan cakramnya oblaknya banyak ( sampe2 piringanya luka mbaretnya dalem dan banyak.),trus di setel dah,pas udah jadi rem nya jadi makin mantep,jarak master remnya makin jauh, gak terlalu dalem kalo narik remnya dikit udah brenti tuh vixi ane.bisa stoppie sampe njengking2,tapi kalo stoppie berarti kurang sayang sama shock depan yang lebut,asal jangan sampe bunyi ”KRAK” aja gan,…hehe

  18. jopir says:

    ^ ryan :
    Wajar kq bro, lama2 berangsur hilang dg sendirinya.

  19. ryan says:

    oohh jadi wajar toh.. ok makasih banyak mas..

  20. Ardiansyach says:

    permisi mas bro.
    aku baru pasang piringan PSM.
    ada masalah mas,pirngan keset.
    terus bagian pin penyambung piringan yang seperti di foto mas jopir bagian 2 yang di lingkari itu yangkut dengan dudukan kaliper yang di tempatin di sok. uda otak-otak tapi tetep aja nyangkut. jalan satu-satunya saya kasih ring di as roda.

    kesel bnget mas bro, bengkel pasangnya asal2an, tak tinggal bentar, pas tak liat piringan pada lecet semua. katanya kepanjangan baut, uda tak bilangin. tapi masih aja.

    mohon pencerahanya ya mas. thanksss

  21. jopir says:

    ^ Ardiansyach :
    Kl nyangkut, tinggal mur bautnya aja yg ditipisin dan panjang bautnya disesuaikan [digerinda], sprti yg gw tulis di artikel : “Yang menjadi perhatian adalah panjang baut, kl bisa sih diganti ma yg ukuran panjangnya pas, karena posisi mur nya mepet dengan piringan.” perhatikan gbr 4.

  22. Ardiansyach says:

    uda beres bro,dudukan kaliper dari PSM aku ganjel dgn 2 ring bagian bawah bagiab atas 3 ring. ngacirrrrr.
    pas andel rem di tarik. andel rem goyang-goyang. ternyata ketebalan piringan PSM ga sama. ada yang tebel ada yang tipis. walahhh—-walahhhh ada aja masalahnya.

  23. jopir says:

    ^ Ardiansyach :
    Hah? ketebalan piringan gak sama? yg bener bro?
    awal pemakaian floating emng gt bro, tapi perlahan2 nanti mantep sendiri kok.

  24. ardiansyach says:

    aku ukur pake jangka sorong bro. spintas si bro Jopir. ga tau de kalo ngukurnya blm pas.

  25. Yonkx says:

    Bro 2hari lalu gw pasang tu disk brake tp ukuran 350mm, , ,
    Prtma sih emang bunyi(wajar)krna penyesuaian kampas,tp kok udh 2 hari lebih masih bunyi,yg gw tnyakan sampai brpa hari kira” bunyi itu bisa ilang?
    1hari biasa tu mtor gw bwa krang lbh 40-80km

  26. jopir says:

    ^ Yonkx :
    wah dgn pemakaian segitu harusnya sehari juga udah asik tuh kampasnya. Coba atur ulang breketnya bro biar posisi piringan gak ngegesek sesuatu selain kampas. Atau malah gara2 baut breket yg ngegerus piringan.

  27. Ruphi says:

    Emangnya d tmpat bro brapaan ya harganya tu disc?

  28. marcel says:

    bro pas ganti piringan kaliper nya ganti juga gak apa masih standart

  29. jopir says:

    ^ Ruphi :
    Di artikel kan ada harganya bro..

    ^ marcel :
    Tetep standar bro, gak ada yg perlu diganti2 kok.

  30. surya says:

    kl misalkan, cakram ori depan dipndah kebelakang bisa ga ya? mhn pencerahan,,

  31. jopir says:

    ^ Surya :
    Bisa aja bro, tinggal disesuiakan aja plat penyangga dan adaptornya, karna kan pasti diameternya dan dudukan bautnya berubah.

  32. paicul says:

    ane nyesel gan beribu ribu nyesel baru baca forum ini sehari setelah ane beli piringan cakram floating bajakan merk combiz,, mampus tuh gw sebutin merknya.. soalnya ane kesel bgt gan, modelnya sih kya floating gan, tp ternyata cuma 1 bahan dan bukan sambungan yang kaya ada di gambar di atas.. abis 220rb melayang,, sekalipun sejauh ini berfungsi dg baik, tp ane kecewa ternyata bukan tipe floating,,, hixhixhix…

  33. jopir says:

    ^ paicul :
    Wah si masbro kena jebakan betmen nh brrti, padahal harga jual gak terlalu beda jauh ya, ketimbang bikin nyesek tiap kali liat, coba2 dijual aja bro, mumpung belum lama dipake :D

  34. bagus says:

    gan kalau nama bengkelny apa? karna susah banget nyari tuh disk…

  35. Dee Boo says:

    Gan…minta tanggapannya, kalo disc floating merk OKD ama PSM bagus mana, hehe
    Dari bentuk fisik soalnya ane lebih suka OKD.

  36. bagus says:

    gan tolong pencerahanya dong, saya beli disk merk TZM baru pakek 1minggu kok jarak antara sambungan berbeda, sisi atas lonnggar sisi bawah hampir mau nyatu? apa ada masalah apa emang wajar tolong banget. Tanks

    • jopir says:

      waduh, harusnya sh jaraknya sama bro, kl gt harusnya pas dibawa jalan ada suara kegesek dong.
      KL beneran iya mending komplain ke tokonya deh bro, bahaya takut copot :)

  37. si oom as varioputiih says:

    nambah ilmu :D
    makasih, oom..

  38. JUTAK says:

    OC DAH

  39. fandi says:

    coba cek aja,aku kemarenbaru beli dapet piringan psm yang agak gak presisi sampe 2 mm lebih,perlu di setel di bengkel, lumayan lama,DIGETOK MODE ON.kalo udah presisi tapi masih nggasruk,berarti ada bagian kaliper rem nya yang harus di grenda…

  40. Frans says:

    Bro, dulu stlh pasang PSM, vixy ente ‘ndut2an’ ga kl buat ngerem? (ngerem nya kerasa ga mulus).
    Gw seminggu lalu pasang juga ni piringan. Tp ya gitu, kl buat ngerem kerasa ‘ndut2an’ (apa ya istilahnya).
    2-3hr pertama gw pikir itu normal. Tp ini udah seminggu.
    Kira2 apa yg salah ya? Piringannya kah yg bengkok? Ato master remnya yg masangnya ga pas? Ato krn plat nomer nya miring?

    • jopir says:

      Awal pemakaian kerasa getar di stang waktu ngerem, lama kelamaan ilang dan ngerem udah normal kayak pk piringan ori.
      coba di posisi standar tengah dan ban depan ngegantung, putar ban depan pk tangan. ada bunyi gesekan yg gak wajar gak, semisal bunyi besi ketemu besi yg cuma di bagian tertentu?
      kl ngetes bengkok atau nggak coba piringannya ditaruh diatas kaca, nanti keliatan kl ada bengkok.

  41. rezza says:

    bro.. ada yg jual nggak ya cakram 2nd psm 300mm yamaha kondisi OK, pokoknya cakram yg normal tdk ndut ndutan, no peyang

  42. Bagas says:

    mas bro. mw tnya.. vixiku aku pasangin cakram belakang kan, trus udh stengah taun ini mungkin.. ada suara nggesek gt… apa gara” bengkok piringanny, kampas remnya abis ato klo mbubut tromolny gag pas?

    mohon petromakny… :)

    • jopir says:

      mesti dicek satu2 bro, kl cek piringan, lepas piringannya, trs taruh diatas kaca, nanti keliatan kl emng piringannya peyang.
      trs liat juga kampasnya, jgn2 emng dah habis.
      trs perhatiin gerak bebas si kampas, jgn2 lebar bushingnya kurang, jadi si kampas terlalu mepet dgn disc dan jadi ngegesek.

      agak rumit mmg bro, maklumlah, namanya juga variasi :)

  43. dymasarya says:

    mas bro, ini ukuran diameternya brp mm ya?
    TZM sama PSM bagus mana ya? info harga untuk TZM juga dong..thx ya

    dymasarya.wordpress.com

  44. Mirzaotis says:

    Bro jopir, ane pake rem cakram belakang PSM punya, nah itu kampasnya udah mau abis. bagus kampas rem ane diganti yang kayak apa ya?

  45. brigade15 says:

    bro jopir, mau nanya nih, tu di cakram yg bagian kuning kuningnya bisa diganti kan ya catnya?

    http://brigade15.wordpress.com/

  46. prasojo says:

    kalo yg buat supra x 125 hrgne brp gan? braketnya presisi g? takutnya kampas hny jepit dkit sisi luar discnya gt, jadine kampas habis separo..

    • jopir says:

      waduh ane gak jualan gan,hehe..
      tp biasanya yg gini selalu diatas 300rb, untuk sample di vixion ini kl bracket ok, gak ada gesekan2 aneh dan pas posisinya, bisa diliat di gambar yg full body, area gesekan yg udah kemakan lebarnya sm kyk ori, brrti seluruh bidang kampas nyenggol pol ke piringan

  47. Anonymous says:

    mas bro, aku pake cakram PSM kok ndut2an ga ilang2 ya ?? udah setenga taun, adaptor si bikin sendiri, terus bagian dalam yg buat pasang dibaut juga udah aku bubut biar rata . . ada apa ya ?? sampe bingung ane, apa harus bikin adaptor baru??

    • jopir says:

      udah pnh coba piringannya diletakin diatas kaca bro? pnasaran jgn2 piringannya udah bengkok.
      btw knp adaptornya bikin sendiri bro? takutnya bahannya gak kuat jd malah goyang.

  48. Anonymous says:

    cakram saya juga psm tpi smbungannya kok oblak trus ring pada sambungannya bunyi tu bahaya apa gak…?

    • jopir says:

      waduh ngeri bener bro, yg punya ane dulu gak sebegitunya. Kl dipake ngerem keras berasa cenut2 manggut2 sh nampaknya ada yg gak beres bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s