yamahaHhh.. lega rasanya akhirnya punya koneksi internet sendiri di kosan, gak nyempil2 di kantor lagi.

Kesempatan pertama berinternet ria di kosan gw gunain buat nulis review ttg ni motor. Niatnya udah lama ada tapi sampe sekarang baru kesampean. Motor yang bakal gw ulas adalah Yamaha V-Ixion release ke-2, ni motor gw angkut dari showroom ke kosan sekitar bulan November 2008, motor inilah yang terpilih jadi pengganti Supra X 125 R – Plat Merah gw yg dah gw pake sekitar setahun lebih, sedih sih, coz dah byk pengalaman ma tuh supra, dari rekor 130km/jam, stoppie, wheelie, ampe jatoh bareng si eneng, hiks.. tapi kata bang Prabowo, “Karna Hidup Adalah Perubahan..” maka gw putusin tuk pindah haluan ke Plat Item.

Di Vixy (panggilan cayang v-ixion) release kedua ini ada sedikit perubahan dari release yang pertama.

Perbedaannya :

1. Striping di design lebih sporty dan elegan (jujur gw agak males pas liat striping ni motor pas pertama kali launching, gak terkesan ‘wahh’, syukurlah udah dibenahin di release yg kedua ini).

2. Pilihan warna body berubah, awalnya hitam, merah dan biru (full body), sekarang jadi hitam, abu2, dan merah (bi-color).

3. Ban yang dipilih di release ke2 pindah ke IRC NR 72 dengan velg dan ukuran ban yang sama persis. (dari segi tampilan sih gw rasa bagusan yg dulu, coz yg sekarang ada motif bintang2nya, haduh.. ga bgt, tapi dari segi kualitas, jauh lebih napak NR72, kl yg dulu [katanya yang udah] make licin bgt).

4. Yang jelas harga pun ikut berubah,, di release awal seharga Rp 18.900.000 ,sewaktu gw beli, br bisa dbawa pulang setelah nyerahin duit Rp 19.400.000, yg terakhir gw tau sh udah Rp 19.700.000.  Silahkan cek di http://www.yamaha-motor.co.id/ untuk harga terakhir.

5. Gak pake Inden ampe 5 bulan, stok udah lancar, ni motor gw dapet 3hari setelah gw panjer, padahal cm 100rb,hee..

vixion modif

Kenapa V-Ixion :

Ya memang pilihan yg sulit di masa itu (okt 2008), tapi mgkn kl gw nentuin pilihannya setelah Jakarta Motor Show pasti gak akan sesulit ini, karna ni vixy terpilih jadi Best Motorcycle of the year 2008 , yang kerennya ni motor bisa ngalahin kawak 250R (gak percaya?? monggo googling sendiri, key : motor terbaik 2008, niscaya kalian kan menemukannya, jika kalian berfikir).

Kenapa gw bilang sulit?

Karna gw udah nentuin batasan dalam pemilihan motor pertama gw ini :

1. Harga dibawah 20jt, kl lebih ya gak jauh2 amat lah (sekitar 10%)

2. Harus motor cowok, coz kebanyakan cew yg gw introgasi, mereka gak suka liat cow pake bebek.

3. Keren dari segi teknologi mesin maupun body nya,

Jadi gw tetapkan kandidatnya adalah : Suzuki Thunder 125, Yamaha V-Ixion, Kawasaki 250R dan 150 R, Honda Tiger Revo, Bajaj Pulsar, Yamaha Scorpio.

Proses Penilaian :

1. Suzuki Thunder 125 : Pertama di kosan gw dah ada 2 orang yg pake termasuk temen kantor gw, dari mesin sama2 ja ma supra, gak ada peningkatan, trus pernah coba pake punya temen, haduh mesinnya.. rame bener, nilai akhir, gak dapet feelnya.

2. Kawasaki Ninja 250R : sumpah tuh motor kl dari segi body, behh.. bego mampus kl ada cow seumuran gw yg gak suka ma body tuh motor. Tapi berhubung harganya yang gila2an (gak sesuai dgn teknologi mesin n fitur2 yg digunakan), so gugur deh ni motor.

3. Kawasaki 150R : 2tak, duh boros bener pula, kenceng sih, tapi ya kl pakenya di bekasi, ngegas bentar eh dah mentok mobil di depan, lagian kata emak gw gak boleh kebut2an lagi. GUGUR!

4. Honda Tiger Revo : Hmm.. keren sih, nama besar Tiger dengan body yg lebih ciamik dari pendahulunya, disk brake depan belakang,, tapi.. di kantor dah ada 3 orang yg pake, trus pernah nyobain naek, untuk body selangsing gw keliatan gak pantes make ni motor, ketelen cuy. GUGUR juga..!

5. Bajaj Pulsar DTS-i : Keren, ada yg dibanggain dari segi mesin, Dual busi, pengapian lebih baik. Tapi.. body nya kurang pas di hati, dengan headlamp yg gede bgt, duh gak sporty, keliatan bgt ciri khas indianya. GUGURIN deh..!!

6. Yamaha Scorpio : 250cc.. wow.. gede nih, tapi kl jalan knalpotnya nembak2, trus cc sgitu buat apa ya?? kl dalem kota byk mubazirnya deh, kl touring sh enak. Trus bodinya agak ke-bapak-an, style tua cuy. LIWAT..!!

FINAL RESULT :

Akhirnya gw tentuin pilihan ke Vixy, knapa :

1. Udah Injeksi, bubai karburator.

2. Teknologi mesin udah terbukti di adeknya si Jupie MX, Piston kuat abiss, berani garansi 5 tahun pula. (gak mgkn dunk berani kasih garansi segitu lama kl barangnya gak bagus.

3. Model Sporty, Deltabox, Monoshock, Radiator.

4. Harga dibawah 20jt, haha.. masih bisa nyisa duit wat modif.

Review :

Akhirnya setelah cukup lama gw pake ni motor, gw bisa kasi pendapat kl ni motor overall nilainya bagus.

Lebihnya :

1. Mesinnya mantaff, aksel memang gak sekeren ninja 150R, tapi dirasa pas, lagian ni motor dipake buat harian, bukan untuk Drag Race. Beda kek Tiger Revo yang performa mesinnya melemah kl mesin dah panas, Mesin vixy gak gampang panas berkat si radiator, jadi kondisi mesin tetap prima walaupun perjalanan diatas 3 jam nonstop.

2. Riding Style enak, touring nggak.. sporty juga nggak.., gak bikin pegel kayak ninja tapi gak yg jemur ketek juga kayak si Tiger Revo.

3. Body nya enak dibawa lincah2an nyelip2 dibelantara jalan raya, ramping. Getaran mesin juga keredam baik berkat deltabox nya.

4. Ni motor di kondisi standar bisa sampe 140 kph, ga percaya? search aja di youtube, masih gak percaya? buktiin aja sndiri, terutama buat yg nyawanya masih sisa 12, wkwkwk.

Kelemahan :

1. Konstruksi body terlihat cingkrang.

(solusi : ganti velg lebar 3″ dan ban, max. 90/80-17 untuk depan dan 120/80-17 untuk belakang)

Review : Bridgestone Battlax BT45 di Yamaha V-Ixion

2. Suara klaksonnya menyedihkan.

(solusi : ganti aja sesuai selera)

3. Ban nya licin bgt, kl ngerem mendadak, biasanya ban belakang langsung ngunci tapi deselerasi kurang maksimum karna posisi tumpu berat motor agak kedepan.

(solusi : sama seperti no.1)

Review : Bridgestone Battlax BT45 di Yamaha V-Ixion

4. Kl bisa jgn cuci motor di tempat cucian motor dengan air bertekanan tinggi, dikhawatirkan air menembus injektor. Bisa bikin proses injeksi bahan bakar ke dapur pacu jadi macet.

(solusi : cuci sendiri, efek positifnya bisa bikin ikatan spiritual rider-motor jd lebih erat,hee.. Ato pesenin agar bagian bawah tangki gak usah disemprot bgt)

5. Gampang keserang karat.

(solusi : rajin2 dimandiin dgn seksama, terutama bagian ujung2/patahan/lipatan body besi.

6. Kalo pertama diidupin, masuk gigi1 nyentak bgt.

(solusi : cek putaran langsam motor, apakah sesuai standar? sktr 1000 rpm, mmng putaran awal ni motor bisa 1500rpm, tp setelah injektor siap, akan turun otomatis ke 1000rpm)

7. Kurang cakram belakang, kurang gahar, kalah saingan ma kawak 150R.

(solusi : pasang aja cakram, Rp 600rb dah dapet)

Review : Cakram Belakang di Yamaha V-ixion

8. Ampere aki cenderung kecil, 3.5A, akan sangat terasa jika saat kipas radiator sedang aktif, klakson jd melempem.

(solusi : bisa ganti dengan 4A keatas, udah ada yg pernah coba dan gak ada masalah, asal dilakukan setelah garansi kelistrikan habis, sayang bro..)

(jOpiR)

http://kisanak-jopir.co.cc

Related Post in this Blog :

Review : Plat Penyangga Cakram Belakang V-Ixion Custom
Review : Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha V-Ixion
Review : Bridgestone Battlax BT-45 di Yamaha V-Ixion

Last Update : Sat, Apr 25th, 2009

Comments
  1. ruangmaya says:

    V-ixion mang yahud, cuma kalo kurang perawtan agak mudah karatan aja….so harus disayang dan perhatiin tu Vixy

  2. sigit says:

    selama dipake bahan bakarnya menggunakan apa?
    boros gak?
    perbandingannya?
    vixy yahoot bro..

    • jopir says:

      pk pertamax, kl itung2an mendekati akurat sih blm prnah nyoba, cm kl itung kasar sktr 1:35.
      Pk vixy jg bro?

  3. embelgezz says:

    pk pertamax pernah d itung ulang 2x hasilnya tetep mendekati 1:44 irit coy, dari pada tiger 1:35.pernah nyoba kec max?brp?

    • jopir says:

      Wow.. 1:44 ya? dipake nonstop dg kec dan rpm rata2 brapa tuh bro embelgezz? buat patokan, krna sampe skg gw lum prnh tes yg akurat.

      Kl Max speed lum pnh tes, baru jalan 100km/h aja, belum dapet treknya, di bekasi lobang semua, ngeri salto,wkwkwk

  4. hardi says:

    eee…itu cover body bawah beli dmn?harga brp?
    trus klo stang jepit yg patah kayak CBR brp?

    • jopir says:

      cover mesin ditebus 90rb di Jl. Kartini, di depan Hotel Bunga Karang, Bekasi. [lupa nama bengkelnya,hee].
      Stang jepit kek CBR macem2 tergantung bahan, dari 75rb-300rb, ada yang plus segitiga, ada yg cuma stang aja, yg jelas tanpa jalu.

  5. Leader-theme says:

    Keren cuy vixy tuch, yang paling aku seneng dari vixy bahan bakarnya irit, 10rb bisa jalan pe jarak 98km… serius…!!!

  6. maz says:

    bt gw c mx tarikannya lebih okeh tuch ketimbang v ixion..gw aj nyesel beli v ixion..doi cm menang tampang doang..

    • jopir says:

      @ maz : ya pastilah bro, dg cc yg nambah cm sdikit (15cc), tapi body nambah berat n gede, pastilah tarikan bagusan mx, lgian vixion kn ngejer irit juga, mgkn yamaha lagi pgn ngehapus rumor kl mrk jago bikin motor boros.

      kl krg puas, monggo mampir ke http://forum-vixion.com di thread modifikasi mesin,, gampang kq, gak yg bongkar jeroan, cm ganti busi, knalpot, ma CDI (kl gak salah) dah lgsg zzuing zzuing, top speed sampe 140kph pula.

      Buat prepiu monggo nonton di Youtube, key “vixion 140″, ada yg dari jakarta, top speed sampe 140kph dan accel-nya keren, pdhl cm ubahan kek yg gw sebutin sblmnya.

  7. Abe Grim YSCI says:

    Kalo suka sama Vixi jgn terlalu merendahkan Kakaknya “SCORPIO-Z”!,Semua motor pny kelemaha sendiri..! Lihat Vixi Anda,cuma 150cc bisa di tebas ama Suzuki-SATRIA F&Jupiter Z-Mod..,Body terlalu Ramping kurang untuk Stabilizer Touring..terlihat mudah di mata Wanita untuk di kendarainya.. Suara kenalpot Kalah Ajib ama Suzuki-SATRIA F..

    Terima Kasih,(Mohon Maaf Jika ada salah kata).

    Damai. . .

    -YSCI-

    • jopir says:

      @ Abe Grim YSCI : Ups.. sori bro kl tulisan gw di review ini menyinggung perasaan temen2 scorpio, tulisan ini cuma penilaian pribadi gw tentang kandidat motor2 yg pgn gw beli waktu itu, penilaian juga cm pk feeling n kabar burung dari orang2, bukan penilaian setelah gw coba barangnya.

      – Kl soal knalpot nembak, sering gw denger di bengkel n pas ktemu anak scorpio lagi touring lewat kalimalang, bekasi.
      – Kl soal cc, gw sesuain sama kebutuhan gw, makanya gw bilang dsitu kl utk dalam kota rasa2nya (lagi2 penilaian pribadi) mubazir. Tp kl utk touring psti mangstaB jaya.
      – Kl utk style tua, ini bener2 penilaian pribadi, cm soal selera, maaf kl penyampaiannya kurang berkenan.
      Penilaian gw juga cm untuk kondisi standar, dg sdikit sentuhan sesuai selera, psti gw bakal kpincut jg ma scorpio

      Jadi intinya penilaian dsini adalah penilaian dari seorang jOpiR yg gak byk pengalaman coba2 berbagai jenis motor, sesuai dengan selera jOpir sendiri, dan dg kata2 jOpiR yg asal ceplos.

      Gw setuju sama bro abe, setiap motor psti punya kelebihan dan kelemahan, termasuk vixion, makanya di artikel ini juga gw tulis sederet kelemahan vixy. Dan gw jg yakin, setiap kelemahan psti ada jalan keluar.

  8. vale_ros says:

    omm.. tanya dunk, tuh engine cover yang ada di gambar, belinya dimana yah yang kaya gitu..?? harganya berapa’na..?? bis liat di toko2 sawah besar kayanya modelnya jelek2 gitu.. yang punya om keren tuh.. mo beli yang keren kaya om nihh..

    send mail ke wheira_dhinat@yahoo.co.id yah om.. di tunggu infonya yah.. ^^

  9. vale_ros says:

    wuihhh.. no telp toko na adaa gag om?? hehe..

    kaloo ke bekasii jauhhhhhhhhhhhhh.. hehe.. ane d grogol soalee.. hehe

  10. jopir says:

    @ vale_ros : grogol ya? dah coba2 ke tanjung duren bro, atau ke jl.kebon jeruk-jkt utra,, kayaknya cover engine model gini dah lmyn byk yg jual.

  11. ardy says:

    cari knalpot yamaha vixion yang bagus,suara seperti mtr besar yah beda2 dikit gak maslah…carinya di mana ya?…

    • jopir says:

      @ ardy :

      Mm.. kl kek motor besar sh pasti gak ada, krna motor besar kan biasanya mesinnya 2 bro, jd suara knalpotnya gak putus, meraung rata kek mobil. Berhubung vixy mesinnya cuma satu, ttp suaranya bot-bot-bot juga.
      Kl cuma pgn suara gahar aja sh bisa coba AHRS, NOB1 n merk2 terkemuka lainnya plus jgn lupa stel ulang CO [biasanya jadi +3].

      Yang paling penting, ganti knalpot gak asal suara keras, mesti ada tendangan balik ke mesin plus naekin performa

  12. mas mawan says:

    misi, mau nanya dong, awam ni! kalo v-ixion itu, konsumsi bahan bakarnya brapa per kilometer? trus untuk ukuran perkotaan yang macet bgt kyk jakarta, itu termasuk boros ato egak? mau beli v-ixion aja ah! SERU!

    • jopir says:

      @ mas mawan

      Di komen atas ada yang dah ngaku bisa 1:44.
      Kl gw sendiri, dengan adanya ubahan ban n velg + cakram belakang, gw pake Pertamax bisa 1:40

      Semua tergantung cara berkendara n kondisi jalan,,

  13. frans says:

    mank na v-ixion extreme ap beda na sama yang lama??

    mw tanya,gmna kesan na pake v-ixion??

  14. mas mawan says:

    bro, kalo vixion itu apa harus make pertamax? kalo make premium ada efek gak?

  15. enrico says:

    comment ah sesama pemakai v-ixion..
    gw pemakai v-ixion generasi pertama (masih yg stripting lama, dan warna biru..)
    selama gw pakai nih motor, bagus kok…
    gw pernah coba top speed, tapi kok cuman bisa 120km/h ya? itu juga udah ngos ngosan, apakah pengaruh body gw ya (maklum, 100kg bozz.. hehe)..
    gw pernah ada masalah nih, pas mau masang klakson mobil, mekaniknya ga gitu ngerti kelistrikan v-ixion, alhasil, sekring putus. setelah putus, tuh mekanik maen langsung di jumper aja ga pake sekring, dia coba pasang lagi, hasilnya keluar percikan api.. ya udah, alhasil, sekring di ganti sama yg 1000perak, dan gw batalin pasang klakson. terus gw pasang lagi di tempat laen (temen gw ganti klakson di toko ini), dan haslinya bisa tuh..
    efeknya setelah 2 hari make, rpm sering drop, gas ngadat, mesin mogok mendadak, wah kacau dehh….. gitu pasang lampu, gas ngebrebet… aki nya kaya kurang listrik.. (bohlam lampud depan emang ganti 55/60watt)
    setelah dicari masalahnya, sekring yg gw ganti kemaren (yg 1000perak), itu sekring murahan, bahannya jelek, jadi ga bisa supply listrik dengan bagus. (sekring yg ada di deket aki, mewakili kelistrikan seluruh motor). solusinya, beli sekring di bengkel mobil langganan bokap, gw ganti sama yg jerman punya harganya 7500, dan sekarang, beres, ga drop lagi…
    keseluruhan, gw suka banget sama v-ixion. irit, lincah, ringan, bertenaga… 2 thumbs up buat v ixion….

  16. jopir says:

    @ enrico :

    Thx buat review & pengalamannya bro, mudah2an gak terjadi lagi yg kayak gitu,

    untuk vixion berhubung ni motor udah pk sistem injeksi, hati2 bgt sama kelistrikan, jangan sampai injektor kekurangan daya untuk bekerja maksimal, alhasil supply bensin gak sesuai kebutuhan mesin, jadi brebet n mati2 deh, lama2 injektornya rusak, trus dompet bolong.

    Untuk yg hobi tambah elektronik ini itu, perhatiin bener pemakain relay, bila perlu ganti aki dengan Ampere lebih besar atau pasang capasitor bank, biar seluruh peralatan ini itu nya gak mengganggu kelistrikan standar vixion.

  17. Adam says:

    Wualah,kalo masalah vixy kalah ma adek nya (mx),
    kayakny ngga deh..
    Coz slama gw megang vixy (bru 2 bln,sih.hehe), bebek2 yg sombong sering gw uber ampe tu bebek malu..haha

    bwt gw, vixy motor yg pantes bwt jlnan di indo.. bnyk yg rusak, macet pula..
    Oh ya,
    gw mw pasang cakram belakang sama alarm nih,
    tapi gw takut bakal banyak yg di rusak pas masangnya..
    Minta saran donk..
    Vixy BG 2210 UY

  18. Adam says:

    Oh iya,
    gw bru top speed 110rph, atut gw lbh dr it..hehe

  19. jopir says:

    @ Adam :

    Wah ado plat BG, jd inget kampung halaman. Rumah dmano bro? SMA mano maren? hehe..

    Pk bhs indo lah ye biar yg laen pacak ngerti :)

    Kl cakram monggo lihat Review : Rear Disc Brake di Yamaha Vixion, link ada di atas.

    KL alarm hati2 ma pemasangan, salah2 baterai (aki) drop trs ganggu kinerja injektor, alhasil rusak tuh injektor, wassalam deh tuh Vixy. Pastiin relay terpasang dg benar.

    KL soal top speed masalah nyali ma lucky bro, kl gak siap jgn dicoba. Saran gw kl mau coba monggo mampir ke Sentul ato Skyland. Kl di jalan biasa byk bahayanya, lobang dmana2, kecuali kl nyawa lu masih ada 13, ilang satu masih ada 12,wkwkwk. Piss.. :)

  20. Az says:

    Salam bro2 smua,dah 4 bln gw punya si luna(panggilan vixion gw,abis saking syangnya sih),bner2 keren nih mtor,smakin lama smakin keren.gw dah 1 minggu ganti knalpot merk AHRS+busi iridium denso,hasilnya wouw…top speed 100km/h masih gigi 3! BLum 4,5 bayangin ja!.secara djkt slalu kpentok klo gk mobil ya plig prtigaan/prempatan.emang kren abis nih mtor.

  21. Orang sabar says:

    Buat para vixionarist sebaikny ga usah masang alarm buat vixion. Alaram yg guwe beli 175rb jd g berguna stelah gw bw k bengkel langganan gw buat d pasangin. Trnyt mrk pny crita buruk tentang vixion yg pernh pasang alarm. Perangkat ecu vixi yg d pasang alar ancur. Terpaksa ganti satu set ecu lengkap dg berbagai sensornya. So be carefully

  22. jopir says:

    @ Az :

    yoi bro.. mantab jaya, harusnya kl dah kek gt bisa ampe 140kph tuh, pi cobainnya di t4 aman aja ya.. sayang nyawa cuma atu :)

    @ Orang Sabar :

    Thx infonya bro. ini yg gw bgg, mobil kn pada injeksi jg tp gpp dipasangin elektronik ini itu, tp si vixy kelistrikannya rentan bgt, apa yg salah ya??

  23. chuxidz says:

    salam kenal bung Jopir.
    Btw anw busway, ane mo nanya ni, sekalian tanya borongan yah :-)
    1. Tuh pasang cakram depan merk apa ya? trus harganya berapa? Bisa PnP ato kudu ngubah apa2 dulu gt?
    2. Pengalaman pake disk belakang,sampe sekarang ada keluhan gak? Kemarin pasang cakram belakang 600rb dah komplit ma pasangnya?
    3. Thanks, matur nuwun atas jawabannya bang Jopir

  24. Andaikan…
    V-ixion, powernya kayak Scorpio…

  25. jopir says:

    @ chuxids :

    yu ui bro, lam kenal juga, gw coba jawab :
    1. Cakram depan merk PSM 320mm, PnP, udah ada khusus buat vixion. Reviewnya juga udah gw buat di blog ini, monggo dibaca kl berkenan.

    2. Kl cakram belakang, awalnya ngeblong, ternyta seal bocor [maklum barang kelas 2,hee], tinggal ganti seal ori dah maknyus lagi, ampe skg ttp asik diajak ngepot.
    600rb dah terima beres bro..

    @ Krisna Dipayana :

    hehe.. secara mesin aja selisih 75cc bro, dah bisa buat jalanin 1 motor lagi :)
    kl power sh masih bisa didongkrak kq, byk temen yg cuma ganti knalpot, busi iridium dan setel ulang CO udah bisa nemenin pio standar lari kq.

  26. the jack says:

    TIGI REVO IS THE BEST………

  27. DD 6661 IJ says:

    Brow,,,kok vixyq kentut2 klw pas turun gas,,,npa ya???

  28. ecko says:

    Bener banget vixion emang TOP banget. Aq udah ambil satu.

  29. jopir says:

    @ DD 6661 IJ :

    Kondisi motor udah ganti knalpot gak bro? kl udah ganti, setting CO motor harus ditambah, jadi +2 atau +3.
    Atau bisa juga gara2 busi yg dah sekarat, udah 5000km lum? kl udah sebaiknya ganti dulu. Biasanya sih penyebabnya cuma 2 itu aja.

    @ ecko :

    Berarti saatnya modif n gabung Yamaha Vixion Club bro.. :)

  30. Tio says:

    W m0 ngmbil vixy ne.bgus ny warna pa y?

  31. jopir says:

    @ Tio :

    yg bagus, ya abu2 striping biru lah..
    apalagi kl platnya B 6346 KRD :)

    Tergantung selera bro, yg gampang buat modif sh item ato abu2, gampang cari part yg warnanya cocok.

  32. adi says:

    knp vixy kalo rpm rendah pembakarannya kurang lancar ya? sistem inject emang gitu ya?

  33. jopir says:

    @ adi :

    sori nih bro, tp bro bisa bilang kl pembakarannya kurang lancar dari mana ya? berasa brebet kah?

    Rasa2nya dari 3 motor injeksi setting standar yg pernah gw coba [vixion, suprax X 125 PGM FI, Shogun 125] gak ada gejala brebet atau loss power di RPM rendah, di segala tingkatan RPM dan kecepatan tenaga full terisi.

  34. artha coy says:

    coy…
    mow ganti ban blakang yang gede nih!!!!tpi masalahnya vleng msh standar( kecil)!!!apa gak percuma ya low ganti,toh juga hasilnya sgtu2 aj!!!
    oh ya lgi satu, cakram blakang tu gak rumit ya masangnya,harga nya jga kyaknya lmayan tinggi!!!
    solusi nya dounk!!!!!!

  35. jopir says:

    @ artha coy :

    kl masih velg std sih mending ntar2 aja ganti bannya, krna hasilnya pasti ngecewain, ban bukan jadi gede malah jadi kayak donat.

    Cakram belakang trmsuk part yg rumit tuk dipasang, butuh kesabaran n ketelitian biar presisi. waktu pemasangan pun bisa sampai 8 jam, krna kesalahan dikit aja bisa bikin cakram gak optimal seperti putaran ban tersendat, bunyi2an gara2 gesekan piringan dan master, piringan gampang panas, atau sampai rem blong.

    Kl soal harga dll monggo baca
    Review : Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha V-Ixion.
    Moga bisa kasih sedikit gambaran.

  36. kopling says:

    saya krg setuju bro lo penggantian ban vixi disebutin 90/80 dpn & 120/80 bwt blkng,soalnya punya qu bs masuk 100/80 dpn & 130/80 bwt blkng

  37. jopir says:

    @ kopling :

    Yup, kl utk depan 90/80 gw bilang max karena alasan estetika, nyatanya 100/80 pun emng bisa dipakai, gw juga pake nya 100/80 BT45F, tapi setelah gw pake, gw rasa kegedean jadi dsini gw anjurin pake 90/80.

    Kl utk belakang, knp 120/X0, karena lebar ban antar merk gak selalu sama, walaupun sama2 120/xx, tapi lebarnya gak sama persis 120mm.

    Coba cek disini, gw pake Battlax BT45R 120/80
    Review Bridgestone Battlax BT45 di Yamaha V-ixion
    Disitu ada gambar jarak antara Arm dan Ban blkg gw, mepet bgt, dah gak bisa dimasukin yg ukuran 130/X0.

    Di merek lain, katakan Swallow, gw pnh liat ada yg pake 130/70.
    Nah jadi biar aman, gw ambil ukuran amannya yaitu 120/80.

  38. gele doank says:

    mantaf brur infonya,, ane jadi makin yakin buat gotong vixy ke kontrakan,, hehe,, cheersss!!!

  39. jopir says:

    @ gele doank :

    Angkut bro.. :)

  40. havis says:

    doo’n ane y smua mga ksmpean pnya ni mtr,
    haha,,

  41. yhovi says:

    v-ixion krng lari bro…..

  42. yhovi says:

    bos merk velg yg bagus pa & ukrn ban ny gmna

  43. jopir says:

    @ yhovi :

    kl masalah lari, namanya juga motor standar, gak ada yg di setting biar bisa lari. kl niat, setting ulang buat lari, Honda Astrea Star pun bisa dipake lari kenceng kq. Untuk Vixion? gak terlalu byk ubahan udah bisa bikin lari kq.

    velg yg bagus? pastinya velg original, kl kuat modal coba aja pake enkei, ukuran ban menyesuaikan ukuran rim velg.

  44. dana says:

    mas jopir, salam kenal, aku dari Bali tertarik ama cover engine vixion di My v-ixion. aku dah komentar disana, bisa bantu aku nyariin engine cover buat motor vixi aku yang warnanya hitam? contact via e-mail aja ya..thanks sebelumnya

  45. Marwan says:

    Mas Jopir ane jga pny Vixy mirip persis(warna dan taun pembuatan nya..
    Di cuman mau sdikit curhat aja..hehehe
    Gwe pke Vixy jujur enak bgt dri smua segi..
    Bhubung gwe idup di SBY jdi musuh bebuyutan si Vixy cman Mega-Pro sma Satria F (motor sekelas si vixy)..Dan jujur ane seneng banget klo udah balapan sama 2motor itu tadi..Gila kbanyakan tu 2motor di bantai sm si Vixy..
    Wlaupun ane pke Kbut2an Konsumsi BBM nya Gila super Irit!!
    hehehee…Thanx y juragan Jopir yang udah mau dengerin curhat ane….

  46. jopir says:

    @ Marwan :

    Sikat bro.. Yang lain gak bisa ngikutin, hehe..

    Tp ttp safety first bro, buktiin kl ngebut ma ugal2an tuh beda :D

  47. KeraKoil says:

    Brother motor Viksinya sm kykny rncn konsep modifny
    hmpr sm..
    hohohoho

  48. agus says:

    seperpat modivikasi yamaha vixion dimana ia?
    saya pengen modifikasi nih hehe????
    kira2 mahal g ia,

  49. jopir says:

    @ agus :

    mampir aja ke toko aksesoris terdekat bro

  50. neo says:

    bro,vixion thn 2010 kira2 brapaan ya?
    turun gag?
    dan kira2 ada prubahan gag dr mtornya?
    thx..

  51. jopir says:

    @ neo :

    Hukum pasar indonesia bro, kl udah naik pasti lupa turun :D
    Dari awal yg harganya Rp 18,9 selalu aja ngerangkak naik, sampai kemaren gw liat brosur eh udah Rp 20,5.
    Kl 2010 kemungkinan besar tampangnya jadi gini [ klik dimari ]

  52. KeraKoil says:

    Allow brother jopir??
    mo tny neh brp hbs duit 2 bl ban bridgestone battlax-na??
    kr2x mesiny msh ttp grang g’ pd saat di gember 120km/jam???
    preketewwww….. >>>>

  53. jopir says:

    @ KeraKoil :

    Silahkan baca lagi review battlax nya.
    mslh ban gede cm pas aksel dari 0, kl udah jln 120 kpj kan udah >6rb, dijamin galak kq.
    Bisa juga coba ganti gear scorpio biar ttp galak di putaran bawah, reviewnya jg udah gw bikin. Silahkan dibaca2. :D

  54. vixioner says:

    pake velg corsa kreeeen dech….!!!!!

  55. endra says:

    boleh”….

  56. neo says:

    owh,ya udh bro.. thx., kyaknya vixi 2010 lbih bgus ya?
    tapi tu ban.nya apa lbih kecil kliatannya?
    oiy, gw bngung bro mw pilih fz ato vixi.. enaknya yang mana ya?
    thx bro . . .

  57. jopir says:

    @ neo :

    Simple,
    pilih body? ambil Byson
    pilih teknologi? ambil Vixion

    kl gw sh ttp pilih vixy, soal kalah di body, ya itulah gunanya modifikasi.
    Kan gak mungkin kita ujug2 dateng bawa Byson ke bengkel modif minta pasangin sistem injeksi, tp kl vixy dibawa ke bengkel trs dbikinin body kayak Byson br mungkin. :D

  58. denny says:

    bro kalau mau modif kaki vixion kira2 habis brapa y???
    tanks

  59. jopir says:

    @ denny :

    tergantung pengennya gmn bro,,
    Gw ganti velg + battlax + disc lebar abis Rp 2,75
    kl mau plus swing arm pisang n up side down bisa plus 3jutaan lagi.

  60. denny says:

    bro rekomendasi tempat beli pelek yg muerah dmana y??
    maklum mahasiswa…
    tanks

  61. jopir says:

    Domisili jakarta ya?
    di Jl. Kebon Jeruk III – Jakarta Utara | Tokonya Motochief lumayan bro, harga battlax nya jg menarik..

  62. denny says:

    yap jakarta bro, namanya tokonya motochief bro???
    oya gabung di klub mana??
    boleh gabung ngga???
    tanks

  63. jopir says:

    @ denny :

    gw lum msk klub, pgnnya sih YVC, tp sementara ini cm kosong waktu hari minggu, jd ssh bisa ikutan event2nya mereka.
    posisi gw di bekasi, jd paling ikutnya YVC-BK,
    Gmn? kl mw bareng masuk sih ayo2 aja, biar gw jg ada temennya :D

  64. denny says:

    sep..
    tp ntar y.. bis mtr kelar di dandani dulu ok??
    btw kalau pake pelek ninja rr bisa ngga??
    trus ubahan apa aja y yg musti di lakuin?

  65. Abew says:

    Lam kenal Bro Jopir, Gw tertarik bngt sm ulasan2nya. Gw jg pake Vixion dan baru ganti ban sama velg lebar. Ban dpn uk. 90/80 corsa dgn velg uk. 2,5″ & ban blkng uk. 120/70 corsa dgn velg uk. 3,5″ pake hmf. Menurut bro jopir ideal ngga yah gw pake uk ban & velg segitu?? Terus pengaruhnya apa kalo gw ngga ganti gear belakang dgn uk. 44? apa harus ganti gear jg?? Tolong rekomendasikan jg apa yg harus diganti atau ditambahkan jika motor vixion di ganti uk ban & velg nya menjadi lbh lebar.
    Thank Bro.

  66. KeraKoil says:

    Mas Jop mo tny neh??
    lo psg ckrm blkng kr2x merk ap yg bgs n kt mas td harga 600rb
    dpt cakram yg merk ap n kualitas no brp??

  67. jopir says:

    @ denny :

    Siap.
    velg ori ninja rr bisa, udah pnh liat ada yg pake, sebelahan pas parkir, overall keren. Yg udah pasti bos brubah, sisanya mungkin bearing atau as nya diganti biar pas.

    @ Abew :

    Ukuran bannya ideal bro, sip.

    kl soal ganti gear, gw udah bikin review nya di blog ini, silhkan dibaca. Penggantian gear sesuai selera bro, kl ngerasa sebel sama reduksi akselerasi putaran bawah gr2 bobot ban bertambah monggo diganti, tp kl dirasa gak ada masalah, pk gear ori 42 jg gpp.

    Kl rekomendasi, mgkn di pengereman, kl gw ngerasa setelah ganti ban+velg gede jadinya kl ngerem berasa nyelonong, makanya gw gedein disc depan, plus tambahin disc belakang biar lebih mantab. Review nya jg ada di blog ini.

    @ KeraKoil :

    Kl yg 600rb [yg gw pake] semua part nya KW bro..
    orinya pasti abis diatas 1 juta

  68. neo says:

    owh gt ya bro., gw mw tnya lg harganya byson tu skitar brpaan ya launchingnya?
    dan cover engine.nya tu paling mahal brapaan bro?
    kalo vixi ukuran ban 120 yg blkang bisa gag dipasangin spakbor kolong?
    jlzin bor.., thanks

  69. jopir says:

    @ neo :

    Harga Byson direncanakan dibawah vixion, makanya harga si vixy selalu dikatrol naik, terakhir udah Rp 20,5 jt tuh.

    Cover engine yg dimaksud yg mana nih?

    spatbor kolong yg beredar di pasaran juga macem2 model dan ukurannya, keep hunting aja, ada kq.

  70. Abew says:

    Thank Very Much Bro Jopir atas responnya. Good.

  71. neo says:

    uwh., keluarnya kpan y bro? katnya januari??
    cover engine wat vixi tu paling mahal brpaan,?
    uwh gtu.. jdi psti ada y spakbor kolong bwt ukuran ban 120 tu?
    thx bgt bro…

  72. jopir says:

    @ neo :

    tgl launchingnya gak ada tanggal pasti, semua masih katanya2, ada yg prediksi setelah keluar vixy facelift br byson dikeluarin, mgkn bisa ketik REG MAMA biar tau pasti, wkwk

    cover engine kl paling mahal harganya Rp 46 juta, barangnya tu yg punya gw tebus aja hrga sgitu, :D
    Nanyanya mgkn kisaran harga cover engine brpa? kl itu kisaran 100-200rb.

    Spatbor kolong dijamin ada, 120 sih masih muat.

  73. praja aditya says:

    4 all temen2 di forum,ane cuma pgn kasih saran..
    kemaren vixi ane baru aja ganti bohlam lampu depan.
    n hasil nya??
    terang bgt..
    coba deh pake bohlam osram yg 100 !!
    dijamin lampu jalan kalah terang nya…
    hohohooh

  74. jopir says:

    @ praja aditya :

    Like this.
    Btw gak ngaruh ke kelistrikan minimnya vixy kah? trs reflektor apakah gak gosong krna panas? tulung review lengkapnya gan..

  75. Abew says:

    Bro Jopier, gw mo tanya neh, kalo YVC Bekasi dimana tmpt Kopdarnya?? & elo jg joint disitu bro?? Soal Vixion, gw puas bngt dng akselerasi & performanya. Thanks yo bro atas coment2nya diatas.

  76. neo says:

    owh gt ya bro…, thx dah jwb prtanyaanku.,
    klo spakbor kolong 120 tu harganya brpaan ya?
    bro klo mw nurunin shock dpan yg ideal n ga brdampak negatif kira2 turunya brapaan?
    thx

  77. jopir says:

    @ Abew :

    YVC Bekasi kopdar di Harapan Indah, kl mau bareng aja ksana biar sama2 ada temennya, gw jg br mau gabung dsana.

    @ neo :

    Wah maren liat di otista, ada yg buat ukuran 160 malah, tp gak nanya harganya, sekitar 100rb mgkn.
    Kl soal shock depan monggo baca disini

  78. neo says:

    owh gtu y bro.., 100rb. .okelah,,hhe
    gw koq blm tw mksudnya gmn ya yg turunin shock dpannya..,? bsa d jlasin lagi gag bro.., hehe , peace..
    bro mw tnya lgi gearnya scorpio tu lgsg bsa d pasang kan?

    • jopir says:

      @ neo :

      kl turunin shock depan, turunin aja sampe mentok stang, udah gw buktiin tetep aman.
      kl gear scorpio, asal rantai udah rada molor, sekitar angka 3, tinggal Plug n play kq.

  79. neo says:

    owh.,. brarti shock.nya tu d tempelin smpe k stang gu y bro????
    owh. , lha klo blom molor 3 rantai gmn bro?
    emgx tiap motor vixi apa beda rantainya?
    terus gmn solusinya tu?
    thx bro

    • jopir says:

      @ neo :

      yup,sampe mentok stang.
      kl diatas 2 sih udah bisa, tapi kl dibawah itu gw ragu takut rantainya gak cukup, solusinya bisa beli rantai DID 428 ketengan beberapa mata utk disambung di rantai skg, murah meriah kq.

  80. vRacing says:

    halooo..
    vRacing mampir disini..
    apakah elo mengenal gw bro..??
    wakakakak..

    so far, Vixion emang keren..
    klo ngomongin “plus” ya ga usah gembar-gembor lagi gw rasa..
    udh cukup dgn bukti yg disabetnya sbg motor terbaik 2008..

    gw mau komen masalah kekurangannya aja..
    hhhmmm tenaga standard-nya sedeng2 aja, bagi gw penggila power of engine ya jelas berasa kurang..
    melihat deltaboxnya yg segede itu rasanya mesinnya kekecilan dan hrsnya output power nya bs lbh besar jg (jadi bs berimbang)..

    paling menyedihkan ya di bagian kaki2..
    seharusnya sudah dibekali dgn cakram blkg, cakram depan lebih besar, velg dan ban yg lebih lebar agar sesuai dengan penampilan keseluruhan vixi yg emang keker..

    1 lagi nih.. seharusnya teknologi yg di usung oleh mesin injeksi 150cc ini sudah menggunakan DOHC dan perseneling 6-speed..
    jangan bilang mubazir krna ngga kepake buat dalem kota..
    tapi karena Vixion adalah motor terakhir yg dilaunching yamaha sejak 2007..
    coba lihat kompetitor, DOHC dan 6-speed itu udah biasa..
    jadi nya ya gitu, teknologi injeksi nya ok, tapi teknologi lainnya “nanggung”..

    sebagai penghuni forum vixion dan pengguna yamaha vixion gw tetep cinta & bangga kok sama vixion..

    sampe ketemu di http://www.forum-vixion.com yah.. :D

  81. jopir says:

    @ vRacing :

    hahai.. pasti taulah.
    thx kunjungannya bro..

  82. andra says:

    om jopir,,
    gw baru beli vixion yg warna item list emas nih,yg model lampunya dah beda itu loh,,
    pgn modif,tapi yg ga mengurangi fungsi dan keamanan,nah gw liat kyknya om jopir jago nih ngasih saran,,
    soalnya gw bingung mo mulai dr mana,selain bingung krn budget,,hahahaha,,
    mohon sarannya om,,

  83. jopir says:

    @ andra:

    Selamat bergabung di vixion brotherhood bro..
    Kl modif, menurut gw ya. Pertama dan utama, spion. Trus ke kaki2, bikin vixy terlihat kekar. Mungkin coba buka page ini deh. Moga bisa membantu cari inspirasi.

  84. mon2 says:

    hi vixy…
    tanya dunk..vixion gw skrg ga skebut dulu.top speed cma 120kph.padahaal sudah ganti oli motul punya..
    apa karna dipasang alarm ya bro..

    • jopir says:

      @ mon2 :
      Mungkin bisa lebih detail bro apa2 aja yang diganti, semisal ukuran ban, velg, gear, penambahan cakram, ganti piringan, dll .Apakah ada yang diubah?
      Kl penggunaan alarm jg mungkin bisa mempengaruhi, karena kan motor kita dikontrol oleh ECU yang butuh supply listrik yang cukup, dikhawatirkan pemasangan alarm yg tidak benar akan mempengaruhi besarnya supply listrik k ECU. Maklum karena kelistikan vixy arusnya ‘pas pasan’.

      @ FIREMAN :
      Nice share bro..
      Kep ride with pride :D

  85. FIREMAN says:

    Salam kenal…
    Ane juga pake vixion,tahun 2007..
    Dulu pernah tahun 2008 g ada kerjaan karena libur semester..
    Iseng2 nyoba touring…
    Waktu itu tourx Malang -Jogja..350 km..sendirian aja waktu itu..
    Sekalian ngetes kemampuan si vixy..Isi full di Malang (10-12 liter)..
    Sampe jogja perjalanan 6 -7 jam(karena sempet berhenti buat makan atau istirahat n ada ujan) tu bensin masih sisa..n masih bisa buat muter2 jogja lagi hari itu..bsokx baru isi..
    Irit banget..enak buat touring..
    Siiip…

  86. alkadri says:

    Q prnah cba mtor V-ixion gwa tuk ngtes mpe brp top speed nya,dan alhmdllah mtor mpe 140,tp stlah tuch mtor Q mulai tidak bertenaga,dan skg jg lau masukin perseneling mnmbulkan bunyi yg kasar,dari masukin persnling 1,2,3,4&5 begt jg saat mngrangi prsnling nya..gmn cara mengatasi bunyi yg kasar tuch???
    Q mhon bgt ma tmen” yg udah pada tau tentang masalah ini.apa lg dr jopir yg klhtannya udah paham bgt…

  87. alkadri says:

    tlg saya dbri tahu tntang gmn caranya mengurangi suara yg bunyi disaat mengurangi persneling??gar tdk mnmbulkan bunyi yg ksar…
    tuk jopir tlg bntu saya,krn nich sangat mengganggu bgt tuk saya disaat mengendara motor v-ixion saya

  88. jopir says:

    @ alkadri :

    Bunyi kasar yg dimaksud sumbernya drmn nih? Baru2 ini atau dari awal beli? Apakah ada penggantian merk oli? rpm idle masih di 1500?
    Kl posisi berhenti, rpm ~1500, coba mainkan persneling, apakah bunyi yg dimaksud juga terdengar?

  89. asig says:

    om jopir alumni kampus jurangmangu ya??
    wah senior ane neh….hehehe

    kemaren babe ru ngebawa vixy ke rumah neh om, rencana nya sih jg mw dimodif2 dikit lah…minta pencerahan ya om jop.

    Tuh stang vixy nya msh ori om?cm shock depan diturunin aja ya?
    thank

  90. jopir says:

    ^ asig :
    Wah akhirnya ada rekan se-almamater.
    Yu ui, ane pengungsi kalimongso dulu.
    KL mau racun monggo buka aja page “My V-ixion”
    Siapa tau bisa jadi referensi..

    Stang gw udah ganti batangan ninja 150R, shock jg diturunin biar bagian depan terkesan tebal.

  91. alkadri says:

    dr mesin om…..
    ea penah gnti om,mang merk oli yg baik tuch pa om???
    ea masih di 1500 om….bunyinya baru” nich ja ko….

  92. jopir says:

    ^ alkadri :
    Bukan merk masalahnya bro, tapi ukuran kekentalannya yg ditunjukkan oleh nilai SAE yg tertera di kemasan oli, kl mau ganti merk oli, pastikan SAE nya sama dengan Yamalube ori yg dipakai di Vixy. Sama pastikan rantai dalam posisi normal, masih ada gerak bebas sekitar 1cm.

  93. alkadri says:

    lau rantai saya mang udah mnta ganti om,tp lau mau gnti satu set ga ssanggup om,lau mau ganti rantai nya ja bsa ga om????krn gear nya msh bgus ko om…..

  94. jopir says:

    ^ alkadri :
    Hal ini gak dianjurkan oleh pabrikan, dgn alasan presisi.
    Tp kl mmg mau ganti rantai nya aja gak masalah kq, asal spek nya sama atau lebih, standarnya 428-HD atau bisa gunakan punya scorpio 428-V, jumlahnya 120 mata. Merk bisa gunakan D.I.D (std ori).

  95. alkadri says:

    ok deh om….makasih bgt info nya….
    ntar lau dah keluhan lg tlg dbntu ea om…..
    thankz…..thankz…..thankz…..thankz…..

  96. jopir says:

    ^ Ardiansyach :
    Iya bro, sempet rame di forum tuh.
    ni mesin racikan bule ternyata, kirain japon punya. :d

  97. Ardiansyach says:

    Nikmatin ja bro kualitas mesin Vixi garapan si bule. masih terbukti tu uda 2 tahun aku nungangin vixi. tapi uda 1 kali bro aku ganti injeksi.

  98. jopir says:

    ^ Ardiansyach :
    kayaknya vx punya bro ardi keluaran pertama ya..
    Kemaren ikut program recall injector kan? kl gt sih dah aman.

  99. agil says:

    bro, mo nanya dikit nh ..
    utk shock belakang vixion bs dganti gak ..?!!
    aku sh pgnny ganti dgn yg agak rendah, jd jarak antara ban am jok bs lebih deket …
    ad denger gak bro ..?!!!
    makasihh …

  100. jopir says:

    ^ agil :
    Dudukannya aja bro yg diutak atik buat nyetel tinggi rendahnya. Coba baca review peninggi shock belakang di blog ini, lalu buat plat yg sama tapi jarak antar lubang dibuat lebih jauh dari normal, dan lengkungannya lebih melengkung dari standar, kondisi ini akan bikin motor lebih rendah dari normal.

  101. fre says:

    bos,u pke ban apa tu???ko klkhatanya gede???n ukuran brapa dpan blakang?trus velg ap tu dri bawaanya dlu ap d gnti???

  102. jopir says:

    ^ fre :
    Ban dan velg sudah ganti bro, silahkan masuk ke menu “My Vixion” utk lebih jelasnya.

  103. mickow says:

    v-ixion ko g kluar yang warna x hijau za..
    padahal di mio,jupiter,vega ada pake warna hijau..
    mohon d tinjau ulang..
    kami tunggu produk terbaru v-ixion green..thx

  104. red chaterine says:

    jarum penunjuk bensinku ga prnh brgerak ssuai kapasitas tangki bensin lg… sllu brada di posisi E [tangki brisi krg lbh 4 ltr]… kira2 itu knp ya, bro jopir?

  105. jopir says:

    ^ red chaterine :
    Mksdnya kl diisi full pun tetap jarumnya di E ya? kl yg kayak gini, silahkan ke beres, pelampungnya yg rusak.

    atau yg dimaksud adalah misal lagi jalan, jarum sekitar 1/3, trs mesin dimatiin, begitu dinyalain eh jarum lgsg di E, padahal asumsi masih ada 4 liter di dalam tangki?

    itu wajar, mmg vixy dibikin kayak gt, alasan yamaha adalah biar user buru2 isi bbm. karena ini menyangkut daya tahan pompa di dalam tangki yang wajib kerendam full, kl dibiarin sampe tiris baru diisi, pompa jadi gak kerendem full dan kerjanya nyedotnya jadi pol2an, hasilnya gampang jebol.

  106. red chaterine says:

    klo isi full jarumnya br sadar n nunjuknya k F… stlh jln n ngabisin bbrp ltr [ga prnh prhatiin] jarumnya kbnykan pingsannya, bro [mw itu mati trs diidupin mesinnya] …

    klo pelampungnya rusak pengaruhnya apa aja? fatal ga? [perasaanku jd ga enak]… brp lama mmprbaikinya y trs brp biayanya? [bro ada pngalaman ga y ama pelampung]

  107. jopir says:

    ^ red chaterine :
    Oo kl itu sh normal bro, seperti di komen sebelumnya, kl udah sepertiga, trs matiin mesin, begitu kunci kontak on, pasti lgsg nempel di E :D

  108. red chaterine says:

    ooo… trik pabrikan toh [br mudeng :p]… ambil positifnya aja deh walopun sering keki jg klo lg di lampu merah, dilihat yg sblh tongkrongan oke tp koq bensinnya kere? [brdasarkan indikatornya]… kadang ditanyain jg ama para boncenger trutama si doi :D… jawabanku: “tenang aja… bensinnya masih cukup koq buat keliling sumatera”

    oh iya, bg… prnh ganti kipas radiator? pnyku meleleh! harganya kisaran brpan ya? n belinya apa di beres jg? makasih, bg

  109. jopir says:

    ^ red chaterine :
    Widihh ampe meleleh, serem amat bro.
    Silahkan search artikel “harga sparepart yahonsu” di blog ini, ntar ada link ke harga sparepart online yamaha.

    Beli di beres aja, di toko sparepart umum pun pasti sama harganya [asal sama2 ori]

  110. Ifan says:

    wow kalo mau tau irit gknya vixion tanya saya. klo vixion dibawa 60-80km/jam bisa 1:45-50. sesuai kecepatan juga kalu cepat yah pasti bisa 1:35-40. tapi saya sudah pastikan vixion di bawa 60-80km/jam dari full sampe kira2 seliter bisa jalan 500 – 550 km-an. SERIUS!!! Saya Jamin. Pake Pertamax. Kalau pake premium tau dh kayanya lebih boros cman bisa 400-an jalan segitu. semoga info ini membantu. oh iya aku berat badan 100kg bisa sampe 135-an Full Standard. tahun 2007 warna merah Metallic. Domisili Jakarta. Mas jopir tolong donk website ini bisa buat account biar enak sama2 tahu dimana domisilinya. Sepp Sekian dan terima kasih. Saya masih SMP jadi harus irit2 klo tidak kuantong jebol. hahaha

  111. F_4_nd says:

    knok2.. numpang nanya nih..
    saya punya vixion.. lagi dilema sama ganti velg ama ban.. saya udah keliling2 cari info dapet sih velg 3.5″ yg bagus..
    cuma ban blkg nya klo mau pake bt45 130/70 bakal mentok ke arm ga yah?? ada yang pernah pasang ga?
    trims…

  112. jopir says:

    ^ Ifan :
    Nice share bro

    ^ F_4_nd :
    Kl BT45 130/70 mentok bro di siku sebelah kanan, kl mau siku kanannya diiris aja,
    atau amannya beneran ganti swing arm.

  113. mul says:

    ada yg pernah ngalamin spedo rpm mati ga? gw kan pasang tachometer type r di vixi, trus 2 hari rpm mati, gw balikin ke spedo standar rpm tetep mati, tp indikator yg lain nyala, cm rpm yg mati,gw tes spedo standar gw ke motor vixi laen nyala.., apanya yg rusak ya?? bawa kedealer resmi katanya ga tau kerusakannya apa…, hadehhh bang jopir tau ga?? makasih…

  114. galih says:

    bang jopir.. gw lagi rencana mau rombak vixy nih…. karna jatoh hebat ngadu banteng ma ninja R shock depan jadi sering macet krna hanya di press, stang juga goyang klo di jalan jlek pa lagi klo lewatin perlintasan kereta kerasa abis, nah solusinya gmana nih klo mau ganti ganti apanya selain shock depan?? apa segitiganya bermasalah????

    • jopir says:

      Waduh gw turut berduka bro..

      Kl soal shock depan sering macet mungkin krna press nya gak lurus2 banget, jadi kesendat.
      atau malah di tabung shocknya yg agak bengkok.
      Trs kl goyang bisa karna bearing roda depan pecah, atau malah komstirnya kena bro, bearing di dalem komstirnya pecah.

  115. Moel Oyee says:

    vixi memang selalu di hati…hehehe

  116. mospies says:

    memangnya vixion standaran bisa bener bener masuk 140kph? kalau admin sendiri bagaimana, top speed sampai berapa waktu masih standaran?

  117. Teguh says:

    k marin q dah beli ban swallow 110/80/17 tuk belakang, d pake enak sih tapi kaya donat bulett gt rencana mo ganti veleg gede tpi y 110 ttp q pake, ukuran bannya berapa tuk atuNya, veleg ukuran berapa, hargaya kisaran berapa n’merk apa2 aj y bagus ?… q pgen th ne bro mohon saran & petunjuk..,,,Nya bro

    • jopir says:

      kl 110/80 ttp harus di belakang krna kl dipindah kedepan dinding bannya ketebelan, brrti ukuran satunya buat depan pk 100/70 bro.
      FYI max ban vixy yg tanpa ubahan ini itu F=100/80 R=120/80 dan beberapa merk 130/70
      Kl velg bisa Chemco, atau bisa baca2 dulu pengalaman gw disini

  118. Syaif says:

    boy, kalau yang merek chemco itu berpa yang velg lebar???

  119. bonie09 says:

    mas kan sya udh pke cakram belakang merk “Garris” full set dgn antek2nya,tp 2 hari ditest full breaking msh nyelonong (gigitnya kurang banget ) ntu knp ya,,,apa yg msti ane lakukan,,thx

    • jopir says:

      kl RDB byk kemungkinannya bro, tapi yg pnh gw alamin di nissin KW, kl gembos gt biasanya seal di pompanya bocor, jadi angin buat nekan oli ke master gak cukup buat bikin motor berhenti.

      Coba tes ngerem di posisi standar tengah, kan ban gak nyentuh lantai tuh, coba masukin gigi 1 dan gas sampe ban muter, trs bejek rem, langsung ngunci gak ban nya? kl nggak, brrti pasangnya gak beres tuh. datengin lagi bengkelnya, kl cuma nahan laju ban aja gak bisa, apalagi kl dibawa jalan.

      Idealnya pada posisi kayak tadi, ban lgsg ngunci, dan dipaksa gas pun ban tetep gak muter.

  120. fitra says:

    salam kenal, gw domisili bekasi juga..

    gw kasih nama vixi gw sapi (saya vixion), baru 2 tahun spido masih <6000 km. cuma nongkrong di rumah aja, karna kesana kemari pake si carry autobot gw..

    baru 2 hari baca ni blog, gw dah kena racun dari busi iridium denso(sampe nyari malem2 kesana kemari belom dapet), cakram belakang, tutupmesin, dll.. ni lagi nargetin kumpul duit buat ganti ban batlax 45..

    doa gw buat bro jopir:

    Yaa ALLAH, berikan bro jopir inspirasi dan ide lebih banyak biar makin nambah pahala bagi2 ilmunya..

    mulai sekarang saya panggil ustad vixi ya bro..

    • jopir says:

      wkwkwk… gw dapet santri baru dong :D

      denso irridium ada di Surganya Biker di Harapan Indah bro, silahkan cekidot dsna, hunting battlax murah juga disana. Semoga antum selalu di jalan yg benar dalam menyikapi racun2 ini :D

  121. serland says:

    bro ane dah ganti busi Denso Irridium IU24 ane tebus di bonjer tpi ko bwt sampe ke 60 kpj msih tetep di 5500 rpm ya (sama kaya busi standar), ane prnh baca di artikel bro jopir gnti busi denso Irridium IU24 bisa tembus 60 kpj di rpm 4500,itu knapa ya bro ato krna ane dah gnti gear set depan 15 belakang 44 & rante DID Silver, mhon pencerahannya gan

    • jopir says:

      betul bro, yg gw rasain pas ganti tu busi efeknya gt, untuk kecepatan 60kpj, awalnya dapet di 5000, begitu ganti turun di 4500 udah dapet.
      Waktu itu gw pake gear 14:44 dan ban F=100/80 R=120/80, sebelum dan sesudah pengujian part yg berubah cuma busi aja, setting CO pun sama persis.

      Bedanya kita yg pasti kan di konfig gear, tapi pun harusnya gak terlalu ngaruh di gear atau rantai, at least walaupun dikit, harusnya ada efek yg dirasain.

      Nah ini gw pun belum cerah jg kl masalah ini bro, tp kl logikanya kan skg pengapian lebih besar, mungkin baru ada efek kl supply bensin juga sedikit dipebesar. tp mungkin nih ya.. bedanya kita di posisi CO, berhubung waktu tes gw abis pake knalpot racing, co masih agak besar, kl gak salah sekitar +7, pas dibalikin ke knalpot standar, CO nya tetep segitu. Mungkin ini penyebabnya pas gw ganti jadi efeknya berasa, krna supply bensin ‘katakanlah’ sesuai. Tapi ini mungkin lho ya.. (karna setting co setelah ganti busi irridium mmg gak wajib, tp mgkn untuk hasil maksimal mmg harus diubah)

      Saran gw mgkn bisa dicoba pas lagi servis, minta di setting ulang CO nya ke mekanik, mdh2an emng ini sumber perbedaan hasil di motor kita bro.

  122. serland says:

    thanx bro infonya, mo tnya lgi nie bro …ciri2 kanvas kopling abis ntu yg qt rasain dimotor apa ya bro ?? n klo gnti pake kanvas kopling scopy pnp bisa kan bro, harga satuannya skrg brpa kanvas kopling sopynya n butuh brpa buah buat gnti di vixie, thanx alot bro

    • jopir says:

      yg gw tau, kl kampas abis suka selip giginya bro, trs abis pindah gigi kayak ada lag time sekitar 1 detik sebelum si motor bisa melaju, mirip kl rantai kendor, plus akselerasi jadi berat, trs juga perpindahan gigi jadi keras.

      scoopy? scorpio / pio mksdnya yah? iya kl gt bisa, ada beberapa temen yg udah nerapin, jumlahnya pun sama.

  123. Franzuela says:

    bro, mau nanya soal ganti aki vixio dgn ampere yang lebih gede.
    beneran ga akan trouble tuh bro?
    thnx

    • jopir says:

      nah ini kl menurut mekanik yamaha, bahaya kl kegedean soalnya resistensi kabel vixy gak kuat kl ampere nantinya kegedean, takut panas dan malah kebakar.
      Tp kl ke mekanik modifikasi sih mereka berani jamin gak ada masalah.
      soal siapa yg bener, mohon maaf gw juga belum pernah dapet info review vixy yg ganti aki dgn ampere yg lebih gede

  124. tuan takur says:

    ap warna jg pengaruh buat d jual lgi bro????
    vixi yg baru lampunya otomatis nyala truzz lo kira2 d buatin saklar lagi ngaruh g ya???
    trimzzz!!!!!!!!!!!!!

    • jopir says:

      betul bro, ada pengaruhnya. warna paling hoki sih hitam.
      vixy baru udah AHO, kl mmg diperlukan dibuatin saklar gak masalah kok, biar lebih fleksibel, yg nyala sepanjang hari hanya lampu senjanya aja.

  125. birrul says:

    sama kisahnya bro haha tq buat info2 luar biasanya brad..

    • bocah cilik says:

      waduhhhh master-master vixion semua nech,, ga cari referensi motor nech bro,, udah punya dua lirikan c, cuma tergantung dana aja ntar ada berapa,vixion & sodaranya vixion, yamaha mio sporty 2006, hehehehehehe maklum anak kost…

      bro kalo boleh tau bedanya vixion edisi pertama (tahun 2005, 2006 ato 2007) & vixion sekarang (2010, 2011 ato 2012) apa c bro,?minat banget beli vixon tapi kantong mepet jadi nyari yang tuaan dikit, kan dah turun harganya,, :)

    • jopir says:

      ^ birrul : kisah yg mana nih yg sama bro? :D
      ^ bocah cilik :
      Saran ane sih, kl cowok bakal lebih gagah kl pk motor laki :)
      kl bedanya, edisi pertama banget sama kedua hanya ada di striping aja, dan pemusnahan warna biru.
      versi ketiga keluar hanya beda di batok lampu aja, dan warna deltabox jd gosong.
      versi keempat selain striping juga udah AHO.
      Kasat mata sih itu yg terlihat, tp soal jeroan, nampaknya mulai versi kedua ada perbaikan di injektor.

  126. _
    Kalo nurutin keinginan modif gak ada abis’nya yah ., :D
    tp jemp0L dah buat modif’nya mas j0pir .,

  127. hafid says:

    bro jopir, kalau velg chemco, hmf, psf, v.rossi baiknya milih yang mana ya? trs ganti gear belakang pake punya scorpio yg 44 ga perlu ganti rantai kan? gear depan tetep ya?

    • jopir says:

      kl gw dsuruh pilih, lebih pilih chemco, krna mmg merk yg biasa handle pesanan dari ATPM untuk velg.
      untuk gear, cukup gear belakangnya aja yg diganti, gear depan dan rantai ttp pakai ori vixy

  128. james says:

    dari pilihan pada artikel di atas nyebutin kalo ninja 150R boros, tapi ane pernah tes ninja 150 irit banget lho untuk ukuran 2 tak, bahkan iritnya bisa setara tiger revo. kalo blom coba sih gak bakal percaya, dan oli sampingpun paling irit, paling sebulan cuma sebotol dan gak habis.
    konsumsi bbm ane pernah tes 1:35 pakenya dibawah 7000RPM sebelum super KIPS membuka, kalo mau kenceng tinggal betot diatas 7000RPM dijamin bensin ngocor dan speed gilaaaaa.
    tapi tuh motor memang enak, diajak pelan bisa irit, diajak kencang juga gampang.
    maaf ane bukan ninja user, cuma pernah pinjem motor ninja sodara ane berkali2 :D

  129. bustok says:

    mantab mas bro…ciamik, ringan bahasan-nya, tinggi value inputannya.
    Perihal battlax, adek ipar ane, vixy 2008 nya pake battlax depanblkg jg tapi ane ngk tau seri-nya. Yg ane tau blkgnya pake 100/80, dpn 90/?. Velg bawaan pabrik

    Yg pasti..3.5 thn beliau kagak ganti2 ban mas brow..hadeeew…kepincut ngumpulin duit buat nyamain
    Salam vixy.

Leave a Reply

