Perbandingan Nilai Oktan Bahan Bakar : Kompresi Mesin

Posted: 24 June 2009 in Tips & Trick
Tags: , , , , , , ,

pertamina Pernah bingung soal nentuin mau pake Premium ato Pertamax di mobil ato motor yang kamu pake??

Banyak orang yang cuma berfikir pendek, mesin sama2 bisa idup, kl bisa murah kenapa harus mahal. Atau ada juga yang mikir, gw mampu kq beli pertamax, prinsipnya kan makin mahal makin bagus, yaudah gw pake pertamax plus aja skalian.

Pemikiran seperti ini bisa dibilang salah tapi ada benarnya juga. Intinya kenali kebutuhan mesin anda, salah pilih bahan bakar awal dari bencana.  Berikut penjelasannya..

Angka oktan menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi.

“Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,” jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia.

Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik. “Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar,” jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini. Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.

“Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head silinder dengan paking yang lebih tebal,” tambah pria beralamat di Jl. Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan.

Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. “Ini untuk penggunaan harian bukan balap,” tambahnya.

Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster.  “Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan,” ungkap Colin.

Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah.  Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan menggunakan Premium.

Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92. “Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1,” jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia.

Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).

OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH

Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number (POM). “Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua,” jelas Colin.

Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. “Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak baik,”.

Jadi intinya, lihat dulu spesifikasi mesin mobil atau motor yang kamu gunakan. Lihat perbandingan kompresi mesinnya, kl udah tau sesuaikan dengan data berikut.

Pertamax Plus (Oktan 95) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 10:1 – 11:1
Pertamax (Oktan 92) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 9:1 – 10:1
Premium (Oktan 82)
= Untuk kompresi mesin dengan perbandingan7:1 – 9:1

TIPS :

Jadi udah faham kan? satu lagi tips buat para pengguna kendaraan berkompresi tinggi, kendaraan anda butuh bahan bakar beroktan tinggi, minimal Pertamax tentunya, Pertamax adalah bahan bakar non-Subsidi, jadi harga bakal fluktuatif.

Teliti harga sebelum membeli. Bandingkan dengan produk lain dengan nilai oktan yang sama. seperti Shell,  Total, dan Petronas. Ada kalanya harga yang mereka tawarkan lebih murah ketimbang Pertamina. Kl bisa lebih murah, knapa harus bayar mahal??

jOpiR

http://kisanak-jopir.co.cc

About these ads
Comments
  1. fikri says:

    Coba kasih contohnya donk.. misalnya banding kan kualitas bensin pertamina denga shell atau petronas yg ada di indonesia terima kasih.

  2. Andre says:

    Klo buat vixion jadi pake pertamax plus yah bro jopir?? vixion kompresi nya 10,6 :1 bukan? oh iya, ada alat buat nge test kompresi motor nga?

    • Ringga Masih SMP says:

      Vixion pakai premium nggak papa bro..
      soalnya injeksinya akan mengatur kecepatan pembakarannya..
      jadi, mesin VIXION akan menyesuaikan bahan bakar yang digunakan….

  3. Tadey says:

    brow mw nanya lg ne tp soal BB..bukan blackbery tp bahan bakar vixi ktn’y harus make pertamax mang tar tu tangki lama2 ga karatan brow?denger2 se klw bb’y make pertamax tangkinya hrus stainlis sedangkan di vixi kyk’y bukan deh mohon pencerahanya?????

  4. jopir says:

    ^ Andre :
    Ralat dikit bro, kompresi vx 10,4:1.
    Sesuai tabel memang sebaiknya gunakan Pertamax Plus, tapi angka ini gak mengikat kok, dengan gap yg lumayan kecil Pertamax92 juga gak akan masalah.

    Kl soal kompresi caranya dihitung bro, Silahkan disini

    ^ Tadey :
    Wah kl yg ini baru denger tuh bro.. perlu penelitian lebih lanjut nih, takutnya HOAX, krna materi premium dan pertamax sama aja, cuma beda nilai oktannya aja :D

  5. tadey says:

    okey bro di tunggu riviewnya coz masih bingung ne make premium takut lama2 ngadat make pertamax takut karatan apa di campur aja x ya,tmn2 se banyak yg nganjurin gt..

  6. arief p says:

    banyak yg nyampur premium sm ptmax, jd menghitung nilai oktan cmpuran tsbut gmn tuh, thank’s

  7. jopir says:

    ^ arief p :
    Menurut Otomotif dan diamini oleh Pertamina,
    caranya simple bro.
    Premium = 88
    Pertamax = 92
    Kl campuran 1:1 berarti oktan yg dihasilkan = (88+92)/2 = 90

  8. rajendra says:

    Bro apa iyya klo pake pertamax jd karatan ya…soale selama nich q pake pertamax…thanks..

  9. rohmadi says:

    apakah benar pertamax nilai oktan 92 at 95 slama in kita g pernh tw kandungan pertmx dlm tangki bbm it ?ap ad faktor laen yg bs mempengaruhi oktan

  10. jopir says:

    ^ rajendra :
    Belum dapet info yg komplit bro, krna bisa aja karat bukan gara2 pertamax, tapi air yg nyelonong masuk dan terakumulasi trs lama2 bikin korosi.

    ^ rohmadi :
    Kl produk pertamina, uji kadar oktannya berkala kok bro. Dijamin tepat, lebih malah.

  11. rajendra says:

    oke boss…mksh banyak infonya…ntar klo dpt info mengenai hal ini…tolong disampaikan kepada kami….

  12. HD Sulistiyono says:

    Saya biasa menggunakan Pertamax Suatu saat di luar kota saya tidak ketemu Pertamax, yang ada Pertamax Plus, saya mau saja karena toh octane-nya di atas Pertamax. Setelah saya mengisi tanki saya kaget kenapa justru powernya menurun. Sampai beberapa kilometer selanjutnya performance mesin tetap seperti itu, hingga di SPBU lain saya tambahkan Pertamax. Perbandingan 10 ltr Pertamax Plus : 10 ltr Pertamax, ternyata hasilnya bagus sekali (lebih bagus dibanding ketika hanya memakai Pertamax). Apa yang terjadi mohon diberi penjelasan, terima kasih.

  13. jopir says:

    ^ HD Sulistiyono :
    Wah kl yg ini rada bingung nih bro, krna gw juga lum pernah cobain PetromakPlus di vixy, apakah gara2 oktannya ketinggian untuk kompresi mesin vixy atau ada sebab lain, dari SPBU nya misalnya.

  14. rere says:

    motor saya ninja rr, kenapa ya kalo diisi shell super ekstra mesinnya susah dinyalain, biasanya saya pake pertamax+

  15. jopir says:

    ^ rere :
    Wah aneh ni bro, padahal oktannya setara.
    Harusnya kl shell super extra susah idup, pk plus juga susah.

    Apa jangan2 kualitas SPBU nya yg jelek tuh ya??

  16. dox says:

    kalau daftar oktan dari yang tertinggi, sampai yang terendah ada gak?
    dari bahan bakar pesawat, bahan bakar motor/mobil balap, pertamax, bensib, bla bla bla, kalau perlu sampai menyak goreng juga…. he…he… thax be-4

  17. jopir says:

    ^ dox :
    - Avtur (BBM Pesawat)= oktan 105-108
    - Bensol Hijau/biru = oktan 115-120
    - Racing Fuel = oktan >125
    Baru2 ini Pertamina launching bensin balap oktan 100 tanpa timbal

  18. karis says:

    mantabs tulisannya mas bro, saya ijin ambil beberapa kalimat buat diblog saya ya…thx b4

    http://karisnsz.wordpress.com/2011/07/11/gaul-tanpa-spion-hah/

  19. r27 says:

    Vixi gw kalo d kasih pertamax = power kurang
    peramax = power oke
    kalo pertamax campur premium
    lebih oke ,
    kira2 kalo campur2 bikhn rusak ga bro ??

    • jopir says:

      Pernah dibahas di Otomotif bro, waktu itu diuji campuran PertamaxPlus+Premium = 50:50
      Hasilnya Oktan 91.5 [hampir 92]. Hasilnya disana gak ada efek samping sama mesin bro.
      Gw juga termasuk pengguna :D

  20. Agung Novian says:

    Bahan bakar oplos (PertmaxPlus & Premium) memangnya aman ya bro? Walaupun oktan memang mendekati angka yg disarankan, tapi kandungan timbalnya kan masih menempel di Premium?

    • jopir says:

      Kl dari segi oktan udah ada jaminan dari pertamina ngemix gt aman, pun udah diamini oleh otomotof.
      kl dari segi “kebersihannya” nah ini yg jadi masalah :D

  21. allen says:

    bos,. mau tanya banyak dan sedikit,.
    kalau pertamax di campur penambah oktan supaya mendekati avgas kira kira berapa banding berapa????

  22. Vita Lestari says:

    bang q mau tanya; kira kira angka oktan yg dimiliki avgas brapa dan bisa dipakek pada motor ber kompresi berapa

  23. iwan says:

    bro numpang tanya, ngaruh g sih sama nilai oktan klo premium dipanasin atau didinginin?

  24. onal says:

    saya pake klx 250 di pedalaman papua, dan sudah pasti tidak ada pertamax apalagi pertamax plus, kualitas bensin disini adalah yang terburuk di indonesia, karena diangkut pake drum supaya bisa naik pesawat, kadang2 ex drum minyak tanah atw solar di isi ulang dengan bensin baru di konsumsi publik,
    selain etanol, apa ada produk lain (siap pakai) agar nilai oktan bisa bertambah di premium?

  25. Andi says:

    Maw bikin bhan bkar beroktan 200 ah. Trus tak jual murah, biar pertamina bangkrut

  26. sup.sup says:

    bagaimana kalau kompresi mesin rendah tapi dipaksa dengan menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi?

  27. achi. says:

    om mau tanya . kalo pertamaxplus campur premium , perbandingan nya sama . apakah hasilnya akan jadi pertamax ?

  28. Ramen99 says:

    Sedikit OOT om.
    Pragmatis bila ada pemilik motor bagus(termasuk yg bore up) dan sudah jelas wajib minum BBM non subsidi masih “maksa” minum Premium.
    Beli motor mahal sanggup tapi operasional hariannya gak sanggup ! Kalau sudah begini kadar gengsi pasti lebih besar ketimbang fungsi. Ibarat nafsu besar tenaga kurang…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s